6 Rekomendasi Accounting Software Terbaik Indonesia 2024

Menggunakan software akuntansi merupakan sebuah keharusan bagi pengusaha yang bisnisnya ingin berkembang pesat dan sukses. Tools ini berguna untuk menilai kesehatan keuangan perusahaan dengan fitur seperti buku besar, utang dan piutang, pesanan pembelian, manajemen stok serta penagihan kepada supplier dan customer. Hadirnya banyak accounting software Indonesia saat ini mungkin membuat Anda bingung menentukan mana software yang tepat untuk bisnis Anda.

Implementasi software akuntansi pada perusahaan juga dapat mengurangi risiko kesalahan dalam penginputan dan perhitungan manual oleh manusia, terutama jika Anda sedang bekerja secara virtual saat pandemi seperti ini. Apakah Anda sedang mencari software akuntansi yang tepat untuk bisnis Anda? Artikel ini akan membantu Anda memberikan rekomendasi software terbaik dari berbagai vendor terkenal.

Apa Itu Software Akutansi?

Accounting software atau software akuntansi adalah software yang memudahkan para akuntan atau divisi keuangan di perusahaan Anda dalam membuat pembukuan atau berbagai tugas akuntansi. Selain itu juga dapat menyimpan data keuangan dan transaksi bisnis.

Seharusnya sebuah software akuntansi tidak hanya bisa menyajikan ringkasan dan presentasi yang rinci mengenai keuntungan dan kerugian bisnis serta transaksi yang terjadi, tetapi juga harus memenuhi persyaratan hukum dan standar yang berlaku di wilayah tempat bisnis Anda beroperasi.

Kebanyakan software akuntansi modern memerlukan internet dalam penggunaannya. Ini berarti Anda bisa menggunakannya dari device yang bisa tersambung dengan internet seperti laptop dan smartphone. Online space tempat Anda bisa mengakses data ini disebut cloud.

Berbagai accounting software Indonesia memiliki fitur yang berbeda antara vendor satu dan yang lain. Umumnya semua software itu akan melakukan input, menyimpan dan menganalisis data bisnis Anda secara otomatis. Tentu saja ini sangat berguna karena menghemat waktu dan tugas seperti rekonsiliasi bank. Software akuntansi juga menawarkan fitur seperti faktur, pembayaran tagihan, penggajian karyawan dan pelaporan keuangan.

Baca Juga: 4 Jenis Business Software. Nomor 4 Wajib Anda Gunakan!

Manfaat Accounting Software bagi Bisnis

Dengan menggunakan sistem yang tepat, perusahaan dapat membuat pembukuan dan menyusun laporan secara otomatis dan tepat waktu serta mengembangkan strategi bisnis yang lebih cerdas. Berikut ini delapan manfaat software akuntansi bagi bisnis Anda.

Menyederhanakan Proses

Sistem akuntansi dapat menempatkan kontrol keuangan pada pengguna yang bukan seorang akuntan, ini dirancang untuk memberikan arti data atau angka yang disajikan saat melakukan perhitungan otomatis. Dengan sedikit pelatihan saja, pemilik bisnis bisa menyelesaikan semua operasi akuntansi yang sesuai dengan standarnya menggunakan komputer atau smartphone. Perusahaan tidak perlu membayar pihak eksternal untuk menjaga dan mengoperasikan anggaran perusahaan.

Penghematan Biaya

Software akuntansi dan keuangan membuat aktivitas dapat berjalan otomatis seperti perhitungan biaya, proses administrasi dan perhitungan pendapatan, sehingga Anda tidak perlu mengalihkan kerja manajemen keuangan ke ahli eksternal. Selain itu, perusahaan juga dapat mengurangi biaya yang berkaitan dengan pencetakan dan distribusi dokumen. Penyimpanan data perusahaan yang bersifat penting dan sensitif pun terjamin aman dan bisa ditracking kapan saja di software akuntansi.

Transparansi Keuangan

Bagi para akuntan dan auditor, salah satu peran penting dari software akuntansi yaitu dapat mencegah dan meminimalisir kesalahan manusia (human error) yang terus berulang. Menghitung jumlah uang yang tidak akurat dan gagal melaporkan data tepat waktu akan berdampak buruk bagi bisnis, dan di sinilah perhitungan otomatis dengan software dibutuhkan.

Prediksi Akurat

Ini merupakan salah satu keunggulan utama dari software akuntansi, yaitu dapat memberikan data rinci mengenai pola dan tren dari kinerja keuangan bisnis Anda. Software akuntansi memberikan arti dari data dan angka yang bisa membantu Anda memahami pengeluaran mana yang perlu dipotong atau di mana harus berinvestasi lebih banyak. Dengan gambaran yang jelas mengenai kondisi keuangan saat ini, Anda bisa lebih mudah mengembangkan strategi dan mengalokasikan sumber daya di tempat yang tepat.

Produktivitas

Apabila Anda sebagai pemilik bisnis perlu memilih salah satu teknologi digital untuk meningkatkan kinerja karyawan, maka harus memilih software akuntansi. Sistem ini bisa mengatasi tugas sehari-hari yang paling rumit dari memgumpulkan, mengatur dan menganalisis data, yang paling penting perusahaan dapat memanfaatkan uang dengan cara yang lebih cerdas.

Kepatuhan Pajak

Banyak dari sistem akuntansi yang menawarkan fitur penggajian karyawan, pelaporan dan urusan pajak secara otomatis. Software akuntansi bisa menjadi sumber informasi pajak dan audit Anda, karena menyimpan semua data penting keuangan yang transparan.

Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan

Pasti banyak orang berargumen kalau software akuntansi tidak ada hubungannya dengan pelayanan pelanggan, padahal sebagian besar software akuntansi dapat berperan dalam penagihan dan faktur serta mencegah penundaan dan miskomunikasi. Software ini juga bisa dibuat personal atas nama bisnis sehingga kinerja perusahaan Anda menjadi lebih professional dan kredibel.

Keamanan

Data keuangan adalah informasi perusahaan yang berharga dan harus dilindungi agar tidak jatuh ke tangan yang salah atau rusak karena kesalahan. Kebanyakan kasus, Anda bisa membuat struktur keamanan internal dan menentukan hak akses data kepada pihak yang berkepentingan saja.

Baca Juga: ERP Cloud: Apa Bedanya dengan ERP On-Premise?

Rekomendasi Accounting Software Indonesia Tahun 2024

MASERP

MASERP merupakan accounting software Indonesia yang sudah dipercaya sejak tahun 1984. MASERP tidak hanya menawarkan fitur accounting saja, tetapi semua fungsi bisnis seperti penjualan, pembelian, inventory, aset, pajak dan lainnya.

Software ini pun bisa digunakan pada berbagai industri bisnis seperti manufaktur, distribusi, jasa, pertambangan, konstruksi, migas, retail dan masih banyak lagi. MASERP dapat dipasang di server kantor maupun cloud, Anda dapat membeli secara putus. Untuk menjaga keamanan data, MASERP memiliki kontrol untuk hak akses dan approvalnya.

Harga yang ditawarkan untuk bisnis manufaktur yaitu seharga Rp98.000.000,- sudah termasuk 5 user dan Anda akan mendapatkan modul account receivable, account payable, general ledger, inventory control, sales order, sales invoice, purchasing, cash flow, fixed asset, billing, production dan project management. Banyak sekali fitur yang akan Anda dapatkan, ya!

Accounting Software Indonesia MASERP

SAP Business One

SAP merupakan software akuntansi yang sudah dikenal secara global. Software buatan Jerman ini menawarkan software berbasis cloud dan on-premise untuk bisnis Anda. Umunya SAP ini digunakan oleh perusahaan berskala besar dan internasional. Untuk paket basic trading mulai dari Rp185.000.000,- dengan biaya implementasi mulai dari Rp90.000.000,-.

Accounting Software Indonesia

Jurnal

Jurnal adalah software akuntansi berbasis cloud dan menawarkan fitur yang dapat mendukung pembukuan, keuangan dan operasional toko secara otomatis. Fitur lainnya yaitu laporan bisnis dan keuangan, akuntansi, kas dan transaksi, invoice, produk dan inventory, serta perpajakan. Jurnal menawarkan paket yang cocok untuk UMKM mulai dari Rp199.000,- per bulan sudah termasuk 1 user. Tetapi untuk integrasi dengan fitur pajak dengan Klikpajak, Anda perlu membayar tambahan biaya sebesar Rp500.000,-

Accounting Software Indonesia

Accurate

Accurate menawarkan dua paket yaitu Accurate online yang merupakan software akuntansi cloud yang dapat digunakan oleh UMKM (lite) dan Accurate untuk perusahaan skala menengah. Accurate menawarkan fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, buku besar, kas dan bank dan aset. Harga per bulan sebesar Rp220.000,- termasuk 1 user, apabila Anda mau menambah user dikenakan biaya Rp20.000,- per bulan.

Accounting Software Indonesia

Zahir

Zahir menawarkan harga paling murah Rp108.900/bulan termasuk 1 user, dashboard real time, penjualan dan pembelian, serta kas dan bank. Zahir juga memiliki paket enterprise untuk industri manufaktur seperti pengadaan barang, pengelolaan utang-piutang, pengelolaan stok seharga Rp37.500.000,-.

Accounting Software Indonesia

Hashmicro

Hashmicro menawarkan beberapa fitur dalam cloud accounting seperti dashboard keuangan, cash flow forecasting, rekonsiliasi bank dan pelaporan. Hashmicro juga menawarkan unlimited license untuk tiap perusahaan. Sistem akuntansi Hashmicro mengintegrasikan modul penjualan, inventaris dan penggajian karyawan serta dapat dikostumisasi.

Accounting Software Indonesia

Baca Juga: Cara Memilih Vendor ERP yang Tepat untuk Perusahaan

Kesimpulan

Implementasi software untuk bisnis merupakan hal yang perlu dipertimbangkan. Dengan menggunakan software, bisnis Anda akan menjadi lebih cepat berkembang karena dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.

Hadirnya software akuntansi tentu saja akan memudahkan bagi divisi keuangan atau accounting di perusahaan Anda. Perusahaan akan memperoleh banyak manfaat dari penggunaan software akuntansi antara lain dapat menyederhanakan proses bisnis, menghemat biaya operasional, transparansi data keuangan, meningkatkan hubungan dengan pelanggan dan juga meningkatkan keamanan data perusahaan karena semua terpusat di satu sistem saja.

Ada beberapa vendor accounting software Indonesia yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda seperti MASERP, SAP Business One, Jurnal, Accurate, Zahir dan Hashmicro. Setiap vendor menawarkan fitur, harga dan layanan yang berbeda.

Dengan MASERP, Anda tidak perlu lagi kewalahan mengurus bisnis, apalagi takut data bocor, karena Anda bisa mengontrol hak akses pada karyawan sesuai divisi dan tanggungjawabnya. Data yang terdapat di dalam software juga real time, Anda bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang tidak murah, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

Yang paling penting, MASERP dapat dicustom sesuai dengan bisnis flow Anda, jadi biarkan software yang akan mengikuti perkembangan bisnis Anda, bukan sebaliknya. Segera konsultasikan kebutuhan Anda dengan konsultan ahli kami, gratis!