5 Rekomendasi Aplikasi POS Restoran

Bagi pelaku bisnis, Anda sangat memerlukan aplikasi POS restoran, karena aplikasi ini adalah bagian yang tak terpisahkan dari proses bisnis. Point of sales (POS) dapat diartikan sebagai tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash register).

Dengan bantuan aplikasi POS restoran, mengelola rumah makan, kafe, atau warung kopi bisa menjadi lebih mudah karena berbagai pekerjaan administrasi yang diambil alih oleh POS tersebut menjadi terotomatisasi.

Mulai dari menyederhanakan transaksi, mengelola inventaris, sampai dengan mengatur jadwal kerja karyawan semuanya terbantukan dengan adanya software POS. Masalahnya, tidak semua software POS yang ada di pasaran bisa memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Fiturnya yang tak lengkap, harganya yang mahal, atau tim support yang tak cakap adalah sebagian kecil masalah yang sering ditemui saat kita sedang mencari software POS restoran yang tepat. Berikut beberapa rekomendasi software restoran yang cocok untuk kebutuhan bisnis Anda.

Moka POS

Rekomendasi POS restoran pertama yakni Moka POS. Buat Anda yang sudah berkecimpung cukup lama di industri food and beverage, pastinya sudah pernah mendengar Moka POS. Berbeda dengan Pawoon yang menawarkan tiga model bisnis, Moka POS hanya menawarkan satu harga untuk produk POS restorannya.

Moka POS menawarkan fitur tambahan yang bisa dibeli dengan harga terpisah. Beberapa fitur yang ditawarkan yakni Ingredient Inventory, Table Management, CRM Pro, dan Employee Slot. Pelanggan bebas memilih fitur mana saja yang dibutuhkan. Harganya yang terbilang murah mungkin adalah salah satu aspek yang membuat Moka cukup menggoda.

Kafee

Kafee adalah pemain baru di industri food and beverage. Meluncur di akhir tahun 2019, Kafee menawarkan kelengkapan fitur yang mungkin tak akan bisa ditemukan di kompetitornya. Jika dilihat dari harganya, mungkin Kafee akan terlihat lebih mahal, namun jika dijejerkan dengan fiturnya, maka harga yang ditawarkan akan terasa wajar, bahkan lebih murah jika dibandingkan produk POS restoran lainnya.

Majoo

Dengan harga berlangganan Rp100.000 per tahun, tak ada yang mengalahkan POS restoran Majoo sebagai yang termurah. Tak hanya itu, fitur-fitur POS yang ditawarkan pun tidak setengah-setengah, seperti penjualan lengkap, laporan lengkap, inventori lengkap, bahkan untuk layanan basic-nya sekalipun.

Jika Anda ingin menambahkan fitur-fitur lainnya seperti invoicing, akunting, dan analisa bisnis, Anda bisa memilih model berlangganan lainnya yang harganya cukup murah. Model Business yang dibanderol dengan harga Rp50.000/bulan/outlet, atau model yang paling lengkap, yakni Business yang dihargai Rp100.000/bulan/outlet.

Kasir Pintar

Aplikasi ini juga cocok untuk beragam jenis bisnis, mulai dari bisnis kuliner hingga bisnis jual pulsa. Kasir Pintar menawarkan dua jenis aplikasi berbeda, yaitu Kasir Pintar Free dan Kasir Pintar Pro. Sesuai namanya, Kasir Pintar Free adalah aplikasi kasir yang bisa kamu akses secara gratis. Kasir Pintar Free bisa membantumu memanajemen barang hingga 1.000 pcs, membuat struk dengan watermark, hingga membuat 3 laporan standar.

Sementara itu, Kasir Pintar Pro bisa membantumu memanajemen barang hingga 10.000 pcs, serta membuat lebih dari 10 laporan standar. Kasir Pintar Pro juga bisa dipakai hingga 5 orang staff.

MASPOINT

Aplikasi POS terbaik yang terakhir ini sangat berperan penting karena dapat mencatat transaksi yang terjadi di suatu bisnis tanpa perlu menggunakan cara manual. Penggunakan POS membuat kinerja karyawan di bagian kasir menjadi lebih efisien dan menghemat waktu.

MASPOINT merupakan sistem POS yang dapat terintegrasi dengan MASERP. Dengan MASPOINT, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas penjualan hingga pembuatan laporan, berikut ini fitur MASPOINT:

  • Penjualan langsung (POS) untuk toko online dan offline
  • Pembuatan sales order (SO)
  • Maintenance data customer dalam database terpusat
  • Cek nilai dan jumlah persediaan secara real time
  • Cek riwayat transaksi harian, bulanan maupun periode yang Anda butuhkan
  • Generate laporan penjualan
  • Cetak katalog produk
  • Penghapusan transaksi dengan otorisasi
  • Scan barcode dengan camera
  • Integrasi dengan mesin barcode melalui bluetooth atau kabel dan juga mesin kasir

Baca Juga: Cara Kerja, Komponen dan Rekomendasi Aplikasi POS (MASPOINT)

Kesimpulan

Memilih aplikasi pos terbaik yang tepat untuk bisnis Anda memang bukan hal yang mudah. Ini merupakan investasi jangka panjang untuk bisnis kamu. Transformasi bisnis Anda bisa mulai dari saat kamu mengimplementasikannya.

Langkah pertama yang harus Anda ambil adalah menganalisis kebutuhan aplikasi POS restoran Anda dengan membuat daftar kebutuhan secara terperinci dan kemudian bandingkan dengan tawaran fitur-fitur dari setiap vendor POS yang ditemui.

Bila bisnis Anda berskala besar, maka sebaiknya Anda mempersempit pilihan Anda dengan memilih beberapa vendor POS yang sudah berpengalaman dalam memberikan layanan bagi perusahaan-perusahaan berskala besar.

Begitu pula sebaliknya, Anda sebaiknya menyeleksi vendor yang menawarkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. MASPOINT sebagai salah satu sistem POS, dapat terintegrasi dengan software ERP seperti MASERP.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action