Apa Itu Paylater? Manfaat dan Tips Menggunakannya!

Di era digital ini, berbagai fitur pembayaran sudah mulai disediakan. Bagi kamu para pencinta belanja online di marketplace dan e-commerce atau kamu yang hampir setiap saat berpergian dengan pesawat, pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur paylater. Apa itu paylater?

Sudah bukan rahasia umum kalau sistem paylater ini memiliki fungsi dan manfaat yang sama persis dengan kartu kredit. Konsep utama dari paylater pun serupa dengan kartu kredit tetapi tanpa perlu memiliki kartu. Maksudnya adalah dengan paylater kita tetap bisa melakukan cicilan di berbagai platform yang menyediakan pilihan metode pembayaran paylater.

Paylater menjadi salah satu alternatif yang ramai digunakan bagi kaum traveler dan hobi belanja mulai dari milenial hingga para orang tua. Agar kamu mengetahui lebih banyak mengenai apa itu paylater, yuk simak penjelasan berikut ini!

Apa Itu Paylater?

Paylater dapat diartikan sebagai salah satu fasilitas keuangan yang memungkinkan metode pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit. Dengan menggunakan konsep yang sama, para pengguna dari paylater bisa mendapatkan kemudahan berbelanja dengan cicilan layaknya saat menggunakan kartu kredit.

Singkatnya, pengguna atau pembeli dapat langsung melakukan transaksi dengan menggunakan sistem paylater sebagai bentuk cicilan.

Saat menggunakan fitur paylater, kamu dapat membeli produk dan juga menunda pembayaran. Namun, perlu diingat bahwa proses pelunasan harus dilakukan dalam hitungan hari, minggu, atau bulan sesuai dengan sejumlah harga barang yang dibayarkan.

Baca Juga: Menuju Cashless Society, Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Manfaat Menggunakan Paylater

Setelah Anda mengetahui arti apa itu paylater, ternyata dalam beberapa kondisi menggunakan paylater saat bertransaksi dapat mendatangkan keuntungan untuk Anda. Dimulai dari kemudahan menggunakannya hingga berbagai promo yang didapatkan saat memilih paylater sebagai metode pembayaran.

Sebagai pertimbangan, berikut beberapa manfaat menggunakan paylater saat berbelanja:

Mudah Digunakan

Meski memiliki sistem yang sama dengan kartu kredit, proses penggunaan paylater bisa dibilang jauh lebih mudah dan cepat. Tak perlu membuat kartu kredit secara langsung, kamu hanya perlu melakukan registrasi pada platform yang menyediakan fitur paylater melalui aplikasi platform tersebut. Praktis bukan?

Anti Ribet

Biasanya layanan seperti kartu kredit mengharuskan Kita sebagai pengguna untuk mengikuti beberapa persyaratan, misalnya jumlah gaji atau pendapatan per bulan hingga tanggungan atau jaminan barang.

Namun, lazimnya paylater hanya membutuhkan syarat penggunaan kartu identitas atau KTP Indonesia untuk mendaftarkan diri dan Kita bisa langsung menggunakan fitur paylater saat berbelanja.

Masa Pembayaran Fleksibel

Saat menggunakan atau berbelanja dengan metode cicilan, mungkin pertimbangan masa pembayaran adalah yang paling menakutkan bagi beberapa orang. Namun, ketika menggunakan paylater tenor atau tenggat waktu membayar cicilan cenderung lebih fleksibel dengan banyaknya pilihan masa tenor.

Biasanya platform penyedia fitur paylater memberikan rata-rata pilihan yang beragam mulai dari harian, mingguan, hingga bulanan. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dalam memilih masa pembayaran untuk melunasinya.

Dapat Digunakan dalam Berbagai Transaksi

Kelebihan paylater ini salah satunya adalah dapat digunakan untuk transaksi apapun. Ya, dengan fitur paylater, pengguna akan dimanjakan dengan melakukan pembayaran secara online maupun offline.

Bahkan, tidak perlu ribet menyimpan uang tunai untuk membayar keperluan harian seperti belanja makanan atau membayar tagihan listrik bulanan karena kebutuhan kita tetap bisa didapatkan dengan membayar menggunakan paylater.

Promo Menarik

Manfaat satu ini mungkin menjadi faktor utama yang membuat kita memilih paylater. Ya, berbagai marketplace atau e-commerce berbondong-bondong menyediakan promo bagi para pengguna yang menggunakan fitur paylater.

Promo yang disediakan bisa berupa cashback, diskon, hingga hadiah menarik. Tentunya, kita sebagai pengguna dapat memanfaatkan berbagai promo tersebut untuk memenuhi kebutuhan. Eits, tapi jangan kelewatan ya!

Baca Juga: Perbedaan E-Commerce dan Marketplace yang Sering Dianggap Sama

Kerugian Menggunakan Paylater

Terlepas dari manfaat yang disediakan, ternyata paylater juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan atau kerugian ini bisa terjadi jika kamu kelewatan dan tidak berhati-hati saat berbelanja dengan fitur paylater.

Sebagai pertimbangan, kami merangkum beberapa kerugian yang mungkin saja bisa kamu alami. Yuk, simak!

Boros Berbelanja

Nah, ini mungkin kerugian yang mungkin akan kamu alami. Dengan berbagai kemudahan dan manfaat saat menggunakan paylater, kamu mungkin akan lebih sering berbelanja.

Bahayanya, kamu mungkin tidak sadar saat akan berbelanja dengan paylater karena memang tidak memerlukan uang tunai atau tabungan. Bisa jadi, kamu lebih boros karena merasa dengan jumlah saldo pinjaman pada paylater milikmu kamu tetap bisa bertransaksi bahkan membeli banyak barang secara berlebihan.

Apa Itu Paylater
Hitang Membengkak

Hutang dan Tagihan Membengkak

Selain lebih boros dalam berbelanja, dengan sistem paylater mungkin akan manambah jumlah tagihan yang harus kamu bayarkan. Dalam sistem transaksi paylater ada penambahan biaya administrasi saat kamu melakukan proses cicilan dalam masa tenor tertenu.

Imbasnya, kamu harus mengikuti aturan tersebut dan jika terus-terusan berhutang, tagihan yang harus kamu bayarkan akan semakin membengkak. Jadi, hati-hati ya dalam menggunakan paylater.

Identitas dan Privasi

Di era saat ini, keamanan akan identitas dan privasi menjadi concern utama dalam melakukan kegiatan di dunia internet, khususnya saat bertransaksi secara online. Ya, sistem paylater mengharuskan diri kamu untuk melakukan registrasi dengan mendaftarkan identitas.

Selain itu, pendataan identitas juga perlu diverifikasi oleh platform atau marketplace penyedia fitur paylater. Hal ini harus dipertimbangkan, karena tak jarang keamanan data pribadi sering mengalami kebocoran.

Baca Juga: Apa Itu Virtual Account? Berikut Jenis, Manfaat dan Kegunaanya

Tips Menggunakan Paylater

Setelah mengetahui manfaat dan kerugian dari paylater, mungkin kamu akan lebih tahu menggunakannya dengan lebih baik. Jadi, untuk membantu kamu, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat berbelanja atau bertransaksi dengan paylater.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Tips pertama adalah dengan menggunakan fitur paylater sesuai dengan kebutuhan. Ya, dengan menyesuaikan kebutuhan seperti membayar tagihan yang menjadi prioritas fitur ini bisa sangat membantu.

Selain itu, gunakanlah fitur paylater hanya untuk memenuhi kebutuhan kamu yang sangat mendesak. Pada saat inilah, kamu bisa menggunakan metode pembayaran paylater sebagai solusi.

Manfaatkan Promo

Promo yang ada saat menggunakan fitur paylater menjadi keuntungan yang bisa Kamu manfaatkan saat menggunakannya. Dengan menggunakan promo seperti cashback atau diskon, kamu bisa mengurangi biaya untuk keperluan tertentu.

Tipsnya adalah selalu up to date dengan promo yang ada dan pastikan terlebih dahulu apakah barang atau keperluan milikmu mendapat promo menarik. Dengan begitu, kamu bisa mengalokasikan sisa uang kamu tersebut untuk keperluan seperti menabung dan lainnya.

Perhatikan Ketentuan yang Ada

Biasanya dalam pembayaran dalam suatu transaksi memilki beberapa ketentuan tertentu, tak terkecuali paylater. Ya, dalam paylater dikenal berbagai istilah dan ketentuan yang harus Kamu pahami.

Sebelum mendaftar atau melakukan transaksi dengan paylater kamu perlu mengenal ketentuan dan syarat seperti masa pembayaran, bunga, hingga denda yang harus dibayar apabila terlambat melakukan pelunasan

Kesimpulan

Paylater merupakan fasilitas keuangan yang memungkinkan metode pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit, pengguna wajib melakukan pelunasan sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Paylater memberikan banyak manfaat antara lain mudah digunakan dan tidak ribet, masa pembayaran fleksibel, dapat digunakan dalam berbagai transaksi dan banyak promo menarik. Namanya juga hutang atau cicilan, pasti juga memiliki beberapa kerugian yang akan dialami pengguna.

Kerugian yang mungkin dialami pengguna paylater antara lain menjadi boros dalam berbelanja, tagihan dan hutang semakin membengkak dan data atau identitas diri rawan disalahgunakan.

Untuk mengantisipasi kerugian, ada tiga tips yang bisa dipraktikan yaitu gunakan paylater untuk berbelanja hal yang sangat dibutuhkan, manfaatkan promo sebaik-baiknya serta pahami peraturan dan ketentuan yang dibuat oleh pihak paylater.

Sebesar atau sekecil apapun pengeluaranmu, pengelolaan keuangan itu sangat penting. Bahkan, ketika kamu membuat laporan keuangan yang berisi transaksi pembelian menjadi penting.

Nah, agar segala pendataan tersebut tersusun rapi dari setiap periodenya, kamu bisa gunakan software akuntansi modern seperti MASERP. Kamu membutuhkan data tersebut untuk evaluasi, maka pihak akuntan atau bagian finance bisa menemukannya dengan mudah.

Apabila kamu sudah mengerti apa itu paylater beserta manfaat dan tips menggunakannya, sepertinya tidak masalah bagi kamu untuk segera bertransaksi dengan paylater.

New call-to-action