4 Keunggulan Market Orientation dalam Bisnis

Ketika mendirikan sebuah bisnis, Anda mungkin pernah kebingungan dalam menentukan produk apa yang ingin dijual. Kemungkinan lainnya, Anda sudah memiliki ide kasar, namun masih merasa ragu akan seperti apa reaksi masyarakat terhadap produk tersebut. Alih-alih memikirkan produk apa yang dijual dan bagaimana reaksi masyarakat terhadap itu, Anda bisa menerapkan strategi market orientation.

Apa Itu Market Orientation?

Market orientation adalah strategi pengembangan bisnis (business development) yang mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan dari target konsumen. Setelah mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan target market, produsen pun akan membuat produk yang sesuai dengan permintaan pasar untuk menciptakan kepuasan pelanggan (customer satisfaction).

Market orientation adalah kebalikan dari product orientation, yaitu strategi pemasaran dengan mengedepankan kualitas produk (product value) untuk menghasilkan penjualan.

Bisanya, strategi ini akan membuat perusahaan mengasumsikan kualitas produk sebagai penentu permintaan di pasar (product-led growth) dan kurang memperhatikan keinginan pelanggan. Sehingga, pada intinya market orientation merupakan strategi bisnis yang berorientasi pada kebutuhan dan keinginan pasar.

Dengan pendekatan ini, maka Anda akan dapat meningkatkan brand authority, customer loyalty, brand loyalty dan word of mouth advertising dengan lebih mudah. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa pendekatan ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah menurunnya inovasi produk.

Bukan tanpa alasan, ini karena biasanya perusahaan akan memproduksi barang sesuai dengan kemauan pasar. Bagi perusahaan yang berfokus pada pendekatan market orientation, riset market harus berorientasi pada kebutuhan utama konsumen. Sehingga, jika Anda ingin menerapkan pendekatan ini dalam bisnis, maka Anda harus selalu mengetahui dan mengikuti tren apa yang ada di pasar.

Baca Juga: 5 Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Keuntungan

Fungsi dan Manfaat Market Orientation  

Fungsi market orientation:

  • Mengarahkan perusahaan pada diferensiasi dan efisiensi produk berdasarkan market orientation.
  • Mengarahkan para manager untuk mengurangi penekanan orientasi produk untuk merespon pasar. 
  • Mengarahkan sistem organisatorial, seperti formalisasi dan sentralisasi, akan ditentukan secara berurutan dan tidak akan berdiri sendiri.

Adapun manfaat dari market orientation adalah sebagai berikut: 

  • Membantu perusahaan dalam memproduksi produk atau jasa yang sesuai dengan yang dipersepsikan oleh pelanggan. 
  • Membantu memproduksi secara lebih efisien dibandingkan para pesaing.
  • Menjelaskan perbedaan kinerja yang dicapai oleh perusahaan.

Adanya orientasi pasar dapat mengarahkan perusahaan pada competitive advantage yang dapat dipertahankan melalui aktivitas internal dan eksternal, yaitu: 

  • Internal. Misalnya: investasi ulang, ambiguitas casual (lebih mampu mengenal kemampuan diri dengan lebih baik) dan melakukan adaptasi orientasi pasar (adaptation of more market oriented). 
  • Eksternal. Misalnya: adaptasi dengan perubahan, ambiguitas eksternal, intangibility, kecepatan mobilitas, kompleksitas sosial, efisiensi massal, dan peningkatan efektivitas sejalan dengan waktu serta pengetahuan prosedural.

Keunggulan Market Orientation

Kepuasan Pelanggan

Ketersediaan produk memungkinkan orang memiliki lebih banyak pilihan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka. Itu mengarah kualitas hidup yang lebih baik.

Tingkat Penerimaan yang Lebih Tinggi

Perusahaan menjual apa yang diinginkan konsumen alih-alih menjual sebanyak mungkin produk yang mungkin sebenarnya tidak ingin konsumen beli. Mereka melakukan riset pasar dan mengembangkan bauran pemasaran yang efektif.

Sehingga, kegagalan produk di pasar jauh berkurang karena perusahaan menyelaraskan produk mereka dengan harapan dan permintaan pelanggan. Memang, beberapa perusahan mungkin gagal untuk menghasilkan penjualan atau keuntungan.

Tapi, itu biasanya karena produk mereka tidak lebih baik daripada pesaing. Sehingga, konsumen lebih memilih produk pesaing.

Loyalitas Pelanggan

Dengan memuaskan pelanggan, perusahaan dapat menciptakan loyalitas. Itu penting untuk mengamankan penjualan dan keuntungan dalam jangka panjang. Sekali lagi, untuk menghasilkan loyalitas yang lebih tinggi, mereka harus melakukannya lebih baik daripada pesaing.

Lebih Banyak Ide 

Riset pasar memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan umpan balik dari konsumen. Itu berguna untuk meningkatkan kualitas produk yang ada saat ini atau dalam mengembangkan produk baru berikutnya.

Tahapan Market Orientation

Menentukan Tujuan

Dalam berbisnis, menentukan target dan tujuan adalah suatu keharusan. Dengan begitu, Anda akan tahu apakah perusahaan sudah mencapai target atau belum. Tujuan ini juga harus bisa dicapai dan masuk akal sehingga dapat disetujui oleh semua pihak yang terlibat.

Dengan begitu SDM perusahaan akan lebih terarah dalam melancarkan rencana yang telah ditetapkan. Jangan lupakan pula untuk selalu mencoba melihat dari perspektif pelanggan untuk memahami apa yang mereka butuhkan.

Melakukan Riset Konsumen

Perusahaan yang menerapkan strategi yang berorientasi pada pasar adalah perusahaan yang rajin melakukan riset pada konsumennya. Mereka bahkan memiliki tim khusus yang ahli dalam bidang ini. Riset bertujuan untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Data-data terkumpul yang bisa berupa data kualitatif maupun kuantitaif ini kemudian dikumpulkan dalam dokumen, yang nantinya bisa digunakan untuk menyusun perencanaan yang lebih matang.

Membentuk Tim Proyek

Sudah seharusnya bagi perusahaan untuk membentuk tim khusus yang diambil dari berbagai divisi untuk melaksanakan suatu proyek. Perusahaan juga harus memastikan setiap anggota tim di dalamnya merupakan yang terbaik dalam bidangnya.

Kesimpulan

Market orientation sejatinya merupakan salah satu strategi bisnis yang bisa dilakukan untuk menentukan barang atau jasa apa yang ingin dijual. Bisa juga sebagai upaya mengembangkan bisnis, dimana barang atau jasa yang Anda sediakan akan selalu dibutuhkan oleh pasar.

Namun, Anda tetap harus meninjau dan menyesuaikan strategi apa yang paling tepat untuk diterapkan dalam bisnis Anda. Sebab, setiap strategi bisnis tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Terlepas dari jenis strategi bisnis yang ingin dilakukan, melakukan pembukuan secara manual bisa membuat perhitungan lama dan tidak akurat, sehingga di sini kamu butuh software ERP yang memiliki fitur lengkap, harga yang bisa disesuaikan perusahaan, dan mudah digunakan seperti MASERP.

Yuk, segera konsultasikan dengan MASERP sebelum, menggunakan software ERP modern ini. Sehingga, MASERP juga bisa menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan perusahaan. 

New call-to-action