Persamaan Dasar Akuntansi: Komponen, Rumus dan Manfaatnya

Seringkali pebisnis merasa belum mengetahui persamaan dasar akuntansi secara lengkap. Akan tetapi teori persamaan dasar akuntansi ini merupakan hal yang penting dalam mempengaruhi siklus akuntansi pada keuangan bisnis Anda.

Umumnya Anda sebagai pebisnis ataupun seorang akuntan harus mengerti bagaimana persamaan dasar akuntansi. Di mana persamaan dasar akuntansi adalah hal yang diperlukan oleh sebuah perusahaan dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan perusahaan yang biasa disebut dengan pembukuan.

Pebisnis memulai mengatur keuangan bisnis dengan melakukan pembukuan yang sederhana. Pembukuan tersebut dapat dengan mudah dilakukan berdasarkan konsep dasar persamaan akuntansi. Dengan menggunakan konsep tersebut, dapat mempengaruhi transaksi terhadap posisi keuangan perusahaan.

Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan dasar akuntansi adalah perhitungan yang nantinya bisa memproyeksikan kekayaan, hutang, serta modal yang suatu perusahaan miliki. Prinsip akuntansi umum yang kita ketahui adalah dimana terdapat keseimbangan antara aspek pendapatan dan pengeluaran. Dengan kata lain, terjadi keseimbangan antara aktiva/liabilitas yang perusahaan miliki dengan kewajiban.

Tentu saja, keseimbangan angka antara kedua bagian tersebut perlu analisis lebih mendalam menggunakan persamaan-persamaan yang ada dalam akuntansi. Kemudian menggunakan persamaan ini nantinya kita dapat mengukur kemampuan perusahaan dalam mengelola keuangannya.

Baca Juga: Apa Itu Gudang Transit? Rekomendasi Software Kelola Gudang

Komponen dalam Persamaan Akuntansi

Setelah mengetahui rumus persamaan akuntansi, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang ada di dalamnya dan dari mana komponen tersebut berasal. Berikut ini penjelasannya.

Aset atau Aktiva

Aset atau aktiva dalam rumus persamaan dasar akuntansi adalah sumber daya yang dimiliki perusahaan dan bermanfaat untuk kegiatan produksi maupun keberlangsungan perusahaan. Wujudnya dapat berupa uang maupun benda-benda tidak berwujud (intangible) seperti hak cipta maupun paten.

Selain itu, salah satu aktiva yang biasanya dimiliki perusahaan adalah piutang, yakni jenis aset umum mengenai pernyataan janji pembayaran dari pihak penerima layanan atau produk kepada perusahaan produsen.

Berikut ini beberapa contoh dari akun aktiva:

  • Aset lancar, Biaya dibayar di muka, piutang, dan kas
  • Aset tidak berwujud, Goodwill (kelebihan pembayaran dibanding nilai pasar), Paten, dan Hak Cipta.
  • Aset tetap, bangunan, tanah, kendaraan, mesin produksi.

Liabilitas atau Kewajiban

Salah satu bagian dalam rumus persamaan dasar akuntansi adalah liabilitas atau kewajiban, yakni sejumlah dana pinjaman dari kreditur yang harus dibayar oleh perusahaan sesuai kesepakatan. Komponen ini merupakan kebalikan dari piutang dan pencatatannya harus dilakukan di dalam laporan keuangan.

Contoh akun kewajiban adalah sebagai berikut.

  • Utang jangka panjang, Obligas
  • Utang jangka pendek, kewajiban pajak, gaji karyawan yang belum dibayar, utang dagang, kredit bank.

Ekuitas

Ekuitas adalah aset perusahaan yang dimiliki pihak ketiga, misalnya pemegang saham atau stakeholders. Biasanya, kepemilikan ini dapat berubah sesuai kondisi real-nya. Contoh ekuitas adalah sebagai berikut:

  • Modal.
  • Penarikan dana atau prive.
  • Saham biasa.
  • Modal yang disetorkan.
  • Laba biasa.

Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

Sebetulnya rumus persamaan dasar akuntansi tidak terlalu rumit, kamu dapat menghitungnya dengan formula berikut ini.

Harta (Aktiva) = Utang + Modal (Pasiva)

atau

Aset = Kewajiban + Ekuitas

Dari formula di atas, terlihat bahwa aset setara dengan kewajiban dan ekuitas pemilik. Hal ini tentu sangat logis sebab kewajiban serta ekuitas pada prinsipnya merupakan sumber dana perusahaan untuk membeli aset.

Kemudian, bukan tanpa sebab utang atau kewajiban ditulis lebih awal sebelum ekuitas pemilik. Alasannya, utang kepada kreditur sudah pasti perlu dilunasi terlebih dahulu sebelum pembagian kepada investor ketika perusahaan mengalami kebangkrutan.

Jadi, kewajiban dianggap lebih likuid atau lancar dibandingkan dengan ekuitas. Hal ini terlihat konsisten dengan pelaporan keuangan yang mencantumkan aset lancar (current assets) dan kewajiban lancar (current liabilities) lebih dahulu sebelum aset tetap (fixed assets) serta liabilitas jangka panjang (long-term debt).

Dari formula di atas juga, kita dapat memahami bahwa peningkatan aset akan berbanding lurus dengan peningkatan kewajiban dan ekuitas. Begitu juga sebaliknya. Lalu, adakah kondisi di mana kedua bagian ini tidak seimbang?

Biasanya, kondisi tidak seimbang terjadi saat utang meningkat, tetapi aset tidak bertambah. Situasi ini sering kali dipicu oleh adanya transaksi yang tidak transparan atau tidak dilaporkan alias potensi fraud.

Untuk menjaga transparansi, perlu dilakukan audit atau dikenal dengan praktik Good Corporate Governance.

Manfaat Persamaan Dasar Akuntansi

Secara umum manfaat persamaan dasar akuntansi berguna untuk mengetahui adanya perubahan nilai dari harta atau kekayaan pada suatu perusahaan.

Sehingga perubahan ini berdampak atas setiap transaksi yang telah dilakukan sebelumnya, selain itu persamaan dasar akuntansi ini memberikan manfaat dalam mengetahui berapa harta yang telah terpakai atau dibelanjakan dalam satu periode akuntansi.

Dengan demikian persamaan dasar akuntansi berguna dalam menghitung keuangan pada laporan perusahaan, sehingga pengeluaran dan pemasukan yang tercatat dapat dilakukan dengan baik dan benar.

Kesimpulan

Persamaan dasar akuntansi adalah perhitungan yang nantinya bisa memproyeksikan kekayaan, hutang, serta modal yang suatu perusahaan miliki. Dengan mengerti konsep dasar akuntansi dan menggunakan sistem akuntansi yang terintegrasi, perusahaan akan lebih mudah untuk melakukan pencatatan transaksi keuangan. Selain itu perhitungan ini juga dapat menjadi sarana untuk memeriksa besarnya saldo keluar-masuk serta mengoreksi ketepatan antara saldo pada sisi aktiva maupun sisi pasiva.

Sistem akuntansi online memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software ERP seperti MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses kerja.

MASERP memiliki beragam modul yang dapat memudahkan proses kerja Anda antara lain manufaktur, pembelian, penjualan, persediaan barang, keuangan dan akuntansi, project management, aset tetap, pajak, 300+ laporan siap cetak, dan masih banyak lagi. Anda tidak perlu membeli software berbeda untuk tiap departemen.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action