Program Akuntansi Terbaik: Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Memilih!

Saat ini sudah tersedia banyak program komputer yang dibuat oleh para developer handal untuk memudahkan semua pekerjaan manusia, salah satunya adalah program akuntansi terbaik bagi keuangan. Bagaimana pusingnya jika seorang akuntan suatu perusahaan atau bisnis harus menghitung uang keluar masuk suatu perusahaan dengan kalkulator manual? Pasti sangat melelahkan dan sangat rawan terjadi kesalahan.

Tidak ada satu bisnis pun yang tidak mengelola manajemen keuangan, semuanya dikelola dengan baik dan benar. Di Indonesia saat ini sudah tersedia banyak software akuntansi keuangan dengan berbagai fitur dan kebutuhan, belum tentu bisnis satu dan yang lain bisa menggunakan software akuntansi yang sama karena ada perbedaan dalam pencatatan laporan keuangannya.

Hal yang Dipertimbangkan Memilih Program Akuntansi

Dalam memilih accounting software, Anda harus mempertimbangkan aplikasi yang benar-benar sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Pertimbangan ini akan membantu Anda menemukan software ini.

Sesuai Kebutuhan

Pertama adalah dengan mengetahui apa kebutuhan perusahaan tersebut. Setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda apalagi jika perusahaan yang ada sudah jauh berkembang. Semakin sering perusahaan tersebut banyak melakukan transaksi keuangan maka yang terpenting adalah mencari fitur accounting software yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda.

Rencanakan Anggaran

Harga software sangat beragam dan kompetitif. Selain itu, ada beberapa software yang bisa anda dapatkan secara gratis tetapi memiliki fitur yang terbatas.

Baca Juga: Mencari Software Akuntansi Custom? Perhatikan 4 Pertimbangan ini!

Ketahui Akuntan Perusahaan

Sebelum memutuskan untuk menggunakan accounting software, perhatikan bagaimana kemampuan akuntan yang bekerja di perusahaan. Akan jadi masalah jika Anda memiliki staf akuntan yang sulit dalam mengoperasikan software akuntansi tersebut.

Tips Memilih Software Akuntansi

Fitur Integrasi

Apakah saat ini Anda memerlukan software akuntansi yang bisa diintegrasikan dengan beberapa divisi lain seperti divisi produksi, purchasing, inventory, perpajakan, pengajian dan lainnya. Ini menjadi salah satu tips penting agar tidak kebanyakan menggunakan software yang berbeda-beda setiap divisinya. Kalau perlu cari software akuntansi dengan fitur terlengkap untuk semua kebutuhan bisnis.

Jenis perusahaan

Sebelum memilih software akuntansi Anda harus mengetahui dulu jenis bisnis yang sedang Anda jalankan seperti bisnis dagang, jasa, manufaktur, industri, agraris dan sebagainya. Selain itu ketahui juga bentuk bisnis Anda apakah milik pribadi, UMKM, CV, Firma atau perusahaan. Karena ada beberapa kebutuhan akuntansi yang perbedaan tiap jenis dan bentuk bisnis yang dijalankan.

Software yang Digunakan Saat Ini

Selanjutnya adalah mengetahui software akuntansi yang sedang dipakai saat ini. Jika sebelumnya tidak menggunakan software akuntansi maka bisa langsung menentukan pilihan software akuntansi, tetapi sebaliknya jika sebelumnya sudah menggunakan software akuntansi lain maka tanyakan pada support software akuntansi yang akan Anda gunakan apakah tersedia fitur integrasi atau tidak.

Kemampuan Tim

Kemampuan seorang akuntan dan tim keuangan bisnis Anda juga penting. Sudah bayar mahal untuk software akuntansi tetapi tidak bisa mengoperasikan hasilnya akan sama saja. Tetapi biasanya penyedia software akuntansi memberikan modul atau training kepada penggunanya untuk berbagai fitur yang dimilikinya.

Faktor Lainnya

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan seperti dukungan hardware, software dan sistem operasi jika software akuntansi offline ataukah ada spesifikasi khusus untuk bisa menggunakannya. Ada juga beberapa partner perusahaan yang mengharuskan untuk menggunakan salah satu software akuntansi yang sudah ditunjuk, jika sudah seperti ini mau tidak mau Anda juga harus menggunakannya.

Manfaat Program Akuntansi

Manfaat utama dari penggunaan program akuntansi terbaik ini dapat mengelompokkan dan melakukan perhitungan secara cepat setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Laporan keuangan yang bisa dihasilkan oleh accounting software seperti laporan balance sheet, keuntungan dan kerugian perusahaan dan laporan akhir keuangan.

Nah, jika ika dilakukan secara manual akan sangat menghabiskan waktu mulai mengumpulkan bukti pembayaran, menghitung dan membuat laporan tersebut. Hal yang paling harus dihindari dari membuat laporan keuangan adalah kesalahan penginputan angka nantinya.

List Program Akuntansi Terbaik Indonesia

Harmony

Contoh software akuntansi berikutnya adalah Harmony. Dengan harga mulai dari Rp199.000,- sampai Rp.399.000,- dapat digunakan oleh unlimited user. Fitur yang ada di software akuntansi Harmony antara lain rekonsiliasi bank (BCA, Mandiri, BNI, BRI, Maybank), tagihan dan pengeluaran, persediaan barang, aset tetap, 20+ laporan keuangan, analisa keuangan serta multi perusahaan dan currency.

Jurnal

Software akuntansi Jurnal cocok digunakan oleh bisnis berskala kecil. Jurnal menawarkan paket Starter dengan harga mulai Rp199.000,- per bulan, Anda bisa mendapatkan fitur pembukuan (CoA, general ledger, neraca saldo, dll), penjualan dan pembelian, 10 laporan keuangan, kas dan bank, invoice online, rekonsiliasi bank dan lapor pajak otomatis. Tetapi, harga tersebut hanya untuk satu user, apabila Anda ingin menambah user maka perlu mengeluarkan biaya tambahan user.

Zahir

Software akuntansi Zahir dapat terintegrasi dengan mobile app Zahir POSX, Zahir cash manager dan Zahir Simply. Biaya per bulan untuk satu user dibanderol Rp108.900,- dan Anda bisa menikmati dashboard keuntungan secara realtime, kontrol persediaan, penjualan dan pembelian serta kas dan bank.

Accurate

Selain Jurnal, software Accurate berbasis cloud ini juga cocok bagi bisnis berskala mikro. Accurate Online dibandrol dengan harga Rp220.000,- per bulan untuk satu pengguna. Fitur yang mereka tawarkan antara lain penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, general ledger, kas dan bank. Apabila Anda ingin menambah pengguna, dikenakan biaya Rp22.000 per bulan.

MASERP

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa software akuntansi memiliki berbagai jenis seperti cloud dan ERP. Nah, contoh software akuntansi ERP adalah MASERP yang merupakan buatan lokal sejak tahun 1984. MASERP cocok digunakan untuk perusahaan berskala menengah dan besar, dari industri manufaktur, distributor, pertambangan, retail, konstruksi dan masih banyak lagi.

Anda bisa membelinya mulai dari harga Rp75.000.000,- untuk paket distribution (5 user). Anda bisa mendapatkan fitur account receivable, account payable, general ledger, inventory control, sales order, sales invoice, purchase order, purchase, cash flow dan fixed asset. Sedangkan untuk paket manufaktur dibanderol Rp90.000.000,- untuk 5 user dengan tambahan fitur billing, production dan project.

Kesimpulan

Sekarang dengan kesimpulan dari program akuntansi terbaik yang sudah dijelaskan pada artikel ini, Anda sudah tahu cara menentukan range harga software yang tepat sesuai skala perusahaan Anda. Selanjutnya Anda juga harus tahu kriteria cara menilai software akuntansi terbaik yang cocok dengan perusahaan Anda.

Nah, jika kamu merasa kesulitan dalam mengelola proses keuangan, hingga kesulitan dalam pencatatan akun kredit dan debit, terlebih jika harus terperinci, maka kamu bisa gunakan software akuntansi modern seperti MASERP.

MASERP bisa dicustom dengan fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan usaha kamu. Bahkan, penggunaannya juga sangat mudah dan tampilannya sangat sederhana.

Baca Juga: Jenis dan 5 Contoh Software Akuntansi Beserta Harga

New call-to-action