14 Manfaat Software Akuntansi untuk Tingkatkan Profit Bisnis

Manfaat software akuntansi online tentunya dapat membantu bisnis dalam banyak hal, dalam artikel ini akan dipaparkan alasan kuat kenapa Anda harus mulai menggunakan software akuntansi untuk meningkatkan produktivitas dan keuntungan bisnis.

Salah satu keuntungan utama menggunakan software akuntansi online adalah, Anda tidak perlu menjadi expert di bidang keuangan atau akuntansi. Interface sistem akuntansi biasanya sudah ramah untuk user (pengguna) sehingga hanya memerlukan beberapa kali training saja.

Berikut ini 14 manfaat software akuntansi online untuk bisnis Anda! Berani coba?

Hemat Waktu

Ketika Anda menggunakan software akuntansi berkualitas, ini benar-benar bisa menghemat waktu dibandingkan menggunakan metode pembukuan manual. Software akuntansi dapat memproses dokumen front end dan transaksi back end seperti membuat cek, setoran bank, faktur penjualan dan semua transaksi dalam bisnis.

Anda bisa mencari data atau laporan keuangan dengan cepat, bahkan menyajikan laporan keuangan hanya dalam hitungan detik!

Monitor Keuangan Kapan Saja

Dalam sistem akuntansi manual, sebagian besar pekerjaan dilakukan pada akhir tahun ketika catatan transaksi sangat diperlukan untuk administrasi dan pembayaran pajak. Tetapi dengan pembukuan online, Anda bisa membuat dan memonitor catatan keuangan secara terus menerus dan kapan saja, begitu pun juga dengan laporan keuangan.

Pihak manajemen keuangan juga dapat memonitor catatan keuangan bisnis dan menyelesaikan masalah lebih awal sebelum menjadi masalah besar.

Manajemen Arus Kas

Di software akuntansi online, Anda bisa mencatat dan melacak hutang dan piutang bisnis sehingga bisa mengetahui status arus kas saat ini dan di masa depan.

Misalnya Anda memasukkan tagihan beserta faktur pelanggan dan tanggal jatuh temponya, software akuntansi dapat memberikan informasi apakah piutang tersebut cukup untuk membayar tagihan di waktu yang akan datang.

Plus, Anda bisa menyimpan faktur dan tagihan secara digital sehingga bisa menghindari keterlambatan bayar dan biaya charge.

Mudah Digunakan

Pemilik usaha kecil atau UMKM biasanya tidak memahami cara penggunaan software baru, bahkan ada yang tidak punya banyak waktu untuk belajar itu.

Untungnya, sebagian besar software akuntansi memiliki cara penggunaan yang mudah dan hanya memerlukan waktu singkat saja untuk memahaminnya. Jadi pengguna awam pun bisa belajar menggunakan software secara efektif. Ini bisa membantu meminimalisir masalah rekonsiliasi dan kesalahan dalam perhitungan akuntansi.

Beberapa vendor besar seperti MASERP memfasilitasi training dan customer support selama jam kerja untuk membantu Anda dan user menggunakan software secara efektif.

manfaat software akuntansi

Meminimalisir Kesalahan

Akuntansi manual memiliki peluang besar untuk salah dalam perhitungan. Anda bisa menghindari kesalahan ini dengan memilih software akuntansi yang bisa melakukan semua perhitungan secara otomatis dan pastinya harus akurat.

Ini menjadi salah satu keuntungan terbesar terutama kalau Anda masih perlu menyiapkan faktur rinci yang berisi variasi item atau barang dengan berbagai variasi harga.

Dengan software akuntansi online, Anda cukup memilih item untuk faktur, memasukkan data yang diperlukan dan sistem akan mengotomatisasi proses lainnya seperti perhitungan dan print out faktur.

Scalable

Sistem akuntansi online menawarkan banyak fitur canggih seperti database management dan kustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis. Ketika Anda membuka cabang perusahaan, maka software online seperti ini bisa memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar yang terus berkembang.

Perusahaan yang melakukan ekspansi dan memiliki banyak klien di berbagai lokasi bisa menggunakan software akuntansi berbasis cloud yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja, selama komputer dan gadget terhubung ke internet.

New call-to-action

Baca Juga: Mencari Software Akuntansi Custom? Perhatikan 4 Pertimbangan ini!

Faktur Digital

Dengan software online, Anda bisa mendapatkan laporan terbaru mengenai pembayaran pelanggan. Laporan bisa memberikan Anda rincian pelanggan mana yang berutang dan berapa jumlah utang yang harus dibayar.

Ini bisa membantu Anda mengelola dan mengontrol keuangan secara efektif. Anda bisa meminta pelanggan yang terlambat membayar untuk mempercepat pembayaran, jadi dapat menghindari kerugian.

Data Terorganisir dengan Rapi

Membuat dan menyimpan faktur manual berpeluang besar untuk salah tempat dan hilang, keuntungan lain sistem akuntansi online menyimpan semua data dan informasi dengan aman di satu tempat.

Anda bisa mereview, mencetak ulang dan mengirim ulang faktur apabila diperlukan. Plus, Anda bisa dengan mudah mencari faktur dengan memasukkan nomor faktur, nama dan jumlah di software.

Prosesnya menjadi lebih mudah dan cepat karena sistem mengatur semua data yang dimasukkan dengan rapi ke dalam sistem.

Tracking Inventaris

Berdasarkan tren software akuntansi baru-baru ini, banyak fitur berkualitas seperti melacak inventaris produk dan update rincian jumlah stok barang saat ini. Sistem ini bisa otomatis melacak inventaris bahkan saat pesanan produk diproses.

Selain itu, mereka dapat memperkirakan kapan Anda akan kehabisan stok sehingga bisa lebih awal menyetok barang lagi. Fitur ini memberikan data yang akurat dan tentunya akan menghemat waktu Anda juga.

manfaat software akuntansi

Laporan yang Bisa Ditindaklanjuti

Software akuntansi online dapat memberikan laporan terperinci mengenai proses bisnis Anda dan membantu melacak aliran uang di perusahaan. Anda dapat memperoleh gambaran jelas mengenai biaya dan pendapatan, kapan saja dan di mana saja.

Anda bisa menghitung keuntungan lebih mudah dan memahami pelanggan mana yang menghasilkan pendapat paling besar untuk perusahaan. Laporan di sistem akuntansi bisa membantu dalam membuat keputusan yang cerdas, sehingga bisnis bisa berjalan dengan lebih efsien dan produktif.

Kedekatan

Dengan software akuntansi, Anda akan selalu diminta untuk memperbarui data dan ini membantu dalam melacak keuangan perusahaan setiap saat. Jadi, Anda bisa lebih cepat mengetahui mengenai pelanggan yang memiliki masalah kredit dan pelanggan yang tidak melakukan pembayaran tepat waktu.

Nah, software akuntansi menjadi alternatif daripada harus menyimpan faktur dan tanda terima secara manual dalam bentuk file yang akan ditandatangani di akhir periode akuntansi.

Dapat Diakses dari Mobile

Banyak vendor software akuntansi yang menyediakan aplikasi mobile untuk Android dan iOS yang berarti Anda seperti membawa buku kas ke mana pun. Aplikasi di mobile ini dipakai untuk meningkatkan produktivitas seperti mengirim faktur, melihat informasi keuangan, melacak penagihan, mengimpor detail klien dari kontak telepon Anda, dan masih banyak lagi.

Manfaat Software Akuntansi

Terintegrasi

Software akuntansi membantu Anda memusatkan proses dan tugas bisnis seperti manajemen hubungan pelanggan, pembuatan faktur, manajemen inventaris, penggajian dan lainnya. Anda bisa menggunakan semua fitur ini seperti berinvestasi daripada harus memakai software terpisah untuk setiap proses.

Jadi, software akuntansi yang fiturnya lengkap seperti MASERP bisa menghemat waktu Anda dan membuat proses bisnis lebih sederhana dan efisien.

Kepatuhan Pajak

Manfaat software akuntansi yang terakhir adalah bisa menghitung jumlah pajak yang harus dibayar pada setiap faktur. Plus, Anda bisa mendapatkan laporan terperinci mengenai jumlah pajak yang sudah dibayarkan perusahaan pada periode waktu tertentu.

Jadi, Anda bisa memperoleh semua informasi yang dibutuhkan untuk mempersiapkan dan mengajukan formulir pajak yang ditetapkan pemerintah.

Manfaat Software Akuntansi MASERP
Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi

Baca Juga: 9 Harga Software Akuntansi Populer di Indonesia (Dengan Harga)

Kesimpulan

Nah, itu tadi 14 manfaat software akuntansi untuk bisnis dan perusahaan Anda. Banyak sekali, ya?

Keuntungan yang bisa diperoleh antara lain hemat waktu, dapat memonitor keuangan secara berkelanjutan, manajemen arus kas, mudah digunakan, meminimalisir human error, scaleable saat bisnis berkembang, faktur digital, data lebih terorganisir dan rapi, tracking inventaris lebih mudah, laporan bisa ditindaklanjuti, lebih dekat dengan pelanggan, dapat diakses dari mobile, data terpusat dan kepatuhan perusahaan pada pajak.

Setelah Anda mengetahui 14 manfaatnya, semoga Anda bisa semakin yakin untuk berinvestasi pada software akuntansi online dengan kualitas terbaik daripada harus menggunakan pembukuan manual.

Anda harus memilih sistem yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan biasanya sistem akuntansi online sudah menyediakan paket untuk industri tertentu seperti konstruksi, manufaktur, perusahaan jasa, medis dan lain-lain.

Saat ini software akuntansi sudah berkembang menjadi software ERP, dengan fitur yang lebih lengkap. Secara umum, sistem ERP mengintegrasikan beberapa fungsi bisnis seperti akuntansi, inventarismanufaktur, SDM, purchasing, SCM, penjualan dan CRM.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action