Manfaat dan 3 Rekomendasi Sistem POS Retail

Tahun 2022, hampir setiap toko swalayan yang ada di kawasan pertokoan atau pinggir jalan sudah menggunakan POS di meja kasir. Berbagai bisnis seperti rumah makan, toko bagunan, apotik, salon dan coffee shop mulai menggunakan sistem POS retail berbasis cloud untuk memudahkan dalam proses transaksi dengan pelanggan.

Pemilik bisnis di Indonesia, saat ini sudah mulai sadar akan pentingnya proses transaksi yang cepat dan keakuratan dalam perhitungan serta pencatatan transaksi bisnis mereka. Bayangkan jika pelanggan kecewa karena Anda memproses transaksi lama dan nilai yang tertera di invoice selalu salah, Anda harus segera menemukan software untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Dalam artikel ini kami akan memberitahukan kepada Anda, apa saja keuntungan dan manfaat sistem POS untuk bisnis retail beserta dengan rekomendasinya! Yuk disimak sampai habis!

Keuntungan Menggunakan Point of Sales

Detail dan Lengkap

Keuntungan yang pertama, Anda sebagai pengguna akan mendapatkan laporan hasil penjualan pada hari itu juga secara cepat dan mudah. Hal ini membuat Anda tidak perlu lagi menghitung jumlah di nota atau bukti transaksi lainnya untuk memastikan jumlah penjualan secara manual. POS membuat Anda dan tim hemat waktu dan tenaga, sehingga dapat fokus pada peningkatan produktivitas kerja.

Selalu Update

Selain detail dan lengkap, Anda dapat secara cepat mendapatkan informasi mengenai stok barang yang masih tersedia dan yang sudah kosong di gudang. Walaupun Anda sedang berada di tempat yang jauh sekalipun, bahkan ketika sedang liburan tetap dapat mengecek persediaan barang di toko berserta penjualan yang sudah masuk. Dengan POS, dapat meminimalisir kecurangan karyawan saat pemilik bisnis sedang tidak berada di tempat.

Laporan Cepat

Laporan penjualan seperti laba dan rugi akan tersaji secara otomatis di dashboard tanpa harus susah payah mencari di tumpukan dokumen seperti pada jaman dahulu kala.

Manfaat Sistem POS untuk Bisnis Retail

Pelacakan Inventaris Pada Cabang Toko

Sistem POS memungkinkan retailer melacak persediaan barang di seluruh cabang toko. Contohnya ketika mereka kehabisan persediaan di salah satu toko, maka mereka dapat mencarinya di toko cabang lain. Jadi penjual dapat dengan mudah mencari tahu ketersediaan produk yang sedang pelanggan cari, jadi mereka memiliki ketersediaan barang yang mencukupi.

Meningkatkan Pelayanan yang Lebih Baik

POS sistem ini dapat menyediakan customer experience yang lebih baik. Staf toko dapat mencarikan produk yang menjadi keinginan pelanggannya hanya dalam hitungan detik. Sistem ini bahkan memungkinkan penjual untuk membuat kios self-service untuk pelanggannya, sehingga mereka dapat mencari barang yang mereka inginkan sendiri.

Sistem POS Berbasis Cloud

Sistem POS berbasis cloud memudahkan akses informasi secara real time dan memungkinkan Anda untuk mengakses penjualan Anda dari mana saja dengan menggunakan smartphone atau komputer tablet. Anda tidak perlu datang ke toko untuk memantau transaksi yang sedang berjalan, melacak stok barang, atau melihat data penjualan.

Mempermudah dan Mempercepat Proses Refund

Sistem POS yang canggih memungkinkan proses pengembalian barang yang cepat. Ketika ada pelanggan yang membatalkan pembelian produk, penjual bisa memprosesnya melalui sistem hanya dengan beberapa klik.

Rekomendasi Sistem POS Retail

Sistem POS ini sangat berperan penting karena dapat mencatat transaksi yang terjadi di bisnis Anda tanpa perlu menggunakan cara manual yang memakan waktu lama. Penggunakan POS membuat kinerja karyawan di bagian kasir menjadi lebih efisien dan menghemat waktu.

Berikut ini kami berikan rekomendasi sistem POS yang dapat digunakan bisnis retail dalam mengelola persediaan barang beserta transaksi penjualan.

MASPOINT

MASPOINT merupakan sistem POS yang dapat terintegrasi dengan MASERP. Dengan MASPOINT, Anda dapat mengelola berbagai aktivitas penjualan hingga pembuatan laporan, berikut ini fitur yang ditawarkan MASPOINT:

  • Penjualan langsung (POS) untuk toko online dan offline
  • Pembuatan sales order (SO)
  • Maintenance data customer dalam database terpusat
  • Cek nilai dan jumlah persediaan secara real time
  • Cek riwayat transaksi harian, bulanan maupun periode yang Anda butuhkan
  • Generate laporan penjualan
  • Cetak katalog produk
  • Penghapusan transaksi dengan otorisasi
  • Scan barcode dengan kamera
  • Integrasi dengan mesin barcode melalui bluetooth atau kabel, dan mesin kasir.
Sistem POS Retail

Baca Juga: Rekomendasi Software Laporan Penjualan untuk Bisnis Anda

Majoo

Dengan harga berlangganan Rp100.000 per tahun, POS retail dari Majoo sebagai yang termurah dan cocok untuk bisnis baru. Fitur-fitur POS yang ditawarkan pun tidak setengah-setengah, seperti penjualan, laporan, inventori, bahkan untuk layanan basic-nya sekalipun.

Jika Anda ingin menambahkan fitur-fitur lainnya seperti invoicing, akuntasi, dan analisa bisnis, Anda bisa memilih model berlangganan lainnya yang harganya cukup murah. Model Business yang dibanderol dengan harga Rp50.000/bulan/outlet, atau model yang paling lengkap, yakni Business yang dihargai Rp100.000/bulan/outlet.

POS Majoo

Moka POS

Rekomendasi POS selanjutnya yakni Moka POS. Buat Anda yang sudah berkecimpung cukup lama di industri retail, pastinya sudah pernah mendengar Moka POS. Moka POS menawarkan fitur tambahan yang bisa dibeli dengan harga terpisah. Beberapa fitur yang ditawarkan yakni ingredient inventory, table management, CRM pro, dan employee slot. Pelanggan bebas memilih fitur mana saja yang dibutuhkan. Harganya yang terbilang murah adalah salah satu aspek yang membuat Moka cukup menggoda.

Moka POS

Kesimpulan

Jadi, sistem POS retail ini cocok di segala jenis bisnis yang memberikan kemudahan dan memiliki manfaat untuk pemilik bisnis. Selain itu memilih sistem POS yang tepat sesuai dengan jenis usaha juga merupakan hal yang tidak kalah penting. Karena dengan memilih sistem POS yang tepat, Anda dapat menikmati keuntungan dari implementasi sistem yang lebih maksimal.

Anda sebaiknya menyeleksi vendor yang menawarkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. MASPOINT sebagai salah satu sistem POS, dapat terintegrasi dengan software MASERP.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloudSoftware tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action