Ikuti 5 Langkah Mudah Memulai Bisnis F&B

Apa itu F&B? food and beverage service merupakan salah satu department di hotel yang berfokus pada pelayanan makanan dan minuman untuk mencapai kepuasan pelanggan. Selain di hotel, department ini mungkin juga bisa Anda jumpai di restoran, penerbangan, rumah sakit, kapal pesiar maupun kereta.

Seorang yang bekerja di bidang food and beverage service ini diharuskan untuk tampil rapi, ramah dan sopan serta mampu berkomunikasi dengan baik juga cekatan. Mengingat pekerjaan ini bergerak dalam bidang jasa pelayanan dan selalu bertemu dengan banyak orang setiap harinya.

Hal yang menarik bekerja di bidang ritel atau F&B adalah suasana bekerja yang berbeda (restoran, café, coffee shop) dan bisa selalu tampil modis karena harus bertemu dengan banyak orang sehingga cocok sekali untuk mereka yang hobi masak atau menyukai hal-hal yang baru.

Apa Itu F&B?

Food and beverage atau biasa disingkat F&B adalah sektor industri yang bergerak di bidang pembuatan dan menyajikan makanan atau minuman. Salah satu industri yang membutuhkan departemen F&B adalah perhotelan, apalagi hotel yang berbintang.

Di industri perhotelan, food and beverage bertanggung jawab atas kebutuhan pelayanan, makanan, minuman, hingga kebutuhan lain para tamu. Oleh karena itu, F&B memiliki bagian penting di perhotelan.

Baca Juga: 3 Tips Mengatur Retur Penjualan Bagi Bisnis

Langkah-Langkah Memulai Bisnis F&B

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis F&B (food and beverage):

Memulai Bisnis

Penting untuk memulai bisnis F&B dari kecil sehingga Anda bisa perlahan-lahan belajar mengelolanya dengan baik. Namun, Anda harus mengatur bisnis sehingga Anda memiliki kemampuan untuk meningkatkan seiring dengan peningkatan penjualan.

Saat Anda berkembang, Anda harus menjangkau partner bisnis lain untuk menjadi bagian dari bisnis Anda. Anda akan ingin mencari co-packer, tujuannya adalah memproduksi kemasan untuk bisnis F&B Anda.

Menggunakan co-packer dapat menurunkan kebutuhan modal dan akan memungkinkan Anda untuk memfokuskan waktu dan sumber daya untuk pengembangan bisnis.

Kemudian, seiring pertumbuhan Anda, Anda akan ingin mencari distributor untuk bahan-bahan yang Anda butuhkan. Penting untuk menginvestasikan waktu untuk memilih distributor yang sesuai dengan visi Anda untuk perusahaan Anda.

Tim Lapangan yang Solid

Untuk membangun tim lapangan yang berkualitas, Anda harus sering melakukannya  terlebih dahulu. Saat Anda mewawancarai, carilah individu yang mencerminkan antusiasme dan berbagi dedikasi dan tujuan Anda. Setelah Anda menemukan orang yang tepat untuk membentuk tim Anda, Anda ingin menciptakan budaya positif di dalam tim.

Rencana Eksekusi

Sekarang Anda memiliki tim lapangan yang tepat. Namun, tanpa rencana eksekusi yang terorganisir, bahkan tim terbaik pun akan gagal dalam menjalankan bisnis makanan dan minuman yang sukses. Anda perlu membuat rencana pengembangan dan terus mengubahnya seiring perubahan pasar.

Anda harus mengetahui target audiens dan pesaing  yang adalah penting dalam bisnis F&B. Desain interior dalam toko dan ketersediaan produk  adalah kuncinya, jadi Anda harus memiliki rencana terstruktur untuk mengeksekusi bisnis Anda.

Desain Kemasan yang Bagus

Penampilan produk adalah kunci untuk menciptakan identitasnya. Luangkan waktu untuk merancang produk berkualitas yang terlihat dan terasa enak. Anda dapat melihat tips tentang tren kemasan saat ini.

Namun, jangan abaikan bagian praktis dari pengemasan. Pikirkan tentang bagaimana produk Anda akan muat di rak atau di pajangan, dan apakah bentuk dan ukurannya praktis.

Iklan

Selanjutnya, Anda perlu beriklan! Jika Anda telah membuat produk dalam kategori yang sudah ada sebelumnya dalam pasar, coba bedakan diri Anda dari pesaing di bisnis F&B. Temukan kelemahan pesaing Anda, dan jadikan itu kekuatan Anda. Strategi periklanan yang hebat adalah fokus pada penciptaan branding yang baik.

Tren Teknologi di Industri F&B Service

Pemanfaatan teknologi menjadi solusi tepat bagi pelaku bisnis F&B agar bisa tetap bertahan di tengah pandemi ini. Pemanfaatan teknologi saat ini tak hanya membantu dalam urusan pesanan makanan saja tapi juga hal lain misalnya membantu transaksi pembayaran, membantu sistem manajemen pegawai, pengawasan stock (inventory), hingga perhitungan laba-rugi (akuntansi). Agar bisnisnya dapat bersaing, para pelaku bisnis F&B pun mengikuti tren teknologi yang sering diadopsi saat ini, di antaranya adalah:

Pemesanan dengan Table Menu

Beberapa restoran kini telah menggunakan table menu untuk memudahkan customer dalam melakukan pemesanan. Jauh lebih praktis daripada mempekerjakan pramusaji untuk mencatat pesanan Anda.

Software Akuntansi

Banyak pelaku bisnis food and beverage yang telah menggunakan software akuntansi untuk perhitungan profit bisnisnya. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pengelolaan informasi penting serta mencatat seluruh transaksi yang terjadi tanpa kekeliruan.

E-Commerce dan Marketplace

Tidak sedikit juga pelaku bisnis F&B yang membuka online shop/situs e-Commerce selain mereka tetap memiliki outlet atau tempat makan yang berlokasi di suatu tempat.

Aplikasi HR untuk Kelola Karyawan

Mengetahui bahwa tingkat turnover karyawan yang bekerja di bidang F&B cenderung tinggi, sehingga divisi rekrutmen dan HR sering kesulitan mengelola data karyawan, terutama saat proses onboarding.

Kesimpulan

Jadi, kalian sudah memahami apa itu F&B? Untuk mencatat semua transaksi keuangan dalam bisnis F&B, Anda dapat menggunakan bantuan software ERP. MASERP menyediakan solusi nyata pada sistem approval secara mendetail & juga tentunya secara online.

Modifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan, membantu kegiatan operasional perusahaan tersebut menjadi lebih efektif & efisien secara keseluruhan.

MASERP memiliki fitur Barcode Scanner untuk penerimaan barang, surat jalan dan penjualan produk yang bisa membantu meningkatkan kecepatan dan keakuratan kinerja Anda.

Anda juga dapat melakukan tracking umur piutang customer Anda dengan fitur reminder untuk piutang jatuh tempo setiap harinya agar dapat melakukan penagihan tepat waktu dan menjaga kesehatan cash flow.

Fitur Sales Order membantu Anda mentracking pesanan penjualan yang sudah dibuat dan melacak apakah barang sudah dikirim ke customer atau belum.

Sebagai distributor yang menyimpan banyak persediaan barang, Anda pasti tidak ingin mengirimkan barang yang sudah expired ke pedagang eceran dan konsumen. Dengan fitur Serial Number dan Batch Number di MASERP, Anda bisa melacak expiry date demi menjaga kualitas produk.

New call-to-action