6 Pekerjaan Popular di 2023 yang Bisa Anda Coba!

Dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah revolusi industri 4.0? Saat ini memasuki era industri 4.0 para pemerintah telah meluncurkan roadmap making Indonesia 4.0 pada 2018 lalu. Artinya banyak sekali trend pekerjaan di masa depan yang akan berubah, untuk menyambut revolusi tersebut, trend ini pun sangat berpengaruh pada pekerjaan popular di 2022 mendatang.

Seiring perkembangannya, banyak pakar yang memprediksi jika era digital atau revolusi industri 4.0 ini membawa keuntungan sekaligus ancaman bagi manusia di kemudian hari. Penggunaan teknologi otomatisasi dan teknologi di bidang industri, diprediksi bakal membuat beberapa profesi menjadi tidak dibutuhkan lagi di masa depan.

Jadi beberapa pabrik lebih mengandalkan teknologi komputerisasi dan tenaga kerja manusia akan digantikan oleh mesin atau robot. Lantas bagaimana dengan pekerjaan popular yang banyak dicari tahun 2022? Yuk kita bahas lebih jauh di artikel ini.

Bidang Kesehatan

Pandemi mengubah banyak hal tentu termasuk industri kerja. Banyak orang kehilangan pekerjaan tapi ada pula posisi-posisi yang semakin dibutuhkan. Salah satunya dalam bidang kesehatan. Kebutuhan untuk tenaga medis semakin meningkat selagi kesehatan menjadi hal yang sangat diperhatikan belakangan. Dikutip dari Forbes, sebanyak 500 ribu perawat berlisensi akan dibutuhkan di 2027. Tidak hanya bekerja di rumah sakit, di masa depan perawat juga semakin dibutuhkan di tempat-tempat publik bahkan untuk traveling. Selain banyak dicari, perawat juga menjanjikan penghasilan yang tidak sedikit.

Supply Chain Management

Supply Chain Management atau manajemen rantai pasok bisa diartikan sebagai mekanis yang menghubungkan semua pihak yang bersangkutan. Tujuannya adalah untuk memenangkan persaingan dan segmentasi pasar dengan menyediakan produk atau jas terbaik. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh pandemi Corona di mana banyak orang melakukan ‘panic buying’. Untuk bekerja di bidang ini umumnya kamu bisa memilih profesi seperti agen pembelian, analis logistik, atau manajer distribusi. Biasanya mereka memulai dengan kuliah S1 yang berhubungan dengan matematika, statistik, atau prinsip teknik.

Baca Juga: 8 Cara Kerja ERP dalam Perusahaan Manufaktur

Software Developer dan Engineer

Setiap perusahaan, lembaga, dan institusi dapat dikatakan memerlukan tenaga ahli dalam bidang teknologi IT. Profesi yang akrab dengan bahasa pemrograman ini mempunyai fungsi vital yang berkaitan dengan optimasi sistem komputerisasi perusahaan. Tantangan seorang pengembang software adalah wajib untuk detail oriented. Ini karena tidak mudah mendesain serta mengerjakan coding yang merupakan deretan huruf, angka, serta bahasa pemrograman yang rumit. Sedikit keteledoran saja bisa membuat software Anda menjadi kacau.

Digital Marketer

Perusahaan yang hanya mengandalkan strategi marketing konvensional akan tertinggal dengan mereka yang melibatkan internet dalam pemasaran produknya. Inilah sebabnya skill para digital marketer semakin dihargai. Secara umum tugas profesi tersebut adalah merancang bentuk promosi untuk membangun brand awareness dan membuat calon pelanggan tertarik. Media yang digunakan adalah platform digital, misalnya media sosial, website, marketplace, dan sejenisnya.

Content Creator

Buat kamu yang sering bermain media sosial (medsos), tentu sudah faham betapa menjanjikannya profesi content creator. Saat ini, konten dianggap sebagai salah satu kunci untuk mendatangkan konsumen potensial bagi perusahaan. Konten yang menarik dan membuat audiens tergugah dapat menjadi senjata yang powerfull dalam strategi branding sebuah bisnis.

Jika kamu berminat menjadi seorang content creator, maka kamu harus memiliki kreativitas yang tinggi. Karena kamu akan bertanggung jawab untuk menghasilkan materi konten menarik, meriset konten kompetitor, dan membuatnya menjadi strategi branding yang sesuai dengan citra perusahaan tempat kamu bekerja.

SEO Specialist

Saat ini, konsumen cenderung melakukan riset terhadap sebuah produk sebelum memutuskan membelinya. Jadi, sebuah produk yang mudah ditemukan di pencarian online akan mendapatkan peluang lebih besar untuk diakses oleh konsumen potensial. Inilah mengapa Search Engine Optimization (SEO) specialist sangat dibutuhkan di era ini.

Jika kamu ingin menjadi seorang spesialis SEO, kamu akan berhadapan dengan teknik optimasi halaman website. Kamu harus mengamati setiap perubahan pada algoritma mesin pencari agar konten perusahaanmu dapat muncul di urutan teratas pencarian online.

Trend Dunia Kerja Tahun 2022

Kerja Secara Hybrid

Hybrid work adalah kombinasi dari kebijakan work from home dan work from office. Dalam seminggu, kamu akan diminta kerja di kantor selama beberapa hari. Lalu, kamu boleh kerja dari mana saja pada hari-hari sisanya. Jumlah hari wajib bekerja di kantor tergantung kebijakan setiap perusahaan. Ada perusahaan yang mengharuskanmu lebih banyak ke kantor, namun ada pula perusahaan dengan kebijakan sebaliknya. Nah, berdasarkan survei McKinsey, 9 dari 10 perusahaan akan memberlakukan kebijakan hybrid work setelah pandemi usai. Responden survei tersebut merupakan 100 eksekutif perusahaan dari berbagai negara dan industri.

Work From Anywhere

Work from anywhere juga diprediksi jadi tren dunia kerja pada 2022 nanti. Bahkan, saat ini, 50% perusahaan yang diriset oleh PwC sudah memberikan pilihan remote working permanen untuk para pekerja. Meski mirip, teknis pelaksanaan work from anywhere berbeda dengan hybrid work. Jika kebijakan hybrid work berlaku, kamu masih harus masuk kantor pada hari tertentu. Sementara itu, tidak ada kewajiban kerja di kantor dalam kebijakan work from anywhere.

Skill Kerja Remote

Bagaimanapun penerapan teknisnya, kerja dari jarak jauh diprediksi naik daun tahun depan. Nah, kerja remote ini menuntutmu punya skill khusus. Agar kariermu terus berkembang, kamu tentu harus menguasainya. Beberapa di antaranya adalah:

  • Kerja secara mandiri
  • Self motivation
  • Komunikasi
  • Pintar teknologi
  • Kerja sama tim lintas budaya
  • Proaktif
  • Digitalisasi operasi perusahaan

Digitalisasi juga akan menjadi tren dunia kerja pada 2022 nanti. Tren yang satu ini masih berkaitan dengan remote serta hybrid work. Karena dilakukan dari jarak jauh, kamu butuh bantuan teknologi untuk bekerja. Ada aplikasi komunikasi, meeting online, hingga tool presensi jarak jauh yang harus dipakai.

Great resignation

Great resignation adalah fenomena resign secara hampir bersamaan menjelang akhir pandemi. Dimulai pada April 2021 lalu, seperti dituliskan HowNow, fenomena ini diprediksi terus jadi tren dunia kerja pada 2022 nanti. Penyebab great resignation masih berkaitan dengan wabah corona. Ada beberapa penyebab dari great resignation, berikut rinciannya:

  • Sudah ingin resign sejak 2020, namun tertunda karena pandemi.
  • Mencari work-life balance yang lebih baik.
  • Berubahnya prioritas hidup saat pandemi.
  • Tempat kerja saat ini tidak menawarkan fleksibilitas kerja.
  • dan lain-lain

Apakah kamu tertarik mengikuti tren yang satu ini?

Kesimpulan

Itulah enam pekerjaan yang memiliki peminat yang tinggi di tahun 2022. Namun, pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang diselesaikan dengan kesiapan dan perencanaan yang matang. Jadi, jangan ragu untuk bekerja sesuai passion. Manfaatkan keahlian kamu untuk memberikan yang terbaik dalam setiap pekerjaan yang kamu lakukan.

Beberapa trend pekerjaan popular di 2022 yang bisa kamu jadikan referensi. Semakin banyak skill yang kamu kuasai sesuai bidang yang kamu senangi, tentu akan semakin besar kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan terbaik.

Jangan lupa untuk menggunakan software yang bisa menunjang keefektifkan dan kebutuhan perusahaan yaitu dengan menggunakan MASERP sebagai salah satu software terbaik dengan sistem ERP memberikan banyak kemudahan untuk perusahaanmu. Meningkatnya efisiensi dan produktivitas kerja akan membuat kamu fokus pada ide-ide kreatif beserta eksekusinya.

Dengan MASERP, kamu tidak perlu lagi kewalahan mengurus bisnis, apalagi takut data bocor, karena kamu bisa mengontrol hak akses pada karyawan sesuai divisi dan tanggungjawabnya. Data yang terdapat di dalam software juga real time, kamu bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang tidak murah, tetapi jika bisnismu membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawakan modul-modul ERP yang sesuai dengan industri perusahaanmu baik yang sudah tersedia ataupun kamu bisa custom modul yang dibutuhkan. Segera konsultasikan kebutuhanmu dengan konsultan ahli kami, gratis!

New call-to-action