5 Manfaat ERP Restoran untuk Tingkatkan Performa Bisnis

Pernahkah Anda mendengar istilah ERP? Bila Anda adalah seorang pemilik bisnis di era modern saat ini, tentunya Anda tidak asing lagi dengan istilah ERP tersebut. Dahulu ERP adalah sistem yang dominan digunakan oleh perusahaan yang berskala besar, namun seiring dengan adanya kemajuan teknologi sekarang ini, ERP telah banyak  digunakan oleh bisnis di berbagai kalangan, salah satunya ERP restoran.

Bisnis Menjadi Lebih Agile

Dalam suatu bisnis yang berkembang dengan pesat, kemampuan dalam menanggapi suatu perubahan sangatlah penting. ERP restoran yang bagus adalah ERP yang fleksibel, modular, dan juga cukup scalable dalam beradaptasi dengan suatu dinamika pasar yang diikuti dengan kebutuhan para pelanggan yang juga sering berubah.

Anda dapat mengimplementasikan aplikasi yang lebih spesifik yang dapat memenuhi kebutuhan usaha Anda saat ini serta dapat menambahkan aplikasi yang secara langsung terintegrasi dan sesuai dengan kebutuhan saat usaha Anda akan berkembang nantinya.

Baca Juga: Ikuti 5 Langkah Mudah Memulai Bisnis F&B

Meningkatkan Efisiensi Serta Produktivitas Secara Drastis

Spreadsheet yang kurang efisien, alur kerja yang masih manual, dan juga software yang berbasis desktop tentunya dapat menghambat pertumbuhan pada bisnis Anda. Sistem ERP dapat merampingkan organisasi Anda dan juga dapat menempatkan semua data usaha/bisnis yang Anda kelola pada satu tempat, serta memberikan laporan yang akurat dan juga dapat menghasilkan lingkungan kerja lebih efisien, berkolaborasi, dan berbasis data.

Menghemat Biaya

Dengan menjalankan sistem ERP pada bisnis restoran Anda, akan menjadikan bisnis Anda menjadi lebih efisien dan sederhana. Banyak pelaku bisnis yang melaporkan sejak mereka menggunakan sistem ERP, usaha mereka bisa berkembang tanpa karyawan atau biaya IT tambahan. Tentunya ini dapat memangkas biaya yang sebelumnya harus mengeluarkan biaya ekstra untuk operasional usaha.

Meningkatkan Keamanan dan Aksesibilitas

Dengan menggunakan sistem ERP dalam operasional bisnis restoran Anda akan membantu meningkatkan sistem keamanan dan juga aksesibilitas sekaligus mengurangi berbagai resiko serta biaya.

Memindahkan aplikasi sistem ERP ke cloud akan memungkinkan Anda untuk dapat menskalakan, memperluas, serta meningkatkan bisnis Anda dengan cepat. Selain itu juga dapat meningkatkan visibilitas dan juga aksesibilitas, dengan memanfaatkan sepenuhnya kapabilitas dari sistem ERP.

Membantu Pengembangan Bisnis Restoran

Dengan menggunakan sistem ERP pada bisnis restoran dapat menghapus ketidakefisienan, terbuangnya waktu dan juga sumber daya yang juga terbuang percuma. Sistem ini dapat memberdayakan bisnis restoran Anda menjadi lebih berkembang dan juga lebih optimal dari sebelumnya.

Jika Anda merasa terbebani oleh ketidakmampuan dalam memenuhi permintaan konsumen karena dibatasi oleh suatu sistem yang konvensional atau masih menggunakan sistem ERP lama yang stagnan, maka dengan meningkatkan sistem ERP lama ke modern akan membebaskan usaha Anda dalam mewujudkan potensi pertumbuhan yang sebenarnya.

Kesimpulan

ERP restoran bisa menjadi solusi bagi pemilik bisnis khususnya di bidang F&B dan bisa menyederhanakan bisnis Anda dengan sistem otomatis yang prosesnya berbasis data, menganalisa data keseluruhan dan dapat menyediakan data yang lebih akurat secara terintegrasi.

Secara umum, sistem ERP mengintegrasikan beberapa fungsi bisnis seperti akuntansi, inventarismanufaktur, SDM, purchasing, SCM, penjualan dan CRM.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software ERP seperti MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawakan modul-modul ERP yang sesuai dengan industri perusahaan Anda baik yang sudah tersedia ataupun Anda bisa mengcustom modul yang dibutuhkan.

New call-to-action