Partnership MASERP: OnlinePajak, iSeller dan MRB Finance

Menjalankan sebuah bisnis dapat dilakukan dengan banyak cara, Anda bisa membuat bisnis dari nol atau mungkin bermitra dengan bisnis lain yang biasanya disebut dengan partnership (kemitraan). Kemitraan setiap bisnis dapat berbeda, tergantung pada sistem yang mereka terapkan. Untuk mengetahui apa itu partnership dan mengenal 3 partner MASERP yang dapat membantu bisnis Anda, mari kita simak pembahasan berikut ini.

Apa Itu Partnership?

Partnership atau biasa disebut juga kemitraan merupakan salah satu cara menarik kalau Anda mau berbisnis dengan orang lain. Istilah ini maknanya pun berkembang seiring perkembangan teknologi, saat ini pemilik bisnis memilih bermitra untuk menambahkan fitur atau terobosan baru di sistem bisnis mereka.

Ketika menjalankan kemitraan, ada perjanjian yang harus disepakati antara kedua belah pihak. Hubungan antara partner, persentase dan jenis kepemilikan bisnis, serta tugas partner tercantum dalam perjanjian partnership.

Partnership adalah bisnis yang dijalankan oleh beberapa individu dan masing-masing dari mereka memiliki bagian dari bisnis tersebut. Partner juga berperan aktif dalam menjalankan bisnis, atau mungkin para partner menjadi investor pasif.

Dalam kemitraan, setiap partner biasanya harus membeli atau berinvestasi, bagian dari keuntungan dan kerugian partnership berdasarkan pada persentase kepemilikan.

Apa bedanya partnership dengan entitas (badan usaha) lainnya? Kalau partnership ini seperti kepemilikan tunggal, secara hukum dan finansial tidak dapat dipisahkan dari pemiliknya. Keuntungan dan kerugian dapat menjadi pendapatan pribadi pemilik sebagai tujuan pajak bisnis.

Kemitraan cenderung lebih mudah dan murah daripada harus membuat perusahaan baru. Pajak yang dibebankan pun lebih rendah daripada struktur bisnis lain seperti perusahaan.

Baca Juga: Bisnis Model Canvas: Tujuan, Komponen hingga Contoh

Jenis Partnership

Saat Anda bermitra dengan partner, tidak hanya berinvestasi maupun bekerjasama begitu saja. Ada empat jenis partnership yang perlu Anda ketahui dan pilihlah yang cocok dengan bisnis Anda.

General Partnership (Kemitraan Umum)

General partnership merupakan bentuk kemitraan paling dasar. Anda tidak perlu membuat badan usaha, dalam kebanyakan kasus cukup dengan menandatangani perjanjian kemitraan. Kepemilikan dan keuntungan akan dibagi rata antara para mitra, tetapi bisa jadi setiap kemitraan memiliki ketentuan maupun perjanjian khusus.

Dalam general partnership, semua mitra yang bergabung memiliki kekuatan independen untuk mengikat bisnis dengan kontrak dan pinjaman. Setiap mitra memiliki kewajiban, dimana secara pribadi mereka bertanggung jawab pada semua utang bisnis dan kewajiban hukum.

Misalnya, general partnership memiliki tiga partner/mitra. Salah satu mitra mengambil pinjaman dan ternyata tidak bisa membayar, bisa jadi semua mitra akan menanggung utang tersebut. Jenis kemitraan general ini proses pembentukannya mudah, tetapi mudah juga dibubarkan apalagi saat salah satu mitra ada yang bangkrut atau meninggal.

Limited Partnership

Limited partnership atau kemitraan terbatas adalah badan usaha formal yang disahkan oleh negara. Setidaknya ada satu mitra umum yang bertanggung jawab penuh atas bisnis dan mitra lain yang menyediakan dana tetapi tidak aktif mengelola bisnis.

Berbeda dengan kemitraan pada poin sebelumnya, kemitraan ini tidak bertanggung jawab atas utang dan kewajibannya. Kalau mereka mulai aktif mengelola bisnis, mereka bisa kehilangan status sebagai limited partner.

Beberapa limited partner menunjuk perseroan terbatas (PT) sebagai general partner sehingga tidak ada yang perlu bertanggung jawab secara pribadi pada bisnis tersebut.

Limited Liability Partnership (Kemitraan Tanggung Jawab Terbatas)

Semua partner dalam jenis kemitraan ini berperan aktif mengelola bisnis, tetapi ada tanggung terbatas dalam kegiatan satu sama lain. Partner akan bertanggung jawab atas utang dan kewajiban hukum bisnis, tetapi mereka tidak bertanggung jawab atas kesalahan rekan kerja mereka.

Kemitraan ini tidak berlaku untuk seluruh profesi, umumnya terbatas untuk profesi tertentu seperti dokter, pengacara dan akuntan.

Baca Juga: Apa Itu Pajak Penghasilan (PPh)? Bagaimana Cara Menghitungnya?

Partnership MASERP

Partnership antara vendor software/aplikasi satu dengan yang lain dapat menciptakan sistem maupun fitur yang lebih lengkap, umumnya dilakukan dengan cara integrasi. Sejauh ini, MASERP berpartner dengan OnlinePajak, iSeller dan MRB Finance untuk menciptakan fitur lengkap untuk kebutuhan para pelanggannya.

OnlinePajak

OnlinePajak merupakan aplikasi yang memudahkan Anda dalam menghitung, menyetor dan melaporkan pajak secara online. Perhitungan pajak di OnlinePajak dijamin keakuratannya dan efisien karena Anda bisa menginput e-faktur, PPN dan PPh lebih cepat di dalam aplikasi kemudian bisa dilaporkan melalui e-filling.

MASERP memiliki fitur Auto Number Tax untuk membuat faktur pajak secara otomatis. Anda juga bisa melakukan export data pajak perusahaan dari MASERP yang nantinya bisa langsung diimport ke aplikasi e-faktur.

Semua proses perpajakan dari perhitungan sampai pelaporan bisa dilakukan di dalam satu aplikasi saja. Tentu ini sangat praktis dan dapat menghemat waktu Anda.

iSeller

Anda memiliki toko online di marketplace dan e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee? Saat ini MASERP berpartner dengan iSeller untuk memudahkan pelanggan yang memiliki bisnis online dan membutuhkan POS dalam operasionalnya.

Sebagai salah satu vendor sistem POS omni channel terbaik, iSeller dapat terintegrasi dengan banyak marketplace. Fitur lengkap yang ada di iSeller membantu dalam manajemen kas bisnis dan promosi, menerima pembayaran secara terpisah, voucher toko, dan masih banyak lagi.

Untuk menghemat waktu, Anda dapat menginput transaksi dengan barcode scanner, cetak faktur, customer dan kitchen display, serta menerima pembayaran kartu debit maupun kredit secara wireless dengan Bluetooth atau wifi.

MASERP dapat terintegrasi dengan iSeller untuk membantu berbagai industri bisnis seperti retail dan F&B.

MRB Finance

Sistem ERP memang sangat cocok untuk perusahaan berskala menengah dan besar, karena ERP memiliki fitur lengkap untuk semua fungsi bisnis seperti akuntansi, penjualan, manufaktur, distributor dan lain sebagainya.

Untuk mengimplementasikan software ERP, perusahaan harus memahami terlebih dahulu apa yang dibutuhkan dan bagaimana cara kerjanya. Agar tidak salah memilih ERP, Anda membutuhkan konsultan yang sudah terpercaya dan profesional di bidangnya.

MRB Finance sebagai konsultan akuntansi, pajak dan bisnis akan membantu Anda menyederhanakan dan menerapkan sistem ERP beserta prosedurnya untuk perusahaan Anda.

Kolaborasi MASERP dan MRB Finance akan membantu bisnis Anda berkembang secara cepat dan tepat mencapai tujuannya.

Kesimpulan

Partnership memiliki makna yang semakin berkembang, banyak bisnis yang memilih bermitra untuk menambahkan fitur atau terobosan baru misalnya software akuntansi yang berpartner dengan software/aplikasi pajak. 

Berdasarkan jenisnya, partnership dikategorikan menjadi general partnership, limited partnership dan limited liability partnership. Sebelum bermitra dengan bisnis lain, sebaiknya Anda pastikan dahulu jenis kemitraan yang mereka tawarkan, dan pilihkan yang cocok dengan prinsip Anda.

Sampai saat ini, MASERP sebagai salah satu vendor ERP lokal sudah bermitra dengan OnlinePajak (pajak), iSeller (POS) dan MRB Finance (konsultan akuntan dan pajak) untuk membuat proses bisnis Anda menjadi lebih cepat dan efisien.

Jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

Dengan fitur Report Center di MASERP, Anda bisa mencatat dan membuat laporan keuangan yang meliputi laba rugi, neraca, penjualan dan lain-lain.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloudSoftware tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: Join Partner MASERP

New call-to-action