Definisi Akuntansi Menurut Para Ahli

Kalau Anda berkerja di perusahaan, pasti tidak asing lagi dengan divisi/kata akuntansi.

Dari bangku siswa di sekolah saja sudah diperkenalkan oleh akuntansi sejak dini.

Tapi sebenarnya apa itu akuntansi? Apa saja kegunaannya?

Arti kata akuntansi sendiri di dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah ” Sebuah seni pencatatan serta pengikhtisaran transaksi keuangan dan juga penafsiran suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi.”

Dilihat dari penerapannya, maka dibutuhkan sebuah keterampilan khusus agar dapat mengerjakan segala kegiatan akuntansi seperti pencatatan transaksi, menggolongkan transaksi, hingga akhirnya dapat mengeluarkan hasil berupa laporan keuangan yang nantinya dapat digunakan untuk kepentingan perusahaan. Karena itulah, Akuntansi dapat digolongkan sebagai suatu seni.

Lalu, bagaimana pengertiannya menurut para ahli? Bagaimana pengertiannya secara umum? Di artikel ini saya akan membahasnya satu per satu secara terperinci untuk Anda.

Definisi Akuntansi Menurut Para Ahli

Banyak pakar akuntansi di dunia yang memiliki definisi sendiri untuk kata “akuntansi” sendiri.

Baca juga: Apa itu akuntansi? Pengertian dan manfaatnya

Apakah semuanya sepakat atas fungsi akuntansi atau punya pendapat sendiri-sendiri? Mari kita lihat 5 definisi akuntansi dari para ahlinya.

Pengertian Akuntansi Menurut FASB

Financial Accounting Standards Board (FASB) merupakan sebuah organisasi yang memiliki fungsi untuk menentukan standar akuntansi keuangan sejak tahun 1973 di Amerika.

Menurut mereka pengertian akuntansi sendiri adalah “Kegiatan jasa yang berfungsi menyediakan suatu informasi atau data kuantitatif yang kemudian digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi”. (2017)

Dari penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa akuntansi adalah sebuah kegiatan yang berguna menghasilkan laporan keuangan yang dapat dianalisa untuk membuat keputusan yang tepat.

Pengertian Akuntansi Menurut Paul Gradi

Sedangkan menurut Paul Gradi yang adalah seorang pakar akuntansi terpercaya dari Amerika, pengertian dari akuntansi adalah “Sebagai fungsi organisasi secara sistematis, dapat dipercaya dan original dalam mengklasifikasi, mencatat, memproses, menganalisa, serta menginterpretasi seluruh transaksi dan kejadian serta karakter keuangan yang terjadi didalam kegiatan operasional perusahaan sebagai pertanggung jawaban atas kinerja dari organisasi tersebut” (2017)

Dari penjelasan tersebut kita tahu bahwa, menurut Paul Gradi akuntansi tidak hanya digunakan untuk mengambil sebuah keputusan ekonomi, namun juga dapat digunakan untuk membantu sebuah organisasi atau perusahaan dalam mempertanggung jawabkan kinerjanya.

Akuntansi Menurut Charles Thomas Horngren & Walter T. Harrison

Charles Thomas Horngren adalah seorang profesor akuntansi di Standford University. Dia dikenal karena karyanya yang berjudul “Pioneering Modern-day Management Accounting”. Sedangkan Walter T. Harrison sendiri adalah seorang ahli akuntansi di Amerika yang sudah menerbitkan banyak buku akuntansi yang terkenal.

Menurut mereka berdua akuntansi adalah “Suatu sistem informasi yang dapat mengukur aktifitas sebuah bisnis, memproses data yang ada menjadi laporan dan kemudian mengkomunikasikan hasil akhirnya kepada para pengambil keputusan.” (2017)

Akuntansi Menurut Donald E. Kieso, et.al

Donald E. Kieso adalah seorang profesor akuntansi yang terkenal di Amerika. Dia sudah menulis banyak buku akuntansi sepanjang masa karirnya.

Menurutnya, “Akuntansi sendiri terdiri dari 3 macam kegiatan yang mendasar yaitu, pencatatan mengidentifikasi, serta pengkomunikasian kegiatan ekonomi sebuah organisasi kepada semua pihak yang memiliki kepentingan. Perusahaan mengidentifikasi kegiatan ekonomi sesuai dengan kegiatan usaha yang terjadi, dan kemudian mencatat semua peristiwa tersebut untuk menyediakan catatan kegiatan keuangan. Pencatatan dilaksanakan secara terperinci pada setiap peristiwa, dan juga dalam satuan mata uang yang sama. Akhirnya akan mengkomunikasikan kumpulan informasi tersebut kepada seluruh pihak yang memiliki kepentingan dalam bentuk laporan akuntansi.” (2016)

Akuntansi Menurut Dwi Martani

Dwi Martani adalah seorang dosen senior untuk Fakultas Ekonomi & Bisnis di Universitas Indonesia yang telah merangkumkan gelar Doktor. Dedikasinya dalam dunia pendidikan sudah teruji dengan banyaknya buku tentang akuntansi yang sudah beliau terbitkan.

Menurutnya sendiri, “Akuntansi merupakan sebuah bahasa bisnis (business language), akuntansi dapat menghasilkan informasi yang bergunakan untuk menjelaskan kinerja dan kondisi keuangan pada suatu periode atau tanggal tertentu. Informasi akuntansi tersebut nantinya akan digunakan oleh para pemilik kepentingan sehingga diharapkan dapat membantu dalam membuat prediksi kinerja di masa depan” (2016)

Pengertian Akuntansi Secara Umum

Dari beberapa pengertian yang telah dikemukakan oleh para ahli akuntansi  diatas, secara umum dapat kita katakan bahwa akuntansi adalah suatu kegiatan tersistem yang dilakukan terus menerus untuk dapat mengolah data menjadi laporan yang nantinya akan berguna untuk kepentingan banyak pihak. Baik itu untuk mengambil keputusan, atau untuk proyeksi kinerja perusahaan. 

Kesimpulan

Semua pengertian diatas mengarah pada satu hal, yaitu bahwa akuntansi adalah kegiatan yang menghasilkan laporan keuangan yang nantinya digunakan untuk membantu dalam mengambil keputusan penting diperusahaan. Bisa terbayang kan, betapa pentingnya kegiatan akuntansi tersebut?

Kini kegiatan akuntansi sudah dipermudah dengan adanya bantuan software akuntansi. Dengan menggunakan software akuntansi, pekerjaan para akuntan tentunya dapat lebih efektif dan juga efisien.

Demikian artikel tentang pengertian akuntansi, saya berharap artikel ini dapat membantu menambah wawasan pengetahuan Anda ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Baca Juga : Siklus Akuntansi dan Tahapannya

Dapatkan Free Konsultasi Langsung Dengan Konsultan Ahli Kami

New call-to-action