5 Jenis CSR (Corporate Social Responsibility) dan Contohnya!

Mengelola suatu perusahaan pastinya akan melibatkan berbagai stakeholder, diantaranya adalah pemegang saham, karyawan, konsumen, pemerintah, hingga masyarakat umum. Setiap kegiatan operasional yang dilakukan harus dipertanggungjawabkan kepada setiap stakeholder tersebut. Corporate Social Responsibility atau CSR adalah salah satu bentuk pertanggungjawaban yang wajib dilakukan oleh pihak perusahaan kepada pihak sekitarnya melalui program yang bermanfaat.

Apakah Anda pernah mendengaR istilah CSR ini? Jika belum dan ingin mengerti lebih dalam apa itu CSR, yuk simak penjelasan berikut ini!

Pengertian CSR

CSR adalah salah satu bentuk tanggung jawab sosial dari pengelola perusahaan untuk para stakeholder dan pihak lain yang berkepentingan. Pihak yang dimaksud adalah pemegang saham, karyawan, konsumen, pemerintah, dan masyarakat. Tanggung jawab dalam bentuk CSR ini dilakukan oleh perusahaan meliputi kegiatan operasional di berbagai bidang seperti ekonomi, sosial, hingga lingkungan.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, CSR dapat diartikan sebagai tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan sekitar di mana perusahaan itu berada.

Singkatnya, CSR dapat diartikan sebagai pertanggungjawaban sosial perusahaan yang bertujuan untuk memberikan manfaat kepada pihak sekitar dalam bentuk program-program yang bermanfaat.

Baca Juga: Manajemen Operasional: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Strateginya

Tujuan CSR

Dalam menjalankan program CSR, perusahaan tentunya memiliki beberapa tujuan, antara lain:

Citra dan Nama Baik Perusahaan

Melaksanakan program CSR bertujuan untuk menjaga nama baik perusahaan. Biasanya, program CSR yang dilakukan perusahaan akan menampilkan bahwa perusahaan merupakan pihak yang bertanggunjawab.

Selain itu, dengan melaksanakan program CSR, perusahaan juga dapat meningkatkan citra positif di lingkungan dan dari para stakeholder sehingga sangat berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan ke depannya.

Memelihara Hubungan dengan Stakeholder

Perusahaan akan mengupayakan program CSR sebagai usaha dalam menjaga hubungan dengan para stakeholder. Dengan program CSR, akan tercipta hubungan yang harmonis dengan lingkungan sekitar perusahaan serta memberikan manfaat bagi masyarakat dalam hal pengembangan dan pemberdayaan.

Menyelesaikan Masalah di Lingkungan Sekitar

Berdirinya suatu perusahaan sudah pasti melibatkan banyak pihak di lingkungan sekitar. Salah satu tujuan dari CSR adalah membantu menyelesaikan masalah sekitar. Masalah yang dihadapi bisa datang dari berbagai aspek misalnya lingkungan, sosial, dan ekonomi. Hadirnya program CSR perusahaan adalah sebagai upaya dalam membantu menyelesaikan masalah yang ada.

Baca Juga: ISO 14001 Pada Sistem Manajemen Lingkungan Perusahaan

Manfaat CSR

Program CSR bukan dilakukan semata hanya untuk tujuan tertentu. Namun, setiap stakeholder yang berkaitan dengan perusahaan akan merasakan manfaat dari program CSR perusahaan, yaitu:

Bagi Perusahaan

  • Membuka kesempatan kerja sama dengan pihak lain.
  • Sebagai media promosi bagi perusahaan.
  • Menciptakan inovasi baru dalam bentuk program.

Baca Juga: Strategi Pemasaran 4P: Product, Price, Promotion dan Place

Bagi Masyarakat

  • Meningkatkan kesejahteraan di berbagai aspek.
  • Lingkungan sekitar menjadi lebih diperhatikan dan terjaga.
  • Merasakan langsung keuntungan dari program pemberdayaan dan pengembangan yang diberikan perusahaan.

Bagi Pihak Lain

  • Untuk pemegang saham, perusahaan akan mendapat citra positif sehingga dapat menambah kemungkinan datangnya investor.
  • Bagi konsumen, menaikkan kepercayaan terhadap perusahaan
  • Bagi pemerintah, membantu pelaksanaan pembangunan lewat program-program di berbagai bidang seperti ekonomi, sosial, dan lingkungan

Jenis Kegiatan CSR

Dalam pelaksanaanya, jenis kegiatan CSR dapat dibagi menjadi 5 jenis, yaitu:

Cause Promotions

Jenis ini dapat diarikan sebagai upaya perusahaan dalam meningkatkan kesadaran terhadap suatu masalah. Tujuan lain dari CSR ini adalah sebagai media promosi bagi suatu perusahaan. Dalam melakukan CSR jenis Cause Promotion, perusahaan menggelontorkan sejumlah dana dan sumber daya untuk mendukung aktivitas sosial seperti donasi dan kegiatan community service.

Perusahaan yang menjalankan CSR jenis ini bertujuan untuk berkomitmen memberikan sejumlah keuntungan berdasarkan hasil penjualan suatu produk demi mendukung kegiatan sosial. Nantinya, dana yang disumbangkan akan diberikan kepada pihak terkait.

Corporate Societal Marketing

Corporate Societal Marketing adalah CSR yang dilakukan perusahaan dalam bentuk kampanye. Biasanya kampanye yang digalakkan oleh perusahaan meliputi kampanye kesehatan, lingkungan, hingga isu-isu lainnya. Tujuan dari CSR jenis ini tak lain adalah untuk membantu mendukung perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik.

Corporate Philanthropy

CSR jenis ini dilakukan suatu perusahaan dalam bentuk kontribusi langsung dalam bentuk dana. Program-program charity, sumbangan, dan pemberian dalam bentuk apapun adalah bentuk dari CSR jenis satu ini.

Community Volunteering

Untuk CSR jenis Volunteering ini diartikan sebagai bentuk perusahaan memberikan pelayanan secara cuma-cuma kepada lingkungan. Biasanya perusahaan akan melibatkan para karyawan untuk menyisihkan waktu secara sukarela dalam kegiatan yang mendukung keberlangsungan lingkungan sekitar.

Contoh Kegiatan CSR

  • Bidang ekonomi: pengembangan UMKM, pengembangan Koperasi Simpan Pinjam dan Usaha dan pemberian modal usaha.
  • Bidang kesehatan: program donor darah, vaksinasi Covid-19 gratis dan pengobatan gratis.
  • Bidang lingkungan: program pengelolaan limbah, penanaman 1000 pohon dan pembangunan lahan.
  • Bidang pendidikan: pemberian beasiswa, pelatihan keterampilan dan seminar di bidang pendidikan.
  • Bidang infrastruktur: pembangunan rumah ibadah, fasilitas umum dan perbaikan jalan.
  • Bidang budaya: pelaksanaan pagelaran seni, pemberdayaan dan pengembangan seniman dan pelestarian karya seni.

Kesimpulan

CSR adalah salah satu bentuk tanggung jawab sosial dari pengelola perusahaan untuk para stakeholder dan pihak lain yang berkepentingan, yaitu pemegang saham, karyawan, konsumen, pemerintah, dan masyarakat. Program CSR dapat dilakukan oleh perusahaan dengan melaksanakan kegiatan operasional di berbagai bidang seperti ekonomi, sosial, hingga lingkungan.

Dalam menjalankan program CSR, perusahaan tentunya memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah untuk meningkatkan citra perusahaan, memelihara hubungan dengan stakeholder, dan menyelesaikan masalah di lingkungan sekitar.

Contoh kegiatan CSR yang biasa dilakukan oleh perusahaan antara lain adalah pengembangan UMKM di bidang ekonomi, vaksinasi Covid-19 gratis di bidang kesehatan, program penanaman 1000 pohon di bidang lingkungan, pemberian beasiswa di bidang pendidikan, dan pembangunan jalan di bidang infrastruktur

Dalam menjalankan kegiatan CSR, perusahaan tetap perlu melaporkan bagaimana pengelolaan dana dilakukan saat melakukan program CSR tersebut. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada para stakeholder dan transparansi keberlangsungan dari program CSR.

Pengelolaan dana dapat dilakukan secara terintegrasi dengan memanfaatkan teknologi software akuntansi. Salah satunya adalah MASERP. Software akuntansi ini dapat dicustom sesuai dengan kebutuhan bisnis flow perusahaan Anda.

Selain sudah terpercaya sejak lama, MASERP juga mampu mengakomodasi seluruh kegiatan akuntansi perusahaan. Dengan menggunakan MASERP, perusahaan akan lebih terbantu dalam hal akuntansi dari pengelolaan keuangan kegiatan program CSR.

Selain itu, MASERP juga dapat memudahkan perusahaan dalam membuat laporan keuangan dan kegiatan akuntansi lainnya dimana saja dan kapan saja lewat perangkat PC, mobile, dan gadget lainnya melalui sistem yang bekerja secara online.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang memberikan banyak kemudahan, langsung saja konsultasikan kepada konsultan ahli kami. Gratis!