8 Skill dan Tugas Project Manager Beserta Gajinya

Salah satu strategi perusahaan dalam mengembangkan usahanya adalah dengan membuat banyak proyek. Tapi tahukah kamu, bahwa dalam proyek tersebut terdapat posisi yang berperan penting yakni project manager. Bukan sembarang posisi, project manager adalah orang yang ditunjuk sebagai lead dari sebuah proyek yang sedang dijalankan perusahaan.

Saking pentingnya posisi project manager, bahkan dijadikan sebagai orang yang bisa menentukan kesuksesan sebuah proyek di perusahaan.

Skill yang Harus Dimiliki Project Manager

Karena tanggung jawabnya yang banyak dan berat maka project manager adalah salah satu profesi yang harus memiliki banyak skill atau keahlian. Bahkan, di kenyataannya ada banyak skill project manager yang sangat dibutuhkan.

Deretan skill yang harus dimiliki project manager adalah sebagai berikut:

Komunikasi

Skill pertama yang harus dimiliki dari seorang project manager adalah keahlian komunikasi. Sebenarnya, keahlian ini memang menjadi salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh profesi apapun termasuk project manager.

Tidak hanya sekedar bisa skill komunikasi, bahkan harus kamu lebih mahir karena komunikasi bisa digunakan sebagai alat untuk mengutarakan pendapat hingga pesan-pesan penting. Sebagai project manager, kamu juga tidak hanya berhubungan dengan anggota tim, melainkan juga berhubungan langsung dengan klien proyek.

Nah, jika kamu sudah memiliki skill komunikasi yang baik, maka kamu bisa menjadi seorang project manager yang baik karena kamu akan lebih mudah dalam menyampaikan visi, tujuan, ide, dan permasalahan yang sedang dihadapi demi kesuksesan proyek.

Kepemimpinan

Skill kedua yang harus dimiliki seorang project manager adalah kepemimpinan di mana dalam membangun sebuah proyek dibutuhkan seorang pemimpin.

Di sinilah, project manager juga akan memimpin bagi seluruh anggotanya dari segala proses kerja proyek dari awal hingga akhir. 

Tidak hanya menyuruh, pemimpin di sini harus bisa mengajarkan, mengarahkan anggota tim untuk dapat mengerjakan semua tugas-tugas yang sudah dibagi dan harus diselesaikan. Pemimpin juga harus bisa memotivasi anggota agar mereka memiliki prinsip yang kuat untuk bisa terus semangat dalam menyelesaikan proyek

Negosiasi

Selanjutnya adalah skill negosiasi, di mana skill ini tidak hanya dibutuhkan oleh pebisnis tapi juga oleh project manager karena pekerjaan project manager juga berhubungan dengan supplier, klien, dan para lainnya.

Intinya, skill negosiasi ini merupakan skill yang sangat bermanfaat untuk penunjang komunikasi dengan anggota tim dan pihak lainnya. Project manager harus pintar dalam menentukan prioritas, menentukan keputusan, ide dan lainnya untuk kepentingan proyek ke para anggota tim.

Memiliki Manajemen Tim dan Waktu yang Baik

Tidak bisa bekerja sendirian, project manager adalah profesi yang juga membutuhkan tim untuk menyelesaikan sebuah proyek. Maka dari itu, seorang project manager harus memiliki manajemen tim dan waktu yang baik karena kedua hal tersebut masuk ke dalam sumber daya yang penting.

Selain sebagai pemimpin yang baik, project manager juga harus tahu bagaimana caranya mengelola kedua hal tersebut dengan maksimal agar pekerjaan bisa berjalan efektif.

Pembagian tim dan waktu harus sejalan dan sesuai yang sudah dibuat berdasarkan pertimbangan dari perencanaan awal, sehingga proyek bisa selesai tepat waktu dan tidak menghamburkan uang lebih banyak.

Manajemen Risiko

Tidak hanya mengelola anggota tim dan waktu project manager juga harus bisa mengelola manajemen risiko karena di dalam pekerjaan proyek akan selalu ada yang namanya risiko kerja. Bahkan, sebuah proyek bisa saja tidak berhasil dijalankan akibat banyaknya risiko yang terjadi.

Nah, di sinilah skill manajemen risiko project manager sangat dibutuhkan. Dengan skill tersebut, seorang project manager bisa memperkirakan mana saja titik-titik yang memiliki risiko kegagalan paling tinggi sehingga mereka bisa meminimalisir. Setelah kendala risiko diketahui, project manager juga harus tahu solusi apa yang harus dikerjakan dan masalah bisa dilalui dengan baik.

Melek Teknologi

Kamu ingin jadi project manager, tapi tidak melek teknologi? Bagaimana bisa memimpin proyek? Terlebih untuk membuat proyek akan ada banyak alat dan teknologi canggih untuk membantu kamu dalam membangun proyek.

Teknologi-teknologi canggih tersebut bisa membantu kamu dan tim dalam meningkatkan produktivitas dan efektivitas kerja selama proyek sedang dijalankan. Dalam teknologi tersebut juga banyak tools yang digunakan agar pekerjaan bisa dijalankan dengan tepat. Sehingga, akan sangat sulit untuk menjalankan proyek tepat waktu jika kamu tidak mengetahui tools tersebut.

Maka dari itu, jadilah project manager yang melek teknologi terkini atau modern karena hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi dirimu sendiri dan juga anggota tim.

Penyelesaian masalah

Skill berikutnya yang dibutuhkan seorang project manager adalah pintar dalam melakukan penyelesaian masalah. Selain bisa mengelola risiko, ketika ada masalah kamu juga dituntut untuk bisa sekaligus menyelesaikan masalah tersebut.

Penyelesaian masalah juga akan bisa dilakukan dengan mudah jika manajer proyek mampu melakukan riset dengan baik menerima segala masukan dari anggota tim, klien, dan stakeholer.

Dari situ, kamu bisa mengolah informasi dan menjadikannya sebagai suatu kesimpulan yang bisa menjadi solusi terbaik ketika ada kendala dalam proyek. Karena masalah yang terjadi bisa saja datang dari internal atau dari anggotanya sendiri.

Mengelola biaya

Bicara soal proyek, tentu membutuhkan banyak biaya dalam pembuatannya. Sehingga manager project juga dituntut untuk pintar dalam mengelola biaya.

Biaya tersebut biasanya akan dikeluarkan oleh perusahaan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Di sini, project manager tugasnya adalah untuk mengelola biaya tersebut. Biaya harus cukup digunakan untuk kebutuhan proyek dari awal sampai selesai.

Akan lebih baik jika proyek idealnya bisa mengeluarkan biaya yang efisien namun bisa menghasilkan keuntungan yang semaksimal mungkin. Di sini kamu harus pintar melihat kondisi yakni dengan mengetahui bagian-bagian apa saja dari suatu proyek yang membutuhkan biaya cukup besar yang paling diprioritaskan dan juga sebaliknya.

Tugas Project Manager

Jika di atas adalah skill yang dibutuhkan seorang project manager, bagaimana dengan tugas dari project manager? Yuk, simak informasinya di sini.

Melakukan Perancangan Project

Tidak cuma mengerjakan, tugas pertama project manager adalah melakukan perancangan proyeknya terlebih dahulu, baik dari segi teknis maupun non-teknis. Tidak sendirian, tugas ini biasanya dibantu oleh beberapa koordinator proyek yang sebelumnya telah dipilih.

Memimpin Rapat Koordinasi Tim

Seperti yang sudah dibahas, bahwa project manager harus memiliki kemampuan pemimpin karena tugasnya memang harus memimpin setiap rapat koordinasi tim.

Karena sebelum pengerjaan proyek dimulai akan ada pertemuan yang akan membahas segala hal yang bersangkutan dengan pelaksaan proyek. Nah, di sinilah project manager memimpin rapat yang juga diikuti oleh anggota timnya.

Memimpin Pelaksanaan Project

Tidak hanya rapatnya, project manager juga harus bisa memimpin pelaksanaan project karena dalam pengerjaan proyek, sosok leader yang baik memang sangat dibutuhkan dengan target yang ada di depan mata.

Melakukan Project Controlling

Selain itu, project manager juga bertugas mengontrol jalannya proyek. Di mana project manager harus memastikan bahwa segalanya berjalan baik sesuai dengan rencana serta target.

Membuat laporan pekerjaan

Tugas yang terakhir dari project manager adalah membuat laporan pekerjaan. Sama seperti akuntan, project manager juga harus membuat laporan pekerjaan atas apa yang sudah dilakukan. Laporan tersebut biasa dibuat secara tertulis terhadap pelaksaan project mulai dari adakah kendala, progress dari proyek tersebut, alokasi dana dan lain sebagainya.

Berapa Gaji Project Manager?

Bagaimana jika kamu memiliki beberapa skil project manager di atas? Apa kamu tertarik untuk menjalankan profesi tersebut? Selain dilihat dari pekerjaannya yang keren, gaji project manager juga tidak kalah keren.

Untuk pekerjaan dengan jabatan project manager pemula biasanya akan mendapatkan gaji berkisar sekitar Rp 4 juta. Namun, project manager bisa mendapatkan gaji senilai Rp 17 juta jika seorang project meanager telah memiliki jam terbang tinggi. Jika dirata-ratakan, penghasilan dari project manager adalah sekitar Rp 10 Juta per bulan.

Kesimpulan

Untuk menjadi seorang project manager kamu harus memiliki keseriusan, komitmen, loyalitas, dan tanggung jawab yang tinggi selama berjalannya suatu proyek.

Bahkan sampai ke hal melek teknologi, kamu harus bisa. Karena teknologi sejatinya akan membantu pekerjaan kamu. Terlebih, ini zaman modern di mana semua pekerjaan bisa dikerjakan dengan mudah dan cepat berkat bantuan teknologi.

Salah satunya, teknologi berupa software akuntansi yang bisa membantu kamu dalam mengelola keuangan perusahaan. Project manager harus pintar dalam mengelola biaya proyek, karena biaya tersebut akan diberikan untuk keperluan pembangunan proyek sampai selesai.

Nah, agar kamu bisa mengelola data-data keuangan dengan baik, maka software akuntansi ini sangat bisa diandalkan. Kamu bisa gunakan software akuntansi MASERP untuk membantu dalam mengerjakan mengelola dan membuat laporan keuangan perusahaan.

MASERP memiliki fitur Project Costing yang di dalamnya memudahkan kamu membuat laporan laba rugi per proyek (tidak digabungkan dengan general ledger), menganalisa pengeluaran proyek antara anggaran awal dan realisasinya serta melacak penagihan proyek seperti nilai kontrak dan nominal (yang belum dan sudah tertagih)

MASERP menawakan modul-modul ERP yang sesuai dengan industri perusahaanmu baik yang sudah tersedia ataupun kamu bisa mengcustom modul yang dibutuhkan.

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Decision Maker yang Baik dalam Bisnis