HFIS BPJS Kesehatan: Fungsi, Manfaat dan Cara Menggunakannya

Apakah Anda pernah mendengar istilah HFIS? Health Facilities Information System atau HFIS BPJS Kesehatan adalah aplikasi dalam bentuk situs yang berguna untuk memantau fasilitas kesehatan yang tersedia bagi pengguna BPJS Kesehatan.

Melalui HFIS BPJS Kesehatan, pasien bisa mencari kamar rawat inap yang terdaftar di BPJS Kesehatan. Seperti diketahui pada ketersediaan kamar di rumah sakit jadi salah satu yang dikeluhkan banyak pengguna BPJS.

Tidak hanya untuk pengguna BPJS, HFIS ini juga berguna untuk pengelola fasilitas kesehatan. Misalnya jadi lebih mudah melaporkan ketersediaan kamar bagi pasien BPJS, termasuk juga petugas kesehatan bisa dengan mudah memberikan rujukan untuk pasien ke rumah sakit untuk pelayanan lebih lanjut. Penasaran kan? Untuk lengkapnya mari kita simak penjelasan berikut ini:

Apa Itu HFIS BPJS Kesehatan?

HFIS adalah singkatan dari Health Facilities Information System. Ini merupakan aplikasi berbasis website untuk calon faskes dan faskes dengan tujuan monitoring dan pelaporan data profiling fasilitas kesehatan (faskes).

Adapun data faskes yang ada dalam aplikasi meliputi data alamat praktik, penanggung jawab, jumlah dokter dan tenaga kesehatan lain, jam praktik, teknologi kedokteran, dan informasi lainnya.

Pasti fasilitas HFIS terdengar asing, ya? Itu wajar. Pasalnya, aplikasi ini memang ditujukan untuk faskes yang menjadi mitra BPJS. Aplikasi ini dapat mempermudah proses kerja sama dengan BPJS dan setiap perkembangan pada faskes akan dilaporkan.

Oleh karena itu, faskes dapat memastikan rumah sakit mana yang memiliki fasilitas dan kapasitas yang memadai dalam menentukan rumah sakit rujukan. Dengan begitu, petugas dapat dengan mudah mencarikan faskes tingkat lanjut (FKRTL) terdekat yang tidak terlalu banyak antri dan sesuai dengan kebutuhan pasien.

Dengan adanya HFIS, pasien dapat mengetahui transparansi ketersediaan kamar. Hal ini sangat memudahkan. Pasalnya, ketersediaan kamar rawat inap merupakan salah satu keluhan yang paling banyak dilontarkan oleh pengguna BPJS.

Baca Juga: Jangan Salah Lagi! Ini Perbedaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

Fungsi HFIS BPJS Kesehatan

Bagi Faskes

Bagi faskes, HFIS dapat mempercepat dan mempermudah proses kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Melalui aplikasi ini, mitra BPJS juga bisa mengajukan perpanjangan kerja sama sambil memonitor dan melaporkan perkembangan yang terjadi di faskes tersebut. Salah satunya mencakup perihal ketersediaan kamar bagi pasien BPJS.

Bagi Peserta

Sementara untuk pasien yang berstatus anggota aktif BPJS Kesehatan, HFIS yang terhubung dengan layanan Aplicares. Layanan tersebut bisa memberikan transparansi ketersediaan kamar untuk peserta BPJS. Tidak mempungkiri, ketersediaan kamar rawat inap tersebut merupakan salah satu keluhan yang paling banyak dilontarkan oleh pengguna BPJS.

Manfaat HFIS BPJS Kesehatan

Selain mempermudah proses kerja sama dengan BPJS Kesehatan, HFIS BPJS juga mempunyai manfaat lain yaitu:

  1. Adanya koordinasi pada pihak asuransi serta penyedia faskes lain melalui layanan aplikasi ini dari segi fasilitas kesehatan. 
  2. Membantu mengajukan perpanjangan kerja sama serta melaporkan kondisi faskes atau pasien untuk lebih mudah dirujuk ke FRTL (Faskes Rujukan Tingkat Lanjut) atau FRTP (Faskes Rujukan Tingkat Pertama).
  3. Fitur tambahan yang dapat menyaring segala pencarian serta menampilkan faskes terdekat dari lokasi pasien hanya dengan menggunakan GPS, nantinya akan sangat membantu dan akan lebih memangkas waktu untuk mencari lokasi rumah sakit yang ada layanan BPJS tersebut.

Cara Menggunakan HFIS BPJS Kesehatan

Untuk menggunakan ini, faskes harus mengikuti beberapa langkah penggunaannya. Berikut cara-cara yang harus dilalui.

  1. Mengajukan pendaftaran sebagai salah satu mitra BPJS Kesehatan atau Fasilitas Kesehatan Kerjasama yang dapat dilakukan dengan mengirimkan surat permohonan ke kantor BPJS Kesehatan sesuai domisili cabang maupun pusat, yang bisa diantar langsung, melalui POS, ataupun surat elektronik.
  2. Akses aplikasi HFIS setelah melakukan pendaftaran maka kemudian faskes akan menerima email aktivasi, username dan password.
  3. Pengisian profil serta self-assesment pada aplikasi HFIS yang juga dapat memonitor workflow data faskes, yang merupakan bagian dari proses uji kelayakan yang dilakukan pihak BPJS Kesehatan terhadap calon faskes. Calon faskes tetap bisa memantau prosesnya lewat HFIS selama status kemitraannya belum disetujui oleh BPJS Kesehatan.
  4. Setelah calon faskes dianggap memenuhi syarat, maka selanjutnya akan mendapat hak akses baru untuk Aplikasi HFIS sebagai Fasilitas Kesehatan kerjasama, dan melalui persetujuan Kepala Bidang BPJS Kesehatan Kantor Cabang untuk dapat melihat data profil dan mengajukan perubahan data faskes.

Kelebihan dan Kekurangan HFIS BPJS Kesehatan

Kelebihan

Dengan HFIS, faskes akan memperoleh transparansi dalam proses pengajuan perubahan data. Bila pengajuan data berstatus ‘Tidak Setuju’, faskes tetap bisa mengakses detail pengajuan untuk mengetahui keterangan penolakan tersebut.

Kekurangan

Meski sudah berbasis digital, penggunaan HFIS ini masih memerlukan proses manual dengan mengirimkan berkas pemberitahuan secara tertulis ke kantor cabang. Hal tersebut terutama diperuntukkan bagi perubahan data dokumen dan tenaga medis bagi FKTP, serta perubahan data sarana dan tenaga medis bagi FKRTL.

Kesimpulan

BPJS ini mendjadi adalah program jaminan sosial yang ditawarkan oleh pemerintah untuk masyarakat Indonesia salah satunya BPJS Kesehatan. Dengan menjadi peserta BPJS, Anda bisa memiliki proteksi seumur hidup dan tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya saat sakit.

Dengan adanya aplikasi HFIS berbasis website untuk calon faskes dan faskes dengan tujuan monitoring dan pelaporan data profiling fasilitas kesehatan (faskes). Untuk data faskes yang ada dalam aplikasi meliputi data alamat praktik, penanggung jawab, jumlah dokter dan tenaga kesehatan lain, jam praktik, teknologi kedokteran, dan informasi lainnya.

Aplikasi ini dapat mempermudah proses kerja sama dengan BPJS dan setiap perkembangan pada faskes akan dilaporkan.

Sama seperti pendaftaran BPJS, pencatatan keuangan suatu perusahaan juga sudah bisa dilakukan dan dipantau secara online. Ya, dengan menggunakan MASERP, perusahaan akan mendapatkan banyak kemudahan dalam melakukan pencatatan keuangan dan transaksinya.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP dan segala fiturnya, langsung hubungi konsultan kami. Gratis!

Baca Juga: Jaminan Pensiun: Cara Daftar dan Besaran Uang yang Diperoleh

New call-to-action