Contoh Struktur Organisasi Perusahaan, Sekolah hingga Kampus

Di dalam sebuah organisasi apapun pasti membutuhkan struktur kepengurusan, yang terdiri dari individu-individu kompeten di bidangnya.

Nah, buat kamu yang sedang mencoba untuk menyusun sebuah struktur organisasi, yuk intip contoh struktur organisasi simpel secara umum berikut ini. 

Pasalnya, dengan melihat contoh struktur organisasi perusahaan, kamu bisa mengetahui urutan struktur yang baik dan benar. 

Hal tersebut dilakukan agar sebuah organisasi bisa berjalan dengan lancar dan maksimal untuk mencapai tujuan bersama.

Pengertian Struktur Organisasi Secara Umum

Apa itu struktur organisasi?

Struktur organisasi merupakan diagram atau sebuah garis hierarki yang juga menunjukkan rantai perintah, tanggung jawab, hubungan pekerjaan, rentang kendali dan pimpinan organisasi. 

Adapun fungsi struktur organisasi secara umum adalah sebagai kerangka kerja, serta tugas pekerjaan yang dibagi atau dikelompokkan dan dikoordinasi secara formal. 

Dengan adanya struktur organisasi, kamu dan anggota lainnya bisa melihat alur perintah yang mengindikasikan jabatan hingga pekerjaan yang wajib dipertanggungjawabkan oleh masing-masing anggota.

Baca Juga: Struktur Organisasi Perusahaan Dagang Sederhana dan Tugasnya

Cara Menyusun Struktur Organisasi

Dalam membuat susunan struktur organisasi, dari jabatan tertinggi hingga bercabang ke bawah, harus diperhatikan kompetensi setiap anggotanya. 

Pasalnya, setiap anggota akan diberikan tugas dan tanggung jawab, sesuai jabatan, keahlian, hingga kompetensinya masing-masing.

Setelah struktur organisasi selesai dibuat, anggota-anggota yang tercantum dalam struktur organisasi tersebut harus mengikuti tatanan yang berlaku. 

Contoh struktur organisasi yang baik dan benar harus menjelaskan alur yang tepat saat menyusun organisasi. 

Pasalnya, struktur organisasi bukan hanya menjelaskan nama dan jabatan saja tetapi juga bisa memperjelas alur kerja, sehingga jabatan paling atas tidak asal perintah dan jabatan paling bawah tidak semena-mena. 

Nah, bagaimana cara menyusun struktur organisasi di wilayah rumah, sekolah, kampus, komunitas, kantor, hingga perusahaanmu sendiri?

Sepertinya kamu perlu mengetahui beberapa contoh struktur organisasi yang baik dan benar untuk bisa dijadikan sebagai referensi untuk organisasi kamu.

Struktur organisasi harus dibuat dengan sejelas-jelasnya agar setiap individu memahami apa tugas, tanggung jawab hingga alur komunikasi kerjanya. 

Fungsi Struktur Organisasi

Nah, sebelum membahas lebih dalam terkait contoh struktur organisasi, yuk pahami lebih dahulu apa sih fungsi dari struktur organisasi itu sendiri. 

Bisa Memperjelas Tanggung Jawab Masing-masing Anggota

Struktur organisasi berfungsi untuk memberikan kejelasan terkait tugas dan tanggung jawab setiap anggotanya.

Sehingga di dalam organisasi tersebut tidak terjadi tumpang tindih jabatan serta tanggung jawab anggota.

Bisa Memberikan Informasi Kedudukan dan Koordinasi Antar Anggota

Fungsi struktur organisasi selanjutnya adalah sebagai penjelas kedudukan serta posisi tiap anggota organisasi.

Sehingga kegiatan organisasi bisa berjalan sesuai alur komunikasi dan tercipta koordinasi yang baik antar anggota organisasi. 

Memberikan Petunjuk Jalur Hubungan Anggota

Berikutnya, fungsi struktur organisasi adalah sebagai penjelas suatu jalur hubungan antar anggota.

Sehingga pekerjaan bisa terlaksana dengan efektif, efisien dan mampu memberikan berbagai keuntungan bagi anggota organisasi.

Sebagai Pengendalian dan Pengawasan

Fungsi struktur organisasi yang terakhir adalah sebagai pengendalian dan pengawasan.

Sehingga proses evaluasi kinerja para anggota bisa dinilai dengan jelas, apakah mereka mampu mengerjakan tugas, fungsi dan tanggung jawabnya masing-masing atau tidak.

Contoh Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Sekolah

Contoh Struktur Organisasi ( Sumber : Titikdua.net )

Tidak hanya ada kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, di lingkungan sekolah juga ada struktur organisasi beserta anggota kepengurusan lainnya, mulai dari kepala sekolah hingga ke siswanya.

Dalam contoh struktur organisasi di atas bisa dilihat bahwa terdapat pembagian tugas  beserta nama dan juga alur garis koordinasinya. 

Dengan begitu di lingkup sekolah tersebut bisa memudahkan anggota, siswa, serta pihak luar, untuk mengetahui siapa-siapa yang bertanggung jawab. 

Siapapun juga bisa mengetahui alur komunikasi yang harus dijalankan agar bisa dengan mudah menyelesaikan suatu urusan. 

Contoh struktur organisasi sekolah ini juga tidak hanya ada di lingkup besar sekolah. Namun juga bisa dibuat organisasi di lingkup OSIS, ekstrakurikuler, kelas hingga organisasi saat upacara. 

Struktur Organisasi Kampus

Contoh Organisasi Kampus ( Sumber : kemahasiswaan.uin-malang.ac.id )

Selain di sekolah, struktur organisasi juga ada di lingkungan kampus.

Biasanya struktur organisasi kampus, dibuat untuk kepengurusan kemahasiswaan, alumni hingga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Untuk struktur organisasi kampus yang lebih besarnya ada di lingkup rektor universitas dan fakultas masing-masing.

Semua organisasi kampus dibuat tentu untuk membantu setiap anggotanya mengetahui alur tugas masing-masing.

Para mahasiswa juga bisa terbantu ketika ingin mengurus sesuatu, misalnya mengajukan beasiswa, mengurus administrasi, membuat acara dan lain-lain dengan adanya organisasi tersebut.

Struktur Organisasi Desa

Selanjutnya ada contoh struktur organisasi di desa yang beberapa anggotanya bisa menjadi kepengurusan untuk mengurus kepentingan warga setempat. 

Misalnya, untuk mengurus pendataan warga (sensus penduduk), bantuan sosial dari pemerintah, kegiatan sosial, kegiatan kesehatan hingga mengurus ketika ada pemilihan, kepala daerah, wakil rakyat dan presiden. 

Contoh struktur organisasi Desa ( Sumber : ringdikti-buleleng.desa.id )

Struktur Organisasi Pada Perusahaan

Contoh struktur organisasi perusahaan (Sumber: Jurnalmanajemen.com )

Untuk contoh struktur organisasi berikutnya ini juga sangat penting untuk dibuat, yakni struktur organisasi pada perusahaan. 

Dalam perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) umumnya meliputi beberapa divisi yang berlaku secara umum.

Struktur tersebut juga dibuat agar perusahaan bisa menempatkan tenaga kerja yang berkompeten di bidangnya. 

Selain itu, struktur organisasi juga bisa membuat divisi human resource mengetahui peran karyawan pada suatu organisasi.

Dari penilaian tersebut, tim HR juga bisa menentukan gaji karyawan dengan perannya dalam organisasi, apakah kinerjanya sudah sesuai dengan alur dan tujuan perusahaan. 

Untuk masalah keuangan sendiri, sebuah PT juga ada yang memiliki investor untuk menanamkan modal usaha mereka. 

Selain itu semua modal yang dimiliki oleh perusahaan perseroan terbatas juga telah tercantum dalam anggaran dasar perusahaan. 

Sehingga mereka memiliki sistem pemisahan kekayaan antara kekayaan pribadi dengan kekayaan perusahaan.

Dalam struktur organisasi perusahaan juga banyak macamnya. Ada organisasi perusahaan kecil (UMKM), organisasi perusahaan dagang (PT), struktur organisasi perusahaan manufaktur (pabrik, perbankan, dan lain-lain).  

Kesimpulan

Itu dia beberapa contoh struktur organisasi mulai dari perusahaan, lingkup sekolah, kampus hingga desa.

Jika dilihat dari semua contoh struktur organisasi tersebut tentunya memiliki divisi-divisi yang penting, demi kelancaran kegiatan termasuk divisi keuangan

Pasalnya, divisi tersebut menjadi salah satu jabatan penting di setiap organisasi. 

Untuk membantu para divisi keuangan bisa mengatur pekerjaannya dengan baik dan praktis, ada baiknya gunakan software akuntansi modern.

Dengan software akuntansi tersebut, membuat segala pekerjaan bagian keuangan, menjadi mudah, terlebih untuk organisasi perusahaan. 

Pengeluaran hingga pemasukan anggaran harus terdata dengan rapi agar evaluasi kerja bisa disampaikan dengan baik ke atasan dan karyawan lainnya.

Software akuntansi modern, seperti MASERP juga bisa di kostum sesuai kebutuhan perusahaan. Jadi, baik perusahaan kecil maupun besar bisa gunakan software ini. 

Baca Juga: Mengenal Struktur Organisasi Startup dan Peran Jabatan di Dalamnya