6 Cara Analisis Pesaing yang Tepat Bagi Bisnis

Melakukan analisis pesaing atau kompetitor menjadi hal yang penting untuk Anda lakukan dalam berbisnis. Strategi pesaing adalah strategi pengumpulan dan analisis informasi tentang bisnis milik kompetitor.

Dengan mengenali dan memahami siapa pesaing Anda, maka Anda bisa menempatkan posisi bisnis pada pasar (market positioning). Bukan hanya itu saja, strategi ini juga penting bagi Anda yang ingin menguasai pangsa pasar atau market share.

Hal ini karena dengan menggunakan strategi yang tepat, Anda dapat mengidentifikasi ancaman, mencari peluang, serta memprediksi (forecast) dan menganalisa keuntungan (CBA) bisnis ke depannya.

Analisis Persaingan

Menganalisis persaingan bisnis tidak terlalu rumit, tetapi tidak bisa juga dianggap mudah. Di bawah ini beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk meneliti persaingan. 

Baca Juga: Langkah STP (Segmenting, Targeting dan Positioning) dalam Marketing

Identifikasi Kompetitor Bisnis

Dalam riset persaingan tentu Anda perlu mengidentifikasi pesaing. Jadi, sudahkah Anda tahu siapa pesaing utamanya?

Pemasaran dan penjualan produk secara digital, Anda mungkin bersaing dengan belasan sampai ratusan bisnis yang menyasar target konsumen serupa. Tidak terlalu sulit untuk mengetahuinya, Google merupakan resource yang dapat diandalkan. Dengan mencari jenis produk atau jasa yang Anda tawarkan, cukup banyak bisnis serupa yang akan muncul.

Kenali Konten yang Dipublikasikan Pesaing

Setelah mengetahui dengan siapa Anda bersaing, segera kenali konten seperti apa yang mereka publikasikan. Jenis konten apa yang menjadi fokus kompetitor? Mungkin blog, Youtube, atau podcast. Pastikan Anda juga mengetahui frekuensi publikasi konten serta topik yang diangkat.

Bila konten pesaing sudah dikenali Anda dapat mengetahui kualitas dan membandingkannya dengan konten milik Anda. Dengan demikian, Anda dapat mencari tahu peluang apa yang tersedia untuk mengungguli pesaing.

Identifikasi Market Positioning Kompetitor

Manfaat dari mengidentifikasi market positioning dari pesaing adalah Anda dapat mengetahui permintaan pasar dan ekspektasi konsumen. Amati website, pesan, atau kampanye yang dilakukan pesaing.

Analisis Pengalaman dan Kepuasan Konsumen

Hari ini bisnis pasti memiliki satu dari beberapa kanal berikut, website, media sosial, atau akun e-commerce. Maka dari itu, Anda perlu menganalisisnya untuk mengetahui pengalaman yang dirasakan konsumen.

Desain, foto, hingga cara pesaing mengkomunikasikan produk atau jasanya perlu Anda analisis. Jadi, Anda dapat merasakan pengalaman konsumen saat berkunjung ke situs tersebut. Jangan lupa, analisis juga kata kunci yang digunakan oleh pesaing.

Di samping pengalaman konsumen, Anda juga perlu menganalisis kepuasan konsumen. Di era informasi yang sudah sangat terbuka, hal ini tidak sulit sama sekali. Anda dapat memeriksa ulasan di website atau media sosial. Jangan lewatkan juga pembicaraan tentang kompetitor di media sosial. Dari sana, Anda dapat menyimpulkan bagaimana citra pesaing di mata konsumen.

Identifikasi Bagian yang Perlu Diperbaiki

Usai melakukan analisis persaingan, saatnya Anda mengerjakan pekerjaan rumah. Anda telah memiliki pemahaman yang lebih baik tentang hal-hal yang dilakukan pesaing. Gunakan informasi tersebut untuk mengidentifikasi bagian mana dari bisnis yang perlu diperbaiki.

Menganalisis Harga

Pricing atau harga menjadi salah satu faktor utama yang pelanggan pertimbangkan sebelum membeli sebuah produk. Nah, Anda pun bisa melakukan analisis harga produk kompetitor agar dapat bersaing. Sebelum menetapkan harga suatu produk, Anda perlu mengidentifikasi target pasar.

Apakah berasal dari kalangan ekonomi menengah ke atas, atau justru dari ekonomi menengah ke bawah. Bila dari kalangan menengah ke atas, maka tidak masalah apabila Anda mematok harga yang mahal dengan produk berkualitas.

Sebaliknya, jika target Anda dari kalangan menengah ke bawah, maka usahakan untuk membanderol produk dengan harga terjangkau. Perlu Anda ingat bahwa pembeli cenderung menyukai produk yang memiliki harga kompetitif namun memiliki kualitas yang lebih baik.

Kesimpulan

Analisis pesaing merupakan suatu langkah riset kecil yang harus dilakukan oleh seorang pebisnis. Tujuannya agar bisa mengetahui kompetitor utamanya dan memperbaiki kinerja dari bisnisnya, untuk penjualan yang lebih baik.

Setelah melakukan riset analisis pesaing, maka pemilik bisnis harus mulai melakukan perbaikan pada bisnisnya.

Jangan lupa untuk mencatat juga seluruh alur transaksi termasuk pengeluran dan pemasukan pada bisnis pada pembukuan yang baik dan sesuai standar untuk mendapat laporan keuangan dan data financial untuk integrasi bisnis yang lebih baik.

Jika Anda kesulitan untuk melakukan pelaporan, Anda bisa menggunakan software akuntansi MASERP yang memiliki fitur Barcode Scanner untuk penerimaan barang, surat jalan dan penjualan produk yang bisa membantu meningkatkan kecepatan dan keakuratan kinerja Anda.

Anda juga dapat melakukan tracking umur piutang customer Anda dengan fitur reminder untuk piutang jatuh tempo setiap harinya agar dapat melakukan penagihan tepat waktu dan menjaga kesehatan cash flow.

Jika Anda membutuhka software ERP tersebut, Anda dapat menghubungi MAS Software dengan klik gambar di bawah ini!