Rekomendasi Software Laporan Penjualan untuk Bisnis Anda

Tahukah Anda banyak bisnis gagal karena tidak memahami dan menjalankan perencanaan, eksekusi dan pelaporan dengan benar? Saat Anda mendapatkan hasil laporan dari seluruh kegiatan di perusahaan, Anda dapat mengembangkan bisnis dan menyusun strategi berbasis data. Laporan penjualan menjadi salah satu sumber data untuk mengetahui kondisi bisnis saat ini dan menyusun strategi selanjutnya. Bagi perusahaan yang memiliki ribuan transaksi penjualan setiap harinya pasti akan kesulitan jika masih menggunakan cara manual dalam pembuatan laporan, oleh karena itu dibutuhkan software laporan penjualan yang dapat diandalkan dan mendukung pertumbuhan bisnis. Untuk memahami lebih lanjut mengenai laporan penjualan serta rekomendasi softwarenya, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Laporan Penjualan

Laporan penjualan adalah catatan dari seluruh kegiatan penjualan yang terjadi selama periode tertentu di sebuah perusahaan. Laporan ini memberikan gambaran umum mengenai semua proses penjualan, termasuk mengetahui berbagai tren penjualan dalam kurun waktu tertentu, memberikan insight mengenai penjualan di berbagai channel penjualan, serta berisi analisis yang berkaitan dengan kinerja tim penjualan.

Tidak ada format pasti yang harus diikuti oleh setiap perusahaan untuk membuat laporan penjualan ini. Isi laporan penjualan tergantung pada kebutuhan dan workflow internal perusahaan, bahkan elemen yang ada di dalamnya pun bisa berbeda untuk setiap perusahaan.

Perusahaan dapat memakai beberapa jenis laporan penjualan pada berbagai fase siklus penjualan untuk mengukur kemajuan, menentukan keberhasilan, mengekspos area peningkatan, dan mendapatkan wawasan berharga yang dapat mempengaruhi strategi masa depan mereka.

Baca Juga: Komponen Laporan Keuangan Laba Rugi, Neraca dan Arus Kas

Pentingnya Laporan Penjualan

Pengertian software laporan penjualan menunjukkan bahwa itu adalah tools analisis yang kuat untuk mengevaluasi kinerja penjualan saat ini dan menilai strategi penjualan secara lebih luas.

Untuk memahami berbagai alasan mengapa para leader penjualan menyempatkan waktu dan energi mereka dalam pembuatan laporan penjualan yang  teratur, mari kita lihat manfaat yang ditawarkan pelaporan penjualan di bawah ini!

Laporan penjualan membantu Anda untuk menemukan dan menghilangkan kendala di channel penjualan. Bukan hal yang mudah bagi bisnis untuk mencapai break even point atau bahkan melihat nilai penurunan penjualan dan keuntungan yang diperoleh secara tepat dan real time.

Manajer penjualan akan melakukan tracking pada semua aktivitas penjualan yang terjadi dalam bisnis, sehingga setiap kali ada penurunan penjualan mereka dapat menemukan masalah yang ada dan dan mengatasinya dengan cara yang efektif. Memiliki laporan penjualan yang detail membantu Anda menemukan waktu kapan masalah itu muncul dan apa penyebabnya. Laporan penjualan memberi insight ke manajer penjualan dan memahami proses mana yang memiliki hasil yang bagus.

Dari data tersebut, manajer penjualan juga dapat mengetahui bagian mana yang dapat ditingkatkan oleh tim penjualan untuk mendapatkan lebih banyak deals. Mereka dapat memfasilitasi training dan workshop untuk meningkatkan skill tertentu dan mendapatkan lebih banyak keahlian di bidang-bidang tertentu.

Laporan penjualan membantu menemukan trend positif di wilayah penjualan tertentu. Jika Anda memiliki catatan mengenai kegiatan penjualan perusahaan, Anda dapat melihat prospek dan darimana mereka berasal. Ini tandanya Anda dapat melihat sumber prospek mana yang berkualitas paling tinggi dan cara apa yang selanjutnya akan digunakan.

Pergantian karyawan merupakan hal normal di dunia kerja. Orang-orang datang dan pergi saat mereka menemukan peluang baru. Tetapi, ini tidak harus berdampak negatif terhadap kinerja penjualan perusahaan. Untuk menjaga semua data penjualan Anda aman dan terorganisir dengan baik, Anda harus memiliki sistem pelaporan penjualan yang terpusat seperti software laporan penjualan.

Laporan penjualan dapat membuat karyawan merasa diawasi dengan ketat dan bahkan kewalahan, itu membuat mereka lebih termotivasi untuk bekerja lebih keras. Ketika mereka tahu ada cara untuk tracking pekerjaan dan progress, mereka akan mencoba untuk mencapai semua target penjualan.

Baca Juga: Software Penjualan: 8 Fitur dan Rekomendasi Software Terbaik

Rekomendasi Software Laporan Penjualan

Dari penjelasan di atas Anda pasti sekarang sudah memahami bahwa laporan penjualan sangat penting bagi sebuah perusahaan karena Anda dapat mengetahui kondisi penjualan di periode tertentu dan menyusun strategi serta analisa dari data tersebut.

Setiap perusahaan seharusnya dapat memfasilitasi pembuatan laporan dengan cara yang efisien dan efektif. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan software pelaporan keuangan. Apakah Anda pernah mendengar teknologi bernama software ERP? Software ERP merupakan sebuah sistem yang mengintegrasikan hampir seluruh proses bisnis dari mulai produksi/manufaktur, pembelian, keuangan, pajak, persediaan barang, penjualan serta laporannya.

Di dalam software ERP umumnya sudah terdapat fitur pelaporan dari tiap proses bisnis, termasuk penjualan. Bayangkan betapa mudahnya jika Anda memiliki ribuan transaksi penjualan dalam beberapa periode dan hanya sekian menit untuk dapat melihat laporan penjualan yang datanya bersifat real time dan akurat.

MASERP sebagai salah satu vendor ERP terbaik menawarkan fitur yang berisi 300+ laporan dari berbagai divisi, mulai dari penjualan, account receivable, account payable, purchasing, aset tetap, general ledger dan lain-lain.

Laporan penjualan yang terdapat di MASERP, terdiri dari:

  • 4 jenis laporan sales order (SO)
  • 5 jenis laporan pengiriman barang
  • 13 jenis laporan penjualan
  • laporan sales performance
  • 2 jenis laporan penjualan by vendor
  • 3 jenis laporan komisi salesman
  • 9 jenis laporan salesman 
  • 2 jenis laporan reward

Baca Juga: Contoh Pembukuan Penjualan dan Cara Membuatnya

Kesimpulan

Software laporan penjualan adalah tools analisis yang kuat untuk mengevaluasi kinerja penjualan saat ini dan menilai strategi penjualan secara lebih luas. Laporan ini memberikan gambaran umum mengenai semua proses penjualan, termasuk mengetahui berbagai tren penjualan dalam kurun waktu tertentu, memberikan insight mengenai penjualan di berbagai channel penjualan, serta berisi analisis yang berkaitan dengan kinerja tim penjualan.

Berinvestasi di software untuk bisnis terkadang masih underrated bagi banyak pemilik bisnis. Padahal itu merupakan investasi, dengan menggunakan software maka kinerja perusahaan dapat lebih cepat dan aman. MASERP sebagai software ERP dapat menjadi solusi terbaik untuk mengoptimalkan bisnis Anda. 

MASERP dapat dipasang di server kantor atau di cloud. Kelebihan pemasangan di server kantor, Anda bisa menggunakan program walaupun internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Yang membedakan MASERP dengan vendor lain, MASERP dapat dicustom sesuai dengan bisnis flow perusahaan Anda dan dapat juga diintegrasi dengan software lain. Biarkan software yang beradaptasi dengan bisnis flow Anda, bukan Anda yang mengikuti flow software.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan apa yang Anda butuhkan kepada konsultan ahli kami sekarang. Gratis!

New call-to-action