2 Cara Mudah Menghitung Pangsa Pasar dan Perannya untuk Bisnis

Bagian dari pasar yang dapat dikuasai oleh sebuah perusahaan dari seluruh industri penjualannya biasanya disebut dengan pangsa pasar atau market share. Pangsa pasar adalah nilai persentase yang menyatakan kedudukan perusahaan dan kompetitornya di pasar. Nilai pangsa pasar membantu pihak manajemen dalam menganalisis dan mengevaluasi kegiatan bisnisnya untuk dapat memenangkan persaingan di pasar.

Satu cara yang dapat meningkatkan pangsa pasar adalah dengan menurunkan harga jual produk secara drastis, tetapi dampak lainnya bisa menurunkan revenue perusahaan meski nilai pangsa pasarnya naik. Karena itu, perusahaan perlu memiliki kebijakan yang bisa meningkatkan keduanya, yaitu pangsa pasar dan pendapatan. Untuk memahami lebih lanjut mengenai pangsa pasar, yuk simak pembahasan di bawah ini!

Pengertian Pangsa Pasar

Menurut John Davis, market share atau pangsa pasar adalah penjualan perusahaan dalam unit dalam bentuk persentase mengenai jumlah total penjualan dalam suatu industri pasar. Definisi lain menjelaskan jumlah produk yang dijual oleh sebuah perusahaan dibandingkan dengan jumlah permintaan pangsa pasar.

Kenapa pangsa pasar perlu diperhitungkan? Karena dari hasil perhitungan dapat mengetahui kedudukan produk di pasar dan seberapa besar pasar yang diwakilkan perusahaan Anda dibanding dengan total seluruh kompetitor di pasar produk yang sama, jadi perusahaan Anda bisa menentukan berbagai kebijakan marketing yang tepat.

Tim marketing perusahaan Anda dapat menyusun target penjualan pangsa pasar karena akan menunjukkan rencana target pasar atau memperoleh pangsa dari kompetitor.

Baca Juga: Langkah STP (Segmenting, Targeting dan Positioning) dalam Marketing

Peran Pangsa Pasar bagi Perusahaan

Perusahaan perlu mengetahui nilai pangsa pasar agar memahami seberapa kuat perusahaan bersaing dengan kompetitor. Matriks yang dapat dilihat yaitu pendapatan penjualan dan permintaan primer.

Perusahaan tidak hanya menilai pertumbuhan atau penurunan total pasar, tetapi juga memilih target konsumen diantara kompetitor yang ada. Pangsa pasar menjadi salah satu matriks penting dalam marketing karena dapat memprediksi dan menilai campaign marketing karena bisa melihat perbandingan strategi marketing perusahaan Anda dengan kompetitor.

Biasanya, pertumbuhan penjualan diperoleh dari permintaan primer (jumlah pertumbuhan pasar) yang lebih murah. Sedangkan perusahaan yang memiliki pangsa pasar rendah mungkin produknya tidak layak jual.

Pangsa pasar adalah salah satu penanda keuntungan, kedua hal tersebut saling berhubungan. Semakin tinggi pangsa pasar perusahaan Anda, maka perusahaan akan memperoleh omzet dan keuntungan yang lebih besar. Kalau perusahaan Anda mendominasi industri di pasar maka akan lebih banyak konsumen yang percaya dan perusahaan Anda pun harus tetap memberikan pelayanan dan produk yang berkualitas agar konsumen tidak beralih ke kompetitor. 

Kalau nilai pangsa pasar perusahaan Anda masih kecil diantara industri yang ada, ada beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi antara lain kurang inovasi produk atau jasa, campaign marketing yang kurang tepat, kualitas produk atau layanan kurang baik, harga yang terlalu mahal, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mudah dan Anti Rugi! Ini 7 Cara Menghitung Harga Jual

Rumus dan Cara Menghitung

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat pangsa pasar bagi bisnis, sekarang mari kita pelajari cara menghitung pangsa pasar agar Anda bisa menentukan strategi bisnis ke depannya. Data yang dibutuhkan untuk menghitung nilai pangsa pasar adalah jumlah unit yang berhasil terjual atau jumlah pendapatan serta total penjualan pasar. Nah, total penjualan pasar ini tidak bisa Anda asal tebak dan memang agak sulit diperoleh, umumnya bisa didapatkan di firma yang melakukan riset pasar atau asosiasi perdagangan.

Menghitung Pangsa Pasar Berdasarkan Volume

PT Sumber Cuan memperoleh penjualan 150.000 laptop di wilayah DKI Jakarta pada tahun 2019, dan di wilayah Jakarta Utara terjual sebanyak 30.000 laptop. Dari data tersebut, laptop yang dijual di pangsa pasar Jabodetabek yang berhasil dijual oleh PT Sumber Cuan memiliki volume pangsa pasar (unit) sebesar 10%.

Pangsa pasar unit = (jumlah unit yang dijual perusahaan : jumlah unit di seluruh pasar) x 100%

Pangsa pasar unit = (30.000 : 150.000) x 100%

Pangsa pasar unit = 20%

Menghitung Pangsa Pasar Berdasarkan Nilai Penjualan

PT Sumber Cuan tahun 2019 berhasil menjual laptop Macbook Pro di kawasan Bantul senilai Rp1.000.000.000,-. Dan diketahui total nilai total penjualan di pasar adalah Rp2.500.000.000,-. Maka pangsa pasarnya adalah sebagai berikut:

Pangsa pasar pendapatan =  (nilai total penjualan perusahaan : nilai total pasar) x 100%

Pangsa pasar pendapatan = (Rp1.000.000.000,- : Rp2.500.000.000,-) x 100%

Pangsa pasar pendapatan =  40%

Cara Meningkatkan Pangsa Pasar

Industri bisnis yang memiliki persaingan sangat ketat harus menerapkan strategi yang tepat untuk bisa bersaing di pasar dan memperoleh omzet serta keuntungan yang optimal. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah terus berinovasi pada produk agar pelanggan puas dan tidak berpaling ke konsumen. Setidaknya, kalau bisnis Anda sudah sejak lama, perlu mengikuti trend terkini sebagai inovasinya.

Misalnya Anda memiliki coffee shop dari tahun 2010, karena tahun beberapa belakangan ini sedang trend croffle, Anda dapat juga menawarkan menu croffle di coffee shop Anda atau dengan promo bundling pembelian croffle dan kopi dengan harga ekonomis.

Selain berinovasi, Anda juga dapat mengoptimalkan strategi marketing secara digital di berbagai platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube atau bahkan e-commerce. Lebih baik lagi jika membuat website khusus perusahaan, jadi pelanggan dapat lebih percaya dan perusahaan Anda terlihat profesional.

Salah satu faktor yang membuat perusahaan tidak bisa merebut pangsa pasar dari kompetitor adalah karena harga jualnya terlalu tinggi. Jadi, Anda dapat menurunkan biaya produksi, menurunkan margin keuntungan, atau menetapkan harga jual di kisaran harga jual kompetitor.

Baca Juga: Ini Daftar Harga 6 ERP Terbaik Beserta Fitur Lengkapnya!

Kesimpulan

Pangsa pasar adalah persentase yang menunjukkan penjualan produk di perusahaan Anda dengan total penjualan di industri tersebut. Perusahaan perlu mengetahui nilai pangsa pasar agar memahami apakah dapat bertahan di persaingan pasar atau tidak, serta bisa menentukan strategi bisnis selanjutnya termasuk strategi marketingnya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan pangsa pasar yaitu terus berinovasi pada produk dan layanan, tidak mematok harga jual terlalu tinggi, mengoptimalkan pemasaran digital di berbagai platform dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda juga perlu berinovasi pada sistem yang ada di perusahaan, terutama urusan teknologi. Biasanya, perusahaan yang dapat memenangkan pangsa pasar memiliki sistem yang sudah berjalan baik, yaitu dengan menggunakan software dalam kegiatan operasional perusahaan. Anda dapat berinvestasi pada software ERP yang terintegrasi seperti MASERP yang memiliki berbagai fitur dan modul seperti penjualan, pembelian, produksi, general ledger, persediaan barang, aset dan masih banyak lagi.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Yang membedakan MASERP dengan vendor lain, MASERP dapat dicustom sesuai dengan bisnis flow perusahaan Anda dan dapat juga diintegrasi dengan software lain. Biarkan software yang beradaptasi dengan bisnis flow Anda, bukan bisnis Anda yang mengikuti flow software.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan apa yang Anda butuhkan kepada konsultan ahli kami sekarang. Gratis!

New call-to-action