10 Rekomendasi ERP Software untuk Bantu Bisnis Berkembang!

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa ERP sudah menjadi bagian penting dan sangat membantu bagi para pengusaha dan pebisnis untuk suatu perusahaan, di mana ERP Software digunakan untuk mengelola gaji karyawan, penjualan, pemasaran, akuntansi, pengadaan barang dan lain-lain.

Di era digital seperti saat ini, sistem otomatisasi sangatlah penting. Banyak hal yang berkaitan dengan bisnis harus dilakukan dengan lebih cepat dan lebih akurat dalam waktu yang bersamaan.

Karena itu semakin banyak vendor yang bersaing untuk membuat software yang terbaik. Di Indonesia sendiri banyak vendor ERP baru bermunculan setiap tahunnya.

Software ERP memiliki banyak bentuk dan ukuran sesuai kebutuhan bisnis perusahaan. Maka dari itu, ada lebih baiknya kita mengenal terlebih dahulu 10 software ERP yang dapat menjadi rekomendasi bagi perusahaan Anda.

MASERP by MAS Software

Jika membahas software ERP, tentu list ini tidak akan lengkap jika tidak membahas MASERP. MAS Software sendiri sudah berdiri sejak tahun 1984, jadi jika Anda berkerja di perusahaan yang sudah berpuluhan tahun, perusahaan Anda mungkin sudah tahu tentang MAS Software.

MAS Software adalah perusahaan lokal yang mengembangkan software ERP di Indonesia dengan accounting sebagai corenya. MASERP juga sudah digunakan oleh ribuan perusahaan di Indonesia, baik skala nasional maupun internasional, seperti Bitdefender, Schneider Electric, Opple Lighting dan lainnya.

Beberapa fitur MAS Software sudah dikembangkan dengan lengkap seperti:

  • Inventory Management (Multi Warehouse)
  • Account Receivable
  • Account Payable
  • General Ledger / Accounting (Multi Cabang/Cost Center)
  • Fixed Asset (Aktiva Tetap)
  • Cash Ledger (Multi Currency)
  • Manufacturing
  • Purchase Order, Purchase Request, RFQ, RFQ Comparison
  • Purchasing
  • Sales Order/Quotation
  • Sales Invoicing
  • User Management & Security
  • Project Costing & Billing
  • Multi Company

Software ERP MASERP juga dapat dipasang di server Anda secara offline/hybrid online, jadi bagi Anda yang khawatir dengan keamanan database Anda dengan server sendiri. Tentunya, salah satu keunggulan MASERP adalah kemampuannya untuk di-customize dan integrasi.

Software ERP yang bisa membantu perusahaan adalah software yang bisa di-customize dan integrasi, karena target pasaran software ERP adalah perusahaan skala menengah ke atas. Dengan begitu investasi software ERP Anda bisa dipakai bertahun-tahun.

ERP Software
MASERP by MAS Software

Keunggulan MASERP yang kedua adalah sistem support after salesnya yang terbaik di kelasnya. Anda akan mendapatkan dedicated support (jadi orangnya tidak berganti-ganti dan sudah mengerti kebutuhan perusahaan Anda), dan Anda juga mendapatkan 6 hari implementasi full di kantor Anda jika kurang MASERP tetap bisa ditambah sesuai kebutuhannya.

Dengan harga ERP Software juga relatif terjangkau yaitu start 83 juta, ini untuk 1 kali bayar saja loh, Anda sudah mendapatkan software dengan fitur yang lengkap dan dibutuhkan semua perusahaan menengah di Indonesia.

SAP

SAP adalah akronim dari System Application and Product in Data Processing, memiliki sekumpulan modul yang saling terintegrasi dan berfungsi sebagai alat otomasi manajemen, perencanaan, pengawasan, hingga produksi dalam sebuah perusahaan. Software ini mampu mengotomatisasi seluruh tugas monitoring dan menyajikan data secara real time, sehingga dapat mengambil keputusan-keputusan bisnis dapat secara cepat dan tepat sesuai dengan target.

Tampilan Software ERP SAP
SAP

NetSuite ERP

Software ERP yang dapat diandalkan dan paling banyak digunakan adalah NetSuite ERP. Mengapa software ERP ini banyak digunakan? NetSuite ERP memiliki banyak fitur yang di mana perusahaan dapat melakukan penyesuaian kebutuhan bisnisnya. Sehingga, NetSuite ERP menjadi software yang banyak digunakan bagi semua kalangan bisnis. NetSuite ERP memiliki keunggulan dalam pencatatan keuangan termasuk dalam mengaudit pengeluaran.

Odoo ERP

Odoo ERP terintegrasi dengan web builder, toko online, POS, CRM dan aplikasi penjualan. Software ERP ini membantu bisnis yang sedang berkembang karena menghadirkan platform dengan 1000 modul yang dapat dipilih.

Odoo Dashboard

Ecount ERP

Ecount ERP menghadirkan modul akuntansi yang dilengkapi fitur akuntansi seperti piutang/hutang, akuntansi biaya, dan manajemen arus kas. Software ERP ini membuat perusahaan menjalankan bisnisnya secara efisien dan akurat dalam pencatatan keuangan.

Epicor ERP

Epicor Software Corporation adalah perusahaan software global yang berbasis di Texas. Perusahaan ini merupakan solusi otomatis yang tepat bagi usaha berskala menengah dan skala besar yang terlibat dalam manufaktur, distribusi, ritel dan jasa. Epicor ERP memanfaatkan teknologi baru seperti analisis bisnis, big data, mobilitas, dan IOT (Internet Of Thing) untuk dukungan manufaktur dan bisnis yang fleksibel dan cerdas kepada penggunanya. Beberapa modul yang di sediakan oleh Epicor adalah manajemen hubungan pelanggan (CRM), manajemen rantai pasokan (SCM), dan manajemen modal manusia (HCM).

Tampilan Epicor ERP
Tampilan Epicor

Sage Inttact

Software ERP berbasis cloud dari Sage Intacct mengotomatisasi proses akuntansi, sehingga user dapat meningkatkan visibilitas dan mendorong perkembangan bisnis. Karena berbasis cloud, Sage Intacct dapat terkonfigurasikan dengan mudah untuk kebutuhan bisnis dan format pelaporan, tanpa kustomisasi program. Juga memiliki fitur finansial inti seperti Buku Besar multidimensi hingga modul opsional seperti pengakuan pendapatan, pajak penjualan, dan penagihan langganan.

Brightpearl

Software ini terintegrasi dengan platform toko online seperti Amazon, Bay, BigCommerce, Magento, dan Shopify. Brightpearl membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya dan mengatur alur kerja back office. Sistem ERP ini memperbarui data penjualan secara real time sehingga ketika stok kurang atau lebih, perusahaan dapat mencegah secara langsung.

SystemEver

Di kembangkan oleh perusahaan ERP terkemuka dari Korea Selatan yang telah melayani pelanggan yang tersebar di Korea, Jepang, Cina, Vietnam, dan Indonesia. SystemEver menawarkan sistem berbasis Cloud yang mudah di gunakan dan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan untuk mencapai proses kerja yang lebih efektif. SystemEver menyediakan keseluruhan proses pengelolaan perusahaan mulai dari sistem akuntansi, laporan keuangan, inventory hingga manajemen pabrik yang terintegrasi secara real time.

EQUIP

Software ERP EQUIP menawarkan solusi yang lengkap untuk model bisnis dan industri yang bervariasi mulai dari utama seperti sistem akuntansi dan sistem manajemen HR, ke spesialisasi industri seperti industri makanan dan minuman, pendidikan hingga teknik. Ada lisensi yang tidak terbatas per entitas membuat biaya lisensi EQUIP jauh lebih murah. Biaya implementasi dan perawatan lebih rendah dan membuat datangnya Return of Investment atau ROI lebih cepat.

Kesimpulan

Itulah 10 ERP software yang dapat menjadi rekomendasi untuk Anda menjalankan bisnis. Software ERP tersebut akan Anda dapatkan dengan menghubungi perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut. 

Semua software ERP yang telah dibahasa di atas tersedia di Indonesia dan digunakan di banyak perusahaan skala menengah. Semuanya tergantung kebutuhan.

Tentunya, salah satu kekhawatiran para pengusaha adalah support yang diberikan apabila produk tersebut bukan perusahaan lokal. Biasanya support perusahaan luar cenderung lebih mahal dan perlu waktu menunggu untuk memanggil support ke perusahaan Anda.

Tentu ini tidak menjadi masalah apabila Anda sudah planning terlebih dahulu support yang dibutuhkan, seperti menjadwalkan visit rutin bulanan dan sebagainya.

Apabila Anda ingin berbicara dengan vendor software ERP Indonesia dan lokal, Anda dapat menghubungi MAS Software dengan klik gambar di bawah ini!

Baca Juga: Kenali 5 Software ERP Indonesia Terbaik (Dengan Harga)

New call-to-action