Senang Dapat Cashback? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Di era digital saat ini sering sekali kalian mendengar dan melihat iklan cashback 20% sampai 50%. Biasanya kalian melihatnya di gerai-gerai makanan yang ada di mall. Tapi kalian tahu tidak pengertian dari cashback adalah uang kembali itu sendiri, dan bagaimana penggunaannya? Penasaran kan dengan promo ini? Ayo kita bahas lebih lanjut.

Dulu sebelum munculnya aplikasi financial technology atau biasanya disebut sebagai fintech, uang kembali berbentuk voucher belanja. Jadi jika kamu membeli barang seharga 300 ribu rupiah dengan uang kembali 100 ribu rupiah, kamu harus membayarnya 300 ribu rupiah terlebih dahulu, setelah itu kamu akan mendapatkan voucher 100 ribu rupiah untuk hadiah dari promosi itu sendiri. Sudah paham belum dengan cara kerja uang kembali? Kalau belum kita lanjut ke definisi agar kamu lebih paham yuk.

Definisi Cashback

Arti cashback adalah penawaran di mana pembeli diberikan persentase pengembalian uang tunai atau uang virtual atau bahkan diberikan suatu produk tetapi dengan memenuhi syarat pembelian tertentu yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara.

Kebanyakan promosi cashback saat ini yang ada saat ini biasanya tidak benar-benar berupa pengembalian uang tunai langsung ke tangan pembeli. Pihak penjual biasanya memberikan cashback ke dalam bentuk deposit.

Cara ini dipakai agar pembeli di lain waktu akan melakukan pembelian kembali menggunakan deposit tersebut kepada pihak yang memberikan promo cashback. Saat ini banyak cashback yang sudah divariasikan, sudah banyak perusahaan yang memberikan cashback dalam bentuk barang.

Baca Juga: Apa Itu Paylater? Manfaat dan Tips Menggunakannya!

Kelebihan dan Kekurangan Cashback

Setiap promo atau program marketing sudah pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, khususnya dari sisi konsumen. Berikut ini adalah berbagai kekurangan dan kelebihan dari cashback.

Kelebihan Cashback

Kelebihan dari cashback tentunya mampu memberikan uang kembali kepada pihak konsumen, yang mana hal tersebut bisa dirasakan dan juga bisa dianggap sebagai suatu bonus pembelian yang sudah mereka lakukan atau konsumen tersebut bisa melakukan penghematan pada pembelian selanjutnya.

Kekurangan Cashback

Pada dasarnya, kekurangan yang cashback yang dirasakan oleh konsumen bukan lah suatu kerugian untuk konsumen tersebut. Kekurangan cashback dalam hal ini lebih terkait pada bagaimana cara cashback tersebut bisa didapatkan dengan adanya ketentuan dan persyaratan dari pihak penyelenggara yang diantaranya adalah:

Syarat Pembelian

Pada umumnya, program cashback akan diiringi dengan syarat yang harus dipenuhi oleh pihak konsumen, yakni dengan melakukan pembelanjaan sejumlah nominal yang sudah ditetapkan untuk bisa mendapatkan cashback.

Contohnya ada marketplace yang menawarkan promo cashback sebanyak 10% pada toko tertentu pada pembelian barang dengan jumlah nominal minimal 250 ribu rupiah. Jika pihak konsumen hanya melakukan pembelian sebesar 240 ribu rupiah, maka tentunya mereka tidak bisa mendapatkan cashback tersebut.

Fleksibilitas

Pada umumnya, cashback sudah ditentukan oleh pihak perusahaan ataupun merchant, pihak konsumen tidak memiliki hak untuk menentukan persentase cashback yang sudah mereka dapatkan.

Waktu Pemberian

Saat ini, rasanya hampir seluruh pihak penyelenggara tidak lagi memberikan cashback secara langsung ketika pembelian sudah selesai, namun para pembeli harus menunggu beberapa hari, beberapa minggu, bahkan beberapa bulan selanjutnya.

Iuran

Saat ini bahkan ada beberapa penyelenggara cashback yang memanfaatkan suatu iuran pada para konsumennya yang umumnya diberikan dengan tenggat waktu. Apabila pelanggan atau konsumen telah melunasi iuran, maka pihak konsumen akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan cashback.

Jenis-Jenis Cashback

Kartu Kedit

Dalam pengertiannya, uang kembali kartu kredit adalah suatu program yang dikeluarkan oleh suatu bank  tertentu yang dapat memberikan keuntungan kepada para penggunanya. Keuntungan yang didapat adalah penerbit kartu kredit akan memberikan pengembalian sejumlah uang bila kamu melakukan transaksi tertentu atau ketika nilai transaksi yang kamu lakukan mencapai nominal tertentu.

Kemudian penerbit kartu kredit juga tidak mengembalikan uang saja, tetapi juga memberikan sebuah promo pada pemakai kartu kredit yang ia keluarkan. Pengembalian dan promo ini juga tergantung pada kebijakan masing-masing bank dan jenis kartu kredit yang dimiliki. Dengan begitu persentase yang diberikan akan berbeda-beda nominalnya.

Semakin besar kita menggunakan uangnya, maka semakin besar juga uang kembali yang didapatkan. Akumulasi dari tiap uang dalam promo kartu kredit yang diperoleh tiap bulan ini bisa kamu gunakan untuk membayar iuran bahkan tagihan bulanan atau berbelanja barang-barang kebutuhan lainnya.

Online Store

Arti cashback toko online adalah suatu program yang dikeluarkan oleh suatu online shop. Promo ini didapatkan lewat memberikan uang bila kamu membeli barang yang kamu inginkan lewat toko online tersebut. Nominal yang diberikan juga tergantung dengan nilai harga yang kamu beli. Promosi uang kembali online ini biasanya bukan merupakan uang tunai dalam pengembaliannya, melainkan berupa voucher atau uang digital.

Tetap bisa juga penyedia promo ini memberikan uang kembali untuk dipakai pada pembelanjaan berikutnya di online shop yang sama. Maka dari itu pembelian selanjutnya akan dipotong harga aslinya. Hal ini dapat menguntungkan kedua belah pihak, yaitu pembeli dan penyedia.

Dari sisi pembeli dapat menghemat pengeluaran untuk pembelian selanjutnya, sedangkan dari pihak online shop dapat membuat pelanggan menjadi setia, karena akan terus menggunakan uang kembali yang diberikan di pembelian berikutnya untuk di pembelian selanjutnya. Seperti yang sudah kita lihat di atas ini adalah salah satu bagian dari incentive marketing.

Property

Pengertian cashback property adalah suatu program yang dikeluarkan oleh suatu pengembang atau developer property. Ia memberikan keuntungan dengan cara dimana pengembang property akan memberikan uang kembali jika konsumen membeli property yang mereka jual baik itu rumah, apartemen, ruko, dan lainnya.

Biasanya developer property memberikan uang kembali dalam bentuk suatu barang sebagai pelengkap property yang dibeli, misalnya TV, AC, lemari es, dan kebutuhan rumah lainnya, bahkan ada pengembang property yang memberikan uang kembali berupa kendaraan bermotor yaitu sepeda motor atau mobil jika harga property tersebut cukup besar.

Kendaraan Bermotor

Arti cashback kendaraan bermotor hampir sama dengan cashback property, yaitu suatu program yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan pembiayaan atau leasing yang memberikan keuntungan dimana perusahaan leasing akan memberikan uang kembali jika konsumen membeli kendaraan bermotor yang mereka jual baik itu mobil maupun sepeda motor.

Biasanya perusahaan leasing memberikan uang kembali dalam bentuk suatu barang, misalnya Laptop, Handphone, Tablet, atau produk yang menarik perhatian, bahkan ada ada yang memberikan uang kembali berupa sparepart dari kendaraan atau bisa juga voucher untuk membeli oli atau ban. Promo ini banyak disukai oleh konsumen, karena konsumen senang akan mendapatkan suatu bonus barang dari pembelian kendaraan bermotor yang mereka lakukan.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa cashback adalah suatu bentuk penawaran yang bisa didapatkan oleh siapapun, karena didalamnya pihak konsumen akan mendapatkan keuntungan ketika berhasil memenuhi persyaratannya.

Strategi pemberian cashback ini juga memberikan banyak manfaat pada perusahaan atau toko online yang menyelenggarakan cashback, karena dengan begitu maka para konsumen akan melakukan pembelian ulang dan menghasilkan konsumen yang loyal, sehingga perusahaan bisa mendapatkan banyak laba atau keuntungan.

Oleh sebab itu sebaiknya perusahaan memfokuskan hal tersebut serta memiliki sistem yang salah satunya melalui penggunaan produk atau software yang sesuai, Contohnya dengan menggunakan software akuntansi modren seperti MASERP.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud.

Software tetap bisa dipakai meskipun tidak ada koneksi internet, kemudian MASERP dapat digunakan lebih dari satu perusahaan tanpa biaya tambahan.

Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt. Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action