Pelajari Akuntansi Manajemen Secara Mendalam

Adakah yang familiar dengan Akuntansi Manajemen? Mungkin bagi sebagian masyarakat luas belum mengetahui secara mendalam tentang hal ini. Dalam artikel berikut ini, mari kita pelajari lebih dalam Akuntansi Manajemen.

Definisi Akuntansi Manajemen

Akuntansi ialah sebuah sistem untuk mengatur tentang keuangan suatu perusahaan, yang dapat dilakukan oleh manajer. Sedangkan untuk manajemen sendiri adalah ilmu dalam menyusun membangun, perencanan, pengawasan dan penggerakan suatu perusahan ataupun organisasi.

Baca Juga: Apa itu akuntansi? Ketahui pengertian dan jenis-jenisnya

Definisi lainnya adalah kegiatan yang bisa memberikan informasi keuangan bagi manajemen perusahaan. Baik informasi keuangan yang nantinya berguna bagi strategi perusahaan.

Pakar dalam bidang akuntansi ini menjelaskan tentang akuntansi manajemen berikut ini:

  • Hariadi (2002:3)

Pengukuran, identifikasi, analisis, pencatatan, pengumpulan dan laporan kejadian ekonomi pada suatu badan usaha yang dapat dimaksudkan manajemen dapat menjalankan fungsi perencanaan pengambilan keputusan dan pengendalian.

  • RA Supriyono (1993:8)

Management Accounting Practices ialah proses penyiapan, analisis, pengumpulan data, pengukuran, identifikasi komunikasi informasi dapat digunakan manajemen dalam sebuah evaluasi, pengendalian dan perencanaan dalam organisasi atau perusahaan bisa menjamin penggunaan dan tanggungjawab atas sumber tersebut.

  • Hansen & Mowen

Serangkaian sistem informasi dapat menghasilkan (output) dengan memanfaatkan (input) dan memprosesnya untuk mencapai suatu tujuan khusus manajemen. Proses itu dapat berupa pengelolaan, informasi, pelaporan, penyimpanan, pengukuran dan pengumpulan. (1999 : Hansen/Mowen Jilid I)

  • Charles T. Homgren (1993)

Merupakan proses pengukuran, penyiapan, terdapat pula penafsiran dan identifikasi serta komunikasi yang baik sehingga dapat mencapai tujuan yang sempurna pada perusahaan.

Tujuan dan Fungsi Akuntansi Manajemen

Ilustrasi Fungsi Akuntansi Manajemen

Tujuan utamanya adalah untuk memberikan informasi tentang keuangan di perusahaan, lalu informasi tersebut dapat membantu bagi manajemen dari beberapa pertimbangan bisnis perusahaan.

Lebih lengkapnya tujuannya membuat laporan data sebelumnya. Untuk selanjutnya menjadi bahan pengorganisasian, perencanaan, pengarahan dan nilai kerja. Contoh pada pembagian fungsinya, untuk manajer keuangan, akan lebih membutuhkan info terkait informasi keuangan perusahaan.

Contohnya jika manajer di pemasaran akan membutuhkan informasi harga jual untuk produk penjualan dengan cara tunai atau kredit marketing fee, beban penjualan dan nilai potongan dalam masa penjualan. Hal itu bisa kamu pelajari melalui proses akuntansi manajemen ini. t

Fungsi Akuntansi Manajemen

Memprediksi Bisnis Masa Depan

Memperkirakan dalam bisnis untuk pengambilan pada keputusan lalu dapat menjawab pertanyaan: Haruskah perusahaan ini berinvestasi? Berapa macam produk yang disiapkan untuk di distribusikan ke pada pasar ataupun wilayah yang berbeda?

Hal ini bisa membantu menjawab pertanyaan yang penting dapat memprediksi bisnis bagi masa depan.

Memudahkan Keputusan Bisnis

Informasi yang didapa tentang ketersediaan dan biaya produksi ialah faktor yang menentukan dalam keputusan bisnis. Dari data akuntansi manajer dapat mengambil keputusan setingkat dengan operasional.

Memperkirakan Arus Kas

Arus kas memperkirakan dampaknya pada bisnis ialah hal yang haru difokuskan. Karena dari biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan untuk masa datang, lalu pendapatan mana yang dapat membantu bisnis lebih maju.

Cara tesebut digunakan untuk menentukan alokasi sumberdaya dan uang yang bisa menghasilkan pendapatan di waktu lain.

Menganalisis Tingkat Pengembalian

Penting untuk manajer untuk mengetahui tahapan pada pengembalian sebelum mulai proyek yang dapat membutuhkan investasi.

Perencanaan

Manajemen Akuntansi tidak ada jadwal yang padat dibandingkan dengan akuntansi keuangan. Ini bisa membuat manajemen akuntansi sebagai proses kelanjutan. Informasi pada keuangan bisa disajikan kepada manajemen dalam bentuk harian, mingguan bahkan bulanan.

Manajer bisa menggunakan analisis dari data tersebut untuk bisa merencanakan kegiatan. Contohnya data dapat menunjukkan pada pada turunya penjualan di daerah tertentu, maka tugas manajer penjualan bisa memberikan saran kepada tim, lalu bisa membuat beberapa strategi tindakan agar terjadi situasi yeng lebih baik.

Identifikasi Masalah Bisnis

Bebrapa produk tidak berkerja secara optimal atau ada departemen sedang mengalami kekurangan yang mengakibatkan kerugian yang tidak terduga. Akuntansi manajemen bisa membantu perusahaan mengetahui penyebabnya.

Baca Juga: Functions of Management Accounting (4 Functions )

Cara Kerja Sistem Pada Akuntansi Manajemen

Pada sistem manajemen, cara ini dapat dipergunakan untuk memberi informasi penting bagi manajemen akuntansi untuk pengambilan keputusan yang tepat pada bisnis perusahaan.

Sebagai contohnya, perusahaan manufaktur mengunakan sistem tersebut agar dapat membantu penetapan biaya pengelolaan proses mereka.

Keterbatasan Akuntansi Manajemen

1. Tidak kompehrensif

Manajemen tidak cukup memiliki pengetahuan yang fasih tentang keuangan, statistik, ekonomi dll.

2. Data dari akuntansi keuangan

Akuntansi manajemen mengambil keputusan berdasarkan data yang telah disediakan dari akuntan perusahaan.

3.Membutuhkan biaya

Menyiapkan sistem akuntansi yang membutuhkan banyak beberapa investasi.

4. Data yang sudah lama

Manajemen mendapatkan data yang sudah lama, mungkin bisa berubah ketika manajemen mengambil keputusan tersebut.

Kesimpulan

Setelah mengerti secara lengkap tentang akuntansi manajemen, pemilik bisnis pembuatan laporan keuangan untuk bisnis tersebut dengan lebih terencana dan sesuai bagi kebutuhan setiap pada bagian manajemen bisnis Anda.

Untuk kemudahan dalam proses penyampaian data keuangan pada keseluruhan manajemen, departemen, dan team Anda bisa menggunakan software akuntansi ERP seperti MAS Software.

Semoga artikelnya bisa bermanfaat, dan jangan lupa untuk membaca artikel relevan lainnya di blog kami!

Baca Juga: Pengertian Akuntansi Keuangan dan Contohnya

Dapatkan Free Konsultasi Langsung Dengan Konsultan Ahli Kami

New call-to-action