Awas! Ini 5 Contoh Keylogger dan Cara Proteksinya

Keylogger adalah istilah dan teknik yang cukup populer di dunia hacking. Teknik ini sangat berbahaya karena mampu membobol data dari komputer. Bagi yang belum tahu, di artikel ini akan dijelaskan pengertian keylogger, cara kerja dan betapa bahayanya teknik hacking ini.

Apa Itu Keylogger?

Keylogger adalah metode hacker untuk memantau atau merekam setiap ketikan yang diketik pada keyboard komputer secara diam-diam. Keylogger termasuk ke dalam jenis spyware berbahaya.

Pasalnya, hacker akan merekam tombol apa saja yang Anda ketik, melihat isi chat, password, nomor kartu kredit, melihat riwayat pencarian, melakukan screen capture layar komputer, dan lain sebagainya. Tentunya serangan tersebut akan menjadi ancaman serius sebab mereka dapat mengakses informasi sensitif di komputer Anda.

Contoh-Contoh Keylogger

Agar Anda bisa lebih berhati-hati, berikut akan kami jelaskan beberapa contohnya yang cukup sering digunakan sebagai keylogger adalah:

Hypervisor

Spyware ini merupakan jenis software yang merekam semua ketikan pada keyboard komputer. Salah satu contoh jenis hypervisor yang paling populer adalah AMD-V atau yang dikenal juga dengan sebutan Blue Pill.

Spyware yang Menangkap Formulir

Selain mencatat keyboard, ada juga jenis keylogger yang dapat mencatat pengiriman formulir. Metodenya adalah dengan merekam fungsi pengiriman pada website. Data yang dihasilkan yaitu berupa encryption bahasa HTTPS.

Spyware yang Menempel di API Keyboard

Tipe keylogger berikutnya adalah jenis spyware yang bisa bekerja sama dengan sistem operasi. Cara kerjanya adalah dengan merekam aktivitas penekanan tombol lalu mencatatnya secara otomatis. Contoh tipe keylogger API keyboard yang populer.

Spyware Berbasis Kernel

Hingga saat ini, masih banyak orang yang sulit melawan spyware yang satu ini. Kernel adalah tipe keylogger yang powerful. Pasalnya, tidak banyak orang dan software yang mampu mendeteksi keberadaan kernel pada komputer.

Packet Analyzers

Tipe yang satu ini tergolong yang paling mudah digunakan. Itulah kenapa packet analyzers tergolong sering digunakan. Sama seperti jenis keylogger pada umumnya, packet analyzers juga dapat merekam aktivitas keyboard.

Namun, packet analyzers cukup sulit didapatkan. Spyware ini mampu menangkap traffic jaringan yang sudah terkait dengan aktivitas HTTP POST. Setelah itu packet analyzers mengambil data-data sekaligus password yang tidak terenkripsi.

Proteksi Keylogger

Keylogger dapat hadir dalam file yang diterima melalui email, chat, jaringan P2P, pesan teks, atau bahkan media sosial. Jika seseorang mengirimi Anda email dan isi email tersebut meminta informasi pribadi Anda. Kemungkinan ada keylogger di suatu tempat.

Terapkan Otentikasi Dua Faktor

Implementasi ketat dari otentikasi dua faktor melalui kata sandi satu kali akan membantu pengguna melindungi kredensial sensitif mereka. Karena kata sandi satu kali bersifat sementara dan peretas tidak dapat menggunakan kata sandi yang terdeteksi sama di waktu berikutnya.

Penggunaan Keyboard Virtual

Keyboard virtual membantu menghindari intersepsi data pribadi oleh peretas. Ini adalah software yang digunakan untuk memungkinkan pengguna memasukkan karakter tanpa perlu kunci fisik.

Gunakan Sistem Keamanan yang Komprehensif

Instal produk antivirus yang bagus dengan definisi virus terbaru. Comodo membawa antivirus ke tingkat berikutnya melalui perlindungan Advanced Endpoint (AEP).

Comodo AEP didukung dengan kecerdasan buatan untuk menghadirkan mekanisme pendeteksian malware yang kuat.

Kesimpulan

Secara garis besar, keylogger adalah software hacking yang mampu mengambil data-data sensitif atau penting pada komputer korban. Setelah hacker mengambil data-data tersebut, maka mereka akan menggunakannya untuk membobol akun-akun penting milik korban.

Nah, agar lebih mudah, tepat dan akurat maka Anda butuh Software ERP modern seperti MASERP. Karena, MASERP memiliki banyak fitur pendataan, laporan keuangan, dan lainnya, untuk memudahkan Anda membuat evaluasi keuangan. 

MASERP juga bisa digunakan untuk berbagai jenis perusahaan, baik perusahaan kecil, menengah, hingga yang besar sekalipun. Bagi perusahaan kecil, MASERP tentunya bisa memudahkan, bagi Anda yang tidak memiliki banyak karyawan.  Yuk, konsultasikan segera dengan tim MASERP, untuk penggunaan paket software akuntansi yang tepat. 

New call-to-action