10 Soft Skill yang Wajib Dimiliki untuk Meningkatkan Karir

Pada dunia kerja tentu tidak bisa lepas dari pembahasan seputar soft skills, kalian tahu apa itu? Soft skill adalah salah satu kemampuan penting yang membuat seseorang terlihat lebih terlihat dan profesional dibandingkan orang lain.

Sekarang beragam macam soft skill yang bisa dipelajari. Mulai dari kemampuan paling dasar seperti komunikasi, kemampuan mendengarkan lawan bicara dan berbagai macam lainnya. Sekarang apa ya soft skill yang harus dimiliki oleh generasi milenial agar bisa sukses bersaing di dunia profesional? Berikut ini penjelasan selengkapnya terkait pengertian apa itu soft skill lengkap dengan contoh soft skill pada dunia kerja. Simak artikel ini sampai akhir ya!

Pengertian Soft Skill

Soft skill adalah kemampuan yang dimiliki oleh individu secara alami yang mencakup kecerdasan, baik emosional maupun sosial, komunikasi atau berinteraksi dengan individu lain, dan semacamnya. Dalam hal ini soft skill adalah proses pengenalan karakter bawaan individu.

Soft skill sebenarnya bisa dipelajari tetapi tidak dengan cara belajar formal layaknya di bangku sekolah atau perkuliahan. Hal itu dapat dipelajari dengan lebih banyak melakukan komunikasi atau berinteraksi dengan individu lain, serta dengan melatih kepekaan di sosial.  Dengan begitu, individu itu dapat menerapkannya pada perilaku yang nantinya akan berpengaruh pada kemampuan soft skill.

Seiring berkembangnya zaman, individu memiliki kemampuan hard skill, ia juga dituntut untuk harus memiliki soft skill. Hal itu karena dalam suatu organisasi dan lingkungan sosial lainnya, banyak dijumpai kasus kekerasan yang disebabkan ketidakmampuan individu dalam mengendalikan emosi, pikiran, tindakan, juga tuntutan organisasi atau lingkungan sosial.

Maka, kemampuan soft skill dinilai sangat penting karena bisa dikatakan seorang individu itu akan terlihat lebih kompeten dibandingkan dengan individu lainnya.

Baca Juga: 8 Skill dan Tugas Project Manager Beserta Gajinya

Mengapa Soft Skill itu Penting?

Asah Kemampuan Soft Skill

Hard skill tidak selalu sulit diperoleh. Hard skill mudah diajarkan, dapat dipelajari dan disempurnakan dari waktu ke waktu. Dibutuhkan upaya sadar, latihan yang berkelanjutan, dan komitmen untuk pengembangan diri untuk meningkatkan soft skill.

Hard skill mungkin terlihat mengesankan di CV, tetapi mengasah kemampuan soft skill adalah apa yang akan membedakan kamu dari banyak kandidat yang memiliki keahlian serupa dengan kamu.

Keterampilan Balance

Dalam sebagian besar pekerjaan, keterampilan teknis saja tidak cukup untuk benar-benar efektif. Seorang harus balance dalam keterampilan, misalnya hard skill dan soft skill. Contohnya soft skill salesman dengan pengetahuan produk dan pasar yang hebat tetap sulit berhasil jika tidak memiliki keterampilan interpersonal dan komunikasi yang diperlukan untuk memenangkan transaksi dan mempertahankan klien.

Seorang manajer bisnis perlu mahir mendengarkan karyawan, memiliki keterampilan berbicara yang baik, dan dapat berpikir kreatif. Semua karir memerlukan setidaknya beberapa pengertian apa itu soft skill untuk membuat hard skill berharga.

Menarik Hati Pelanggan

Dalam dunia bisnis, pelanggan ditawarkan pilihan tanpa batas melalui teknologi internet dan telepon pintar. Bagi pelanggan ini, kemudahan dan harga murah mudah didapat, sehingga layanan pelanggan sering kali berperan penting memengaruhi pilihan untuk menggunakan bisnis tertentu. Oleh karena itu, kemampuan untuk berkomunikasi secara efisien dan efektif dengan pelanggan adalah faktor vital dalam keberhasilan organisasi.

Bisa Bersaing di Dunia Kerja

Keterampilan seperti mendengarkan, berkolaborasi dengan orang lain mempresentasikan ide dan berkomunikasi dengan anggota tim semuanya sangat dihargai di tempat kerja kekinian. Penguasaan pengertian soft skill yang mumpuni memastikan lingkungan kerja yang produktif, kolaboratif dan sehat, semua atribut penting bagi organisasi di dunia yang semakin kompetitif.

10 Soft Skill yang Wajib Dimiliki

Komunikasi

Soft skill yang pertama dan harus dimiliki saat ini adalah komunikasi. Di mana saja kamu berada, kamu butuh untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain. Dengan teman, guru atau dosen, hingga rekan kerja dan bos kamu nantinya. Kedengarannya memang simple, tapi masih banyak lho yang sulit untuk menerapkan komunikasi yang baik. Mulai dari mendengarkan partner bicara, menjelaskan atau mengungkapkan sesuatu, menulis, hingga presentasi.

Beradaptasi

Beradaptasi adalah soft skill yang secara tidak sadar sudah kamu latih sejak dulu. Setiap kita lulus dari satu jenjang pendidikan dan masuk ke jenjang berikutnya, kamu pasti mengalami masa-masa berkenalan dengan teman baru, belajar hal baru, membiasakan diri dengan situasi baru, dan lain-lain.

Nah, orang-orang yang punya tingkat adaptasi lebih cepat dan tinggi akan lebih menguntungkan. Kamu bisa merasa nyaman dengan situasi apapun sehingga bisa mengeluarkan kemampuan terbaikmu.

Networking

Selain komunikasi, networking atau kemampuan untuk memperluas koneksi dan relasi juga berguna untuk masa depan. Pentingnya menjalin komunikasi dan hubungan baik dengan banyak orang dari berbagai bidang bisa membantu kamu nantinya. Mulai dari mencari pekerjaan, hubungan profesional, sampai kamu bisa belajar banyak hal baru dari teman-teman yang bekerja di bidang lain.

Etika

Yang paling penting dan tidak boleh terlupakan, yaitu etika yang baik. Walaupun kamu pintar, memiliki kemampuan di atas rata-rata, dan beragam skill lainnya tapi tidak diimbangi dengan etika dan attitude yang baik, kamu bisa tidak disukai rekan kerja kamu nantinya. Jadi, belajar untuk selalu menghargai orang lain, berkelakuan baik, punya semangat tinggi, dan terus berpikiran positif.

Problem Solving

Di zaman sekarang ini, kamu tidak bisa jadi orang yang pasif, baik itu di sekolah, kampus, dan perusahaan mengajarkan kita untuk bisa selalu proaktif dan memberikan pendapat serta solusi terhadap sebuah masalah. Dengan terbiasa untuk mengutarakan pendapat dan menemukan masalah serta mencari solusinya, kamu akan jadi orang yang menonjol dan dicari banyak perusahaan. Jadi, jangan takut untuk mencoba memecahkan masalah dan terus pro-aktif ya.

Leadership

Leadership skill atau kepemimpinan juga perlu kamu latih. Tidak hanya dikhususkan untuk orang-orang yang punya jabatan tertentu, melainkan semua orang. Jika kamu punya kemampuan kepemimpinan yang tinggi, itu akan jadi nilai plus. Kamu akan bisa mengemban tugas dan tanggung jawab dengan baik, serta mampu mengkomunikasikannya kepada rekan satu tim.

Bekerja di Bawah Tekanan

Semakin tinggi level pendidikan dan pekerjaan kamu nantinya, kamu akan banyak mengalami masa-masa di bawah tekanan. Namun, kamu harus yakin bahwa dengan kemampuan yang kamu miliki kamu bisa mengatasinya. Nah, kemampuan bekerja di bawah tekanan sangat penting untuk kamu kuasai. Agar kamu bisa selalu tenang dan menyelesaikan tugas dengan maksimal.

Decision making

Proses pengambilan keputusan kadang terkesan sangat berat tetapi harus dilakukan. Tidak semua orang mampu memilih keputusan terbaik entah itu untuk dirinya sendiri apa lagi untuk pihak lain. Namun, ketika berada di sebuah organisasi atau perusahaan, kamu sudah harus siap dengan kemampuan tersebut karena akan ada saatnya dimana kamu diminta untuk mengambil keputusan.

Ada proses berpikir yang harus dilewati sebelum menentukan keputusan, mulai dari mendefinisikan persoalan dengan sejelas-jelasnya, kemudian menganalisa pro-kontra dari masing-masing keputusan, sampai dengan menyiapkan tindakan lanjutan terjadi hal yang tidak diinginkan sebagai dampak dari keputusan yang diambil.

Negosiasi

Negosiasi merupakan salah satu bentuk implementasi dari skill komunikasi. Namun, dalam bernegosiasi ada juga strategi yang diterapkan karena tujuannya komunikasi yang terjadi bukan sebatas menyampaikan pesan melainkan untuk mencapai kesepakatan.

Public speaking

Tentunya kamu sudah nggak asing lagi kan dengan skill yang satu ini? Yup, sampai saat ini kemampuan public speaking masih menjadi hal yang sangat penting untuk kamu miliki. Skill ini akan sangat terpakai ketika kamu menjadi leader, di mana kamu akan tampil di media atau di forum-forum resmi untuk membawakan pidato ataupun bentuk speech lainnya. Dengan kemampuan public speaking yang baik kamu bisa tampil dengan percaya diri dan membuat kagum semua orang.

Kesimpulan

Tidak bisa dipungkiri, soft skill adalah salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki untuk meningkatkan karier. Ada banyak manfaat yang bisa dapatkan dengan mempelajari soft skill sebelum masuk ke dunia kerja. Dilihat dari segi bisnis, pemilik perusahaan juga akan senang jika memiliki karyawan atau tim dengan kemampuan soft skill optimal. Pasalnya, hal ini akan membantu menciptakan ekosistem kerja yang baik sehingga produktivitas bisa tercapai.

Jadi, di tengah ketatnya persaingan kerja seperti sekarang, kemampuan soft skill saja tidak cukup untuk mendapatkan pekerjaan impian. Setidaknya, kamu harus bisa membranding diri dan mengelola dengan skill Anda.

Salah satu soft skill yang harus dimiliki adalah leadership skill. Jadi, tanamkan sikap leadership tersebut, untuk jenjang karir yang lebih tinggi. Terlebih, untuk pengusaha atau pebisnis, sikap ini tentu saja juga harus dimiliki. 

Karena, sebagai pemilik, kamu adalah pemimpinnya. Jadi tidak hanya bos besar saja yang harus memiliki sikap ini, pebisnis juga harus punya! Pasalnya, mulai dari mengurus karyawan, bahan baku, jadwal operasional, marketing, hingga keuangan, kamu harus bisa mengontrolnya dengan baik. 

Nah, agar tugasmu dalam mengatur semua pekerja di bisnis bisa lebih tertata dan mudah, kamu butuh software akuntansi modern seperti MASERP. 

Dengan MASERP, kamu bisa mencatat gaji karyawan, pemasukan bahan baku, pengeluaran, hingga membuat laporan keuangan. MASERP dibuat dengan teknologi canggih dan modern, sehingga kamu bisa membuat segala pencatatan dengan praktis, mudah, dan cepat. 

Baca Juga: HR Management: Pengertian dan 5 Fungsi Penerapannya di Perusahaan

New call-to-action