5 Manfaat Inventory ERP dan Rekomendasinya

Mencari software terbaik untuk bisnis memang bukan hal yang mudah, apalagi kalau bisnis Anda memiliki industri dan flow yang unik. ERP merupakan solusi yang bisa Anda implementasikan di perusahaan karena sistem ERP dapat mengintegrasikan banyak data untuk berbagai proses bisnis dalam satu sistem. ERP tidak hanya memiliki fitur keuangan dan akuntansi saja, tetapi juga meliputi produksi, inventory, aset dan lain-lain. Bagi Anda yang masih bingung mengenai fitur apa saja yang biasanya ada di inventory ERP beserta manfaat yang bisa Anda rasakan, berikut informasi lengkapnya!

Bagaimana Inventory ERP Membantu Perusahaan

Sebagai perusahaan manufaktur, menggunakan sistem ERP untuk manajemen inventaris adalah salah satu keputusan paling cerdas. Anda tidak hanya akan menghindari penggunaan spreadsheet beserta semua human error yang berkaitan dengan hal tersebut, tetapi juga dapat menghemat waktu yang terbuang dalam memperbarui dan menyeimbangkan inventory secara manual.

Dengan menggunakan sistem ERP, data inventory yang Anda miliki secara otomatis akan terintegrasi dengan semua proses bisnis mulai dari perencanaan hingga operasi, produksi dan akuntansi. Anda dapat mengelola seluruh operasi bisnis dari satu sistem dan membuat organisasi lebih terorganisir, efisien dan efektif.

Setiap produk ERP memiliki tampilan dan detail fitur yang berbeda, tetapi modul manajemen inventory dalam ERP biasanya meliputi fitur berikut ini:

  • Pelacakan dan manajemen stok
  • Manajemen pesanan, penjualan dan pembelian
  • Pemenuhan pesanan multi-channel
  • Manajemen penyimpanan dan transfer stok
  • Integrasi dengan e-commerce, akuntansi, pengiriman, dan alat operasional lainnya
  • Laporan

Baca Juga: Mengelola Sistem Inventory dengan Software Akuntansi

Manfaat Inventory ERP

Tracking Persediaan Barang

Salah satu capaian perusahaan menerapkan manajemen inventory adalah agar mengetahui persediaan barang apa saja dan berapa banyak jumlahnya, serta di mana letak barang tersebut di rak gudang. Tetapi jika perusahaan Anda hanya memiliki sistem atau software manajemen inventory saja dan tidak terintegrasi dengan proses bisnis lainnya, operasinya tentu tidak akan optimal dan efektif.

ERP dapat mengintegrasikan proses manajemen inventory Anda dengan operasi lain, serta memudahkan pelacakan persediaan di perusahaan Anda. Inventory ERP memberikan karyawan Anda kemudahan mengakses database terpusat dengan lebih cepat dan terupdate secara real-time. Ini akan membuat Anda mengetahui persis apa yang bisa atau tidak bisa terpenuhi, raw material apa yang masih tersedia, serta meyakinkan bahwa apa yang tercatat dalam database benar-benar cocok dengan apa yang ada di rak gudang, membuat proses produksi lebih efisien, dan pelaporan keuangan juga lebih mudah.

Inventory ERP

Otomatisasi Proses

Inventory ERP dapat menghemat waktu dan anggaran dengan cara menghilangkan tugas berat dalam proses manajemen inventory yang masih dilakukan secara manual. Kini saatnya, Anda mengucapkan selamat tinggal pada update spreadsheet yang susah, dan beralih ke update inventory yang real time. Ini berarti Anda lebih sedikit menghabiskan waktu untuk melakukan pekerjaan yang memerlukan input manual. Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada bagian lain dari bisnis manufaktur Anda.

Sistem manajemen inventory yang terotomatisasi membantu menghilangkan human error dan menghindari potensi masalah yang akan timbul. Anda juga akan memiliki gambaran lengkap mengenai inventory di dashboard ERP, serta memberikan visibilitas yang lebih baik ke dalam operasi bisnis. Dengan sistem ERP, hampir semuanya berjalan otomatis, bahkan kontak supplier Anda selalu diperbarui, memberi Anda lebih banyak kepercayaan diri dan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan efisien dan efektif.

Menyederhanakan Proses Bisnis

Manajemen inventory yang akurat dapat membantu meningkatkan efisiensi keseluruhan proses manufaktur dan distribusi. Karyawan Anda dapat menghabiskan waktu untuk pekerjaan lain misalnya mencoba menemukan satu bagian strategi dan insight tertentu untuk dieksekusi. 

Dengan inventory ERP, Anda dapat secara otomatis melacak persediaan yang Anda gunakan di setiap pekerjaan, misalnya perencanaan produksi yang tepat karena Anda mengetahui persis jumlah bahan baku yang dimiliki dan apa yang perlu dipesan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Inventory ERP

Forecasting, Restocking dan Mengelola Kelebihan Persediaan

Sistem ERP dapat melacak penjualan, pembelian dan logistik sehingga Anda dapat memiliki level inventory yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan bisnis. Dengan ERP, Anda dapat memanfaatkan sistem manajemen inventory yang sesuai dengan operasi Anda, memudahkan Anda untuk mengelola hal-hal seperti proses pemesanan bahan baku yang lama sehingga Anda bisa memesan bahan baku dan memastikan Anda memilikinya tepat waktu agar proses produksi dan penjualan tidak terganggu.

Mengetahui level inventory dalam real-time juga memudahkan untuk mengisi kembali pembelian, ERP dapat mengirimkan notifikasi ke manajer pembelian Anda pengingat bahwa barang perlu dipesan ulang. Tanpa ERP, produsen dapat menghadapi biaya yang sangat besar untuk mempercepat pengiriman ketika mereka sangat membutuhkan stok.

Kalau Anda memiliki informasi mengenai kelebihan persediaan barang secara real time berarti Anda memiliki kesempatan untuk mengembalikan stok, dan rak di gudang dapat digunakan untuk persediaan yang lebih penting. Kelebihan persediaan barang berarti Anda juga perlu menyiapkan anggaran yang lebih untuk ruang dan kalau barang tidak dapat terjual dalam waktu cepat maka bisa mengganggu cash flow.

Menghemat Anggaran Perusahaan

Setiap pemilik bisnis tahu bahwa efisiensi sama dengan penghematan biaya. Daripada membayar sistem terpisah untuk menangani berbagai proses bisnis atau departemen, menggunakan ERP untuk manajemen inventory menangani berbagai aspek bisnis Anda, mengurangi beban kerja dan meminimalkan biaya.

Inventory ERP dirancang untuk mengurangi pekerjaan manual dengan mengotomatisasi dan menyederhanakan proses, semuanya berjalan seiring dengan pertumbuhan bisnis. Sistem ERP membantu mengumpulkan data berkualitas yang memberi Anda insight mengenai bisnis untuk membantu melacak kinerja bisnis dan merencanakan pertumbuhan bisnis.

Rekomendasi Inventory ERP untuk Perusahaan

Banyaknya vendor ERP yang ada di pasar saat ini, mungkin membuat Anda bingung menentukan mana yang terbaik. Terlebih, fitur yang ditawarkan tiap vendor bisa saja berbeda. Salah satu tips yang bisa Anda terapkan ketika akan membeli ERP adalah memastikan Anda mengetahui kebutuhan perusahaan secara detail. Dengan begitu, Anda bisa mencocokkan fitur dengan kebutuhan.

KONSEP ERP
Software Inventory

MASERP sebagai salah satu vendor ERP yang sudah beroperasi sejak 1984 menawarkan berbagai modul seperti keuangan, pembelian, penjualan, manufaktur, persediaan barang, aset tetap, pajak, 300+ laporan siap cetak dan masih banyak lagi. Untuk urusan persediaan barang, modul di MASERP juga sudah terintegrasi dengan modul lain seperti pembelian dan penjualan. Fitur inventory yang terdapat di MASERP:

  • Pengkategorian barang
  • Daftar persediaan barang
  • Manajemen gudang (multi gudang)
  • Stock opname
  • Transaksi transfer out (perpindahan barang antar gudang)
  • Transaksi masuk (penambahan barang internal)
  • Transaksi pemakaian (saat ada pemakaian internal)
  • Transaksi keluar (pengeluaran internal)
  • Harga beli spesial supplier
  • Harga jual spesial pelanggan
  • Quantity maximum dan minimum
  • Adjust harga jual
  • Duplikat barang
  • Jurnal inventory
  • Barcode scanner
  • Cetakan barcode
  • Laporan (kartu inventory, daftar inventory, transaksi inventory, analisa inventory, status mutasi dan masih banyak lagi).

Kesimpulan

Manfaat inventory ERP untuk perusahaan Anda antara lain membantu tracking persediaan barang di gudang, mengotomatisasi proses bisnis sehingga bisa menghemat waktu, menyederhanakan proses bisnis yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja, forecasting, restocking dan mengelola kelebihan persediaan yang dimiliki perusahaan, serta menghemat anggaran perusahaan.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!