Point of Sales (POS): 6 Manfaat dan 5 Tips Memilih POS yang Tepat

Bagi pemilik bisnis yang memiliki banyak produk seperti bisnis retail pasti akan kewalahan kalau harus mencatat semua transaksi secara manual. Saat ini ada sebuah sistem yang bisa membantu masalah tersebut, yaitu point of sales (POS).

Sistem point of sales tidak hanya digunakan oleh bisnis retail bersakala besar, namun bagi kedai kopi atau rumah makan yang masih berskala UMKM pun bisa menggunakannya.

Semua penjualan dapat ditracking dan tercatat lengkap, tidak ada bahan baku atau produk yang kurang dan laporan keuangan yang akurat adalah hal-hal yang sangat dibutuhkan untuk kelancaran bisnis.

Jadi sebenarnya apa itu point of sales (POS)? Selain untuk pemilik bisnis, apakah ada manfaatnya untuk pelanggan? Temukan jawaban mengenai POS beserta tips memilih aplikasi POS yang tepat di artikel ini!

Pengertian POS

Point of Sales atau biasa kita kenal dengan POS adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menyelesaikan transaksi jual beli pada berbagai usaha ritel.

Sistem POS ini biasanya terpasang di desktop, tablet atau smartphone dan berada di bagian kasir. Tidak hanya device saja, ada vendor yang mencantumkan harga satu sistem POS juga sepaket dengan cash drawer dan printer.

POS memudahkan penjual dalam menghitung total harga pembelian, menyimpan uang dan mencetak invoice untuk pembeli.

Berkembangnya teknologi saat ini, menjadikan fitur POS semakin beragam tidak hanya sebagai mesin kasir. Anda bisa menggunakan POS untuk penyimpanan data pelanggan sampai laporan keuangan bisnis.

Kalau saat ini Anda masih menggunakan cara manual untuk mencatat dan menghitung transaksi penjualan beserta stock produk tentu saja proses bisnis akan memakan waktu.

POS menjadikan urusan pencatatan tersebut menjadi lebih efisien dan sudah banyak pemilik bisnis yang meninggalkan sistem mesin kasir konvensional.

Tidak hanya fitur yang beragam, teknologi juga membuat sistem POS ini bisa terhubung dengan cloud atau internet. Anda bisa menyimpan data secara digital tanpa khawatir hardisk penuh, bahkan bisa mengakses POS di mana saja dan kapan saja.

Baca Juga: Apa itu Sistem ERP? Panduan Cepat untuk Segala Hal Seputar ERP

Manfaat Point of Sales

Bagi pelanggan, POS memudahkan Anda dalam memilih dan menambah pesanan beserta cara pembayarannya.

Apakah Anda pernah memesan makanan atau produk yang hanya tinggal klik dari sebuah device di toko? Itu tandanya Anda juga sudah menggunakan sistem POS.

Kalau sistem POS yang digunakan oleh toko memiliki interface atau tampilan yang menarik dan mudah digunakan pasti pelanggan akan puas dengan pelayanan toko Anda.

Selain itu, sistem POS umumnya menawarkan berbagai cara pembayaran sehingga Anda sebagai pelanggan bisa memilihnya baik itu tunai, non tunai, debit maupun kredit.

Bagaimana manfaat POS bagi penjual atau pemilik bisnis? Berikut ini listnya:

  1. Mengantisipasi kekurangan bahan baku dan stock karena POS adalah sistem yang bisa diintegrasikan dengan inventory.
  2. Data transaksi penjualan dapat dicatat lengkap dan akurat sehingga pemilik bisnis bisa lebih mudah menganalisa laporan penjualan.
  3. Laporan penjualan dapat diakses secara online tanpa perlu datang ke toko atau membuat buku catatan.
  4. Perubahan produk dan harga bisa diubah secara cepat di sistem POS.
  5. Tidak perlu menulis struk manual karena sistem POS bisa mencetak struk dari device.
  6. Lebih efisien dalam perhitungan harga beserta kembalian saat transaksi sehingga pelanggan tidak perlu mengantri lama.

Tips Memilih Point of Sales

Saat ini banyak sekali vendor yang menawarkan sistem POS untuk berbagai bisnis seperti restoran dan retail. Ada beberapa aspek yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih POS untuk bisnis Anda.

Fitur dan Harga

Sebelum memastikan untuk menggunakan POS pada bisnis, sebaiknya pahami dulu apa yang dibutuhkan dari bisnis Anda. Fitur apa saja yang bisa membantu bisnis Anda saat ini? Apakah fitur itu tersedia di vendor POS yang Anda pilih ?

Ada bisnis yang memerlukan fitur tentu untuk software bisnisnya. Di sinilah Anda perlu memahami dan meriset fitur untuk POS bisnis Anda.

Biaya yang ditawarkan pun bervariasi tergantung kebutuhan operasional dan skala usahanya, semakin rumit kebutuhannya biasanya investasi yang perlu dikeluarkan juga tidak sedikit.

Bisa saja Anda menggunakan fitur POS dengan harga ekonomis, tetapi fitur yang ditawarkan juga sederhana dan belum cukup membantu bisnis Anda yang berskala besar.

Laporan Penjualan

Sebelumnya sudah dikatakan bahwa sistem POS dapat memudahkan pelaku bisnis mendapatkan laporan penjualan.

Pelaku bisnis tidak perlu lagi mencatat laporan penjualan secara manual setiap hari karena umumnya sistem POS menyediakan fitur laporan ini.

Sistem POS yang Anda gunakan juga sebaiknya dapat memberikan data berupa produk apa saja yang paling laku dan penjualan harian lengkap agar Anda bisa gunakan untuk analisa bisnis dan menentukan langkah selanjutnya.

Pengelolaan Inventory

Masih berkaitan dengan fitur POS, apabila bisnis Anda memiliki persediaan barang dan membutuhkan bahan baku dalam jumlah banyak dan tidak mungkin dicatat secara manual, sebaiknya Anda menggunakan POS yang memiliki fitur inventory.

Anda dapat melacak ketersediaan produk secara online dan meminimalisir salah hitung yang bisa mengakibatkan kerugian.

Baca Juga: Apa Sistem Inventory? Manfaat, Metode, hingga Tips Pengelolaannya

Perangkat Pendukung

Sistem POS untuk bisnis berskala kecil dan besar tentunya berbeda, untuk bisnis rumah makan kecil mungkin masih memungkinkan menggunakan POS portable yang hanya ada tambahan printer untuk struk pembelian yang akan diserahkan ke pelanggan.

Bagaimana kalau POS digunakan oleh banyak user? Sistem POS multi terminal bisa digunakan oleh berbagai divisi seperti bagian kasir dan dapur sehingga dibutuhkan perangkat tambahan juga, tidak hanya satu saja.

Tim Support

Ketika menggunakan POS dalam keseharian bisnis, bisa saja Anda menemukan kendala atau error dalam input data. Pada kasus ini, Anda wajib memastikan kalau vendor POS Anda menyediakan tim support yang bisa membantu mengatasi kendala yang Anda temui tersebut.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, ternyata kita dapat mengetahui bahwa point of sales atau POS tidak hanya berfungsi sebagai kasir saja tetapi juga bisa menjadi data pelangan, inventory hingga laporan keuangan.

Laporan keuangan yang lengkap dan akurat sangat penting bagi setiap bisnis karena bisa menentukan langkah apa yang bisa diambil oleh bisnis Anda.

Ketika memilih sistem POS untuk bisnis Anda, ada beberapa aspek yang perlu menjadi pertimbangan antara lain harga dan fitur, laporan penjualan yang lengkap, adanya fitur inventory, tersedianya perangkat pendukung dan juga tim support yang bisa membantu Anda mengatasi kendala yang ditemui.

Dalam melakukan pencatatan transaksi dan laporan keuangan, Anda harus memiliki laporan keuangan yang valid sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

Dengan fitur Report Center di MASERP, Anda bisa mencatatat dan membuat laporan keuangan yang meliputi laba rugi, neraca, penjualan dan lain-lain.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action