Jenis Bahan Baku dan 9 Faktor yang Mempengaruhi Persediaannya

Perusahaan manufaktur berskala besar maupun kecil membutuhkan bahan baku dalam proses produksinya untuk menghasilkan barang jadi yang siap dijual. Bahan baku adalah salah satu faktor yang akan menentukan kualitas dan produk jadi. Contohnya sebuah pabrik memproduksi sepatu maka akan memilih bahan baku seperti kanvas atau kulit, lalu membutuhkan bahan pelengkap seperti benang, lem dan lain sebagainya.

Kali ini MASERP akan dibahas mengenai bahan baku beserta pertimbangan memilih bahan baku dan faktor apa saja yang mempengaruhi persediaan baku, yuk simak ulasannya di bawah ini!

Pengertian Bahan Baku

Bahan baku adalah sumber daya (resource) yang digunakan perusahaan untuk memproduksi produk jadi yang akan di jual ke pasaran. Bahan baku adalah bahan yang belum diproses seperti logam, kayu, karet dan sumber daya alam lain yang tidak dimurnikan yang nantinya dipakai perusahaan untuk menghasilkan barang jadi.

Contoh bahan baku adalah kayu untuk produsen meja dan kursi, saat pesanan bahan baku kayu datang maka produsen akan mencatat sebagai persediaan bahan baku karena kayu tersebut akan digunakan menjadi persediaan barang jadi atau kayu dan meja.

Baca Juga: Proses Manufaktur – Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contoh

Pertimbangan Memilih Bahan Baku

Dalam proses perencanaan produksi, Anda harus memperhatikan komponen bahan baku yang akan digunakan seperti jenis dan sifat bahan bakunya apakah tahan terhadap suhu tertentu, mudah berubah warna dan lain sebagainya.

Tujuan memilih bahan baku yang sesuai kriteria agar Anda bisa seefisien mungkin menggunakan bahan baku dan dapat menghemat biaya dan beban yang dikeluarkan karena bahan baku tersebut.

Berikut ini empat hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bahan baku:

Mudah Didapatkan

Saat merencanakan produksi, Anda harus memastikan bahwa bahan baku yang akan digunakan mudah didapatkan di pasaran. Jangan sampai perusahaan Anda kesulitan memproduksi produk atau kemungkinan menemui masalah di kemudian hari karena bahan bakunya sulit didapatkan di pasaran.

Pastikan juga bahan baku yang Anda gunakan tersebut memiliki komponen pengganti lain di pasaran agar proses produksi bisa berjalan tanpa kendala.

Efisiensi Bahan

Prinsip ekonomi dalam berbisnis, usahakan memiliki biaya produksi sekecil mungkin agar produk hasil produksi Anda nanti dapat bersaing harganya dengan kompetitor di pasaran. Dengan komponen dan spesifikasi yang sama, Anda bisa menjualnya dengan harga yang cukup bersaing.

Spesifikasi Bahan

Untuk mencapai tujuan produksi yang efisien, Anda perlu menempatkan bahan baku sesuai dengan fungsinya pada tiap unit kerja. Biasanya tiap unit proses produksi menggunakan bahan baku yang berbeda, tetapi tiap unit tersebut saling berpengaruh untuk menciptakan sebuah produk yang siap dijual ke pasaran.

Jangan sampai Anda salah menempatkan bahan baku yang bukan pada unitnya, nanti malah membuat proses produksi terganggu yang menyebabkan boros bahan baku, waktu dan biaya.

Kekuatan Bahan Baku

Saat memilih bahan baku, Anda harus mengetahui kekuatan dari bahan baku tersebut dan siapa suppliernya, karena dalam mengecek dan menyesuaikan suatu produk bergantung pada kualitas bahan baku yang digunakan.

Baca Juga: Smart Manufacturing Adalah Konsep Penting Industri Manufaktur

bahan baku adalah

Jenis Bahan Baku

Untuk menghasilkan suatu produk jadi siap jual memerlukan bahan baku yang nantinya akan diolah dalam proses produksi.

Bahan Baku Langsung (Direct Material)

Bahan baku langsung atau direct material adalah semua sumber daya (resource) yang belum diproses dan bisa terlihat dalam barang jadi yang dihasilkan dari proses produksi. Biaya yang digunakan untuk membeli bahan baku langsung berpengaruh dan harus sebanding dengan jumlah barang jadi yang dihasilkan dari proses produksi.

Kayu merupakan contoh dari bahan baku langsung. Saat produsen menerima sejumlah kayu, makan produsen akan menyortir kayu dan merencanakan proses produksi untuk meja maupun kursi. Bahan baku langsung bertujuan untuk dibuat menjadi barang jadi tertentu.

Contoh lain dari bahan baku langsung adalah kulit yang digunakan untuk membuat produk dompet, tas dan sepatu.

Bahan Baku Tidak Langsung (Indirect Material)

Bahan baku tidak langsung merupakan bahan baku yang berperan dalam proses produksi tetapi wujudnya tidak terlihat langsung di produk hasil produksi. Bahan baku tidak langsung disebut juga bahan pelengkap dari bahan baku langsung.

Sebagian besar bahan baku tidak langsung disebut neraca persediaan pabrik di laporan neraca.

Produsen mebel akan menggunakan lapisan finishing sebagai bahan baku tidak langsung. Saat hasil akhir jadi, Anda mungkin tidak akan tahu bentuk maupun jenis lapisan finishingnya. Contoh lain dari bahan baku tidak langsung adalah lem dan paku dalam membuat meja dan kursi.

Faktor yang Mempengaruhi Persediaan Bahan Baku

Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi bahan baku yang akan digunakan dalam proses produksi untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

Model Pembelian Bahan Baku

Salah satu faktor yang mempengaruhi jumlah persediaan baku adalah bagaimana Anda membeli bahan baku untuk produksi. Kalau Anda membeli bahan baku dengan model yang berbeda, Anda juga akan mendapatkan total pembelian bahan yang berbeda.

Misalnya produsen sepatu memiliki model pembelian kanvas atau kulit dan lem pasti dengan harga yang berbeda. Tiap industri bisnis memiliki fungsi dan model pembelian bahan baku yang berbeda sesuai dengan kegunaannya.

Harga Bahan Baku

Harga bahan baku adalah salah satu faktor penting karena nantinya bisnis akan memperhitungkan hal ini untuk menjual produknya. Kalau harga bahan baku yang Anda dapatkan terlalu mahal, maka harga jualnya juga bisa mahal. Konsumen cenderung memilih harga yang lebih murah jika ada dua produk atau brand yang memiliki kualitas sama.

Baca Juga: 3 Komponen dan Cara Menghitung HPP (Harga Pokok Penjualan)

Perkiraan Pemakaian Bahan Baku

Produksi barang jadi yang memerlukan bahan baku dalam prosesnya juga perlu perencanaan dan perhitungan biaya serta berapa lama waktu ketahanan bahan baku di gudang. Perkiraan dan perhitungan jumlah bahan baku yang digunakan sekarang akan menjadi acuan dalam pemesanan maupun produksi barang di waktu selanjutnya.

Biaya Persediaan Bahan Baku

Salah satu biaya yang perlu dikeluarkan perusahaan manufaktur untuk memproduksi barang adalah biaya persediaan barang. Perusahaan harus menghitung dan memiliki budgeting persediaan bahan baku untuk produksi agar jumlahnya tidak berlebihan atau malah kurang persediaan yang bisa menghambat proses produksi barang. Semakin lama waktu produksi, stok barang kosong di pasaran juga akan semakin lama.

Kebijakan Pembelian

Perusahaan manufaktur harus memiliki manajemen produksi dan persediaan yang baik. Ini bertujuan agar perusahaan dapat bijak dalam belanja bahan baku maupun mengelola persediaan bahan baku agar tetap berkualitas baik sampai menjadi barang jadi. Usahakan uang yang sudah digunakan untuk membeli bahan baku dapat menjadi return investasi bagi perusahaan Anda.

Penggunaan Sesungguhnya

Sebelum Anda lanjut ke produksi barang berikutnya, pastikan Anda sudah menyelesaikan produksi saat ini. Ini berkaitan dengan penggunaan bahan baku secara real time dalam memproduksi sebuah barang jadi, perlu dipertimbangkan dengan baik karena dapat menjadi acuan dalam menentukan biaya produksi selanjutnya.

bahan baku

Waktu Tunggu Pemesanan dan Pembelian Bahan Baku

Saat Anda memesan bahan baku dari supplier, Anda perlu menunggu berapa lama bahan baku tersebut diproses di sana dan berapa lama bahan baku bisa tiba di pabrik untuk diproduksi. Ini akan berkaitan dengan kapan Anda perlu memesan bahan baku lagi dan berapa lama penyimpanannya. Load time ini perlu diperhatikan agar tidak ada akumulasi maupun kekurangan persediaan bahan baku saat proses produksi.

Pengamanan Persediaan

Proses produksi dapat berjalan dengan lancar kalau persediaan bahan bakunya dalam jumlah aman. Biasanya perusahaan manufaktur akan mengamankan persediaan bahan baku agar proses produksi tidak terhenti sementara karena kehabisan persediaan.

Biaya Penyimpanan

Bahan baku juga dipengaruhi oleh biaya penyimpanan atau holding cost yang termasuk biaya sewa gudang, asuransi, gaji pekerja dan lain sebagainya. Setiap perusahaan mempunyai nilai biaya penyimpanan yang berbeda tergantung model bisnis, jenis barang yang diproduksi da jenis bahan bakunya. Kalau Anda salah dalam menetapkan biaya penyimpanan, biaya yang dikeluarkan bisa jadi membengkak dan malah mengalami kerugian.

Kesimpulan

Bahan baku adalah bahan yang belum diproses untuk dipakai perusahaan menghasilkan barang jadi. Ada dua jenis bahan baku yaitu bahan baku langsung dan tidak langsung. Ketika memilih bahan baku, Anda perlu mempertimbangkan kemudahan mendapatkannya, efisiensi, spesifikasi dan kekuatan bahan bakunya.

Adapun faktor yang mempengaruhi persediaan bahan baku antara lain model pembelian bahan baku, harga bahan baku, perkiraan pemakaian bahan baku, biaya persediaan bahan baku, kebijakan pembelian, penggunaan bahan baku sesungguhnya, waktu tunggu pemesanan dan pembelian bahan baku, pengamanan persediaan dan biaya penyimpanan.

Salah satu solusi untuk mengatasi segala kendala manufaktur, Anda dapat mengunakan software akuntansi dan manufaktur modern yang terintegrasi seperti MASERP.

Perusahaan manufaktur identik dengan produksi massal dan persediaan barang yang banyak juga. Agar tidak membingungkan karena jumlah barang yang banyak, fitur Batch Number pada MASERP bisa memudahkan Anda membedakan barang yang baru diproduksi hari ini dengan barang produksi hari sebelumnya sehingga tidak mengalami double produksi.

Anda bingung menentukan harga pokok produksi (HPP)? Formula Bill of Material pada MASERP membantu Anda menentukan HPP sementara dan final.

MASERP memiliki fitur assembly dan disassembly yang bisa Anda gunakan untuk menggabungkan beberapa bahan baku menjadi satu barang, atau sebaliknya mengubah satu barang menjadi beberapa bahan baku.

Anda bisa menambah maupun mengurangi bahan baku meski produksi sudah berjalan dengan fitur adjust bahan baku. Selain bahan baku, Anda juga bisa menyesuaikan biaya produksi di akhir bulan untuk menghitung ulang HPP dengan fitur adjust biaya.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan manufaktur Anda, langsung saja konsultasikan apa yang Anda butuhkan kepada konsultan ahli kami. Gratis!