Wirausaha? Definisi, Jenis, Tujuan dan Tahapannya

Saat pandemi seperti saat ini, banyak sekali masyarakat yang tertarik ingin melakukan wirausaha.Salah satu pemicunya yaitu faktor ekonomi, dapat kita lihat dari tingginya angka pengangguran dan persaingan untuk mendapatkan pekerjaan.

Dalam hal ini masyarakat mulai berfikir bahwa pentingnya mengetahui cara berwirausaha. Wirausaha menjadi salah satu pendorong untuk kegiatan ekonomi di negara.

Karena dengan adanya wirausaha, angka untuk pengangguran akan menurun dan ekonomi dapat membaik.

Pengertian Wirausaha

Wirausaha adalah suatu kegiatan usaha ataupun bisnis, dari setiap kegiatannya ditunjukan kepada pelaku usaha yang biasa kita sebut wirausahawan.

Utamanya dalam pembutatan produk yang baru untuk mentukan bagaimana memproduksi, ataupun penyusunan dalam bisnis dan proses pemasaran untuk mengatur modal untuk usaha.

Tujuannya agar dapat menghasilkan sesuatu yang mempunyai nilai jual.

Pada ilmu ekonomi, wirausaha ada kaitannya dengan sumber daya, tenaga kerja, dan modal yang bisa menghasilkan dan mendatangkan keuntungan.

Wirausaha menentukan adanya pengambilan risiko yang menjadi bagian yang sangat diperlukan untuk kapasitas disuatu negara yang telah berhasil sampai dipasar global dan bisa berubah.

(Menurut pakar Burgess,2013) menjelaskan dalam “bukunya wirausaha ialah orang yang mengolah, mengorganisasi dan bertanggung jawab dengan resiko dalam menciptakan usaha baru”.

Sedangkan (Say J.B,1803), Wirausaha itu pengusaha yang bisa mengelola sumber daya secara efektif dan efisien, lalu tingkat di produktivitas dari rendah menjadi tinggi.

(Soeharto Prawiro,1997) menyebutkan wirausaha adalah nilai dari suatu yang telah dibutuhkan dalam memulai bisnis dan usaha untuk di kembangkan.

Baca Juga: Pelajari Akuntansi Manajemen Secara Mendalam

Jenis-jenis Pada Wirausaha

Ilustrasi Jenis Wirausaha Startup (Sumber : okezone.com)

Bisnis kecil

Orang-orang yang menjalankan atau memiliki bisnis sendiri dan mempekerjakan anggota keluarga atau karyawan lokal bisa disebut wirausaha di bisnis kecil.

Untuk mereka mendapat keuntungan yang didapatkan sudah cukup bagi menghidupi keluarga saja.

Mereka mendanai bisnis mereka dengan mengambil pinjaman usaha kecil atau pinjaman dari teman dan keluarga.

Contoh bisnis kecil ini adalah agen perjalanan, bengkel sepeda, tukang kayu, penata rambut, pekerja serabutan, dll.

Startup

Pengusaha pemula dapat dimulai berbisnis dengan mengetahui bahwa visi mereka bisa mengubah berfikir yang luas kepada dunia.

Tujuan dari mereka adalah menarik investor untuk berinvestasi dan berfikir tentang bisnis yang baru yang belum ada sebelumnya.

Hal ini berfokus pada model bisnis yang bisa dijadikan skala yang besar, jadi, mereka dapat mempekerjakan karyawan yang terbaik dan cerdas.

Lalu mereka akan membutuhkan banyak untuk modal dalam mendukung proyek bisnis tersebut.

Perusahaan Yang Besar

Perusahaan besar menentukan siklus tujuan pada bisnisnya.

Secara garis besar perusahaan tersebut tumbuh dan bertahan hanya dengan membuat inovasi yang inovatif yang mengacu pada produk utama dari mereka dan mempromosikan produk tersebut.

Persaingan baru, preferensi pelanggan, perubahan didalam teknologi, akan menimbulkan tekanan untuk perusahaan besar yang telah menciptakan produk inovatif lalu menjualnya kepada pelanggan yang baru.

Dalam mengatasi perubahan di teknologi, organisasi tersebut akan melakukan pembelian perusahaan inovasi dan bisa juga mencoba menciptakan produk baru.

Sosial

Jenis pada kewirausahaan sosial berfokus dengan menghasilkan layanan dan produk yang bisa menyelesaikan masalah dan kebutuhan di sosial.

Tujuannya adalah satu yaitu bekerja bagi masyarakat tetapi tidak bisa menghasilkan keuntungan.

Tujuan Wirausaha

  1. Dapat mengembangkan dan menumbuhkan kesadaran wirausaha yang nantinya akan menjadi pondasi yang kuat bagi ekonomi di persaingan pasar global dan menjadi entrepeneur sukses.
  2. Bisa mengembangkan macam-macam kreasi dan inovasi agar terciptanya wirausaha yang bisa berdampak bagi kesejahteraan pribadi dan masyarakat di sekitar kita.
  3. Berperan mewujudkan dalam kewirausahan dan bisa meningkatkan kesejahteraan dalam hidup.
Ilustrasi Tahapan Persiapan Wirausaha

Tahapan Pada Wirausaha

Beberapa proses tahapan untuk memulai kegiatan dalam wirausaha, yaitu proses persiapan, mulai, melaksanakan, dan mempertahankan.

Persiapan

Membuat persiapan dan memberikan ide ataupun gagasan dalam memulai berwirausaha.

Sistem permodalan dan proses prosedur menjalankan usaha juga harus dipersiapkan dengan matang.

Mulai

Setelah adanya peluang maka mulailah melakukan planning usaha yang sudah disiapkan sebelumnya. Memulai berwirausaha haruslah yakin dan jangan mudah menyerah.

Tidak ada usaha yang berjalan mulus, pasti ada saja kendala seperti kerugian dll, mulai dari situlah kita bisa belajar dan tahu apa yang harus diperbaiki.

Melaksanakan

Pada tahapan melaksanakan Anda bisa mengelola macam-macam aspek di dalam wirausaha, bisa dari sumber daya manusianya, pembiayaan, organisasi dalam bisnis, pimpinan dan dalam proses pengambilan keputusan.

Mempertahankan

Terakhir adalah tahapan untuk mempertahankan wirausaha yang sudah Anda miliki.

Cara mempertahankan bisa di bilang mudah-mudah susah, karena jika kita tidak bisa mempertahankan apa yang kita punya, maka kesempatan itu akan hilang.

Tetapi jika kita bisa mempertahankan dengan optimal dan semaksimal mungkin usaha ini akan bertahan dengan pesaing-pesaing wirausaha yang baru.

Karakteristik Wirausaha

Tidak semua jika kita berwirausaha langsung sukses, beberapa karakteristik ini bisa membuat kewirausahaan berhasil. Diantaranya yaitu:

Kemampuan mengambil risiko

Dalam memulai usaha kita bisa saja mengambil atau mendapatkan risiko yang besar. Karena itu wirausahawan penting sekali untuk berani dalam mengambil keputusan dan bisa mengevaluasi dari usaha yang dimulai.

Berinovasi

Penting untuk bisa berinovasi agar bisa menghasilkan dan memberikan ide yang baru dan kreatif, memulai perusahaan baru dan untuk menambah keuntungan tambahan.

Inovasi tersebut bisa dalam bentuk produk baru ke pasar ataupun proses yang bisa melakukan hal sejenis tetapi caranya menjadi ekonomis dan efisien.

Kualitas Pada Kepemimpinan

Untuk menjadi sukses, wirausaha harus mempunyai visi jelas untuk usaha baru tersebut dengan menjadikan ide tersebut jadi nyata.

Kualitas pada pemimpin yang penting adalah bisa membimbing karyawan dengan benar dan bisa menjadi contoh untuk sukses.

Fleksibel

Wirausahawan harus fleksibel lalu mempunyai fikiran yang terbuka dan mau berubah sesuai situasi yang dibutuhkan.

Menjadi diatas bagi pembisnis haruslah dipertahankan untuk mendapatkan perubahan di produk dan layanan ketika sedang dibutuhkan.

Pentingnya mengenali pada produk sendiri adalah wirausaha yang bagus, karena dengan mengetahui yang sedang tren baru di pasar bisa menjadi acuan bawhawa produk kita bisa bersaing, atau melakukan inovasi pada produk kita.

Kesimpulan

Jadi dari penjelasan wirausaha diatas kita dapat mengerti pentingnya wirausaha, kita semua bisa berwirausaha dengan cara kita masing-masing, tergantung dari mana memulainya.

Artikel ini bisa membantu menambah wawasan dan pengetahuan Anda dalam memulai ataupun menjalankan wirausaha.

Tetapi semakin perusahaan berkembang, bisa saja terjadi kekeliruan atau kesalahan yang fatal jika tidak ada pengelolaan yang baik, karena pengelolaan di keuangan penting bagi usaha apapun.

Karena hal tersebut, Anda bisa dengan mudah mengelola keuangan pada perusahaan Anda dengan software akuntansi seperti MASERP.

Tentunya akuntansi keuangan menjadi lebih mudah di tracking apabila Anda telah menggunakan software akuntansi modern di perusahaan Anda.

Apabila Anda memiliki kebutuhan khusus, Anda dapat langsung berkonsultasi dengan konsultan kami melalui link dibawah.

New call-to-action