Daftar Pengusaha Sukses di Indonesia Yang Menginspirasi

Banyak sekali kisah para pengusaha sukses di Indonesia yang berhasil dan menginspirasi dalam menjalankan bisnis usahanya, pada usia yang terbilang muda.

Kerja keras, keuletan, punya tekad kuat dan pantang menyerah adalah faktor-faktor yang bisa membuat para pengusaha bisa mancapai kesuksesannya.

Para wirausaha ini memulai bisnis usahanya dari beragam bidang.

Ada yang bisnis kuliner sampai bisnis digital startup.

Berkat bisnis yang dijalankan pengusaha sukses tersebut bisa memajukan perekonomian Indonesia loh.

Salah satu pengusaha di daftar ini pernah menjadi penjaga warnet, tetapi berkat kegigihannya dalam berbisnis dan pantang menyerah sekarang sudah menjadi pengusaha yang sukses. Hebat kan.

Tetapi untuk dapat mencapai di titik kesuksesannya yang sekarang, para pengusaha sukses di Indonesia ini mempunyai kisah dan latar belakang yang berbeda.

Kira-kira siapa ya pengusaha sukses tersebut? Yuk kita simak kisah wirausahawan sukses yang menginspirasi:

Tokoh Pengusaha Sukses Indonesia

William Tanuwijaya – Tokopedia

Siapa disini yang tidak tau Tokopedia. Ecommerce besar yang sudah tersohor di Indonesia.

Anda tahu tidak jika William Tanuwijaya ialah pria yang berperan penting di balik Tokopedia.

Pria 38 tahun ini termasuk salah satu pengusaha muda yang sukses di Indonesia.

Perjuangan beliau mendirikan Tokopedia tidak mudah, terlebih lagi karena adanya himpitan ekonomi di keluarga.

Pria berasal dari Pemantang Siantar Sumatra Utara ini selepas duduk SMA, merantau ke Jakarta untuk berkuliah, William sapaan akrabnya berkuliah di Universitas Binus Nusantara.

Tetapi memasuki tahun ke dua sewaktu kuliah, ayah William mengalami sakit dan ia diharuskan mencari uang sendiri untuk bisa tetap bertahan hidup di Jakarta.

Akhirnya William berkerja sebagai penjaga warnet, mulai dari penjaga warnet William mulai tertarik pada dunia internet.

Lulus kuliah 2003, ia bekerja di salah satu perusahaan pengembang perangkat lunak, kemudian dari situlah muncul ide membuat Tokopedia.

2007, William mencoba mewujudkan idenya, tetapi keberuntungan belum datang, ternyata belum ada investor yang percaya dan mau untuk mendanai idenya tersebut.

Pada Februari 2009, Tokopedia resmi berdiri, dan pada bulan Agustus di tahun yang sama Tokopedia resmi diluncurkan ke publik.

Tahun 2019 Tokopedia telah berhasil mendapatkan gelar start-up unicorn bersamaan dengan Go-jek, BukaLapak, dan Traveloka.

Nadiem Makarim – Gojek

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim telah menjadi perbincangan di dunia maya ketika namanya masuk ke kandidat Kabinet Indonesia Maju dan mendapatkan respons positif dari masyarakat.

Karena masyarakat Indonesia berharap besar kepada Nadiem untuk pendidikan dan kebudayaan di Indonesia.

Nadiem menjadi pengusaha sukses yang telah memawa nama Go-Jek yang menjadi perusahaan start-up decacorn pertama di Indonesia.

Nadiem Makarim adalah mantan dari CEO Go-Jek yang berhasil mengubah gaya hidup banyak orang Indonesia melalui fitur Go-Ride, Go-pay, Go-Car dan Go-Food.

Dia juga berhasil menciptakan lapangan pekerjaan untuk tukang ojek konvensional dengan lebih baik.

Go-jek menjadi perusahaan transportasi dengan berbasis aplikasi, bisa memperluas jaringannya hingga ke mancanegara.

Bisa kita lihat saat ini Go-jek saat ini sudah bisa dinikmati di negara Asia Tenggara yaitu Go-Jek di negara Singapura, Go-Viet di negara Vietnam dan GET di negara Thailand.

Rachel Vennya – Selebgram

Selebgram sekaligus wirausahwan sukses yang masih muda ini sangat terkenal di Indonesia.

Rachel mempunyai 5.1 Juta followers pada platform pribadi Instagramnya. Tidak bisa dipungkiri Rachel telah menjadi acuan online shop dalam endrosment.

Ia memasang tarif untuk jasa per endorsement di media sosialnya sebesar Rp 7 Juta sampai 15 Juta loh.

Saat ini Rachel sudah menjadi daftar pengusaha sukses yang masih terbilang muda.

Kisah yang menarik adalah ketika Rachel belum sesukses saat ini, ia juga pernah mengalami masa yang sulit. Saat orangtua berpisah, perekonomian sang ibu mengalami kesulitan.

Mulai dari situlah Rachel mulai mencari penghasilan dia sendiri dengan menjadi make up artist dengan upah Rp 200 ribu.

Dahulu Rachel memiliki bentuk badan yang agak gemuk, kemudian ibunya membuatkan jamu pelangsing racikan, dan lama kelamaan jamu tersebut membuat berat badan Rachel menjadi ideal.

Tidak di pungkiri ternyata banyak juga yang teratarik dengan jamu pelangsing racikan sang ibu.

Dengan adanya peluang tersebut Rachel memulai untuk mencoba mulai berbisnis jamu pelangsing tersebut, Rachel menawarkan produknya tersebut di media sosialnya dan ternyata membuahkan hasil yang bagus.

Sekarang Rachel dan suami sudah memiliki beberapa bisnis lainnya seperti restoran dan kuliner, clothing line dan aktif membuat konten di Youtube.

James Prananto – Kopi Kenangan

James Prananto bersama dua temannya yaitu Edward Tirtanata dan Cynthia Chaerunisa adalah wirausahawan sukses yang telah membuat usaha kopi susu yang sedang marak saat ini, yaitu Kopi Kenangan.

James, Edward dan Cynthia pertama membuka usaha kopi ini pada tahun 2017 di Menara Standard Chartered, Jakarta Selatan.

Dengan memiliki cita rasa kopi susu yang bisa dinikmati semua kalangan dan menyegarkan, Kopi Kenangan mulai mendapatkan pamor di hati masyarakat pencinta kopi.

Sampai saat ini Kopi Kenangan sudah memiliki 150 gerai yang tersebar di 13 kota di Indonesia

Tahun lalu Kopi Kenangan mendapatkan beberapa investor besar untuk memperluas jaringan bisnisnya.

Salah satunya Arrive platform pencarian dana yang telah dikelola perusahaan yang dimiliki Jay Z dan Roc Nation.

Amanda Cole – Sayurbox

Pengusaha sukses terakhir pada pembahasan kali ini adalah seorang perempuan muda yang berhasil menembus daftar di dalam 30 Under 30 Forbes di kategori Industry Manufacturing & Energy 2019.

Sebelumnya perempuan 29 tahun ini berkerja di salah satau perusahaan swasta.

Karena kecintaannya dengan dunia pertanian, ia memutuskan untuk mendirikan usaha sendiri pada bidang pertanian.

Amanda menanam bibit yang berasal dari Indonesia, kemudian ia distribusikan ke restoran-restoran fine dining.

Mulai saat itu, Amanda bertemu dengan petani Indonesia dan membuat ia terdorong untuk memberikan wadah untuk petani Indonesia bisa menjual hasil panen yang berkulitas secara digital.

Amanda meluncurkan aplikasi bernama Sayurbox guna untuk memudahkan para petani menjualkan hasil taninya langsung ke pihak end user.

Saat ini Sayurbox sudah berkerja sama kepada 300 perkebunan di Indonesia dan bisa melakukan untuk pengiriman sayur lebih dari 1.000 sehari.

Kesimpulan

Setelah membaca kisah wirausahawan sukses diatas kita dapat memetik dari kisah mereka memulai membangun bisnis sampai sesukses sekarang.

Dalam menjalankan bisnis banyak sekali halangan dan rintangan yang akan dihadapi, itulah gunanya Anda belajar melalui pengalaman orang sukses lainnya. Karena pengalaman itu mahal harganya.

Para wirausahawan tersebut tetap berjuang dengan segala cobaan dan tidak putus asa untuk menjadi sukses.

Bagi seorang wirausahawan dalam memulai bisnis perlu juga mengetahui hal yang bersifat finansial untuk aktivitas keuangan peruasahaan yang bisa menjadi acuan untuk menambah investor kedepannya.

Mereka yang saat ini sudah menjadi wirausahawan sukses, awalnya hanya orang biasa seperti kebanyakan orang, tetapi setelah bakat, kemampuan, mempunyai ide dan berani memulai bisnis yang cemerlang semua akan berjalan dengan sendirinya dan bisa menjadi sukses.

Kami yakin Anda pasti bisa memulai bisnis Anda sendiri yang nantinya akan menjadi wirausahawan sukses di Indonesia pada generasi selanjutnya!

Baca Juga: Pentingnya Peran Teknologi Informasi Dalam Bisnis