Software Minimarket: Fitur dan Rekomendasi Terbaik

Bisnis retail seperti supermarket dan minimarket merupakan bisnis yang menjual barang langsung ke konsumen baik secara eceran maupun grosir. Barang yang ada di rak dan gudang atau biasa disebut persediaan barang pada bisnis retail pasti memiliki jumlah yang tidak sedikit. Satu brand barang saja dapat memiliki variasi rasa atau jenis. Urusan pencatatan dan perhitungan persediaan barang beserta transaksi sehari-hari di bisnis retail sebaiknya dibuat mudah dengan software minimarket.

Hal ini pasti membuat Anda penasaran apa itu software minimarket? Apa manfaat yang dapat Anda dapatkan ketika mengimplementasikan software minimarket di bisnis Anda? Berikut ini kami berikan informasi fitur dan contoh software minimarket.

Apa Itu Software Minimarket?

Saat ini, banyak pengusaha retail yang mulai tersadar menggunakan software minimarket untuk membantu pekerjaan di toko mereka. Software ini biasanya dipasang di mesin kasir, biasanya dikenal dengan nama point of sales (POS).

Software POS adalah software yang membantu mengelola transaksi penjualan dan pembelian di bisnis retail. Dinamakan point of sales (POS) karena di kasir ini para pelanggan Anda menyelesaikan transaksi pembayaran di toko Anda.

Keuntungan yang dapat Anda dapatkan saat menggunakan software ini adalah dapat memudahkan dalam mencatat penjualan dan pesanan barang, menghitung keuntungan per item yang terjual, menghitung laba dan rugi dalam periode tertentu, membuat laporan keuangan, menghitung persediaan barang, dan lain-lain.

Saat ini banyak sekali pilihan sistem POS untuk bisnis retail Anda mulai dari online di cloud atau offline.

Baca Juga: Point of Sales (POS): 5 Tips Memilih POS yang Tepat

Fungsi dan Manfaat Software Minimarket

Fungsi utama software ini dibuat untuk semua jenis toko retail, mulai dari toko kelontong, minimarket hingga supermarket. Anda dapat menggunakan secara digital.

Dengen begitu, Anda akan lebih mudah dalam mengelola persediaan barang, membuat laporan keuangan, flow aliran barang di toko, input data penjualan, pembuatan invoice (digital atau dicetak), dan kemudahan lainnya.

Selain itu, pelanggan tidak perlu mengantri terlalu lama saat ingin membayar pembeliannya. Saat ini, banyak perusahaan besar atau pemilik toko retail mengimplementasikan software ini dan mengintegrasikannya dengan mesin kasir.

Sistem POS berbasis cloud menawarkan all in one sistem di mana Anda dapat mengintegrasikan berbagai software lain untuk membangun sistem yang lengkap, misalnya membeli dan menerima persediaan barang kemudian data akan disesuaikan langsung dengan transaksi penjualan Anda.

Sebagai retailer, mempertimbangkan pengalaman pelanggan adalah hal yang penting, bukan hanya kebutuhan logistik dan backend saja. POS dapat mengakomodasi berbagai metode pembayaran dari mulai e-wallet, contactless dan PayPal untuk menghemat waktu ketika menyelesaikan transaksi.

Dengan POS, Anda dapat menyimpan informasi pembayaran dari pelanggan yang pernah berbelanja di toko Anda. Pelanggan dapat memperoleh poin dari program loyalitas, informasi kontak untuk pertemuan berikutnya atau bahkan Anda dapat mengetahui informasi tanggal lahir dan dapat memberikan hadiah spesial untuk pelanggan.

Anda dapat membuat campaign bertarget untuk menjangkau calon pelanggan dan promosi personal. Pada tahun 2021, 60% pembeli yang disurvei mengatakan bahwa mereka cenderung menjadi pelanggan loyal setelah mendapatkan promo personal.

Banyak sistem POS memiliki tools pemasaran seperti email, media sosial, SMS, dan channel lainnya. Personalisasi dapat lebih dari sekadar menambahkan nama mereka ke email, sistem POS terbaik dapat memperhitungkan riwayat belanja pelanggan saat menawarkan penjualan, diskon, dan lain-lain. Faktanya, pelanggan dalam program loyalitas umumnya membelanjakan 20% lebih banyak daripada pelanggan biasa.

E-commerce saat ini menjadi bagian penting dari penjualan restoran dan ritel. Faktanya, 23% konsumen mengatakan bahwa mereka berbelanja online setidaknya setiap hari!

Apakah saat ini bisnis Anda sudah memfasilitasi pelanggan untuk dapat bertransaksi di website atau online shop? Software POS terbaik merupakan software yang dapat mengintegrasikan penjualan online dan offline Anda.

Anda menerima pesanan makanan melalui situs web Anda atau menjual barang melalui toko online, sistem POS terbaik memiliki alat untuk menghubungkan kemampuan penjualan online dan langsung Anda.

Sistem POS berbasis cloud akan terus mengupdate software mereka untuk mendukung tren konsumen yang ada saat ini. POS yang baik akan selalu up-to-date saat trend pelanggan muncul.

Beberapa sistem POS terintegrasi dengan software live chat yang akan memberi pelanggan jawaban dari pertanyaan sederhana (seperti jam operasi dan informasi harga), proses pesanan, atau memberi tahu pelanggan mengenai status pengiriman.

POS membantu Anda mengkategorikan penjualan sehingga Anda juga dapat melacak biaya secara akurat. Anda akan tahu secara real time data penjualan dan persediaan barang tanpa perlu menghitung secara manual di gudang atau di rak toko.

Baca Juga: Apa Itu Aplikasi Point of Sales? Tradisional vs Cloud

Fitur Software Minimarket

Penagihan dan Pemrosesan Pesanan

Software minimarket harus memiliki fungsi dasar penagihan dan pemrosesan pesanan. Sistem ini harus dapat menagih pesanan dengan scan barang dan memfasilitasi berbagai cara pembayaran.

Ini memudahkan Anda dalam membuat faktur pesanan, cetak ulang, dan email ke pelanggan bersama dengan menambahkan diskon, detail pelanggan, notes tambahan, dan nama penjual ke pesanan.

Pemantauan dan Pelaporan Penjualan

Software minimarket harus mampu menghasilkan laporan hasil penjualan yang akurat. Software ini harus dapat melaporkan transaksi masuk dan keluar setiap jam, harian, mingguan, bulanan dan tahunan sehingga Anda sebagai penjual dapat dengan mudah memahami keberhasilan bisnis secara keseluruhan.

Tren penjualan seperti permintaan produk musiman, perkiraan berdasarkan tren penjualan, insight mengenai pengeluaran produk yang berlebihan, dan informasi yang berkaitan dengan manajemen persediaan barang adalah beberapa fitur modul pelaporan software minimarket.

Manajemen Inventory

Modul manajemen inventory harus memberikan visibilitas dan akuntabilitas lengkap di tingkat toko setiap saat. Sistem harus memberikan insight mengenai inventaris berdasarkan lot, riwayat transaksi SKU dan inventaris keluar dan masuk.

Software minimarket harus dapat menyesuaikan stok, yaitu menambah dan mengurangi stok. Bila perlu, disertakan dengan alasan penambahan dan pengurangan stok tersebut.

Retur Lintas Channel

Software minimarket Anda sebaiknya memiliki modul manajemen retur, sehingga Anda dapat menerima pengembalian lintas channel, memfasilitasi pengembalian uang dan ganti lokasi toko

Sistem harus memfasilitasi pengembalian untuk satu pesanan penjualan pada interval waktu yang berbeda beserta detail seperti alasan pengembalian, nama penjual, dan komentar.

Program Loyalitas dan Gift Card

Kini Anda dapat melacak insentif loyalitas pelanggan menggunakan software minimarket. Karena penjualan gift card meningkat setiap tahun, sistem POS Anda juga harus memiliki kemampuan untuk mengelolanya.

Rekomendasi Software Minimarket

Setelah mempelajari tentang manfaat dan fitur software minimarket untuk bisnis, Anda harus segera menerapkannya. Namun, Anda bingung software mana yang terbaik untuk bisnis Anda? Bisa baca penjelasan ini untuk pandangan Anda memilih softwarenya. Berikut adalah contoh software minimarket terbaik untuk bisnis Anda:

EQUIP

EQUIP adalah sistem ERP terbaik untuk mengelola bisnis toserba Anda. Software ini membantu Anda mengelola aktivitas bisnis seperti manajemen inventaris, manajemen pelanggan, dan aktivitas lainnya. Manfaat lain yang dapat Anda peroleh dari penggunaan EQUIP antara lain menyederhanakan administrasi bisnis, meningkatkan akurasi data, dan bekerja lebih efektif dan efisien. Harga software ini cukup terjangkau bagi Anda yang memiliki dana terbatas. Namun, harga yang terjangkau tidak mengurangi kualitas EQUIP. 

Flectra

Flectra adalah software ERP (Enterprise Resource Planning) open source yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis kecil, menengah, dan besar. Ini menawarkan solusi terintegrasi untuk manajemen bisnis seperti akuntansi keuangan, pembelian, pergudangan, CRM dan manajemen proyek. Dibangun dengan kerangka kerja Python dan Odoo, Flectra memiliki antarmuka yang intuitif dan ramah pengguna. Itu juga dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis tertentu dan menawarkan integrasi dengan berbagai aplikasi lain.

Dolibarr

Dolibarr adalah software Enterprise Resource Planning (ERP) dan Customer Relationship Management (CRM) open source. Ini ditujukan untuk perusahaan kecil, menengah dan besar dan menawarkan solusi terintegrasi untuk manajemen bisnis, seperti akuntansi, pembelian, inventaris, proyek, dan pelanggan. Dolibarr dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan dapat diinstal di server web atau dipanggil sebagai layanan web. Perangkat lunak toko swalayan Dolibarr memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan cocok untuk memenuhi kebutuhan bisnis tertentu.

MASERP dan MASPOINT

MASERP merupakan software ERP buatan lokal yang sudah menangani ratusan perusahaan di berbagai industri dari mulai manufaktur, retail, teknologi, mining dan gas, F&B, agrikultur, dan lain sebagainya. Software ERP ini memiliki berbagai modul dan fitur powerful antara lain supplier dan pembelian, customer dan penjualan, persediaan barang, keuangan, manufaktur, aset tetap, general ledger, cash dan bank, berbagai laporan keuangan, PPN, dan masih banyak lagi.

MASERP dapat terintegrasi dengan software minimarket MASPOINT, yang dapat dipakai di berbagai device.

Baca Juga: 7 Aplikasi POS (Point of Sales) Terbaik Tahun Ini

Kesimpulan

MASPOINT sebagai salah satu sistem POS, dapat terintegrasi dengan software ERP seperti MASERP. Modul dan fitur yang ada di dalam MASERP dapat memfasilitasi banyak departemen di perusahaan seperti keuangan, karyawan, penjualan, inventory, dan masih banyak lagi.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action