Pengertian ISO: Tujuan, Jenis dan Penerapannya Bagi Perusahaan

Apa itu ISO? Bagaimana pengertian ISO pada perusahan dan pentingnya bagi perusahaan?

Kesempatan kali ini kami menjawab pertanyaan seputar ISO, ada yang tahu singkatan ISO itu apa? ISO merupakan singkatan dari The International Organization for Standardization.

The International Organization for Standardization merupakan suatu organisasi internasional untuk menetapkan standar internasional di bidang industrial dan komersial dunia, tujuan utamanya adalah agar terciptanya peningkatan perdagangan antar negara di dunia.

Pengertian ISO

Pengertian ISO adalah salah satu organisasi penetap standar internasional dari wakil badan standarisasi nasional di setiap negara untuk mengukur mutu pada organisasi.

Setiap perusahaan yang bersaing secara global bisa diukur kreadibilitasnya dengan standar ISO ini.

Oraganisasi ISO merupakan pihak yang berperan penting dalam memfasilitasi perdagangan internasional lalu membuat berjalan dengan baik.

Organisasi ISO akan memberikan spesifikasi kelas dunia untuk berbagai macam hal, bisa dari produk, sistem dan pelayanan untuk bisa memastikan kualitas, efesiensi dan keamanannya.

Jadi perusahaan ataupun brand yang sudah memiliki sertifikat ISO bisa berpeluang untuk persaingan di pasar global karena sudah memiliki jaminan kualitas produk baik jasa ataupun barang dari ISO, sehingga memiliki kredibilitas di mata konsumen.

Lembaga ISO

Lembaga ISO berdiri pada 23 Februari 1947, lembaga ini menetapkan standar-standar industri dan komersial di dunia.

ISO yang dibentuk untuk memperkenalkan standarisasi internasional untuk apapun.

Biasanya standar yang sudah ada yaitu standar jenis film fotografi, ukuran kartu nama, kartu ATM bank, ketebalan dan ukuran ketas dan lainnya.

Ketika menetapkan sesuatu standar tersebut, lembaga ini akan mengundang wakil anggota dari 130 negara untuk bersama membahas tentang standarisasi Komite Teknis (TC), Sub Komite (SC) dan Kelompok Kerja (WG).

Walaupun ISO organisasi non-pemerintah, tetapi kemampuan untuk menetapkan standar itu akan menjadi hukum dengan serangkaian persetujuan atau standar nasional yang membuatnya lebih berpengaruh dari organisasi non-permerintah lainnya.

Praktiknya ISO dapat berhubungan kuat dengan pihak pemerintah. Peserta ISO termasuk ke suatu badan standar nasional dari setiap negara dan perusahaan besar.

ISO bekerja sama dengan Komisi Elektroteknik Internasional (IEC) yang bertanggung jawab terhadap standarisasi peralatan elektronik.

Baca Juga : Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian dan Penjelasan Lengkap

Tujuan dan Manfaat ISO Bagi Perusahaan

Sekarang pengelolaan bisnis dapat dilakukan dengan berbagai macam cara dan mendapatkan keuntungan serta bersaing dengan baik.

Perusahaan yang bisa bersaing secara global dan memiliki standar ISO mempunyai kualitas produk yang lebih dipercaya.

Adanya hal ini, maka ISO menjadi hal yang sangat mempunyai tujuan dan penting digunakan untuk pengelolaan bisnis.

Sebelum lebih jauh pembahasan ini, kita simak dahulu dari manfaat dan tujuan ISO berikut ini:

Kredibilitas Perusahaan

Pada aktivitas perusahaan yang sudah menerapkan ISO dipastikan sudah memenuhi standar dan masyarakat dapat mengetahui standar tersebut.

Jadi ada kepercayaan dari konsumen yang dibangun oleh standarisasi internasional ini.

Standar internasional yang sudah tercantum di ISO menitikberatkan pada kosumen bisnis ini, contohnya konsumen.

Kosumen bisa semakin percaya bahwa kepentingannya diutamakan, konsumen pun tidak hanya mengarapkan uangnya, tetapi juga kepuasannya pada perusahaan tersebut.

Kepercayaan Konsumen

Kepercayaan ataupun kepuasan konsumen menjadi salah satu kekutan untuk perusahaan dan sangat penting.

Karena dengan adanya kepercayaan dan kepuasan itu akan membuat mereka manjadi pelangan setia dan bisa jadi, dari konsumen yang merasa puas inilah kita mendapatkan konsumen baru.

Jaminan Kualitas Standar Internasional

Sebelum perusahaan mendapatkan sertifikasi ISO, ada sebuah proses uji yang disebut siklus PDCA.

Siklus tersebut diterapkan pada semua bidang usaha dengan melakukan proses identifikasi, eksekusi dan analisis supaya sesuai dengan mutu standar internasional.

ISO membawa pengaruh untuk perusahaan dan memberikan tanda bila ada kinerja di perusahaan menurun ataupun adanya kegagalan pada produk yang akan dibuat.

Perusahaan bisa melakukan upaya untuk antisipasi langsung. Cara ini bisa membuat perusahaan menghemat anggaran yang sebelumnya terjadi kerugian karena produk gagal.

Menghemat Biaya

Adanya standar ISO, perusahaan akan menerapkan sistem manajemen khusus yang bisa membantu mengetahui kinerja bagi perusahaan.

Jika ditemukan adanya penurunan pada kinerja perusahaan ataupun produk gagal, maka upaya tersebut harus segera diantisipasi.

Proses itu tidak langsung akan mencegah terjadi pemborosan anggatan yang ada hubungannya dengan kinerja dan produknya.

Mengoptimalkan Kinerja Karyawan

Pada prisnsip manajemen mutu, semua yang ada pada standarisasi ini bisa ditetapkan supaya bisa dilaksanakan ke seluruh karyawan.

Hal ini bisa memotivasi karyawan supaya bisa menjaga kualitas, efesiensi dan produktivitas untuk mereka sesuai dengan standar ISO yang telah ditetapkan.

Branding Perusahaan

ISO juga bermanfaat sebagai sarana branding perusahaan yang mengaplikasikannya.

Keuntungan yang dapat dirasakan langsung oleh perusahaan dari sertifikasi ISO ialah meningkatnya image atau brand suatu perusahaan menjadi jauh lebih baik di mata dunia.

Jenis-Jenis ISO

Umumnya ada beberapa jenis standar ISO yang dikeluarkan oleh Organisasi Internasional, dan sudah banyak juga yang diterapkan pada perusahaan-perusahaan di Indonesia. Dibawah ini ada beberpa jenis ISO yang akan dijelaskan:

ISO 9001

Sesuai dengan standar ISO 9001 memiliki banyak manfaat bagi industri manufaktur.

Pengertian ISO 9001 membantu menginspirasi perusahaan untuk menemukan cara yang lebih efektif untuk secara permanen menyelesaikan masalah kualitas dan masalah terkait biaya lainnya sekaligus mendorong bisnis untuk menemukan cara kreatif untuk melampaui persyaratan yang ditentukan pelanggan.

Standar ini membantu bisnis mengidentifikasi, mendokumentasikan dan meningkatkan sistem yang memenuhi kebutuhan pelanggan tertulis yaitu:

  • Standar keamanan
  • Manufaktur ramah lingkungan
  • Efisiensi produksi yang diharapkan
  • Spesifikasi dimensi dan fungsional

Singkatnya adalah badan internasional sebagai hasilnya, standar itu membantu memastikan bahwa produk yang diproduksi di berbagai perusahaan atau negara mengelola bisnis mereka dengan cara yang mempromosikan kolaborasi.

Ini meningkatkan perdagangan nasional dan internasional, sekaligus mengurangi biaya untuk semua pihak.

Karena standar ISO mengharuskan perbaikan terus-menerus, bisnis yang terdaftar ISO 9001 cenderung mengurangi kesalahan keseluruhan pada gilirannya menghilangkan pemborosan.

Perusahaan yang menganut standar ISO jenis ini sebagai bagian dari budaya mereka umumnya menikmati kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, lebih sedikit kesalahan, mengurangi biaya dan keunggulan kompetitif.

ISO 14001

Pengertian ISO 14001 adalah standar internasional yang diakui secara luas yang menetapkan persyaratan untuk organisasi yang ingin meningkatkan kinerja lingkungan mereka dan meningkatkan efisiensi operasional mereka.

Kerangka kerja yang didasarkan pada ISO 14001 akan membantu organisasi mengelola proses jangka pendek dan jangka panjang mereka melalui penggunaan sumber daya yang efisien, yang akan memiliki dampak positif terhadap lingkungan.

ISO 22000

Jenis ISO ini adalah standar internasional yang diterima secara global, yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan pangan.

Didirikan pada tahun 2005, ISO 22000 berlaku untuk semua organisasi yang terlibat dalam rantai makanan, yang tujuan utamanya adalah untuk memastikan keamanan pangan.

Standar ini menguraikan kerangka kerja yang menyelaraskan semua bagian dari rantai pasokan makanan, dari produsen ke konsumen, dan membantu Anda mengurangi bahaya pangan, mengendalikan risiko serta mencegah kontaminasi.

ISP/IEC 27001

ISO/IEC 27001 adalah standar internasional yang menetapkan spesifikasi untuk sistem manajemen keamanan informasi.

Pendekatan praktik terbaiknya membantu organisasi mengelola keamanan informasi mereka dengan menangani orang dan proses serta teknologi.

Sertifikasi terakreditasi secara independen untuk standar ini diakui di seluruh dunia sebagai indikasi bahwa sistem manajemen keamanan informasi Anda selaras dengan praktik terbaik keamanan informasi.

Bagian dari seri ISO 27000 standar keamanan informasi, ISO 27001 adalah kerangka kerja yang membantu organisasi membangun, menerapkan, mengoperasikan, memantau, meninjau, memelihara dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi.

ISO/IEC 17025

Merupakan standar yang berhubungan dengan suatu lembaga pengujian atau laboratorium. Pada standar ini bertujuan untuk dapat memastikan keakuratan hasil pengujian pada bidang kesehatan, produksi, perdagangan serta perlindungan konsumen.

ISO 28000

ISO 28000 membahas persyaratan Sistem Manajemen Keamanan untuk rantai pasok.

Standar ini menetapkan aspek-aspek untuk membantu organisasi menilai ancaman keamanan dan mengelolanya saat muncul dalam rantai pasokan mereka.

Manajemen Keamanan terkait dengan aspek lain dari manajemen bisnis. Dengan ISO 28000, organisasi dapat menentukan apakah ada langkah-langkah keamanan yang tepat dan dapat melindungi properti mereka dari berbagai ancaman.

ISO 50001

Sebagai standar internasional, ISO 50001 menetapkan persyaratan bagi organisasi untuk mengembangkan, mengimplementasikan, dan meningkatkan Sistem Manajemen Energi.

Ini memungkinkan organisasi untuk mengikuti kerangka kerja spesifik yang membantu mereka mencapai peningkatan berkelanjutan dalam kinerja energi, efisiensi, penggunaan, dan konsumsi.

Kerangka kerja ini menetapkan pengukuran, dokumen dan laporan yang memungkinkan organisasi untuk memantau kemajuan proses dan karyawan mereka menuju kinerja energi.

ISO tersebut mengharuskan organisasi untuk membuat kebijakan baru untuk penggunaan energi yang efisien, untuk menetapkan tujuan dan sasaran untuk memenuhi kebijakan tersebut dan meninjau dampaknya.

ISO 45001

Menawarkan satu kerangka kerja yang jelas untuk semua organisasi yang ingin meningkatkan kinerja manajemen kesehatan dan keselamatan kerja mereka.

Standar ini bertujuan untuk menyediakan tempat kerja yang aman dan sehat bagi karyawan dan pengunjung.

Untuk mencapai hal ini, sangat penting untuk mengendalikan semua faktor yang mungkin mengakibatkan penyakit, cedera dan dalam kasus kematian ekstrim dengan mengurangi dampak buruk pada kondisi fisik, mental dan kognitif seseorang.

ISO 37001

Sistem manajemen anti suap yang dirancang untuk membantu organisasi menetapkan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan program anti-suap.

Pengertian ISO 37001 dapat memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih baik tentang mitra bisnis dan pihak ketiga dengan memahami dan proaktif mengelola risiko yang akan hadir dari hubungan kerjasama tersebut.

Penerapan ISO Pada Perusahaan

  1. Meningkatkan efisiensi kegiatan
  2. Meningkatkan daya saing
  3. Meningkatkan citra perusahaan
  4. Meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan
  5. Mengurangi risiko usaha
  6. Meningkatkan penataan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dalam hal pengelolaan lingkungan
  7. Memperbaiki manajemen organisasi dengan menerapkan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan tindakan perbaikan
  8. Meningkatkan komunikasi internal dan hubungan baik dengan berbagai pihak yang berkepentingan
  9. Mendapat kepercayaan dari konsumen/mitra kerja/pemodal

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi dari pengertian ISO, tujuan, beberapa jenis dan juga pentingnya ISO dalam bisnis yang dapat menjadi referensi perusahaan.

ISO adalah salah satu organisasi penetap standar internasional dari wakil badan standarisasi nasional di setiap negara, untuk mengukur mutu pada organisasi. ISO dibutuhkan perusahaan untuk bersaing secara global dan dapat diukur.

Tidak hanya itu, manfaat dan tujuan menerapkan ISO bagi perusahaan bisa kita dapatkan yaitu perusahaan mendapatkan kredibilitasntas, mendapatkan kepercayaan konsumen, adanya jaminan kualitas standar internasional, mengoptimalkan kinerja karyawan dan dapat branding untuk perusahaan.

ISO juga mempunyai beberapa jenisnya yang bisa Anda daftarkan standar produk bagi perusahaan.

ISO menjadi hal yang sangat penting untuk menjadikan perusahaan bisa bersaing secara global, karena perusahaan yang sudah menerapan ISO maka kesempatan dan keuntungan untuk berkembang untuk persaingan dan pekerkembangan perusahaan sangatlah bagus.

Dengan persaingan tersebut akan membuat konsumen lebih percaya dan meningkatkan keuntungan pada perusahaan.

Sertifikasi ini juga akan membuat suatu perusahaan lebih menghemat keuangan karena bisa melakukan konservasi material dan energi. 

Agar evaluasi hasil pendataan sebuah perusahaan bisa tersusun rapi, kamu butuh software akuntansi modern seperti MASERP.

Dengan software akuntansi, segala data keuangan, stok bahan produksi, pasokan barang jadi hingga pemasukan keuangan perusahaan bisa terlihat dengan jelas. 

Pendataan di software akuntansi modern juga lebih aman dibandingkan mendata dengan cara manual karena bisa berisiko hilang, error dan sulit dimengerti.

Sekarang Anda memiliki software yang dapat melihat arus dan laporan keuangan Anda kapan saja dan dimana saja.

MASERP dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan perusahaan Anda secara spesifik. Klik link di bawah ini untuk konsultasi GRATIS!

Dapatkan Free Konsultasi Langsung Dengan Konsultan Ahli Kami

New call-to-action