4 Keuntungan Crowdfunding dalam Strategi Bisnis

Saat sudah berkecimpung di dunia bisnis dan asik mengikutinya, tentu saja ide-ide kreatif dan inovatif itu muncul. Bahkan, ingin sesegera mungkin untuk bisa direalisasikan. Namun terkadang itu seringkali terhalang dengan modal usaha yang terbatas. Sehingga ide-ide tersebut belum bisa langsung dieksekusi.

Karenanya modal usaha itu ibarat tombak utama dalam bisnis, tanpa modal yang tidak cukup maka bisnis pun rasanya akan sulit untuk berkembang. Salah satu yang bisa menjadi solusi adalah dengan mengajukan pinjaman modal usaha.

Eits, tetapi Anda perlu memperhatikan banyak faktor sebelum akhirnya mengajukan pinjaman. Mulai dari bunga, dan faktor-faktor apa saja yang nantinya itu bisa menghambat laju bisnis di kemudian hari.

Lalu dikenal juga istilah crowdfunding dalam dunia bisnis, yang merupakan salah satu bentuk pendanaan sebuah usaha yang asalnya dari beberapa pemilik modal.

Para pemilik modal akan mengumpulkan dana yang akan diberikan kepada pelaku bisnis guna menunjang kelancaran dan proses perkembangan bisnisnya.

Pengertian Crowdfunding

Crowdfunding adalah sebuah bentuk pendanaan yang diberikan kepada pelaku-pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnis dan sumber pendanaan tersebut terkumpul dari beberapa pemilik modal.

Sebenarnya crowdfunding ini cukup baru dalam dunia ekonomi bisnis. Biasanya juga bentuk crowdfunding ini dengan memanfaatkan platform media sosial crowdfunding. 

Crowdfunding ini sendiri biasanya memiliki batas waktu yang ditentukan, contohnya bisa dalam hitungan minggu atau bulan dan terus berusaha untuk memenuhi target yang telah ditentukan.

Ini bisa dibilang sebagai alat untuk bisa menjangkau dan disebut juga sebagai crowdsourcing dan sekarang ini para pelaku UKM pemula mulai banyak yang menggunakannya.

Secara garis besar crowdfunding ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan peluang yang lebih baik untuk menarik investor yang mungkin tertarik untuk mengembangkan bisnis Anda.

Manfaat Crowdfunding

Untuk pelaku-pelaku usaha yang masih kecil, crowdfunding ini tentu saja akan sangat membantu. Nah, berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat dari crowdfunding. Yuk, disimak!

Jangkauan Luas

Metode crowdfunding ini akan memudahkan Anda untuk memperluas jangkauan yang lebih luas kepada para investor. Nantinya investor yang memang tertarik dengan konsep bisnis dan penggalangan dana yang sedang berlangsung bisa dengan mudah terkoneksi.

Kesempatan Melakukan Presentasi

Crowdfunding ini akan membuka kesempatan yang lebar untuk Anda bisa melakukan presentasi dengan menonjolkan bisnis yang sedang dikembangkan.

Poin-poin lainnya seperti history perusahaan, nilai perusahaan, daya tarik, penawaran, target pasar dan lain-lainnya bisa juga Anda tonjolkan dalam campaign ini.

Pengaruh Baik untuk Pemasaran

Kampanye dari penggalangan dana ini berlangsung, Anda juga bisa sekaligus mengarahkan calon investor untuk berkunjung pada situs resmi perusahaan Anda. Ini bisa jadi strategi pemasaran yang cukup baik.

Validasi Konsep

Dengan melakukan penjelasan konsep bisnis yang Anda tawarkan, maka peluang untuk mendapatkan banyak insight dan bisa dijadikan untuk memperbaiki konsep penawaran bisnis Anda.

Saat ada calon investor yang mulai tertarik untuk mendanai, maka Anda pun bisa langsung melakukan pendekatan yang jelas. Hal ini dilakukan agar mereka bisa lebih tertarik untuk akhirnya bisa membantu bisnis Anda.

Jenis Crowdfunding

Donasi

Jenis crowdfunding ini biasanya bentuknya adalah bantuan kemanusiaan seperti bencana alam, amal, nirlaba, serta beasiswa.

Dalam hal ini investor tidak akan bisa mengharapkan keuntungan dari dana yang sudah diberikan atau pun pengembalian.

Ekuitas

Crowdfunding yang satu ini, investor memiliki hak penuh atas kepemilikan perusahaan, hak saham ekuitas, serta pembagian keuntungan.

Hadiah

Jenis crowdfunding ini melibatkan investor namun dalam bentuk hadiah. Jadi para investor nantinya tidak bisa mengharapkan keuntungan atas bisnis yang sudah didanai.

Baca Juga : Investasi: Pengertian, Jenis, Bentuk, Cara, Tujuan dan Contohnya

Sistem Kerja Crowdfunding

Membuat Proposal Bisnis Semenarik Mungkin

Anda perlu menyiapkan proposal yang informatif, menarik, dan juga interaktif. Selain itu, proposal juga harus berisi mengenai detail informasi mengenai prospek bisnis kedepannya. Sajikan informasi tersebut dengan rinci, detail, dan lengkap atau bisa juga kamu buat dalam versi tulisan, video, atau gambar.

Daftar ke Situs Crowdfunding

Setelah proposal selesai dibuat, maka langsung daftarkan ke salah satu situs crowdfunding yang ada di Indonesia. Pilihlah yang terpercaya karena disanalah biasanya para pemilik modal itu berkumpul untuk mencari konsep bisnis mana yang menarik untuk mereka

Memantau Proses Perkembangan Proposal Usaha

Selesai menemukan situs crowdfunding yang cocok, langkah selanjutnya tentu saja submit proposal yang telah dibuat. Selain itu jangan lupa untuk terus memantau perkembangan proposal yang sudah diunggah tadi. Saat ada calon investor yang bertanya mengenai konsep bisnis Anda jawablah dengan jelas, singkat, dan padat.

Keuntungan Crowdfunding

Online

Sistem pendanaan melalui crowdfunding ini bisa dilakukan secara online dan itu tentunya sangat memudahkan. Anda tidak lagi perlu repot untuk menghubungi satu-satu para calon investor untuk mendanai bisnis. Selain itu juga hemat tenaga, biaya dan banyak yang setuju jika ini cara efektif untuk mendapatkan modal pada saat akan membangun usaha

Suku Bunga yang Kompetitif

Platform crowdfunding ini menawarkan suku bunga yang cukup kompetitif untuk para pelaku bisnis. Nilainya yaitu 6,48% – 17% per tahunnya dan bersifat flat yang artinya suku bunga yang akan dibayarkan setiap tahunnya akan selalu sama.

Tanpa Jaminan atau Uang Muka di Awal

Para pelaku bisnis memiliki kebebasan untuk bisa mendapatkan modal tanpa harus menyediakan uang muka atau jaminan di awal pada situs tersebut. Namun selama pelaku bisnis sanggup untuk membayar modal yang diberikan, maka proses pendanaan pun akan berjalan lancar sesuai dengan kesepakatan yang terjadi di awal.

Prosesnya Mudah dan Singkat

Ini tentunya jadi keuntungan yang cukup banyak disukai oleh banyak pelaku bisnis, di tengah mobilitas pekerjaan yang tinggi dengan crowdfunding itu bisa membuat prosesnya jadi lebih cepat. Data yang diberikan kepada situs crowdfunding tersebut pun terpercaya dan aman sehingga informasi pemilik modal tidak akan bocor kepada siapa pun. OJK (Otoritas Jasa Keuangan) pun sudah menjamin keamanan dari situs crowdfunding.

Kesimpulan

Strategi bisnis untuk bisa meningkatkan modal usaha melalui crowdfunding ini memang dinilai efektif. Namun perlu diperhatikan juga untuk resiko yang ada di baliknya. Saat pendanaan sudah masuk dan terkumpul, kemudian bisnis Anda sudah bisa berjalan. Maka Anda pun harus bisa menjaga kredibilitas dan reputasi baik kepada investor.

Lakukan pencatatan dan pembukuan dana dengan tepat dan rapi. Anda perlu juga memperhatikan arus kas dan laporan keuangan pada perusahaan. Laporan keuangan yang rapi dan tercatat dengan baik akan bisa mencerminkan jika perusahaan tersebut aktivitasnya berjalan dengan lancar.

Untuk memudahkan kelancaran bisnis Anda dalam hal laporan keuangan, ada software akuntansi bernama MASERP yang siap membantu. Software ini akan memudahkan segala hal yang berkaitan dengan akuntansi dengan mudah dan cepat. Sehingga Anda pun bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnis.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga : Pasar Modal Adalah Pasar Berbagai Instrumen Keuangan Jangka Panjang

New call-to-action