Apa Itu Market Leader? Berikut Karakteristik dan Keuntungannya!

Siapa yang tidak mau kalau perusahaan atau bisnisnya memimpin pasar? Kalau sebuah bisnis menjadi market leader, akan lebih terpercaya di mata pelanggan karena secara kualitas dan harga lebih baik dibanding kompetitor. Salah satu contoh dari market leader adalah ketika Anda ingin membeli mobil, maka akan teringat sebuah tipe mobil karena mungkin sering melihat iklannya di media sosial atau banyak melihat review bagusnya. Lalu, apa sebenarnya market leader itu? Apa saja karakteristik dan keuntungannya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Apa Itu Market Leader?

Market leader dapat berupa perusahaan, organisasi, produk, maupun brand yang memiliki persentase pendapatan penjualan tertinggi di industri tertentu. Bisnis atau brand yang memimpin pasar mendominasi dengan mempengaruhi loyalitas pelanggan ke bisnis tersebut, harga produk atau jasa, distribusinya, dan lain-lain. Pangsa pasar dihitung dengan membagi volume barang yang telah terjual dengan jumlah total unit di pasar. 

Banyak perusahaan yang menjadi market leader dalam kurun waktu tertentu di era digital saat ini. Bisnis yang menjadi leader biasanya adalah first-mover misalnya Microsoft yang pertama meluncurkan Windows dan Apple yang mengenalkan konsep media portable yang bisa menyimpan musik di drive seperti Ipod

Semua itu mengenai ide-ide inovatif yang akan membantu perusahaan agar bisa terhubung dengan audiens yang relevan. Perusahaan mencoba memperkenalkan produk tersebut ke pasar yang dapat menambah value bagi pelanggan. Market leader akan mendefinisikan customer experience dalam hal kualitas produk, kemudahan menggunakan produk, lama pemakaian produk, dan lain-lain.

Baca Juga: Langkah STP (Segmenting, Targeting dan Positioning) dalam Marketing

Karakteristik Market Leader

Market leader adalah perusahaan yang memimpin pangsa pasar terbesar di industri tertentu. Biasanya merk-merk yang menjadi pemimpin pasar (market leader) akan terlihat di mana-mana, mereka memiliki usaha pemasaran yang berkelanjutan. Merk tersebut memiliki beberapa karakteristik maupun value yang membantu mereka mencapai dan bertahan di pasar industrinya.

Fokus pada Pelanggan

Market leader tidak pernah melupakan bahwa pelanggan adalah elemen terpenting untuk mencapai kesuksesan. Mereka menghindari jebakan di saat memimpin pangsa pasar seperti kesombongan yang bisa mereka perintahkan ke pelanggan alih-alih memenuhi kebutuhan mereka. Pemimpin pasar akan terus-menerus berusaha mencari cara untuk meningkatkan layanan pelanggan dan mencari feedback dan saran dari pelanggannya. Bahkan, pelanggan yang puas dengan produk Anda, dapat beralih ke kompetitor kalau Anda tidak dapat melayani dengan baik.

Visi yang Jelas

Bisnis yang memimpin pasar tentu sudah memiliki bisnis yang jelas mengenai arah bisnis mereka serta strategi yang efektif untuk mencapai tujuannya. Perusahaan perlu melakukan prediksi mengenai banyak perubahan dan trend yang mempengaruhi bisnis mereka di masa mendatang. Ini dapat membuat perusahaan selangkah lebih maju dari kompetitornya kalau dapat mengantisipasi apa yang akan terjadi di masa depan. Dengan memiliki visi yang jelas, dapat membuat para market leader fokus pada bisnisnya dan tidak menghalangi mereka mencapai tujuannya.

Fleksibilitas

Saat kondisi pasar berubah, market leader harus gesit untuk membuat penyesuaian bisnis maupun produk yang dijual. Kalau ada kompetitor baru memasuki pasar dengan konsep unik dan baru serta bisa menarik banyak konsumen, market leader harus dapat menggabungkan konsep baru tersebut ke operasi bisnis mereka atau melawan trend dengan membuat inovasi tersendiri yang dapat menarik konsumen. Pemimpin pasar harus cepat beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar dengan sumber daya dan cara mereka tersendiri.

Investasi di Karyawan

Market leader tidak hanya fokus pada perekrutan karyawan terbaik, mereka juga berinvestasi pada kegiatan development yang berkelanjutan. Bisnis dapat lebih cepat berkembang juga didasarkan pada faktor internal yang meliputi kinerja karyawan secara keseluruhan, supply management dan resources teknologi yang digunakan untuk membantu kegiatan mereka. Manajemen mendorong karyawan untuk belajar terus-menerus di pekerjaan mereka sehingga nantinya bisa menjadi semakin berharga bagi perusahaan.

Keuntungan Menjadi Market Leader

Market leader sering memanfaatkan posisi mereka untuk meningkatkan efisiensi biaya. Mereka tidak hanya mampu menggunakan skala ekonomi yang besar untuk mengurangi biaya per unit produk, tetapi mereka juga menggunakan keuntungan first-mover mereka untuk menetapkan tren harga dan mengendalikan pasar.

Konsumen cenderung membeli produk yang mahal dari market leader karena sudah terjamin secara kualitas dan terpercaya. Pemimpin pasar memiliki prestige dan brand value yang kuat. Loyalitas merk yang kuat juga memungkinkan mereka untuk tidak hanya mempertahankan pelanggan yang sudah ada tetapi juga menarik pelanggan baru.

Salah satu strateginya adalah menggunakan marketing yang agresif untuk memperkuat citra brand yang mereka tawarkan.

Market leader dapat meminimalisir biaya input dengan bernegosiasi dengan supplier. Biasanya supplier industri menawarkan diskon besar karena volume setiap pesanan meningkat. Supplier juga biasanya memberikan kualitas terbaik untuk meningkatkan rantai pasokan. Mereka juga mendapatkan akses ke channel distribusi yang lebih baik.

Baca Juga: Mengenal Marketing Funnel Sebagai Kunci Sukses Bisnis

Kelemahan Menjadi Market Leader

Ketika perusahaan mendominasi industri tertentu, kompetitor mungkin akan menganggapnya monopoli pasar. Misalnya, Amazon dituduh terlibat dalam predatory pricing untuk menjual lebih banyak dari kompetitornya dan mendapatkan pangsa pasar. Market leader juga cenderung agresif mengejar mengambil alih potensi dari pesaing, yang dapat mempengaruhi brand value mereka.

Kesimpulan

Market leader adalah perusahaan, organisasi, produk, maupun brand yang memiliki persentase pendapatan penjualan tertinggi di industri tertentu. Beberapa keuntungan menjadi market leader antara lain dapat menggunakan keuntungan first-mover mereka untuk menetapkan tren harga dan mengendalikan pasar. Salah satu strateginya adalah menggunakan marketing yang agresif untuk memperkuat citra brand.

Pemimpin pasar harus cepat beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar dengan sumber daya dan cara mereka tersendiri. Perusahaan yang dapat memenangkan pasar memiliki sistem yang sudah berjalan baik, salah satunya dengan menggunakan software dalam kegiatan operasional perusahaan. Mereka dapat berinvestasi di software ERP yang terintegrasi seperti MASERP yang memiliki berbagai fitur dan modul seperti penjualan, pembelian, produksi, general ledger, persediaan barang, aset dan masih banyak lagi.

Yang membedakan MASERP dengan vendor lain, MASERP dapat dicustom sesuai dengan bisnis flow perusahaan Anda dan dapat juga diintegrasi dengan software lain. Biarkan software yang beradaptasi dengan bisnis flow Anda, bukan bisnis Anda yang mengikuti flow software.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan apa yang Anda butuhkan kepada konsultan ahli kami sekarang. Gratis!

New call-to-action