Software EPC (Engineering, Procurement, Construction) untuk Konstruksi

Sebuah proyek pasti memerlukan human resource untuk menjalankan proyek tersebut untuk mencapai target. Sebagian besar proyek konstruksi yang tidak biasa menggunakan software EPC (Engineering Procurement Construction), misalnya pada industri migas pembangkit listrik & energi, pertambangan, dan lain-lain. 

Dengan menggunakan EPC ini dapat mengidentifikasi masalah yang bisa terjadi dalam menjalankan suatu proyek. Melalui sistem ini juga dapat menentukan langkah untuk mencegah permasalahan tersebut. Selain itu, EPC dapat mencegah potensi masalah keuangan, penjadwalan yang tertunda, masalah manajemen kontrak, dan sebagainya. 

Pengertian Software EPC

Software EPC (Engineering Procurement Construction) adalah suatu sistem manajemen untuk proses desain/perencanaan. Selain itu, perencanaan juga memiliki tanggung jawab untuk pengadaan material, dan pelaksanaan konstruksi yang terancang sebelumnya.

Aplikasi EPC disebut juga integrator karena sebagai jembatan yang mengkoordinasikan seluruh bagian yang berhubungan dengan pembangunan. Sistem EPC juga mengerjakan mulai dari licensor yaitu pemilik lisensi, vendor yang menjual barang, shipper yang mengirim barang. Selain itu, sistem EPC sebagai operator yang mengoperasikan plant atau pabrik.

Baca Juga: 4 Langkah Mudah Membuat Project Cost untuk Pemula

Tahapan Proyek EPC

Tahapan yang biasa dilakukan, meliputi:

Master Plan atau Conceptual  Development & Feasibility

Pada tahapan ini yang merupakan penentuan konsep besar proyek dan pemilik atau owner yang merencanakannya.

Front End Engineering Design atau Basic Engineering Design

Tahap kedua yaitu tahap perencanaan dan desain proyek yang biasanya konsultan atau kontraktor EPC lakukan. Pada tahap ini telah menghasilkan beberapa hal, yakni denah rencana, diagram alur proses, hingga spesifikasi bahan yang digunakan sebagai dokumen tender. 

Tender atau Bidding

Setelah tahap perencanaan, beralih pada tahap ini yaitu tahap tender dimana pemilik proyek akan menawarkan beberapa kontraktor EPC untuk mengikuti tender.

Setelah mempelajari dokumen tender, selanjutnya kontraktor akan melakukan bidding dengan mengajukan harga, kemudian pemilik akan memilih kontraktor yang memenangkan tender.

Engineering

Setelah Itu, baru memulai secara bertahap mulai dari perencanaan detail proyek, procurement atau pengadaan material, dan construction atau pelaksanaan konstruksi.

Kesimpulan

Software EPC (Engineering Procurement Construction) adalah suatu sistem manajemen untuk proses desain/perencanaan. Dengan menggunakan EPC ini sangat membantu para pemilik proyek untuk bisnisnya, karena memiliki banyak keunggulan. Selain itu, bisa kita lihat keunggulan yang ada, yaitu dengan pengelolaan waktu serta pengadaan barang yang efisien.

Dalam proses melakukan pembangunan ini tentu saja dibutuhkan perencanaan baik itu secara desain maupun alokasi biaya terlebih untuk peralatan yang dibutuhkan saat pembangunan.

Nah, agar bisa mengelola budget dengan baik maka perusahaan harus bisa mencatat dengan baik dan rapi arus kas masuk dan keluar yang terjadi pada setiap transaksi.

Untuk memudahkan hal tersebut, perusahaan Anda bisa menggunakan software ERP modern seperti MASERP karena memiliki ketersediaan pada fitur-fitur yang lengkap, mulai dari laporan keuangan, upah karyawan, akuntansi bisnis, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan software akuntansi akan memudahkan Anda untuk membuat perencanaan mengenai budget untuk program pembangunan menggunakan teknologi konstruksi.

Software ini akan membantu Anda dalam membuat laporan-laporan keuangan di perusahaan. Jadi Anda pun tahu mengenai laporan kas dan laporan laba rugi. Selain itu, banyak pula fitur-fitur pendukung yang ada dalam software MASERP

Software akuntansi MASERP bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk segala kebutuhan akuntansi usaha Anda. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!