Rekomendasi Software Faktur Penjualan untuk Berbagai Bisnis

Setiap faktur penjualan yang dibuat umumnya terdiri dari nomor faktur, produk dan layanan yang dibeli beserta harga, serta total uang yang harus dibayarkan klien. Apabila bisnis Anda harus membuat puluhan bahkan ratusan faktur setiap harinya, memang sebaiknya memerlukan software untuk menyederhanakan prosesnya dan dapat mengirimkan faktur dalam bentuk digital ke email klien. Dengan memakai software faktur penjualan, perusahaan Anda akan lebih mudah arus kas lebih efektif, proses pembayaran lebih cepat, memberikan pilihan pembayaran ke klien dan personalisasi faktur dengan info perusahaan Anda. Apakah saat ini Anda sedang mencari software penjualan untuk perusahaan? Di artikel kali ini saya akan menjelaskan beberapa fitur penjualan yang ada di software MASERP!

Mengapa Bisnis Membutuhkan Faktur Penjualan?

Faktur merupakan dokumen yang memiliki kekuatan hukum antara pihak penjual dan pembeli. Ini merupakan bukti barang yang sudah terjual dan pembayaran jatuh tempo dari pembeli. Faktur membantu dalam proses manajemen persediaan barang dan juga pengelolaan keuangan perusahaan. Dari sisi pembeli, faktur sangat penting sebagai input tax credit dari pajak yang dibayarkan atas pembelian, dan hanya dapat diklaim apabila ada faktur yang sah.

Dari sisi penjual, faktur membantu dalam melacak penjualan secara lengkap, membantu membuat perkiraan penjualan dan persediaan barang di periode selanjutnya dan meminta pembayaran dari pelanggan. Nantinya faktur penjualan menjadi bukti utama untuk keperluan akuntansi bisnis Anda.

Dari sisi pembeli, faktur berguna untuk mengklaim tax credit yang dibayarkan atas pembelian dan membantu untuk mentracking pembayaran jatuh tempo.

Baca Juga: Commercial Invoice: Fungsi, Komponen dan Risiko

Bagaimana Proses Faktur Penjualan yang Baik?

Otomatisasi Pembuatan Faktur

Pembuatan faktur manual untuk ratusan transaksi sudah pasti akan melelahkan dan menghabiskan banyak waktu karyawan Anda, belum lagi akan ditemukannya human error karena kesalahan input dan perhitungan. Otomatisasi proses faktur akan mengurangi human error dan meningkatkan efisiensi tim sales secara keseluruhan.

Bahkan software faktur penjualan dapat terintegrasi dengan modul untuk divisi lain, yang nantinya akan membantu manajemen persediaan barang dan menghasilkan laporan keuangan yang akurat dan dapat dianalisa.

Faktur Tepat Waktu

Salah satu kendala yang sering ditemukan dalam urusan faktur penjualan adalah keterlambatan dalam pembayaran. Nah, jangan lupa untuk selalu menyertakan syarat pembayaran dalam faktur penjualan. Pembuatan faktur juga sebaiknya memastikan bisnis Anda juga memiliki layanan yang cepat agar pembayaran bisa segera dilakukan oleh calon konsumen.

Pemberian Nomor Faktur

Penomoran yang urut akan membantu menjaga catatan pembukuan menjadi lebih teratur. Hal ini juga membantu dalam tracking faktur satu per satu dan apabila Anda ingin mengambil data penjualan, tentu ini akan memudahkan. Selain itu sistem akuntansi di perusahaan Anda juga akan terpelihara dengan tepat karena memiliki data yang baik.

Komunikasi dengan Konsumen

Salah satu kunci sukses bisnis adalah memiliki hubungan yang baik dengan para konsumennya. Nah, ini juga berlaku ketika Anda sebagai sales menyampaikan faktur penjualan ke calon konsumen. Komunikasi yang baik saat bertemu langsung, di telepon maupun chat sangat diperlukan agar konsumen Anda dapat melakukan pembelian kembali di waktu mendatang.

Follow Up

Sebagai sales atau pihak yang mengurus penjualan perusahaan, jangan segan untuk meminta pembayaran saat jatuh tempo. Dari sisi sales, cara ini dilakukan agar target penjualan Anda dapat tercapai.

Fitur Faktur Penjualan di MASERP

MASERP sebagai software ERP dengan accounting sebagai basenya memiliki modul customer dan penjualan, dimana Anda dapat mengelola dan mencatat segala transaksi penjualan dalam satu sistem. Data penjualan Anda pun juga langsung terintegrasi dengan fitur lain seperti inventory, piutang dan faktur pajak.

Sebelum membuat faktur penjualan, Anda diharuskan untuk membuat jurnal penjualan beserta kode jurnal, yang nantinya akan otomatis dipakai dalam proses penjualan sehingga tidak perlu double input.

Beberapa fitur penjualan yang ada di software faktur penjualan MASERP antara lain Sales Order untuk melakukan tracking sales order yang sudah dibuat serta melihat barang mana yang sudah dikirim atau belum, kirim barang secara parsial untuk SO yang sama, faktur penjualan parsial sesuai dengan jumlah surat jalan sebenarnya, faktur pajak yang mendukung untuk pajak (PPN dan PPh), retur penjualan untuk mengurangi piutang konsumen, integrasi dengan aplikasi POS (point of sales) dan masih banyak lagi.

Dengan software faktur penjualan MASERP, Anda dapat melakukan penjualan dengan tiga cara antara lain penjualan via SJ (surat jalan), penjualan via SO (sales order) dan penjualan langsung.

Form Penjualan di MASERP

Agar cash flow perusahaan tetap sehat, memang sebaiknya proses uang masuk dan keluar pun harus sesuai dengan jatuh tempo. Untuk memudahkan hal tersebut, MASERP menyediakan fitur Daftar Faktur Jatuh Tempo yang berisi daftar nomor faktur, tanggal faktur, nama customer Anda, tipe transaksi, beserta jumlah akhir yang harus dibayarkan.

Daftar Faktur Jatuh Tempo di MASERP

Bagi perusahaan berskala besar mungkin akan kelimpungan kalau harus mengecek invoice yang sudah terbayar atau belum secara manual, karena transaksi yang terjadi bukan hitungan jari. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, MASERP memberikan berbagai fitur chart untuk tiap modul seperti pada penjualan. Salah satu yang bisa Anda lihat adalah chart perbandingan antara total invoice dengan invoice yang sudah terbayar dalam periode waktu tertentu.

Chart Total Invoices dan Paid Invoices di MASERP

Baca Juga: MASERP: ERP Terbaik dengan Fitur Lengkap dan Terpercaya

Kesimpulan

Dari sisi pembeli, faktur sangat penting sebagai input tax credit dari pajak yang dibayarkan atas pembelian, dan hanya dapat diklaim apabila ada faktur yang sah.

Dari sisi penjual, faktur membantu dalam melacak penjualan secara lengkap, membantu membuat perkiraan penjualan dan persediaan barang di periode selanjutnya dan meminta pembayaran dari pelanggan.

Proses faktur penjualan dikatakan baik apabila dapat mengotomatisasi proses pembuatan faktur, tepat waktu saat diserahkan ke klien dan pembayarannya, terdapat nomor faktur, komunikasi yang baik dengan konsumen dan ada follow up saat jatuh tempo pembayaran dari tim sales.

Berkembangnya teknologi saat ini yang serba digital, dalam transaksi dan faktur pun bisa dialihkan menjadi digital, Anda bisa gunakan software akuntansi modern seperti MASERP. MASERP memiliki modul dan fitur lengkap seperti penjualan, pembelian, keuangan, manufaktur, distribusi, aset tetap, karyawan, inventory, pajak, 300+ laporan siap cetak dan masih banyak lagi. Software ini dapat dipasang di server kantor atau di cloud. Kelebihan pemasangan di server kantor, Anda bisa menggunakan program walaupun internet mati.

Yang membedakan MASERP dengan vendor lain, MASERP dapat dicustom sesuai dengan bisnis flow perusahaan Anda dan dapat juga diintegrasi dengan software lain. Biarkan software yang beradaptasi dengan bisnis flow Anda, bukan Anda yang mengikuti flow software.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan apa yang Anda butuhkan kepada konsultan ahli kami sekarang. Gratis!