2 Cara Berpikir Kreatif untuk Strategi Pemasaran Bisnis

Banyak orang menganggap berpikir kreatif adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan bagi mereka yang bergerak di bidang kreativitas. Menurut anggapan umum orang-orang yang perlu berpikir kreatif ialah orang-orang yang bekerja sebagai penulis, desainer, atau musisi. Sedangkan yang tidak menggeluti dunia seni seperti itu tidak terlalu perlu untuk berpikir kreatif?

Kenyatannya, berpikir kreatif dibutuhkan di semua bidang. Semua pekerjaan membutuhkan karyawan yang mau dan mampu untuk berpikir kreatif. Orang-orang yang berada di level manajer ke atas pada umumnya adalah orang-orang yang selalu berpikir kreatif. Berpikir kreatif artinya berpikir untuk menemukan sesuatu yang baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Jadi, berpikir kreatif bukan hanya untuk seniman saja yang memang membutuhkan kreativitas untuk ketentraman dirinya. Berpikir kreatif adalah untuk semua orang agar dirinya dan lingkungan sekitarnya semakin berkembang.

Berikut ini mari kita bahas pentingnya berpikir kreatif untuk perkembangan bisnis di masa depan.

Definisi Berpikir Kreatif

Orang-orang kreatif memikirkan sebuah cara yang berharga dan praktis dalam melakukan sesuatu. Mereka memecahkan sebuah masalah secara teratur dengan menggunakan pemikiran kreatif. Inilah jenis kreativitas yang sangat membantu dalam bisnis dan keterampilan luar biasa yang dapat ditransfer bagi siapapun Anda yang dapat menguasainya.

Creative thinking adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk berpikir secara terus-menerus dan konsisten dalam menghasilkan segala sesuatu yang kreatif dan original. Pada proses creative thinking tidak harus selalu membuat sebuah konsep yang benar-benar baru.

Anda juga bisa berpikir kreatif melalui benda-benda ataupun ide-ide yang berwujud dalam pikiran Anda.  Meskipun tidak harus selalu membuat konsep baru, dan bisa jadi merupakan penggabungan antara dua sampai dengan tiga konsep yang sudah ada sebelumnya, hasil dari berpikir kreatif disebut sebagai sesuatu yang baru.

Baca Juga: 5 Strategi Pengembangan Bisnis Agar Produk Anda Dilirik Pasar

Manfaat Berpikir Kreatif

Pada lingkungan kerja tentu saja banyak manfaat yang akan Anda dapatkan ketika Anda berpikir kreatif. Anda akan dengan mudah menemukan sebuah gagasan dan ide-ide untuk inovasi baru di perusahaan.

Kemudian dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk baru dari brand perusahaan Anda sehingga menarik minat lebih banyak konsumen, terlebih lagi dengan kondisi pandemi saat ini, kita dituntut untuk berpikir kreatif agar bisnis bisa terus jalan.

Menghandle Semua Situasi

Anda tidak akan pernah tahu rintangan apa yang menanti Anda di depan sana. Beberapa hal tidak bisa dipecahkan dengan cara yang biasa. Oleh karenanya, berpikir kreatif sangat dibutuhkan dalam menghadapi rintangan-rintangan tersebut yang tidak pernah kita ketahui sebelumnya.

Kesuksesan dalam Usaha

Kalau Anda adalah seorang pebisnis pemula berpikir kreatif akan memberikan Anda berbagai ide-ide dan gagasan baru dalam mengembangkan bisnis Anda. Mulai dari memunculkan inovasi baru bagi produk atau jasa yang Anda tawarkan, mengembangkan usaha Anda, hingga ide-ide pemasaran dengan cara kreatif.

Poin plusnya, orang-orang yang selalu berpikir kreatif cenderung memiliki sifat solutif, ia lebih mudah mencari solusi dari setiap masalah yang dihadapi, khususnya dalam bidang usaha yang sedang ditekuninya karena orang tersebut memiliki ide-ide cemerlang.

Menghargai Rekan Kerja

Mereka yang berpikir kreatif telah terbiasa menerima masalah dan bisa mencari solusi terbaik dari masalah yang dihadapi, hingga mengeluarkan pendapat, ide-ide, dan masih banyak lagi. Itu sebabnya, jika Anda memiliki pemikiran kreatif, Anda pun akan dengan mudah menghargai dan menerima orang lain dalam tim kerja Anda.

Mampu Memberikan Semangat

Orang-orang yang berpikir kreatif punya berbagai cara dalam menghadapi masalah yang mereka hadapi saat ini. Ini karena mereka memiliki pasokan sumber dan referensi lebih banyak daripada mereka yang tidak berpikir kreatif. Bonusnya, mereka tidak lagi merasa tertekan terhadap berbagai masalah yang sedang menderanya. Mereka yakin, ada lebih dari satu jalan keluar terbaik yang bisa mereka lakukan untuk mengatasi masalah-masalah mereka.

Pergaulan di Lingkungan Kerja Luas

Seseorang yang berpikir kreatif cenderung memiliki pola pikir yang berbeda dari orang kebanyakan. Itu sebabnya mereka mudah memahami pemikiran orang lain dan mudah menjalin pergaulan dengan rekan kerja di lingkungan kerja yang lebih luas.

Ciri-Ciri Berpikir Kreatif

Ada banyak indikator seseorang bisa dikatakan memiliki kemampuan berpikir kreatif. Tidak hanya sekedar menyelesaikan suatu masalah dan menganggapnya sebagai kebetulan. Kemampuan berpikir kreatif adalah bagian dari analitis matematis.

  • Berwawasan luas dan memiliki segudang ide unik
  • Ide bukan sembarang ide tapi sebuah ide yang dirumuskan secara logis
  • Terbuka dan bisa melihat dari berbagai sudut pandang
  • Orang yang kreatif tidak pernah menyerah karena tekanan
  • Suka menganalisa dari sesuatu yang sederhana sampai yang rumit.

Berpikir Kreatif untuk Strategi Pemasaran Perusahaan

Istilah materi iklan pemasaran menyinggung orang yang bertanggung jawab atas gambar, kata-kata, dan konsep kampanye iklan. Dalam pemasaran seperti fungsi perusahaan lainnya yang dipengaruhi oleh teknologi, telah menjadi jauh lebih kompleks dan menuntut banyak hal.

Untuk memahaminya secara luas, fokus strategi pemasaran kreatif dapat diringkas dalam tiga cara:

Personalisasi

Perusahaan memperlakukan setiap pelanggan sebagai individu dengan memahami preferensi dan perilaku mereka. Dalam survei Dewan CMO/SAP, 47% responden mengatakan bahwa mereka akan meninggalkan merek yang memberikan pengalaman yang buruk, impersonal, atau membuat frustrasi. Sebagai tanggapan CMO mengalokasikan hampir 1/3 dari anggaran mereka untuk meningkatkan teknologi secara digital untuk pemasaran mereka.

Kontekstualisasi

Konteks memainkan peran penting dalam kinerja kampanye pemasaran. Efek positif ditunjukkan ketika iklan ditempatkan dalam konteks dimana konsumen terlibat, memperhatikan dan menghargai serta ketika ada keselarasan antara konteks dan pesan dalam iklan.

Dinamis

Peningkatan platform yang memungkinkan merek secara otomatis mempromosikan produk yang paling relevan, Anda dapat menggunakan iklan yang dinamis dan responsif untuk strategi Anda.

Facebook misalnya, memungkinkan iklan dinamis untuk otomatis menampilkan produk yang tepat kepada orang-orang yang telah menunjukkan minat pada situs web, aplikasi, atau internet secara keseluruhan. Demikian pula, melalui iklan bergambar responsif Google, pengiklan dapat mengunggah aset kreatif mereka dan menyerahkan kreasi iklan ke algoritma Google.

Kesimpulan

Jadi itulah beberapa ulasan yang bisa kita simak dari pentingnya berpikir kreatif dalam karir dan perusahaan. Jika kita berpikir keratif ketika ada Ide baru tidak hanya diperlukan untuk menghasilkan produk baru. Ide baru juga diperlukan untuk problem solving atau memecahkan suatu masalah.

Untuk masalah yang sering terjadi tentu menjadi sebuah pertanyaan kenapa masalah itu bisa berulang. Karena itulah, semua yang terlibat sebaiknya melakukan proses berpikir kreatif, agar bisa mencari cara untuk menyelesaikan masalah itu dengan lebih optimal supaya masalah itu tidak terulang lagi.

Selain mencari ide baru berpikir kreatif juga dapat dilakukan untuk melakukan suatu evaluasi. Evaluasi ini bisa saja dilakukan untuk semua hal yang berhubungan dengan pekerjaan dan regulasi yang berlaku di perusahaan.

Salah satunya kita dituntut untuk berpikir kreatif dalam penyelesaian pekerajaan yang bisa membuat kita efektif dan efisien dalam pekerjaan, salah satunya sebuah perusahaan harus memiliki sistem yang bisa membuat pekerjaaan lebih mudah dan efisien dalam konsisi saat ini.

Saatnya ganti kebiasan lama dengan menggunakan software untuk lebih memudahkan perusahaan juga dalam melakukan manajemen keuangan dan kegiatan akuntansi yang rumit lainnya, maka gunakanlah software akuntansi modern seperti MASERP.

Dengan MASERP kamu bisa membuat segala laporan keuangan yang baik, akurat, mudah, dan cepat. Bahkan, MASERP juga bisa dicustom sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Yuk, konsultasikan terlebih dulu dengan pihak MASERP, agar software yang akan digunakan bisa membantu mempermudah pekerjaan bagian keuangan.

Baca Juga: Mengenal Saluran Distribusi, Jenis dan Strategi Pemasarannya

New call-to-action