3 Tips Memilih Financial Advisor yang Tepat untuk Anda

Urusan finansial adalah salah satu dari sekian banyak keperluan yang kamu pikirkan. Ya, mulai dari pengaturan pengeluaran, investasi, dan yang lainnya. Banyak orang mungkin tidak terlalu mengerti atau mengalami kesulitan dalam menghadapi permasalahan keuangan dan investasi. Financial advisor adalah sebuah pekerjaan jasa yang salah satunya berhubungan dengan manajemen keuangan.

Beberapa orang memang mungkin memerlukan seseorang yang dapat membantu mereka menghadapi permasalahan keuangan. Tak hanya itu, bahkan beberapa diantaranya tidak bisa melakukan perencanaan keuangan secara baik dan tepat bagi dirinya. Oleh karena itu, terdapat profesi yang bertugas untuk menangani hal tersebut.

Apakah kamu sedang mencari seorang financial advisor? Berikut ini beberapa layanan yang biasanya ditawarkan oleh financial advisor, lengkap juga dengan manfaat menggunakan jasanya serta tips memilih financial advisor yang tepat.

Pengertian Financial Advisor

Jadi, apa sih financial advisor itu? Apakah mereka orang yang akan menasehari dan memarahi kita kalau keuangan kita berantakan? Jadi, financial advisor adalah profesional atau seorang yang bertugas untuk memberikan saran atau nasihat mengenai urusan keuangan dan investasi kepada para klien yang membutuhkan.

Adapun klien dari para financial advisor akan dibimbing dan diarahkan agar mampu merencanakan keuangan dan investasinya secara matang. Klien yang dimaksud adalah bisa dari perusahaan maupun individu yang membutuhkan jasa para financial advisor.

Layanan Financial Advisor

Dalam membantu para kliennya, tugas financial advisor biasanya dibagi menjadi beberapa hal, yaitu:

Manajemen Investasi

Financial advisor akan membantu bagaimana klien dapat melakukan investasi dengan baik. Mereka akan memberikan saran atau nasihat mengenai segala macam hal untuk investasi.

Financial advisor akan membantu memilihkan metode investasi terbaik sesuai dengan profil dari pihak yang menjadi kliennya. Misalnya, mereka akan memberikan saran kepada klien agar berinvestasi di instrumen yang sesuai dengan kondisi keuangan dari klien tersebut.

Baca Juga: Daftar Saham Blue Chip untuk Investasi Jangka Panjang Anda!

Masalah Keuangan

Permasalahan keuangan yang dimaksud adalah permasalahan keuangan mengenai hutang, cicilan, hingga masalah keuangan lainnya. Financial advisor yang baik adalah profesional yang mengerti masalah keuangan apapun dan mampu memecahkan masalah dan memberikan strategi terbaik bagi para perusahaan maupun individu yang menjadi kliennya

Perencanaan Keuangan

Financial advisor memiliki tugas utama yaitu perencanaan keuangan. Tugas ini menjadi sangat penting mengingat kompetensi utama dari financial advisor adalah bertindak sebagai perencana keuangan bagi kliennya.

Perencanaan keuangan meliputi berbagai hal yang berkaitan dengan tujuan keuangan klien yang bisa berupa biaya pendidikan skeolah anak, dana pensiun, hingga perencanaan pembayaran pajak.

Tugas Financial Advisor

Setelah mengerti apa saja yang menjadi bentuk layanan dari seorang financial advisor, penting bagi kita untuk mengetahui tugas dari financial advisor. Pada dasarnya, tugas mereka adalah melakukan peninjauan kebutuhan keuangan dan finansial seseorang dan membantu klien dalam mengatasi berbagai masalah keuangan.

Para financial advisor harus bisa memberikan bantuan dan saran pada kliennya agar mereka mampu merencanakan finansialnya. Perencanaan finansial ini dapat berupa rencana jangka pendek dan jangka panjang.

Utamanya, financial advisor akan memberikan beberapa saran mengenai pilihan dalam berinvestasi dan hal lainnya kepada klien sesuai dengan tujuan utamanya.

Berikut beberapa hal yang akan dilakukan saat seorang financial advisor bekerja:

  • membantu klien secara profesional dalam menyelesaikan masalah finansial,
  • mengedukasi klien mengenai permasalahan keuangan, seperti investasi, asuransi, hingga perpajakan,
  • memberikan pengetahuan teknis dan cara berbagai layanan keuangan bekerja,
  • memberikan rekomendasi instrumen investasi yang sesuai dengan profil klien,
  • melakukan pemantauan terkait permasalahan keuangan klien, misalnya perkembangan investasi dan pembayaran pajak dari kliennya.

Manfaat Menggunakan Jasa Financial Advisor

Dengan menggunakan jasa financial advisor, tentu akan ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh, terutama dalam urusan seperti investasi, asuransi, dan pembayaran pajak. Selain itu, Kita juga dapat menghemat waktu dalam melakukan perencanaan keuangan yang ternyata tak semudah kelihatannya.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan saat menggunakan jasa financial advisor:

  • menghemat waktu dalam merencanakan keuangan,
  • mendapat saran dan rekomendasi terbaik mengenai masalah keuangan,
  • mendapat edukasi terkait permasalahan keuangan, seperti investasi dan perpajakan.

Baca Juga: Apa Itu Akuntansi Pajak? Bagaimana Cara Menghitungnya?

Kekurangan Menggunakan Jasa Financial Advisor

Selain manfaat yang didapatkan, menggunakan jasa financial advisor juga bisa mengalami beberapa kekurangan, diantaranya:

  • biaya yang diperlukan untuk membayar jasa financial advisor cenderung mahal,
  • klien jadi bergantung kepada orang lain dalam urusan keuangan,
  • mendapat saran yang kurang tepat apabila financial advisor tidak kompeten.

Tips Memilih Financial Advisor yang Tepat

Agar tidak mengalami kerugian saat sudah membayar mahal seorang financial advisor, mungkin beberapa tips di bawah ini bisa menjadi pertimbangan. Yuk, simak tipsnya!

Pastikan Financial Advisor Tersertifikasi

Pastikanlah financial advisor yang Anda pilih memiliki sertifikasi khusus yang sudah terpercaya. Untuk sertifikasi financial advisor ada beberapa jenis, diantaranya adalah CFP (Certified Financial Planner) dan RFP (Registered Financial Planner).

Hindari memilih seorang financial advisor yang belum tersertifikasi. Hal ini penting untuk dilakukan agar saran dan nasihat keuangan serta finansial yang diberikan tepat dan tidak salah perhitungan.

Pilih yang Berpengalaman

Seorang financial advisor berpengalaman tentu sudah terbukti dalam memberikan rekomendasi dan nasihat keuangan. Sebelum membayar seorang financial advisor, ada baiknya kita melihat pengalamannya terlebih dahulu sebelum benar benar memilih.

Kita bisa melihat informasi tentang financial advisor tersebut melalui media sosial dengan melihat track record serta profil mereka.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Seorang financial advisor akan menyesuaikan dengan kebutuhan klien mereka. Oleh karena itu, carilah sesuai dengan kebutuhan Anda dalam hal keuangan dan finansial. Selain itu, pastikan harga yang mereka tawarkan cocok dengan budget Anda.

Kesimpulan

Financial advisor adalah profesional atau seorang yang bertugas untuk memberikan saran atau nasihat pada para klien yang membutuhkan. Adapun klien dari para financial advisor akan dibimbing dan diarahkan agar mampu merencanakan finansial dan keuangannya secara matang.

Klien yang dimaksud adalah bisa dari perusahaan maupun individu yang membutuhkan jasa para financial advisor. Seorang financial advisor yang baik adalah yang mampu memberikan keseluruhan layanan keuangan secara baik dan tepat sesuai dengan kebutuhan kliennya.

Para financial advisor juga harus bisa memberikan bantuan dan saran pada kliennya agar mereka mampu merencanakan finansialnya. Perencanaan finansial ini dapat berupa rencana jangka pendek dan jangka panjang.

Utamanya, financial advisor akan memberikan beberapa saran mengenai pilihan dalam berinvestasi dan hal lainnya kepada klien sesuai dengan tujuan utamanya.

Sama halnya dengan financial advisor, MASERP sudah memiliki berbagai fitur dan kelengkapan yang dibutuhkan perusahaan dalam melakukan pencatatan keuangan. Dengan memilih MASERP perusahaan akan lebih terbantu dalam melakukan pencatatan keuangan karena sudah diintegrasikan dengan teknologi yang mampu memfasilitasi segala keperluan perushaan.

Hadir sebagai accounting software dalam mencatat transaksi keuangan perusahaan, MASERP sudah didukung dengan standar keuangan Multi Currency, Multi Warehouse, dan E-Faktur. Dengan menggunakan MASERP, perusahaan milikmu dapat melakukan kustomisasi sesuai dengan bisnis flow perusahaanmu.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan untuk menghubungi kami dan dapatkan konsultasi gratis mengenai kebutuhan bisnismu!

Baca Juga: Daftar Software ERP Jakarta 2021