Pengertian Software, Fungsi dan Jenisnya

Perangkat lunak atau yang sering kita ketahui software adalah suatu kumpulan perintah yang dikerjakan oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Pengertian software ini adalah catatan bagi mesin komputer menyimpan perintah, serta dokumen maupun arsip yang lainnya.

Pengertian Software

Pengertian software adalah program komputer yang menjadi jembatan antara pengguna dengan perangkat keras (hardware). Software juga dapat didefinisikan sebagai sebuah aplikasi yang tersusun dari sekumpulan kode-kode bahasa pemrograman.

Bisa juga dikatakan pengertian software menjadi suatu data yang diprogram serta disimpan secara digital dan tidak berwujud, namun berada di dalam komputer. Ada pula yang menyebutkan bahwa software ialah kumpulan data-data elektronik berupa program atau instruksi yang disimpan dan dikelola oleh komputer.

Software sendiri dibuat oleh seorang programmer dengan bahasa pemrograman tertentu yang selanjutnya dikompilasi hingga menjadi sebuah kode yang dapat dikenali oleh hardware.

Software dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia, misalnya untuk menghitung, membuat dokumen, mengolah gambar dan lain-lain.

Fungsi Software

  • Menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan komputer sehingga dapat dioperasikan. Misalnya ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung pada komputer.
  • Mengatur setiap hardware yang ada pada komputer sehingga bisa bekerja secara simultan.
  • Sebagai penghubung antara beberapa software lainnya dengan hardware yang ada pada komputer.
  • Sebagai penerjemah suatu perintah software lain ke dalam bahasa mesin, sehingga dapat dimengerti/diterima oleh hardware.
  • Untuk mengidentifikasi suatu program komputer.

Baca Juga: Bahasa Pemrograman: Java, PHP, Bahasa C, Visual Basic dan Phyton

Jenis-Jenis Software

Sejalan dengan kemajuan teknologi, software telah tumbuh dengan pesat. Terbukti dengan banyaknya software nan beredar saat ini, baik yang berlisensi maupun gratisan. Software ini juga bisa dibagi berdasarkan jenisnya yaitu:

Sistem Operasi

Dalam Bahasa Inggris disebut operating system dan sering disingkat OS. Keberadaannya dalam sebuah komputer sangat penting karena tanpa sistem operasi, users tidak akan bisa menjalankan serta memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak.

Sistem operasi merupakan software kompleks yang memiliki banyak fungsi antara lain, mengatur seluruh hardware dan terintegrasi dengan CPU, memberi instruksi pada processor untuk mengerjakan permintaan users, mengatur segala proses yang terjadi dalam CPU dan menjadi platform untuk menjalankan software aplikasi.

Sistem operasi ini menjamin software yang berbeda dapat melaksanakan tugasnya masing-masing, tanpa mengganggu satu sama lain. Di sini dapat Anda lihat kemampuannya dalam mengelola penjadwalan, di mana tiap aplikasi yang berjalan bersamaan bisa mendapatkan waktu dan cukup untuk memanfaatkan CPU.

Biasanya, sistem operasi ini hanya memberi izin pada software untuk mengoperasikan satu aplikasi dalam satu waktu.

Tapi, ada beberapa yang menjadi multi-tasking operating system atau mengijinkan berbagai aplikasi berjalan secara bersamaan. Berikut beberapa macam sistem operasi yang banyak digunakan saat ini:

Microsoft Windows

Operating system yang diciptakan oleh Microsoft Corporation ini berbasis Graphical User Interface (GUI). Versi pertama dari OS ini adalah Windows Graphic Environment 1.0.

Sedangkan versi mutakhirnya ialah Windows 10. Microsoft Windows mempunyai banyak kelebihan, diantaranya user friendly, instalasi aplikasi lebih mudah, mempunyai banyak dukungan driver. Tapi, harga lisensi Windows terbilang mahal dan sistem keamanannya kurang maksimal.

UNIX

UNIX termasuk salah satu produk yang diciptakan oleh Dennis Ritchie dan Ken Thompson. Penamaan sistem operasi yang digarap mulai tahun 1965 oleh AT&T (American Telephone and Telegraph), GE (General Electric) dan MIT (Massachusetts Institute of Technology) dari proyek Multics (Multiplexed Information and Computing Service) ini diusulkan oleh Peter Neuman.

UNIX didesain sedemikian rupa supaya menjadi OS yang portable, multi-tasking dan multi-user bisa dioperasikan oleh banyak pengguna.

UNIX juga merupakan OS yang aman karena untuk melakukan pengaksesan, direktori, file, user serta group harus mempunyai ijin tersendiri. Berkat dukungan dari proyek GNU, UNIX berkembang menjadi LINUX.

Macintosh Operating System

Disebut juga dengan Mac OS, karena dirancang secara khusus untuk komputer-komputer Macintosh. Sistem operasi pertama yang memanfaatkan GUI ini diluncurkan pada tahun 1984. Mac OS sangat cocok bagi users yang mengutamakan eye-candy.

Selain itu, tingkat keamanan Macintosh juga amat tinggi dan sulit ditembus virus. Tapi, bisa dikatakan Mac OS paling tepat dipakai oleh para desainer grafis dan kurang cocok jika hanya digunakan sebagai aplikasi server serta untuk bermain game.

Linux

Apabila dilihat dari segi pemakaiannya, sistem operasi yang merupakan keturunan dari UNIX ini cukup populer di kalangan pengguna. Dalam dunia pemasaran sendiri, Linux bersaing dengan Microsoft Windows dan Macintosh.

Linux juga dijalankan oleh satu atau lebih Command Line Interface (CLI) yang berbasis teks dan GUI (bawaan versi desktop). Linux bersifat open source alias bebas biaya dan user friendly.

Linux juga stabil dalam penggunaan jangka panjang serta tidak gampang terinfeksi virus. Namun, banyak di antara users yang belum terbiasa dengan OS tersebut. Apalagi, proses penginstalannya tidak semudah Microsoft Windows.

Baca Juga: API (Application Programming Interface): Jenis, Fungsi dan Arsitektur

Software Pengolah Kata

Sesuai namanya, program atau aplikasi ini digunakan untuk kebutuhan tulis-menulis. Beberapa contohnya, yaitu:

Lotus Word Pro

Aplikasi ini mempunyai kelebihan, filenya bisa dibuka serta disunting memakai Microsoft Word. Lotus Word Pro juga dilengkapi fasilitas Helpful Menu Finder yang gunanya untuk membantu menemukan instruksi-instruksi yang sesuai dengan Microsoft Word dan Word perfect.

OpenOffice Writer

Aplikasi berlisensi gratis (freeware) ini bersifat multiplatform, dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi, mulai dari Windows, Linux, Unix, Mac OS dan Solaris.

Fitur yang dimiliki serupa dengan Microsoft Word, sehingga pengguna baru tidak akan kesulitan untuk memakainya. Data yang dibuat melalui OpenOffice Writer pun bisa dibuka dan diedit di Microsoft Word, begitu sebaliknya.

Star Office Writer

Sama halnya dengan OpenOffice Writer, program ini juga bersifat multiplatform. Star Office Writer mampu mengkonversi file dari Microsoft Word dan Word Perfect. Selain itu, di dalamnya terdapat banyak contoh memo, surat, fax, resume serta dokumen.

Corel Wordperfect

Keunggulan aplikasi Wordperfect terletak pada harganya yang lebih murah dibanding Microsoft Word. Corel Wordperfect juga bisa membaca file dari program tersebut. Tapi, kekurangannya, yakni memerlukan spesifikasi hardware yang lebih tinggi, minimal Pentium III dengan memory 128 MB.

Microsoft Word

Anda pasti tidak asing dengan aplikasi yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation ini. Microsoft Word biasanya sepaket dengan program Microsoft Office lain, seperti Excel, Power Point dan sebagainya.

Microsoft Word mempunyai banyak kelebihan, mulai dari pemakaiannya yang mudah (user friendly), fitur lengkap dan bisa dipakai untuk membuat berbagai macam dokumen, antara lain buku, surat, publikasi serta gambar sederhana. Tapi, satu software Microsoft Word harus diinstal untuk satu komputer. Pengguna pun harus membayar lisensi yang tidak murah.

Baca Juga: Pengertian ERP Lengkap dan Kegunaannya (Contoh ERP Indonesia)

Kesimpulan

Pengertian software adalah perangkat lunak yang canggih dan akan terus berkembang, sehingga para ilmuwan pun belum menetapkan kapan berakhirnya teknologi software ini dan akan terus mengembangkannya, karena dengan adanya software ini memudahkan kita mengerjakan sesuatu pekerjaan.

Tidak jauh berbeda dengan fungsi aplikasi lain, dalam melakukan pencatatan pada keuangan perusahaan juga dibutuhkan teknologi yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman. MASERP adalah software yang bisa mengakomodasi kepentingan perusahaan maupun bisnis milikmu dalam melakukan pencatatan keuangan.

Selain itu, MASERP juga sudah didukung dengan standar keuangan Multi Currency, Multi Warehouse, dan E-Faktur. Dengan menggunakan MASERP, perusahaan milikmu dapat melakukan kustomisasi sesuai dengan kebutuhan.

Dengan berbagai fitur dan kelengkapan yang ada dan dibutuhkan perusahaan dalam melakukan pencatatan keuangan, perusahaan akan lebih terbantu dalam melakukan pencatatan keuangan karena MASERP sudah terintegrasi dengan teknologi yang mampu memfasilitasi segala keperluan perusahaan.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang memberikan banyak kemudahan, langsung saja konsultasikan kendala yang ada kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: Sistem ERP? Panduan Cepat untuk Segala Hal Seputar ERP