Loyalty Program dan 3 Cara untuk Pertahankan Pelanggan

Apa Anda sering mendengar Istilah loyalty program? Bagi yang masih asing, jadi loyalty program adalah program yang bisa memberikan customer akses untuk memperoleh produk baru dalam suatu perusahaan atau brand, voucher khusus atau free product yang tujuannya untuk menjaga kelangsunGan pertumbuhan perusahaan dengan kesetiaan pelanggan, dan tujuan utamanya yaitu memberi reward untuk pelanggan setia. Kami akan bahas selengkapnya tentang loyalty program pada artikel kali ini.

Pengertian Loyalty Program

Loyalty program adalah suatu program strategi bisnis untuk melakukan digital marketing yang biasanya diadakan perusahaan. Kegiatan ini dilakukan untuk menarik pelanggan agar tetap mempertahankan dan bisa setia dalam menggunakan jasa dan barang yang dihasilkan perusahan tersebut.

Prosesnya dalam menjalankan usaha yang menghasilkan produk pasti setiap perusahaan sangat memperhatikan kepuasan pelanggan untuk menggunakan jasa dan barang yang dihasilkan. Pemilik bisnis akan berpikir untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan agar bisa terus menggunakan produknya. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan loyalty program dari perusahaan untuk pelanggan setia.

Baca Juga: Program Akuntansi dan 7 Tips Memilih Program untuk Perusahaan

3 Cara Loyalty Program Dilirik Pelanggan

Reward Brand

Pelanggan yang setia dengan brand Anda tentu saja menginginkan reward yang tidak jauh dari brand. Jadi harus ada brand positioning yang dipakai dengan reward yang ingin Anda tawarkan dalam loyalty program. Salah satu contoh perusahaan yang pintar memilih rewards yang berkaitan dengan brand positioning yaitu Walgreenes.

Walgreenes menawarkan loyalty program berupa poin tambahan untuk pelanggan yang menjalani hidup sehat dengan melakukan kegiatan olahraga, memeriksa tekanan darah, hingga menghindari kebiasaan merokok karena brand positioning-nya adalah “at the corner of happy and healthy”.

Gunakan Data Untuk kepentingan Pelanggan

Untuk menjaga pertumbuhan perusahaan dengan mengandalkan kesetiaan pelanggan, Anda perlu loyalty program yang bisa diandalkan. Pada dasarnya, loyalty program adalah program yang dapat membantu brand mengenal para pelanggannya lebih baik. Bagaimana agar pelanggan tahu bahwa brand Anda mengenalnya dengan baik? Berikanlah reward yang fokus kepada kepentingan pelanggan.

Jangan Fokus Deals atau Diskon Reward

Banyak perusahaan yang hanya menawarkan deals atau diskon reward saja dalam loyalty program. Memang, deals atau diskon reward cukup menarik. Tapi, perlu Anda ingat bahwa pelanggan sudah menerima banyak diskon yang tidak kalah menarik dari pihak retailer. Oleh karena itu, untuk membuat loyalty program Anda diminati oleh pelanggan, Anda membutuhkan lebih dari sekedar deals atau diskon reward.

Contoh Loyalty Program

Ada beberapa contoh loyalty program yang efektif untuk dilakukan para pengusaha dalam menarik minat pelanggan. Berikut ini beberapa loyalty program yang efektif penting dicoba.

Loyalty Point atau Point Loyalitas

Loyalty point merupakan salah satu contoh loyalty program yang efektif untuk dilakukan. Cara penggunaannya dapat dibilang sangat sederhana. Seluruh konsumen yang melakukan kegiatan transaksi pada jumlah tertentu maka akan mendapatkan poin. Apabila poin yang dikumpulkan oleh konsumen tadi sudah mencukupi pada jumlah tertentu yang telah ditetapkan perusahaan sebelumnya, maka konsumen dapat langsung menukarkan poin tersebut dengan hadiah yang disediakan oleh perusahaan.

Hadiah yang diberikan sangat beragam mulai dari produk, layanan, atau potongan harga (diskon), bahkan sampai gratis liburan ke luar negeri. Hal itu tergantung kebijakan perusahaan dan tentunya menguntungkan.

Program Tingkatan (Tier)

Pada kegiatan membership tersebut, perusahaan akan menawarkan konsumen untuk bergabung sebagai anggota dari komunitas yang sudah didirikan oleh perusahaan. Sesudah para konsumen tertarik dan terdaftar pada program ini, maka mereka akan bergabung dan siap menjadi personil keanggotaan dari club membership yang telah didirikan tersebut.

Mereka akan merasa sangat senang karena mempunyai banyak keuntungan setelah menjadi anggota seperti tawaran potongan harga, promo speSial ditawarkan oleh perusahaan khusus kepada anggota membership saja hingga pelayanan istimewa yang tidak didapatkan orang lain.

Event Terbatas

Bentuk contoh efektif berikutnya pada strategi marketing loyalty program adalah berupa event terbatas. Nantinya, program event terbatas ini akan diberikan oleh perusahaan secara individu ataupun secara umum. Pada kategori yang diberikan untuk umum, program event terbatas dapat diberikan ketika terjadi event-event tertentu ataupun pada acara akhir tahun.

Pada saat tertentu itulah perusahaan akan memberikan keuntungan atau benefit kepada para konsumen setianya dengan mengadakan acara seperti diskon besar-besaran, gratis pelayanan tambahan, buy 1 get 1, ataupun acara lainnya yang dapat menambah ketertarikan konsumen tersebut untuk lebih setia dalam menggunakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

Program Value Brand

Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan keuntungan kepada pelanggan serta dapat memperkuat value dari brand. Contoh kegiatan yang dilakukan dari program value brand ini adalah memberikan cashback kepada pelanggan setelah membeli produk tertentu, atau pemberian voucher diskon setelah membeli produk yang terkenal dari perusahaan tersebut.

Kemitraan

Cara efektif selanjutnya dalam melakukan strategi digital marketing loyalty program adalah dalam bentuk kemitraan. Pada program dengan bentuk kemitraan ini, para konsumen akan diberikan keuntungan berupa kesempatan untuk dapat menjadi partner atau mitra kerja pada perusahaan tersebut, selain itu mereka juga akan mendapatkan keuntungan menggunakan produk perusahaan dengan harga spesial yang ditawarkan dan tentunya lebih murah.

Program kemitraan yang ditawarkan kepada konsumen yang sering dilakukan adalah berupa endorsement. Konsumen yang memiliki peran penting serta terkenal di dunia maya dan media social, dapat ikut serta dalam mempromosikan produk perusahaan. Karena konsumen telah membantu dalam mempromosikan produk, mereka berhak mendapatkan produk perusahaan secara percuma dan sejumlah hadiah yang diberikan sesuai perjanjian yang telah disepakati.

Kesimpulan

Demikian penjelasan singkat mengenai loyalty program, cara dan contohnya dalam penerapannya. Pada dasarnya, loyalty program adalah suatu langkah tepat yang bisa jadi pilihanmu untuk mempertahankan customer loyalty.

Untuk mempertahankan loyalty program bagi perusahaan Anda harus menyiapkan keuangan dalam perusahaan, salah satunya menggunakan software akuntansi yaitu MASERP.

Dengan menggunakan MASERP, perusahaan akan terbantu dalam setiap tahapan pengelolaan akuntansi. Tak hanya itu, perusahaan juga dapat terbantu dalam mengelola dan menyajikan laporan bisnis lainnya.

Penghitungan dari laporan keuangan tersebut tersebut kini sudah tak perlu dilakukan dengan cara manual. Hal ini dapat dilakukan dengan cukup mudah karena MASERP merupakan software akuntansi yang mampu mengakomodasi seluruh kegiatan akuntansi perusahaan dan dapat dicustom sesuai kebutuhan.

Berbagai macam penghitungan dan pengelolaan keuangan dapat dilakukan secara terintegrasi. Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang memberikan banyak kemudahan, langsung saja konsultasikan kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: Program ERP untuk Bisnis: Apa Saja Jenis ERP dan Manfaatnya?

New call-to-action