Strategi Lead Generation sebagai Kunci Sukses Penjualan

Berbicara mengenai strategi digital marketing perihal menarik calon konsumen melalui dunia maya atau internet itu tidak akan pernah ada habisnya, berbagai cara dan konsep tentu saja bisa Anda coba untuk mencari mana yang efektif digunakan untuk bisnis Anda, salah satunya metode lead generation, pada dasarnya lead generation adalah salah poin terpenting dalam hal strategi pemasaran digital yang sebenarnya harus dipahami oleh kamu yang berkecimpung di dunia digital.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas mengenai pengertian lead generation berikut ini!

Pengertian Lead Generation

Sebelum kita membahas mengenai lead generation, ada baiknya Anda pahami dulu tentang lead. Jadi, yang dimaksud dengan lead adalah orang yang memiliki minat atau ketertarikan pada suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh brand. Singkatnya, lead adalah orang sebagai calon konsumen dan berpotensi menjadi pelanggan.

Lead ini juga biasanya memiliki ketertarikan terhadap suatu brand yang kita miliki. Tentunya untuk bisa mendapatkan lead, Anda membutuhkan lead generation agar konsumen yang potensial ini bisa berubah menjadi pelanggan tetap.

Lead generation tujuannya adalah untuk bisa mendapatkan calon konsumen baru dan berpotensi membawa keuntungan bagi perusahaan. Produk atau jasa yang Anda miliki juga tentu saja perlu ditargetkan kepada calon pelanggan baru yang belum tahu atau mengenal produk Anda. 

Karena bila hanya berfokus pada pelanggan lama, maka bisnis Anda tidak bisa berkembang atau bisa dibilang jalan ditempat. Maka dari itu perlu dilakukan eksplorasi yang lebih variatif untuk mengembangkan bisnis salah satunya adalah mencoba lead generation.

Baca Juga: 5 Strategi Pengembangan Bisnis Agar Produk Anda Dilirik Pasar

Jenis-Jenis Lead

Marketing Qualified Lead (MQL)

Jenis marketing qualified lead ini adalah mereka yang sudah terlebih dahulu melakukan interaksi dengan materi promosi yang sebelumnya brand Anda sudah pernah lakukan. Biasanya mereka sudah mengakses landing page dalam situs website. 

Jenis lead ini adalah sekelompok orang yang sudah kenal dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan, namun sayangnya belum siap untuk melakukan pembelian atau transaksi. Akan tetapi sebenarnya jika dibandingkan dengan jenis lead lainnya, MQL ini yang paling siap untuk bisa diprospek menjadi pelanggan.

Sales Qualified Lead (SQL)

Sales qualified lead adalah mereka yang sudah jelas tertarik untuk menjadi pelanggan dan mau membelanjakan uangnya untuk produk atau jasa yang ditawarkan.

Product Qualified Lead (PQL)

Jenis lead yang ketiga ini adalah mereka yang mencoba produk Anda secara gratis dan tertarik untuk membayar atau menggunakan layanan yang premium.

Service Qualified Lead

Service qualified lead ini juga sama halnya dengan product qualified lead dimana calon pelanggan sudah mencoba versi layanan gratisnya atau yang disebut free trial. Lalu setelah itu, mereka pun tertarik untuk berlangganan ke akun yang premium karena ingin menikmati fitur-fitur yang lebih lengkap.

Seberapa Penting Lead Generation?

Tanpa adanya lead generation maka penjualan bisnis Anda akan sulit untuk berkembang. Semua bisnis membutuhkan strategi lead generation untuk bisa terus mendapatkan konsumen dan memastikan produk atau jasanya bisa terjual. Jadi, lead generation ini memastikan jika strategi marketing Anda seperti SEO, iklan di media sosial, kerja sama dengan influencer atau KOL, dan yang lainnya tidak sia-sia.

Berbagai traffic yang datang dari strategi-strategi marketing tersebut harus diusahakan sebaik dan seefektif mungkin agar bisa sukses dikonversi menjadi konsumen.

Jenis-Jenis Lead Generation

Setelah kita menyelami lebih jauh tentang lead generation, selanjutnya kita akan bahas mengenai jenis-jenis apa saja yang bisa diterapkan dari lead generation. Yuk, lihat!

Telepon

Metode yang satu ini bisa dibilang cukup menguras tenaga dan memiliki tantangan karena harus mengumpulkan data calon konsumen lalu memberikan penawaran terbaik kepada mereka. Seringkali saat menelepon pada saat memberikan informasi terkait produk terjadi pemutusan telepon.

Solusinya adalah Anda bisa membuat janji terlebih dahulu agar konsumen pun tidak merasa terganggu dan memiliki waktu yang senggang untuk mendengar penjelasan Anda.

Pameran Produk

Jenis lead yang satu ini bisa dibilang cukup memberikan peluang yang baik untuk bisa menggaet calon konsumen. Dengan ikut pameran produk, maka potensi produk Anda dilihat banyak orang lebih banyak. Namun resikonya adalah penyewaan tempat yang tentunya tidak sedikit biayanya.

Akan tetapi pengeluaran biaya itu akan terbayarkan dengan manfaat yang Anda dapatkan setelahnya seperti memperluas networking, keuntungan penjualan, bahkan bisa juga Anda mendapatkan reseller.

Melalui Online

Dengan perkembangan internet yang begitu pesat, tidak dapat dipungkiri jika internet marketing services seperti blog, website, media sosial atau promosi iklan online ini sangat diminati. Bahkan ada juga beberapa perusahaan yang kerjasama dengan digital agency agar promosi yang dijalankan bisa sesuai rencana dan tercapai targetnya.

Mendatangkan lead dari penerapan strategi secara digital marketing ini memang hal yang bagus dan bisa menjadi investasi jangka panjang untuk kemajuan bisnis Anda. Dikarenakan jangkauannya luas dan tidak terbatas dengan wilayah atau tempat. Selain itu, Anda juga tentunya bisa lebih hemat untuk biaya promosi, waktu, dan tenaga.

Media Cetak

Di era serba digital ini, promosi melalui media cetak ini sebenarnya masih bisa digunakan. Anda bisa memulai kerjasama dengan media cetak mana saja dan ini bisa menjadi trik pemasaran yang cukup bagus. Misalnya, Anda coba promosi ke koran daerah yang masih banyak dibaca oleh masyarakat dan biasanya juga menyediakan konten iklannya ke berbagai bentuk.

Di sini Anda bisa coba memasukkan kupon voucher diskon bagi para pembaca setia koran tersebut akan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan dan mencoba untuk membelinya. 

Proses Lead Generation

Dapatkan Lead

Ini bisa diawali dengan membuat konten-konten yang menarik agar bisa mengundang calon pelanggan. Pastikan konten yang dibuat sesuai dengan audiens yang Anda mau. Maksimalkan juga penggunaan media sosial agar bisa mendatangkan lead ke situs Anda

Bangun Hubungan dengan Lead

Langkah selanjutnya setelah mendapatkan lead adalah membangun hubungan dengan mereka. Hal ini penting agar lead yang sudah didapat bisa mendorong mereka untuk bertransaksi.

Nilai lead

Membuat penilaian pada lead dalam proses lead generation bertujuan untuk bisa paham dan mana yang lebih prioritas dibandingkan yang lain. Lead yang sering melakukan interaksi dengan bisnis Anda maka itulah yang perlu didorong lebih untuk menjadi pelanggan.

Menyampaikan lead ke bagian sales

Tugas dari tim marketing adalah mendapatkan lead serta membuat lead bertahan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Proses selanjutnya diberikan ke tim sales untuk bisa fokus menggerakkan lead agar bisa terkonversi menjadi pelanggan.

Evaluasi Proses dari Lead Generation

Evaluasi merupakan proses penting untuk bisa melihat apakah strategi lead generation ini berhasil atau tidak. Dari sini bisa dipelajari dan dikembangkan agar lead generation bisa lebih efektif dan membawa keuntungan untuk perusahaan.

Kesimpulan

Bisa disimpulkan jika lead generation adalah rangkaian proses yang dilakukan agar lead bisa terkonversi menjadi konsumen atau pelanggan. Hal ini tentu saja wajib diketahui untuk Anda para pebisnis agar kegiatan marketing bisa mencapai target penjualan. Dengan begitu perusahaan pun bisa lebih maju dan berkembang.

Untuk bisa mencapai kesuksesan tersebut perlu juga didukung agar perusahaan bisa melakukan pembukuan atau pencatatan laporan keuangan yang tepat dan akurat. Hal ini tentu saja akan menguras banyak waktu jika dilakukan secara manual. Selain itu, kemungkinan juga ada resiko human error.

Maka dari itu, gunakan software akuntansi dari MASERP agar bisa lebih mudah membuat laporan keuangan. Selain itu, MASERP merupakan software akuntansi yang juga mampu membantu Anda mengelola seluruh kegiatan akuntansi seperti membuat laporan neraca, laporan arus kas, laporan laba rugi, dan masih lagi yang lainnya. Dengan begitu Anda bisa melakukan anggaran keuangan yang baik.

Software ini dilengkapi dengan banyak fitur dan juga sudah terintegrasi dengan banyak fungsi bisnis lainnya seperti keuangan, manufaktur, dan juga masih banyak lagi yang lainnya.

Software akuntansi MASERP bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk segala kebutuhan akuntansi usaha Anda. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: Cross Selling Adalah Salah Satu Strategi Marketing yang Efektif

New call-to-action