6 Fitur Lengkap Project Management di MASERP

MASERP tidak hanya diperlukan untuk perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur dan distributor, tetapi juga perusahaan dengan sistem project. Umumnya perusahaan memiliki lebih dari satu project, bahkan puluhan project dalam satu tahun. Apabila project ini masih dikelola dan dicatat secara manual, tentu akan menyulitkan tim Anda. Selain mencatat daftar nama klien, project management software juga memudahkan Anda dalam mengelola segala urusan yang berhubungan dengan keuangan, piutang, komponen yang dipakai, reporting, dan lain-lain.

Fitur apa saja yang dapat digunakan untuk mengelola project Anda? Berikut ini saya berikan detail penjelasannya!

Manfaat Project Management Software untuk Perusahaan

Project management software dilengkapi dengan berbagai fitur penting untuk merencanakan project secara efisien, mengelola resource yang ada, merespon masalah yang dihadapi, dan mengelola semua stakeholder yang terlibat termasuk klien dan supplier

Perencanaan dan penjadwalan project merupakan hal penting dalam project management. Dengan project management software, seluruh catatan yang relevan di waktu sebelumnya dan saat ini dapat dengan mudah diakses oleh tim Anda.

Selain itu, project manager dapat membuat rencana manajemen dan membuat prioritas kerja untuk keberhasilan project. Dengan software ini, pekerjaan seperti mengalokasikan resources, mengatur deadline serta pembelian dan penerimaan komponen project dapat dilakukan dengan mudah dalam waktu singkat.

Pengertian Project Management Software

Tim project management umumnya akan terdiri dari berbagai departemen berbeda. Setiap orang yang terlibat harus mendapatkan informasi terupdate, apabila tidak, buruknya komunikasi dapat berakibat pada penundaan pekerjaan dan munculnya masalah baru yang malah akan membuang banyak resources.

Salah satu keuntungan project management software adalah membuat kolaborasi antar tim di proyek tersebut bisa berjalan efektif. Semua dapat dikomunikasikan dan dilihat hasilnya di dalam satu tempat.

Setiap tim yang terlibat dalam project sebaiknya dapat memonitor projectnya dalam satu database agar setiap ada perubahan selalu terupdate. Apabila lokasi project jauh, manager tim pun dapat tetap mengelola project menjadi lebih efektif tanpa perlu datang terlalu sering ke lokasi.

Fitur Project Management di MASERP

Flow project management di MASERP terdiri dari pembuatan master (project, komponen, billing dan jurnal), transaksi billing dan penagihan piutang project.

Master Project

Di fitur ini Anda nantinya Anda akan memiliki semua daftar project yang sedang berjalan, maka Anda juga perlu melakukan input data setiap project. Apa saja yang perlu diinput? Pertama tentu saja nama customer, data ini diperoleh dari data Master Customer. Ini merupakan salah satu keunggulan dari menggunakan software ERP, data saling terintegrasi sehingga Anda tidak perlu melakukan double input untuk tiap transaksi. 

Project Managementdi Software
Project Management di Software

Selanjutnya, input kode proyek, nomor kontrak, nama proyek, tanggal kontrak dan perkiraan selesai, salesman (data diperoleh dari Master Salesman), alamat proyek dan harga kontrak yang sudah disepakati. Saat proyek sudah selesai, jangan lupa untuk klik checklist box “Ya”.

Baca Juga: 5 Tahapan Project Management yang Perlu Diketahui

Master Komponen Project

Di Master Component Project, Anda akan menambahkan data seluruh komponen yang dibutuhkan untuk tiap project. Setiap kode dan nama project sudah tinggal Anda pilih, karena sebelumnya Anda sudah menginput di Master Project. Master Component terdiri dari kode dan nama component, tipe (1-19) dan K/M (berdasarkan akun GL) dan kategori.

Project Management di Software

Jurnal Billing

Jurnal billing berisi daftar akun-akun yang akan digunakan pada setiap proses transaksi project management. Setiap akun memiliki fungsi yang berbeda seperti contoh pada gambar terdiri dari akun kas yang tercatat di BCA, akun piutang untuk pencatatan piutang, akun retention untuk piutang retention, dll.

Transaksi Project Billing

Setelah membuat  semua master yang dibutuhkan dalam project, Anda akan lebih mudah melakukan transaksi termasuk dalam membuat billing project.

Di fitur ini, Anda hanya perlu memilih proyek yang sudah dibuat di Master Project, maka nanti akan otomatis keluar nama customer, nominal kontrak, sisa kontrak dan tanggal jatuh tempo.

Di transaksi ini Anda dapat menambahkan Kode Komponen yang otomatis juga akan menampilkan data nama komponen dan total kontrak. Apabila sudah terbayar, dapat diinput berapa banyak persen yang sudah terbayar, nanti akan otomatis terhitung di kolom nominal. Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk menghitung nominal secara manual.

Billing Pelunasan Piutang

Untuk membuat billing pelunasan piutang, Anda perlu memilih kode proyek, customer, akun bank yang dipakai untuk menerima piutang, tipe transaksi (terima kas, terima giro, keluar kas), jurnal transaksi dan nominal pembayaran.

Saat kode proyek sudah dipilih, nanti akan otomatis muncul data faktur pelunasan piutang yang terdiri dari nomor faktur, tanggal jatuh tempo, reminder nilai kontrak (dalam Rupiah), pembayaran dan jumlah utang.

Project Management di Software

Laporan Project

  • Laporan budget dan realisasi berisi laporan budget project beserta realisasi dan devisiasi (penyimpangan).
  • Laporan laba dan rugi project secara keseluruhan dan per project.
  • Laporan rekap pencapaian seluruh project yang berisi data semua project yang sedang berjalan, dari budget yang sudah dikeluarkan sampai pembayaran yang sudah tertagih. Anda dapat memonitor berapa banyak pendapatan sementara yang sudah diterima dari project tersebut.
  • Data project berjalan berisi informasi klien, nama project, lokasi dan ukuran, nomor SPK/PO/Kontrak, periode project, serta estimasi pendapatan dan laba project.
  • Jadwal uang berisi informasi jadwal uang dari tiap project, Anda dapat memilih dari jadwal invoice dan pelunasan. Report akan menampilkan jadwal uang tiap bulan selama project berlangsung.
  • Transaksi project menyajikan informasi lengkap semua transaksi dan dikategorikan dalam biaya, material dan pendapatan project. Setiap kategori memiliki daftar tanggal transaksi, nomor transaksi, komponen (dapat berupa biaya gaji dan upah, material, pendapatan, dan lain-lain), sumber (transaksi kas/bank, inventory, atau project billing) dan nominal transaksi.
  • Laporan detail project berisi kode project, nama project dan customer, nomor kontrak, tanggal kontrak, harga kontrak, nama komponen, kategori komponen dan nominal.
  • Laporan penunjang project menampilkan kode barang/GL beserta keterangan, nomor bukti transaksi, kuantitas, satuan, HPP barang dan jumlah harga.

Baca Juga: MASERP: ERP Terbaik dengan Fitur Lengkap dan Terpercaya

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai fitur project management software di MASERP, Anda akan mendapatkan banyak kemudahan apabila dapat mengimplementasikan software ERP di perusahaan Anda.

Sistem ERP bisa menjadi solusi bagi manajemen proyek dan bisa membantu proses bisnis Anda dengan sistem otomatis dan terintegrasi. Secara umum, sistem ERP mengintegrasikan beberapa fungsi bisnis seperti akuntansi, inventarismanufaktur, SDM, purchasing, SCM, penjualan dan CRM.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software ERP MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses bisnis Anda.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, dimana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloudSoftware tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami sekarang. Gratis!

New call-to-action