Cara Kerja dan Strategi Price Skimming untuk Bisnis Anda

Penentuan harga bisa dibilang menjadi salah satu poin penting yang mempengaruhi sukses tidaknya dari sebuah strategi marketing. Price skimming adalah metode yang sering sekali digunakan dalam strategi bisnis saat ini. Ini disebabkan karena strategi penentuan harga produk menentukan apakah bisnis yang Anda jalani mendatangkan keuntungan atau malah kerugian. 

Penetapan harga menjadi cerminan dari tujuan apa yang ingin dicapai oleh perusahaan sekaligus memberikan pengaruh cara pandang dalam bisnis. Nah, strategi bisnis yang cukup banyak digunakan dalam bisnis yaitu dengan menggunakan metode price skimming. Metode ini dianggap cukup penting karena mampu melengkapi strategi penetapan harga yang lainnya.

Pengertian Metode Price Skimming

Price skimming adalah metode penetapan harga yang dilakukan pada saat awal produk dijual dengan harga tinggi lalu mengalami penurunan atau berkurang secara perlahan dari waktu ke waktu. 

Metode price skimming ini banyak digunakan oleh pelaku bisnis untuk mendapatkan keuntungan besar dan cepat sebelum adanya kompetitor yang masuk ke pasar, sekaligus menguji respon dari konsumen. Saat konsumen memberikan respon positif maka permintaan pasar secara otomatis akan meningkat dan persaingan menjadi ketat.

Lalu, agar jangkauan pembeli semakin banyak dan tetap bisa bersaing, produsen mulai menurunkan harga. Biasanya konsep ini cocok diterapkan oleh perusahaan teknologi yang baru saja meluncurkan produk terbarunya karena pada saat peluncuran, brand atau mereknya sudah memiliki basis penggunan yang mapan sehingga memiliki pembeli yang potensial.

Baca Juga: 5 Strategi Pengembangan Bisnis Agar Produk Anda Dilirik Pasar

Cara Kerja Metode Price Skimming

Metode skimming price ini cocok untuk konsumen yang tidak begitu memperdulikan harga dan memang perlu untuk bisa memiliki produk tersebut. Metode ini dapat bekerja dengan menetapkan harga tertinggi pada saat peluncuran produk lalu harga diturunkan perlahan-lahan saat permintaan turun atau kompetitor mulai memasuki pasar.

Seperti yang sempat dibahas di atas, metode ini biasanya banyak digunakan oleh perusahaan elektronik atau gadget. Misalnya, suatu perusahaan meluncurkan gadget terbaru dengan fitur canggih yang harganya tinggi. Pada awal peluncuran mungkin ada sebagian masyarakat yang tidak bisa menjangkau untuk membeli produknya.

Saat peluncuran pertama mendapatkan positif, maka perusahaan akan mulai menurunkan harga agar bisa menjangkau banyak pembeli. Adanya penurunan harga ini juga agar bisa bersaing dengan kompetitor yang mulai memasuki pasar.

Kompetitor itu muncul biasanya ketika ada yang menjual produk dengan spesifikasi yang sama namun harga jauh lebih murah. Jadi, mau tidak mau perusahaan yang pertama kali melakukan peluncuran produk tersebut harus melakukan penurunan harga agar bisa tetap bersaing di pasaran.

Strategi Penetapan Harga dengan Price Skimming

Agar metode ini bisa bekerja dengan optimal, Anda tentu saja harus menentukan target atau segmen pasar yang tepat sasaran. Seperti yang sudah dibahas, metode ini akan cocok untuk industri tertentu seperti teknologi atau gadget. Jadi, tidak semua industri bisnis cocok jika menggunakan penetapan harga dengan price skimming ini.

Price skimming bisa digunakan oleh suatu bisnis jika memenuhi salah satu situasi berikut ini:

  • Bisnis memiliki merek dan basis pengguna yang mapan
  • Produk atau layanan baru menjadi pioner di pasaran
  • Tidak memiliki pesaing
  • Memiliki calon konsumen yang tinggi untuk produk yang akan dipasarkan

Harga produk yang baru diluncurkan tentu saja akan mempengaruhi bagaimana persepsi dari pembeli. Biasanya, pembeli akan beranggapan produk mahal karena sebanding dengan kualitas dan eksklusivitas produk tersebut. Maka dengan begitu, orang awam sekalipun akan tertarik untuk membelinya.

Kapan Sebaiknya Menggunakan Metode Price Skimming?

Price skimming adalah lebih cocok diterapkan untuk produk yang memiliki harga tinggi. Untuk itu, Anda pun perlu tahu mengetahui kondisi-kondisi berikut untuk untuk tahu kapan sebaiknya menggunakan metode price skimming.

Kualitas Produk

Metode price skimming akan diawali dengan mematok harga tinggi untuk suatu produk. Oleh karena itu, produk harus memiliki kualitas yang tinggi agar konsumen merasa harga yang ditawarkan memang sebanding dengan apa yang akan didapatkan.

Jumlah Pembeli

Kondisi selanjutnya adalah memiliki jumlah pembeli yang setia untuk produk yang dijual. Hal ini tentu saja agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar dengan harga jual yang cukup tinggi.

Tingkat Persaingan

Sebelum menerapkan price skimming, cari tahu terlebih dahulu apa keunikan dan kualitas seperti apa yang dimiliki oleh produk Anda dibandingkan dengan brand lain. Hal ini berguna agar pesaing kesulitan untuk memasuki pasar dan bersaing dengan harga lebih murah.

Bila Anda tidak bisa memastikan hal ini, ketika produk Anda yang dijual memiliki tingkat persaingan tinggi, hal ini malah akan menyebabkan perusahaan mengalami kerugian.

Kekurangan Price Skimming

  • Harga tinggi bisa menarik pesaing baru untuk masuk. Nantinya kompetitor baru akan membawa suplai yang banyak sehingga bisa menekan harga dan marjin keuntungan. Siapkah Anda dengan persaingan ini?
  • Meskipun menguntungkan, strategi ini tidak bisa diterapkan dalam jangka waktu yang lama. Pesaing baru akan muncul membawa produk yang sama, namun harga ditawarkan lebih murah
  • Tingkat perputaran persediaan masih rendah. Awalnya, harga tinggi maka itu berarti volume penjualan rendah. Lalu, jika Anda memproduksinya dalam skala yang besar, maka itu akan ada penumpukan barang yang di gudang

Kelebihan Price Skimming

  • Dengan harga tinggi maka margin keuntungan yang besar. Dari sini, Anda pun bisa mengumpulkan modal untuk inovasi di produk selanjutnya
  • Price skimming bisa membantu citra dari sebuah produk sebagai barang yang berkualitas kepada konsumen
  • Konsumen melihat produk yang Anda jual sebagai produk berkualitas tinggi. Itu poin plus untuk membangun citra produk berkualitas tinggi. Ketika ada penurunan harga, Anda dapat berargumen jika harga lebih rendah bukan karena adanya penurunan kualitas tetapi karena adanya persaingan yang lebih insentif. Jadi, tugas Anda adalah memberikan keyakinan kepada konsumen

Kesimpulan

Price skimming adalah strategi penentuan harga yang bisa dibilang cukup mudah dipahami dan diterapkan. Namun, metode ini juga lebih riskan untuk membuat kesalahan, sehingga pada saat implementasinya dibutuhkan analisa dan riset pasar yang tepat dan teliti. 

Bisa dibilang strategi price skimming ini bisa saja tidak berhasil di beberapa sektor, oleh karena itu riset sangat penting dilakukan sebelum diterapkan. Agar bisa menentukan strategi penetapan harga yang tepat, Anda sebagai pemilik bisnis harus tahu berapa besar biaya yang akan dikeluarkan dalam membuat suatu produk atau jasa. Biaya ini termasuk biaya distribusi, pemasaran, dan semua biaya secara menyeluruh.

Untuk melakukan pengelolaan biaya perusahaan, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti MASERP. Dengan menggunakan MASERP akan mendapatkan fitur-fitur akuntansi lengkap seperti penganggaran, pembuatan laporan keuangan, manajemen stok, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan software akuntansi ini, Anda bisa memantau keuangan bisnis dimanapun dan kapanpun, terlebih MASERP juga menyediakan berbagai fitur yang dibutuhkan oleh bisnis Anda.

Software akuntansi MASERP bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk segala kebutuhan akuntansi usaha Anda. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: Bagaimana Menentukan Target Pasar untuk Bisnis?

New call-to-action