Buat Customer Happy dengan 5 Loyalty Program Ini!

Loyalty program atau program loyalitas merupakan salah satu cara yang dilakukan pebisnis untuk tetap mempertahankan loyalitas pelanggan mereka. Hal ini dilakukan karena mempertahankan pelanggan yang sudah menggunakan produk dan merasa puas akan lebih murah daripada menggaet pelanggan baru yang belum tentu tertarik menggunakan produk.

Dalam artikel ini, kita akan memahami lebih lengkap tentang apa itu loyalty program, manfaat, serta contoh yang mungkin bisa diterapkan dalam bisnis Anda sendiri.

Pengertian Loyalty Program

Loyalty program adalah suatu program penghargaan yang diberikan oleh perusahaan pada pelanggan dengan tujuan menjaga mereka untuk tetap setia dan mau menggunakan produk atau layanan perusahaan secara terus-menerus.

Itu artinya, loyalty program dibuat oleh pihak perusahaan agar bisa mempertahankan bisnisnya dalam kurun waktu yang lama. Sebagian besar dari kita pasti pernah menemukan berbagai contoh program penghargaan yang sudah diterapkan oleh suatu produk perusahaan ataupun layanan tertentu.

Contohnya adalah program membership, cashbackdiskon, poin, sampai beli satu gratis dua. Umumnya, program seperti ini dilakukan agar bisa mempertahankan pelanggan lama untuk mau membeli produk dari perusahaan tersebut saja.

Baca Juga: Kenali 4 Program Manufaktur untuk Bisnis Anda

5 Contoh Loyalty Program

Loyalty Point atau Poin Loyalitas

Loyalty point adalah salah satu loyalty program yang sering digunakan oleh perusahaan. Cara penggunaannya sangat sederhana. Para pelanggan atau konsumen yang melakukan transaksi dalam jumlah tertentu nantinya akan mendapatkan poin.

Kemudian poin tersebut disimpan serta dikumpulkan hingga jumlah yang cukup. Semakin besar dan semakin banyak melakukan transaksi, akan semakin banyak pula point yang bisa dikumpulkan untuk mendapat hadiah eksklusif. 

Event Terbatas

Berikutnya ada juga loyalty program kedua yang bisa dilakukan, yaitu dalam bentuk event terbatas. Program ini nantinya bisa diberikan secara individu maupun secara umum. Nah, untuk secara umum, program event terbatas dapat diberikan di event-event musiman ataupun di acara tahunan.

Jadi, pada saat tertentu itulah perusahaan dapat memberikan keuntungan atau benefit untuk para pelanggan atau konsumennya dengan diadakan diskon, free service, dan lainnya.

Program Tingkatan (Tier)

Program yang satu ini bisa menjadi salah satu program lanjutan yang diadakan dari program membership atau khusus program tersendiri.

Di dalam program membership tersebut, para pelanggan akan diajak langsung untuk bergabung dengan komunitas yang telah didirikan oleh perusahaan. 

Kemitraan

Selanjutnya ada juga program kemitraan, di mana pada program yang satu ini para pelanggan akan diberikan kesempatan untuk bisa menjadi mitra kerja perusahaan sekaligus bisa menjadi pengguna produk-produk perusahaan dengan harga lebih spesial.

Pelanggan akan diberikan wewenang untuk bisa menyebarluaskan serta memasarkan produk dari perusahaan dan mendapatkan keuntungan sesuai perjanjian. 

Contoh program kemitraan bisa dalam bentuk endorse produk. Pelanggan yang memiliki keberadaan yang kuat di media sosial bisa ikut mengkampanyekan produk perusahaan dan untuk itu dia berhak mendapatkan produknya secara gratis dengan tambahan sejumlah hadiah, atau sesuai dengan perjanjian tertentu. 

Program Value Brand

Maksud dari program loyalitas customer yang satu ini adalah menguntungkan customer sekaligus dapat memperkuat value dari brand. Contoh programnya, perusahaan dapat menawarkan harga lebih murah dari harga normal dalam program buy 1 get 2, misalnya, atau dalam bentuk cashback, dan lainnya sehingga konsumen memiliki keinginan untuk membeli lagi dan lagi.

Selain itu, tujuan utama dari loyalty program ini adalah membuat para pelanggan betah dan tetap terus berlangganan pada brand atau produk dari perusahaan Anda. 

Manfaat Loyalty Program untuk Bisnis

Program loyalitas pelanggan memberikan penghargaan kepada pelanggan yang berulang kali berinteraksi dengan suatu merek. Ini adalah strategi retensi pelanggan yang mendorong pelanggan untuk terus membeli dari merek Anda.

Semakin banyak pelanggan yang membeli atau terlibat dengan merk Anda, maka semakin banyak imbalan yang mereka terima. Selain itu, program yang dirancang untuk membangun loyalitas ini juga akan memberikan manfaat bagi bisnis seperti:

Retensi Pelanggan yang Lebih Baik

Saat ini pelanggan membuat keputusan pembelian tidak hanya berdasarkan harga, tetapi pada nilai produk, interaksi, dan pengalaman secara keseluruhan terhadap merek.

Referensi Pelanggan Semakin Banyak

Jika Anda memiliki program loyalitas yang menarik, pelanggan Anda mungkin akan memberi tahu pada kerabat dan keluarga mereka tentang hal itu. Itu berarti semakin banyak referensi pelanggan, maka akan lebih banyak pelanggan baru yang datang ke bisnis Anda.

Efisiensi Biaya

Bisnis Anda fokus pada mempertahankan pelanggan yang ada daripada melakukan banyak upaya untuk mendapatkan pelanggan baru.

Konten Buatan Pengguna

Program loyalty mendorong pelanggan yang senang untuk mempublikasikan ulasan dan penilaian di situs web dan media sosial. Pelanggan ini membantu merek Anda tampil di depan pelanggan baru.

Kesimpulan

Demikian penjelasan lengkap dari kami tentang loyalty program, cara menerapkannya dan beberapa contoh loyalty program untuk bisnis Anda.

Pada dasarnya, loyalty program adalah suatu cara yang tepat yang bisa Anda pilih untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.

Namun dalam mempertahankan loyalty program, Anda harus bisa menyiapkan sistem keuangan yang rapi. Oleh sebab itu sebaiknya perusahaan memfokuskan hal tersebut serta memiliki sistem yang salah satunya melalui penggunaan produk atau software yang sesuai, contohnya dengan menggunakan software ERP modren seperti MASERP.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud.

Software tetap bisa dipakai meskipun tidak ada koneksi internet, kemudian MASERP dapat digunakan lebih dari satu perusahaan tanpa biaya tambahan.

Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt. Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action