Apa Itu OEM? Apa Bedanya dengan Original dan KW?

Penentuan produk berkualitas, dapat dimulai dari mengetahui jenis produk yang dipasarkan dan seberapa pentingnya produk tersebut dapat memberikan sesuatu yang terbaik bagi konsumen. Original equipment manufacturer atau OEM adalah salah satu jenis produk yang perlu Anda ketahui kualitasnya di pasaran. Apakah Anda pernah mendengar istilah tersebut? Atau Anda lebih familiar dengan istilah barang ori dan barang KW? Yuk kita ketahui bedanya di artikel kali ini!

Apa Itu OEM?

Ada tiga jenis produk yang umumnya dijual oleh produsen dengan masing-masing kelebihan dan kekurangannya, yaitu produk original, produk OEM dan produk replika atau imitasi. Mari kita cari tahu perbedaan ketiganya.

Produk original adalah produk yang diperoleh langsung dari tangan pertama atau produsen, sistem pemasarannya original dan produknya sudah memiliki standar tertentu atau khusus dari pembuat produk.

Kualitas produk original tentu tidak main-main, kerap kali menjadi incaran konsumen. Namun, harga jualnya biasanya akan lebih mahal karena ada layanan tambahan seperti garansi, jaminan servis, dan support lainnya dari perusahaan retail maupun produsen.

Selanjutnya, original equipment manufacturer atau OEM adalah produk yang paling banyak diminati konsumen karena harganya tidak semahal produk original dan tetap mementingkan kualitas, walau dari segi standarisasi berbeda.

Alasan produk OEM lebih murah karena ada batasan waktu garansi, jaminan servis, dan dukungan lainnya.

Terakhir, produk replika atau yang lebih dikenal dengan bajakan dan imitasi adalah sebuah barang yang fisiknya dibuat mirip dengan produk original. Dari segi kualitas dan fungsinya, jauh lebih rendah dari OEM dan original.

OEM adalah jenis barang yang diproduksi oleh produsen yang juga bertindak sebagai pihak produksi barang original.

Pihak produsen produk original juga memasarkan barang mereka menjadi OEM dengan beberapa ketentuan sesuai kesepakatan dari kedua belah pihak.

Pihak produksi barang original ini, tidak hanya menjajakan pasaran melalui OEM saja. Ada metode penjualan lain yang dilakukan yaitu ODM (Original Design Manufacturer) sebagai strategi penjualannya.

Berbeda dengan OEM yang hanya mengambil pasar produk asli tanpa adanya garansi, jaminan servis, dan dukungan lainnya dari perusahaan retailnya. ODM bahkan menambahkan semua unsur tersebut, dengan merk berbeda.

Produk OEM lebih diminati pelanggan karena harga lebih murah dan kualitas masih sepadan dengan barang original.

Baca Juga: Mengenal Pentingnya Persediaan Barang dan 11 Jenisnya

Karakteristik OEM

Lebih lakunya produk OEM di pasaran, tentu tidak lepas dari karakteristik yang menjadi ciri khusus dan membuatnya lebih diminati dari produk original dan bajakan (imitasi).

Salah satu karakteristik OEM yang paling umum adalah dari penamaan barangnya, spesifikasinya ditentukan berdasarkan keputusan dari pihak produksi original dengan distributor.

Contohnya produk teknologi seperti ponsel dengan berbagai tipe seperti iPhone, dimana pihak Apple adalah pihak produksi asli yang membuat dan memasarkan barang original mereka ke konsumen.

Namun, Apple juga melakukan beberapa metode pemasaran menggunakan OEM dengan menggaet beberapa distributor seperti iBox, Erafone, dan Digimap agar lebih laku.

Tentu saja, karakteristik dan spesifikasi yang ditawarkan Apple sebagai barang original serta beberapa jenis penjajal OEM itu berbeda. Namun biasanya, produk OEM jauh lebih laku karena banyak nilai plusnya.

Keuntungan Membeli OEM

Salah satu keuntungan membeli OEM adalah terkait cara pemasarannya, OEM juga berwenang memproduksi ulang dari barang original.

Biasanya, produksi ulang OEM tidak akan pernah menyamai beberapa kelebihan dari original karena itu hadir keuntungan lain terkait harga pasaran yang lebih murah.

Namun, konsumen tidak perlu khawatir karena kualitas OEM dan original sama bagusnya. Manfaat produk original hanya dari segi garansi, jaminan servis, dan dukungan lainnya dari perusahaan retail.

Sementara manfaat OEM jauh lebih menarik perhatian konsumen karena harga murah tapi kualitas oke, tagline ini tentu akan lebih mudah dalam strategi menggaet pelanggan.

Kelebihan dan Kekurangan OEM

Kelebihan lainnya yaitu legalitas OEM yang sudah pasti jelas, resmi dan tidak perlu diragukan, bahkan tersedia garansi penggunaan meski hanya berlaku dalam beberapa waktu saja.

Kekurangannya yaitu garansi OEM yang hanya dalam hitungan tahun saja, sementara produk original kemungkinan bisa didapatkan seumur hidup. 

Begini, misalnya untuk jenis barang ponsel saja. Namanya juga produk digital, maka semakin bertambahnya tahun, akan terus ada pembaruan dari teknologi yang biasa terjadi dari dalam ponsel itu sendiri.

Produk OEM biasa memberikan garansi setahun sampai dua tahun yang menjadi batas update software ponsel, setelah tahun itu biasanya tidak akan ada garansi tambahan lagi dari OEM.

Biasanya pemakaian ponsel selama lebih dari dua tahun akan mengalami penurunan kecepatan dan kompatibel dari pemakaian aplikasi.

Untuk diketahui, aplikasi akan terus mengalami update terkini dan jika ponsel tersebut tidak lagi kompatibel dengan sistem, maka penggantian menjadi produk baru adalah jawabannya.

Garansi original memungkinkan konsumen dapat lebih lama menggunakan produk serupa selama bertahun-tahun, sementara waktu yang digunakan dalam pemakaian OEM tentu lebih singkat.

Baca Juga: 5 Manfaat Inventory ERP dan Rekomendasinya

Perbedaan OEM, KW, KW Super dan Ori

Saat ini, kemungkinan semua pihak produksi kerap kali menggunakan metode OEM karena akan sama menguntungkan kedua belah pihak dari manfaat hingga spesifikasi khusus.

Meskipun di pasaran masih banyak produk tiruan atau KW (kwalitas) yang kualitasnya tentu tidak sebaik barang original dan OEM. Bahkan, terdapat juga beberapa jenis produk yaitu KW dan KW Super, barang KW Super merupakan imitasi yang sulit dibedakan dari produk original dan OEM. Sementara KW tidak hanya terdapat penurunan kualitas, tapi juga visualisasi yang jauh lebih rendah.

Secara garis besar, berikut perbedaan signifikan dari produk original, OEM, KW dan KW Super yang terangkum dalam beberapa poin di bawah ini.

  • Original: produk asli yang dipasarkan oleh pihak produsen dengan kelebihan garansi, jaminan servis, dan dukungan lainnya dari perusahaan retailnya.
  • OEM: kualitas produk sama dengan original tapi masa garansi dan kelebihan lain tidak semaksimal barang original.
  • KW Super: imitasi produk original yang sulit dibedakan dari tiruan, namun kualitasnya tetap lebih rendah dari OEM dan original.
  • KW: kekurangan dari segala aspek mulai dari fisik yang dapat dibedakan jelas sebagai tiruan, kualitas lebih rendah dari produk lainnya.

Perbedaan OEM dan ODM

Larisnya produk OEM di pasaran adalah alasan barang tersebut lebih unggul, bahkan dari yang original sekalipun. Namun, metode pasaran OEM ada saingan yaitu ODM.

ODM (Original Design Manufacturer) dapat dikatakan memiliki kualitas dan beberapa kelebihan yang sama dengan OEM, namun hak cipta penjualannya lebih luas lagi.

Apabila penjualan OEM dikatakan sebagai penyalur kedua dari pihak produksi barang original, maka ODM adalah barang original itu sendiri yang mengalami perubahan merk.

Pihak produk original ini mengizinkan perusahaan ODM untuk memiliki merek mereka dan lakukan produksi barang asli sesuai ketentuan serupa, tanpa harus menjalankan sebuah pabrik.

Namun, pemasarannya akan membutuhkan biaya yang lebih mahal dari OEM sendiri karena kelebihan garansi, jaminan servis, dan dukungan lainnya dari perusahaan retailnya dapat dikatakan sama dengan original.

Baca Juga: Software Inventory Terbaik: Fitur Inventory MASERP

Kesimpulan

Produk OEM (Original Equipment Manufacturer) yang paling banyak diminati konsumen karena harganya tidak semahal produk original dan tetap mementingkan kualitas, walau dari segi standarisasi berbeda. 

ODM (Original Design Manufacturer) dapat dikatakan memiliki kualitas dan beberapa kelebihan yang sama dengan OEM, namun hak cipta penjualannya lebih luas lagi.

Original adalah produk asli yang dipasarkan oleh pihak produsen dengan kelebihan garansi, jaminan servis, dan dukungan lainnya dari perusahaan retailnya.

KW Super adalah imitasi produk original yang sulit dibedakan dari tiruan, kualitasnya tetap lebih rendah dari OEM dan original. KW adalah produk yang dapat dibedakan jelas sebagai tiruan, kualitas lebih rendah dari produk lainnya.

Bagi Anda yang saat ini berkecimpung di bisnis manufaktur maupun retail yang memiliki banyak persediaan barang, bahkan memiliki banyak gudang. Sebaiknya kelola bisnis Anda dengan sistem yang dapat mengintegrasikan semua lini bisnis, seperti software ERP dari MASERP.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!