Strategi Penjualan: 7 Tips Bagi Pembisnis Baru

Memenangi persaingan pasar bukan sebuah hal yang mudah. Dibutuhkan banyak hal, seperti modal yang tidak sedikit, sumber daya manusia berpengalaman, dan tentu saja, strategi penjualan.

Dibanding dua faktor lain, strategi ini kerap dilupakan. Terkadang, beberapa perusahaan hanya asal menjual produk atau layanan, tanpa memikirkan strategi. Imbasnya, proses penjualan tidak mendapatkan hasil maksimal. Di artikel ini, akan dijelaskan dalam menyusun strateginya dalam penjualan untuk perusahaan yang memiliki manfaat jangka panjang.

Apa itu Strategi Penjualan?

Strategi penjualan merupakan kegiatan yang sudah terencana dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk yang dihasilkan. Keefektifan strategi marketing sangat bergantung pada performa sumber daya manusia yang menawarkan produk. Selain itu beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam menyusun strateginya diantaranya:

Perhatikan Target Pasar

Konsumen merupakan salah satu faktor penting keberhasilan sebuah usaha. Namun pada strategi penjualan target pasar juga memiliki peran yang cukup sentral. Target pasar harus jelas dan realistis agar mudah diraih. Jika bulan ini penjualan produk sedang jelek, maka buatlah target yang tidak terlalu tinggi agar masuk akal.

Target yang terukur akan lebih gampang dijalankan sehingga tidak terlihat sebatas wacana saja. Selain itu target yang terstruktur juga berdampak pada motivasi sales dalam menjual produk yang ditawarkan.

Baca Juga: 4 Strategi Pemasaran Online Cocok Bagi Milenial

Pertahankan Kualitas Produk

Salah satu faktor yang menyebabkan gagalnya strategi ini salahsatunya produk adalah kualitas produk yang mengalami penurunan. Hal ini tidak hanya berlaku jika produk yang Anda jual adalah makanan atau minuman. Produk jasa pun juga bisa mengalami kegagalan penjualan jika kualitas layanan mulai menurun.

Bagi pemilik usaha food and beverage konsistensi rasa sangat menentukan pelanggan yang datang. Lain halnya dengan pengusaha di bidang jasa kualitas layanan lebih ditonjolkan. Jangan sampai pelayanan mengalami penurunan yang berakibat komplain. Hal ini tentu berpengaruh pada laba perusahaan.

Di era pandemi seperti sekarang konsumen cenderung membeli lebih sedikit karena was-was dengan banyak hal. Jaga kualitas produk Anda dengan memberi label bahwa makanan atau minuman yang dipesan sudah aman dan tidak tersentuh tangan lain selain pelanggan. Setidaknya pelanggan mendapat kepastian sehingga tidak takut membeli.

Tentukan Tim yang Memiliki Passion

Ketika melakukan penjualan produk sumber daya manusia sangat berperan dalam meningkatkan daya beli konsumen. Mampu melakukan komunikasi dengan baik adalah salah satu contoh passion yang harus dimiliki oleh sales.

Sales yang memiliki kriteria seperti etos kerja yang kuat, kompetitif, cerdas dan kreatif tentu bisa mendukung kenaikan volume penjualan produk sehingga Anda tidak akan merugi. Pastikan sales Anda sudah memiliki pengetahuan yang dalam tentang produk jualan sehingga bisa menjelaskan apa saja manfaat produk tersebut.

Berikan apresiasi kepada sales yang mampu menjual di atas target. Hal ini berguna untuk mempertahankan semangat pekerja dalam menjual produk Anda.

Perhatikan Aktivitas Sales

Sekali lagi sales memiliki peranan penting dalam strategi produk. Sebagai pemilik usaha Anda berhak mengetahui aktivitas sales dalam melakukan penjualan. Aktivitas yang harus Anda pantau diantaranya kualifikasi prospek kerja, presentasi sales terhadap produk, cara sales menghadapi masalah dengan konsumen, dan timeline yang ditepati.

Budget yang Sesuai Anggaran

Dana merupakan salah satu faktor penting ketika menyusun strategi penjualan. Anda tidak harus merekrut banyak sales untuk menjual produk. Namun tekankan efisiensi dana yang diberikan untuk menyusun strategi penjualan yang tepat. Susun strategi penjualan yang sesuai dengan produk Anda, target pasar serta keuntungan yang ingin dicapai.

Lakukan Promosi untuk Branding

Salah satu strategi penjualan yang harus dilakukan oleh pemilik usaha adalah promosi untuk meningkatkan brand reputation. Promosi merupakan salah satu strategi meningkatkan penjualan untuk memperoleh keuntungan. Namun harus tetap Anda perhatikan jalur promosi seperti apa yang akan Anda gunakan.

Salah satu jalur yang bisa digunakan adalah promosi melalui sosial media. Cara ini tentu sangat mudah dilakukan di tengah banyaknya sosial media yang digunakan. Perhatikan juga dana yang disiapkan agar strategi marketing ini tidak menguras jatah yang banyak.

Evaluasi Strategi Secara Berkala

Bongkar pasang strategi merupakan hal yang wajar dilakukan dalam menjalankan usaha. Pergantian strategi penjualan harus dilakukan jika usaha tidak mengalami peningkatan volume penjualan. Anda perlu turun langsung ketika strategi yang disusun masih belum tepat.

Mengapa Strategi Penjualan pada Bisnis itu Penting?

Strategi penjualan penting karena sejumlah alasan. Alasan-alasan ini termasuk bahwa sales strategi dapat:

  • Membantu perusahaan menetapkan tujuan penjualannya
  • Membantu organisasi menentukan cara mendapatkan pelanggan baru
  • Memungkinkan perusahaan untuk lebih memahami target pelanggannya
  • Memberikan organisasi metode yang jelas untuk menjual produk dan layanan
  • Membantu tim penjualan tetap teratur dan sesuai rencana saat melakukan penjualan
  • Memungkinkan perusahaan untuk melacak kemajuan penjualan mereka
  • Semakin kuat strategi penjualan perusahaan, semakin besar kemungkinan perusahaan untuk berhasil.

Kesimpulan

Strategi di atas merupakan beberapa tambahan dari strategi yang mungkin sudah pernah Anda dengar sebelumnya. Tetapi lebih dari pada itu, Anda dapat menciptakan keramahan sebagai seller ketika ada yang ingin membeli.

Tentunya strategi di atas dapat bermanfaat untuk keberlangsungan bisnis Anda. Semoga tips ini juga dapat membantu serta menginspirasi Anda para pemula bisnis.

Jangan lupa untuk mencatat juga seluruh alur transaksi termasuk pengeluran dan pemasukan pada bisnis pada pembukuan yang baik dan sesuai standar untuk mendapat laporan keuangan dan data financial untuk integrasi bisnis yang lebih baik.

Jika Anda kesulitan untuk melakukan pelaporan, Anda bisa menggunakan software ERP yang memiliki fitur Barcode Scanner untuk penerimaan barang, surat jalan dan penjualan produk yang bisa membantu meningkatkan kecepatan dan keakuratan kinerja Anda.

Anda juga dapat melakukan tracking umur piutang customer Anda dengan fitur reminder untuk piutang jatuh tempo setiap harinya agar dapat melakukan penagihan tepat waktu dan menjaga kesehatan cash flow.

Jika Anda membutuhka software ERP tersebut, Anda dapat menghubungi MASERP dengan klik gambar di bawah ini.

New call-to-action