Prospek Pekerjaan Jurusan Manajemen Bergaji Tinggi

Apa kamu adalah seorang mahasiswa yang kuliah di jurusan manajemen?

Jika iya, maka beruntunglah kamu, karena di jurusan tersebut terdapat banyak prospek pekerjaan yang bisa kamu pilih dengan gaji yang tergolong tinggi.

Jurusan manajemen sendiri adalah jurusan yang masuk ke dalam ilmu pengetahuan sosial dan ekonomi.

Nah, apapun pekerjaan yang berkaitan dengan ekonomi, biasanya banyak dibutuhkan dan memiliki tawaran gaji yang tinggi, termasuk prospek pekerjaan jurusan manajemen.

Apa Itu Jurusan Manajemen

Sebelum mengetahui daftar pekerjaan jurusan manajemen, yuk ketahui lebih dalam terkait jurusan ini.

Jurusan manajemen sendiri merupakan sebuah jurusan yang memiliki gabungan dari dua cabang ilmu yang berbeda.

Kedua cabang ilmu tersebut adalah Ilmu Ekonomi dan Manajemen. Jika didalami, kira-kira pelajaran apa saja yang akan dipelajari di jurusan ini saat kuliah?

Mata Kuliah Jurusan Manajemen

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jurusan ini mempelajari dua ilmu yakni Ekonomi dan Manajemen, maka pelajaran yang akan dipelajari tidak jauh dari kedua cabang ilmu tersebut.

Pelajaran yang akan kamu temui jika mengambil jurusan manajemen diantaranya:

– Pengantar Ekonomi Makro

– Matematika Ekonomi

– Akuntansi Biaya

– Statistika Ekonomi dan Bisnis

– Perilaku Keorganisasian

– Manajemen Pemasaran

– Manajemen Keuangan

– Pengantar Bisnis

Sistem Informasi Manajemen

– Perilaku Konsumen

– Komunikasi Bisnis

– Kewirausahaan

– Manajemen Sumber Daya Manusia

– Manajemen Operasi

Sekiranya, itu dia beberapa mata kuliah yang akan dipelajari mahasiswa jurusan manajemen.

Dengan begitu, mahasiswa lulusan jurusan manajemen diharapkan harus mampu mengaplikasikan ilmu-ilmu tersebut terutama saat menganalisa permasalahan ekonomi hingga perencanaan manajemen dalam perusahaan di tempat kamu bekerja nanti.

Di Indonesia sendiri, jurusan ini sangat diminati banyak calon mahasiswa karena menawarkan berbagai pilihan karir yang menjanjikan.

Selain prospek pekerjaannya yang bagus, penghasilan atau gaji seorang lulusan jurusan manajemen juga cukup tinggi.

Daftar Pekerjaan Jurusan Manajemen

Karena peminatnya banyak, maka tak heran jika peluang pekerjaan di bidang ini juga terbuka lebar.

Saking banyaknya prospek pekerjaan jurusan manajemen, kamu bisa pilih sendiri jenis pekerjaan yang sesuai dengan passionmu.

Berikut daftar pekerjaan jurusan manajemen yang bisa kamu pilih dan pertimbangkan:

Digital Marketing

Pekerjaan jurusan manajemen dengan peminat yang banyak dan gaji yang tinggi di urutan pertama ada digital marketing.

Terlebih, di zaman yang semuanya serba digital, membuat banyak perusahaan besar, membuka banyak peluang pekerjaan di bidang digital marketing.

Tidak hanya sekedar memasarkan produk atau jasa, tugas utama dari digital marketing adalah membuat perencanaan pemasaran produk, menentukan target pasar dan menganalisa penjualan produk melalui media digital.

Untuk gaji seorang digital marketing bisa mencapai Rp15 juta per bulan. Bahkan bisa lebih jika sudah memiliki banyak pengalaman. Namun, semua tergantung perusahaannya.

Staf Keuangan/Finance

Karena jurusan manajemen juga sangat erat kaitannya dengan ekonomi, menjadi staf keuangan atau finance juga termasuk dalam daftar pekerjaan jurusan manajemen paling diincar dan bergaji tinggi.

Apa bedanya seorang staf keuangan dengan akuntan? Meski sama-sama berkutat dengan data keuangan, namun kedua divisi ini berbeda tugas.

Seorang staf keuangan memiliki tugas mengatur cara agar perusahaan bisa mendapatkan aliran dana dari berbagai pihak, sementara akuntan bertanggung jawab dalam pencatatan transaksi.

Biasanya, pelamar di staf keuangan adalah seseorang yang pandai berhitung dan bernegosiasi.

Nah, gaji seorang staf keuangan biasanya di atas UMR, yakni sekitar Rp5 juta untuk fresh graduate. Gaji bisa lebih besar jika kamu sudah berpengalaman di bidang tersebut selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Cara Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Analis Bisnis

Pekerjaan jurusan manajemen yang tak kalah diincar dan bergaji tinggi selanjutnya adalah analis bisnis.

Dewasa ini, banyak perusahaan konsultan besar dan ternama di Indonesia yang membutuhkan tenaga analis bisnis.

Memang apa saja tugas seorang analis bisnis? Tugas utama analis bisnis adalah bertanggung jawab dalam menganalisis kondisi bisnis sebuah perusahaan, sekaligus memberikan solusi atas masalah bisnis yang sedang dialami klien dalam proyek.

Untuk gaji seorang analis bisnis biasanya adalah sekitar Rp15 juta, tergantung skill pelamar, pengalaman, serta di perusahaan apa pelamar melamar pekerjaan tersebut. Semakin besar perusahaan, gaji yang didapat juga makin tinggi meski kamu seorang lulusan baru.

Dosen

Sama seperti guru, gaji pokok seorang dosen memang tak seberapa. Namun, dosen memiliki banyak tunjangan dan bonus yang menggiurkan.

Untuk kamu yang memiliki skill mengajar yang baik, maka prospek pekerjaan ini juga bisa kamu ambil.

Kamu bisa ambil mata kuliah yang berkaitan dengan jurusan manajemen yang paling kamu kuasai.

Namun, untuk menjadi dosen kamu diwajibkan memiliki gelar S2 terlebih dahulu. Tak perlu khawatir mahal jika ambil kuliah S2 karena saat ini sudah banyak PTN yang menyediakan program S2 untuk program studi manajemen.

Manajemen Trainee

Ilustrasi mahasiswa

Bagi para pelamar mungkin sudah tidak asing lagi dengan prospek pekerjaan Manajemen Trainee bukan?

Dikenal dengan sebutan MT atau Officer Development Program (ODP), prospek pekerjaan jurusan manajemen ini biasanya dibuka perusahaan besar untuk merekrut banyak karyawan baru.

Dari banyaknya karyawan yang direkrut, nantinya akan dipilih untuk ditempatkan pada posisi manajerial di berbagai cabang perusahaan mereka.

Untuk kamu yang ingin bekerja di bidang MT mungkin harus banyak belajar terkait kepemimpinan.

Program MT ini merupakan salah satu posisi pekerjaan yang bisa dijadikan langkah awal untuk menjadi seorang manajer.

Sebenarnya, tidak hanya bagi lulusan jurusan manajemen saja yang bisa melamar di program MT tapi berbagai jurusan pun bisa.

Pegawai Bank

Identik dengan uang dan ekonomi, menjadi pegawai bank juga masuk sebagai salah satu prospek pekerjaan jurusan manajemen.

Bahkan untuk menjadi pegawai bank kamu tidak harus berasal dari jenjang pendidikan S1.

Lulusan SMA/SMK pun bisa menjadi pegawai bank khususnya di bagian front liner, seperti teller dan customer service.

Jika kamu ingin berada di posisi back officer, kamu bisa menjadi konsultan perbankan. Namun, untuk bisa bekerja di bagian back office diharuskan memiliki gelar S1 terlebih dahulu.

Adapun tugas utama dari konsultan perbankan adalah menyediakan kebutuhan nasabah sekaligus memberikan solusi atas masalah finansial.

Tidak hanya itu, ia juga bisa merangkap sebagai agen pemasaran produk finansial seperti pinjaman, kartu kredit dan asuransi.

Untuk urusan gaji di bank sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Terlebih jika kamu ingin gaji besar bisa melamar di perusahaan perbankan swasta nasional hingga internasional.

Wirausaha

Kamu pikir lulusan S1 jurusan manajemenh harus bekerja di perkantoran saja supaya bisa dapat gaji tinggi?

Nyatanya, menjadi wirausaha juga termasuk dalam daftar prospek pekerjaan jurusan manajemen yang tak kalah memiliki penghasilan besar.

Dengan menjadi wirausaha, kamu berkesempatan menjadi bos dan memiliki banyak karyawan. Jadi jangan bisanya cuma jadi karyawan saja.

Bahkan, kini banyak karyawan justru beralih menjadi wirausaha karena bidang bisnis ini memiliki jam kerja lebih fleksibel dan penghasilan yang menjanjikan.

Namun, wirausaha juga harus memiliki skill penjualan dan pemasaran yang bagus. Kamu juga harus mampu berinovasi, kreatif, berani dan mandiri.

Nah, agar perusahaanmu sendiri bisa bersaing, kamu juga perlu manajemen yang baik. Mulai dari manajemen produksi hingga pemasaran.

Kesimpulan

Itu dia beberapa informasi terkait daftar prospek pekerjaan jurusan manajemen yang paling diincar dan bergaji tinggi.

Kamu sendiri lebih pilih bekerja di perkantoran dan menjadi karyawan atau berwirausaha dan memiliki banyak karyawan?

Apapun pilihan pekerjaanmu kelak, pastikan kamu juga memiliki peralatan penunjang berupa program yang bisa membantu pekerjaanmu, seperti program software akuntansi modern.

Untuk apa program tersebut? Jika seorang desain grafis membutuhkan program seperti Adobe Photoshop, maka seorang pekerja finance atau wirausaha membutuhkan software akuntansi modern seperti MASERP.

Software akuntansi modern tentu akan sangat bermanfaat bagi pekerja akuntansi di zaman canggih seperti ini.

Jika dulu kamu harus membuat buku besar dan mengisinya dengan cara manual, kini dengan program akuntansi semua data keuangan bisa tertata dengan rapi.

Dengan begitu, kamu dan tim bisa mengevaluasi dengan mudah segala perencanaan anggaran, serta pengeluaran dan pemasukan keuangan perusahaan.

Baca Juga: Daftar Software ERP Jakarta 2020