Libur Nasional 2022. Simak Rinciannya dan Peluang Bisnis 2022

Penetapan Hari Libur Nasional 2022 dan Cuti Bersama sudah ditetapkan pemerintah. Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 963 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021, Nomor 4 Tahun 2021 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022.

Hari Libur Nasional 2022 dan Cuti Bersama

Dikutip dari kemenkopmk.go.id, pemerintah telah menyepakati dan menetapkan hal tersebut dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2022 yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Pemerintah telah menyepakati dan menetapkan hal tersebut dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Tentang Hari Libur Nasional 2022 dan Cuti Bersama berikut rincian 16 hari libur nasional dimaksud yaitu:

  • 1 Januari : Tahun Baru 2022 Masehi
  • 1 Februari : Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili  
  • 28 Februari : Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW
  • 3 Maret : Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944
  • 15 April : Wafat Isa Almasih
  • 1 Mei : Hari Buruh Internasional
  • 2-3 Mei : Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah
  • 16 Mei : Hari Raya Waisak 2566 BE
  • 26 Mei : Kenaikan Isa Almasih
  • 1 Juni : Hari Lahir Pancasila
  • 9 Juli : Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah
  • 30 Juli : Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah
  • 17 Agustus : Hari Kemerdekaan RI
  • 8 Oktober : Maulid Nabi Muhammad SAW
  • 25 Desember : Hari Raya Natal

Menko PMK menerangkan, penetapan cuti bersama tahun 2022 akan ditetapkan kemudian sambil melihat perkembangan pandemi COVID-19. Penetapan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2022 dimaksudkan sebagai pedoman bagi masyarakat, sektor ekonomi, dan sektor swasta dalam beraktivitas, serta sebagai rujukan bagi kementerian dan lembaga pemerintahan dalam menentukan perencanaan program-program kerja.

Menko PMK menegaskan bahwa pemerintah memperhatikan perkembangan pandemi di Indonesia dalam penetapan SKB Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022.

Peluang Bisnis Online Tahun 2022

Ada bisnis yang mengharuskan Anda membuat website, juga ada yang hanya butuh aplikasi saja. Semuanya tergantung Anda akan bagaimana menjalankan atau mengusahakan bisnis. Namun yang pasti, beberapa hal berikut bisa jadi peluang usaha online di tahun 2022.

Baca Juga: Pahami Bisnis Anda dengan 4 Cara Analisis Usaha Ini!

Makanan Kreatif

Usaha makanan saja akan kurang, belakangan ini mereka yang bisa menawarkan makanan yang unik hasil dari ide kreatif lebih diterima di pasaran. Sebenarnya makanan biasa yang sudah ada pun, tanpa ada uniknya, tetap laris. Namun, apa yang lebih laris adalah yang kreatif.

Diawali dari kebutuhan milenial akan makanan yang unik dan instagramable, dilanjutkan dengan generasi di atasnya yang juga penasaran dengan cita rasa makanan-makanan yang disajikan dengan cara, bentuk, atau kemasan unik. Bisnisnya tetap dalam bentuk online hanya saja dalam proses produksi akan dilakukan secara offline.

Bisa dijual secara offline juga, namun tetap dijual dan ditawarkan secara online. Membuat website untuk produk yang Anda jual ini juga solusi bagus yang mana mungkin akan mengantar Anda pada peluang bisnis yang selanjutnya.

Waralaba Online

Adapun peluang bisnis yang selanjutnya adalah bisnis waralaba. Semakin banyak saja orang yang ingin berbisnis, tidak hanya Anda saja, dan keinginan ini didominasi generasi milenial.

Tidak salah, dan jika Anda cukup kreatif dan inovatif, bisa diciptakan bisnis untuk mewadahi mereka yang ingin berbisnis. Kedengarannya menarik bukan? Memang menarik dan saingannya masih cukup sedikit. Sama-sama solutif, pelanggan Anda ingin berbisnis namun Anda sendiri tetap bisa berbisnis.

Ciptakanlah usaha franchise atau waralaba yang memiliki branding mantap dan profesional. Sebaiknya ciptakan beberapa jenis waralaba sekaligus supaya pelanggan Anda mempunyai pilihan.

Apa yang pertama Anda lakukan adalah menemukan ide, produk yang sifatnya masih banyak peminatnya namun tetap memiliki keunikan. Jika itu makanan, maka buatlah resepnya supaya nanti Anda bisa siapkan semua bahan yang dibutuhkan frachiser. Kemudian buat brosur, katalog, logo, desain booth, dan semuanya supaya franchiser bisa langsung buka usahanya.

Supaya bisnis waralaba Anda ini semakin banyak yang tahu, membuat website akan dibutuhkan. Website yang terintegrasi dengan ads sosial media maupun marketplace yang pas sehingga banyak orang bisa mendapat info dengan mudah.

Bisnis Bahan Bangunan di Marketplace

Milenial zaman sekarang ini sudah banyak yang bisa miliki hunian sendiri, atau setidaknya tempat tinggal yang bisa disewa sendiri. Tidak menutup kemungkinan semakin banyak dibutuhkan bahan bangunan.

Anda bisa buka toko bahan bangunan secara online, dengan menawarkan pengiriman yang aman menggunakan ekspedisi atau diantar oleh tim langsung ke tempat pembeli.

Akan ada banyak keuntungan di sini, mereka yang butuh bahan bangunan bisa mendapatkannya secara mudah (tidak perlu kemana-mana, keliling kota untuk menemukan toko bahan bangunan) dan Anda pun tak perlu modal uang usaha. Yang mana memang area untuk ruang usaha bahan bangunan adalah area yang ukurannya selalu besar. Menguntungkan bagi Anda, juga menguntungkan bagi pembeli Anda.

Supermarket Online

Semakin banyak saja yang ingin memenuhi kebutuhan sehari-hari secara instan. Sudah tak memandang subjek lagi, sebab orang dewasa atau mereka yang sudah berkeluarga pun juga lebih tertarik untuk bisa berbelanja dengan cara praktis.

Anda bisa memanfaatkan fenomena ini dengan membuka supermarket online. Upload semua keperluan rumah tangga dalam website beserta harganya, jadikan website tersebut sebagai marketplace, dan tawarkan website ini supaya semakin banyak yang tahu.

Solutif bagi mereka karena tak perlu buang tenaga untuk penuhi kebutuhan rumah tangga, juga solutif bagi Anda karena tidak membutuhkan karyawan dan ruang usaha. Pengeluaran berbisnis bisa lebih hemat, namun Anda juga tak perlu banyak belajar untuk bisa jalankan bisnis ini.

New call-to-action