Apa Itu Gudang Transit? Rekomendasi Software Kelola Gudang

Gudang transit adalah gudang yang juga digunakan dalam penyimpanan barang sebelum sampai ke tangan pembeli. Gudang penting dalam bisnis impor, ekspor, pengangkutan dan produksi barang. Anda perlu menjaga semua flow produksi hingga pengiriman tetap teratur di satu tempat agar dapat menghemat anggaran dan meningkatkan produktivitas perusahaan. Pernahkah Anda mendengar istilah gudang transit? Simak penjelasannya di bawah ini beserta rekomendasi software untuk mengelola gudang!

Apa Itu Gudang Transit?

Gudang transit adalah tempat yang difungsikan untuk menerima dan menampung barang dalam sementara waktu. Barang yang diterima berasal dari beberapa lokasi lalu selanjutnya dikirimkan ke lokasi tujuan sesuai alat penerima.

Paket yang sering Anda terima saat ini merupakan paket yang berasal dari gudang transit dan melalui beberapa kantor cabang ekspedisi (gudang transit) lain, lalu akan dikirimkan lagi ke gudang transit berikutnya sampai paket Anda sampai ke tangan Anda.

Ketika Anda tracking pesanan di Shopee atau Tokopedia pasti Anda pernah melihat keterangan paket Anda telah dikirim dari gudang transit Jakarta, maksud dari keterangan tersebut adalah pesanan Anda sudah keluar dari gudang ekspedisi Jakarta ke tujuan selanjutnya.

Baca Juga: Manajemen Gudang dan 4 Permasalahan yang Sering Dihadapi

Alur Pengiriman Gudang Transit

Jasa pengiriman yang Anda kenal umumnya memiliki beberapa gudang transit di banyak wilayah, gudang transit adalah tempat yang dipakai untuk menerima atau menurunkan paket. Semua paket yang ada di gudang transit perlu diturunkan dan dikirimkan ke penerima tanpa perlu menyimpan di gudang transit pusat (center).

Dari gambar di atas, dapat dilihat perjalanan paket Anda sebagai berikut:
– Penjual/pengirim sedang mengatur pengiriman pesanan.
– Pesanan Anda telah dikirim dari gudang transit Cakung menuju ke kota tujuan.
– Pesanan dikirim dari gudang transit Cakung DC.
– Paket dari gudang transit sebelumnya, sudah tiba di gudang transit terakhir (Jakarta DC) yang lokasinya sudah dekat dengan alamat tujuan pesanan.

Ketika Anda berbelanja online seperti di Shopee, penjual akan mengirimkan pesanan sesuai jasa pengiriman yang dipilih oleh pembeli, setelah status pesanan dalam pengiriman, maka Anda dapat melakukan tracking posisi pesanan. Beberapa informasi di bawah ini sering Anda lihat ketika melacak pesanan:

  • Pengirim sedang mempersiapkan pesanan, maksudnya adalah pesanan Anda masih dalam proses persiapan atau packing oleh penjual dan belum berada di jasa pengiriman.
  • Paket telah dikirim dari gudang transit, maksudnya pesanan sudah dalam pengiriman dari kantor cabang jasa pengiriman. Kemungkinan akan ke gudang transit lain untuk membawa atau menurunkan paket lain sesuai keperluan jasa pengirim tersebut.
  • Paket sedang dibawa kurir ke lokasi Anda, maksudnya pesanan Anda sudah ada di kurir dan siap dikirim ke alamat Anda.

Software Gudang MASERP

Bagi bisnis yang memiliki banyak persediaan barang dan penyimpanannya dilakukan gudang, terutama multi-gudang, tentu membutuhkan sistem canggih yang dapat mengelola itu semua dalam satu database. Bayangkan jika Anda memiliki ratusan ribu persediaan dan harus dicatat secara manual setiap hari saat ada barang masuk dan keluar, pasti akan kesulitan. Anda akan lebih sering menemukan human error karena banyak transaksi yang harus dicatat.

Untuk memudahkan dalam mengelola persediaan barang dan gudang, Anda dapat menggunakan software MASERP yang memiliki berbagai modul saling terintegrasi. Modul inventory dan warehouse dapat terintegrasi dengan modul pembelian, penjualan, keuangan dan lain sebagainya.

Apabila bisnis Anda memiliki gudang transit, Anda dapat melakukan setting di Master Gudang untuk menentukan apakah gudang yang diinput tersebut termasuk dalam gudang transit atau bukan.

Gudang Transit Adalah

Daftar gudang yang aktif beroperasi dapat dicatat dengan mengisi data kode gudang atau lokasi (3 huruf) dan kode item (14 huruf). Kode gudang membantu dalam tracking dan pelaporan persediaan barang sesuai dengan lokasi maupun kelompok gudang.

Tipe barang di gudang dapat diset dalam jenis raw material (RAW), work in process (WIP), inventory stock (FG), jasa atau biaya, paket dan subtotal item. MASERP memiliki fitur quantity maximum dan minimum untuk membantu perusahaan mengatur jumlah minimal dan maksimal barang yang harus ada di gudang. Apabila barang mencapai jumlah minimal, user akan mendapatkan notifikasi sehingga dapat segera memesan barang ke supplier agar permintaan pelanggan selalu terpenuhi tepat waktu.

GUDANG TRANSIT

Fitur Stock Opname dipakai untuk melakukan penyesuaian jumlah persediaan barang berdasarkan kategori barang dan jurnal inventory. Kode dan nama barang akan muncul sesuai gudang yang akan dipilih untuk penyesuaian persediaan. Fitur Barcode Scanner digunakan dalam mencatat penerimaan barang, penjualan barang dan surat jalan. Barcode barang sebelum digunakan dalam transaksi, harus diinput terlebih dahulu di Master Inventory agar dapat berfungsi dalam proses masuk dan keluar barang.

Kesimpulan

Gudang transit adalah tempat yang difungsikan untuk menerima dan menampung barang dalam sementara waktu. Barang yang diterima berasal dari beberapa lokasi lalu selanjutnya dikirimkan ke lokasi tujuan sesuai alat penerima.

Untuk mengurangi risiko kerugian akibat salah pencatatan persediaan, gudang dan keuangan, Anda sebaiknya mengunakan software akuntansi dan manufaktur modern yang terintegrasi seperti MASERP. Fitur Inventory Management di MASERP memudahkan Anda melacak tingkat dan nilai persediaan setiap hari dengan menggunakan metode biaya rata-rata. Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action