6 Komponen ERP Ini Wajib Dipakai Perusahaan Anda!

Software ERP sebagai sistem yang terintegrasi memiliki banyak fitur di dalamnya, bahkan tiap vendor juga menawarkan berbagai pilihan integrasi dengan software atau aplikasi lain. Tetapi, sebelum repot memilih tambahan integrasi tersebut, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu komponen ERP yang paling utama dan paling dibutuhkan di perusahaan Anda.

Sebenarnya, ada beberapa fitur standard yang harus ada di software ERP dan bisa memenuhi kebutuhan dasar bisnis manufaktur dan distribusi. Berikut ini kami berikan penjelasan fitur ERP yang perlu Anda ketahui agar tidak salah memilih produk dan vendor. Apa saja komponen utama ERP?

Apa Itu Software ERP?

Software ERP adalah sistem yang membuat database perusahaan Anda menjadi terpusat dan menghubungkan berbagai proses bisnis dalam satu tempat. Kalau selama ini Anda masih menarik data secara manual dari sistem yang berbeda, dengan ERP Anda dapat menghemat waktu. Selain itu, ERP dapat memfasilitasi Anda dengan data-data real time beserta history data dari semua departemen dan fungsi bisnis, mengotomatisasi dan menyederhanakan alur kerja, serta meningkatkan produktivitas bisnis dan pendapatan.

Efisiensi proses bisnis yang dihadirkan ERP tidak akan ada lagi proses double input data atau duplikasi pekerjaan dan skalabilitas data menjadi semakin mudah.

Tim manajemen perusahaan tidak perlu bersusah payah mengelola operasional bisnis sehari-hari, mereka dapat berfokus pada pengembangan bisnis dan marketing untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan menjalin hubungan yang lebih baik.

Komponen Utama ERP

Akuntansi dan Finansial

Kebanyakan software ERP yang hadir saat ini memiliki basis sistem akuntansi, oleh karena itu ERP yang Anda pilih seharusnya memiliki komponen ini di dalamnya. Setiap proses bisnis pasti melibatkan aliran uang, bisa dengan membayar karyawan (HR), membayar pengiriman barang, membayar barang dari supplier, penerimaan uang dari penjualan, dan lain-lain.

Fitur akuntansi akan digunakan untuk menganalisis dan tracking data keuangan termasuk piutang, utang, anggaran dan biaya. Analisis data keuangan dapat menerangkan tren pengeluaran perusahaan, membantu memahami keuntungan yang dihitung dan menemukan di mana Anda dapat mengurangi biaya yang paling membengkak. Anda juga mendapatkan prediksi untuk memproyeksikan pendapatan di waktu mendatang.

Supply Chain Management (SCM)

Menciptakan sistem supply chain yang efektif dalam sebuah bisnis bukan hal yang mudah, apalagi jika perusahaan Anda tidak memiliki tools untuk mengontrol operasional bisnis.

Solusi untuk membuat proses ini menjadi lebih mudah adalah dengan memastikan komponen ERP di dalamnya memiliki modul supply chain untuk mengoptimalkan proses distribusi dan manufaktur yang lebih efisien dengan mengumpulkan data real-time.

Ketika data yang digunakan untuk proses operasional bisnis bersifat real-time, maka Anda dapat langsung memperbaiki masalah saat itu juga, tanpa menunggu waktu lama lagi.

Selain itu juga dapat digunakan untuk membuat prediksi dan analisa untuk perencanaan permintaan pembelian. Data real-time dapat digunakan untuk membuat rencana produksi yang akurat dan terupdate untuk memenuhi dan melebihi permintaan.

SCM di ERP juga dapat meningkatkan profit bisnis dengan mengukur berbagai faktor seperti persediaan barang mana yang biasanya dibeli secara bersamaan dan menggunakan informasi tersebut untuk menempatkan produk di gudang secara optimal.

Data SCM dan CRM yang terintegrasi dapat digunakan oleh pelanggan untuk mengetahui status pembelian mereka dalam proses distribusi dan memperkirakan tanggal pengiriman.

Inventory Management (Manajemen Persediaan)

Komponen ERP yang tidak kalah penting adalah inventory management atau manajemen persediaan. Manajemen persediaan dapat terintegrasi dengan data dari modul supply chain, penjualan dan manajemen gudang (warehouse). 

Fitur manajemen persediaan digunakan untuk mengelola pesanan pembelian, memelihara fungsi penyimpanan gudang, melacak serial number dan beberapa unit pengukuran per ID produk atau SKU (stock keeping unit).

Komponen ini bermanfaat bagi produsen atau distributor karena dapat meningkatkan profit dan fungsionalitas proses persediaan barang. Sistem yang terintegrasi dapat menghadirkan fitur update status persediaan di website perusahaan secara otomatis, Anda dapat menampilkan informasi barang sudah habis atau tidak tersedia.

Baca Juga: Software Inventory Terbaik: Fitur Inventory MASERP

Human Resources (Sumber Daya Manusia)

Sumber daya manusia menjadi satu hal yang dibutuhkan oleh sebuah bisnis karena menjadi penggerak berbagai fungsi di perusahaan. Modul HR di software ERP harus memiliki fitur-fitur yang berfungsi untuk mengelola manajemen karyawan dari mulai onboarding, database karyawan, payroll (penggajian), pajak penghasilan, pelacakan waktu kerja (time tracking), dan lain-lain. 

HR sebagai salah satu komponen ERP sudah pasti akan terintegrasi dengan modul akuntansi, akan memudahkan Anda mengirim pembayaran gaji ke rekening karyawan secara otomatis dengan memasukkan master data karyawan di awal input data.

Customer Relationship Management (CRM)

Tanpa pelanggan, bisnis Anda tidak dapat bertahan sampai saat ini. Oleh karena itu, penting untuk memikirkan bagaimana mengelola pelanggan dan leads Anda agar tetap loyal dan terus membeli produk Anda.

Modul CRM di software ERP akan dipakai untuk menyimpan dan mencari data pelanggan dan leads serta membantu mengembangkan insight dari data yang dimiliki untuk meningkatkan penjualan.

Salah satu fungsi utama CRM adalah melacak kebiasaan membeli pelanggan. Anda dapat melihat produk mana yang memiliki nilai penjualan kurang baik dan kapan jangka waktu terbaik untuk upselling.

Selain itu, Anda dapat menggunakan modul ini untuk melacak history percakapan dengan leads (prospek) untuk mengetahui staff penjualan mana yang berkomunikasi dengan klien, kapan mereka berbicara dan apa yang mereka diskusikan. Data ini mengurangi redundansi (data berulang) dan customer irritant (sesuatu yang mengganggu pelanggan selama pembelian).

Apabila bisnis Anda menjual produk secara online, termasuk di channel e-commerce, Anda dapat menggunakan data CRM untuk menargetkan audiens di iklan secara akurat dan melindungi informasi pembayaran pelanggan. Fitur ini menjamin pelanggan memiliki pengalaman pembelian yang efisien, tentu akan menguntungkan bagi pelanggan.

Business Intelligence (BI)

BI juga terdapat di komponen standar sistem ERP. BI mengumpulkan data dan melakukan analisis untuk memberikan insight yang dapat ditindaklanjuti mengenai proses bisnis.

Tentu saja, data menjadi hal penting dalam membuat keputusan bisnis. Jangan sampai perusahaan Anda membuat keputusan hanya berdasarkan asumsi tanpa data.

Fitur laporan di ERP membantu Anda memahami data yang dianalsis, umumnya laporan dapat berbentuk tabel maupun grafik. MASERP sebagai salah satu vendor lokal terbaik memiliki 300+ laporan siap cetak dan dapat dijadikan sebagai bahan analisa Anda dan tim untuk membuat strategi dan keputusan bisnis.

Ketika Anda menggunakan ERP yang terintegrasi, insight data di dalamnya dapat membantu Anda membuat keputusan bisnis yang tepat untuk seluruh departemen.

Satu masalah besar bagi perusahaan yang belum menggunakan ERP adalah informasi antar departemen yang tidak dapat dibagikan atau digunakan hanya secara independen. Oleh karena itu, lebih mudah untuk melihat tampilan data secara lengkap dan mengetahui bagaimana tiap aspek bisnis mempengaruhi profit dan retensi pelanggan.

Baca Juga: MASERP: ERP Terbaik dengan Fitur Lengkap dan Terpercaya

Kesimpulan

Software MASERP merupakan software ERP yang dapat memfasilitasi berbagai proses bisnis dari mulai produksi, pembelian, penjualan, persediaan barang, keuangan, karyawan, aset, pajak hingga tersedia berbagai laporan bisnis siap cetak. Biaya yang dikeluarkan untuk berinvestasi di software memang relatif mahal, tetapi ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mencapai tujuan bisnis lebih cepat kerena dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!